cover
Contact Name
Muh. Hasan
Contact Email
jurna.aktual@gmail.com
Phone
+62735-451003
Journal Mail Official
jurna.aktual@gmail.com
Editorial Address
Jl. MP. Bangsa Raja No.27 Belitang OKU Timur, Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ulu timur,
Sumatera selatan
INDONESIA
AKTUAL
Published by STIE Trisna Negara
ISSN : 16931688     EISSN : 27231690     DOI : https://doi.org/10.47232/aktual
Jurnal AKTUAL an electronic national journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to management.This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Financial Management, Marketing Management, Human Resource Management, Organizational Behavior, Strategic Management, Operations Management, Change Management, Management of Sharia, Entrepreneurship, E-Business, Knowledge Management
Articles 160 Documents
PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA “BAROKAH MINI MARKET GUNUNG TERANG DI KABUPATEN OKU TIMUR” Siti Khoiriah
Jurnal AKTUAL Vol 15, No 1 (2017): Jurnal AKTUAL
Publisher : STIE Trisna Negara OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.382 KB) | DOI: 10.47232/aktual.v15i1.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk dan pelayanan secara persial maupun bersama-sama terhadap loyalitas konsumen pada Barokah Mini Market Gunung Terang di Kabupaten OKU Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah tidak terbatas karena jumlah konsumen Barokah Mini Market Gunung Terang di Kabupaten OKU Timur tidak terbatas sedangkan sampel menggunakan koefisien korelasi yaitu 115 responden, teknik pengumpulan data adalah metode kuesioner, metode wawancara dan metode observasi. Dengan cara menyebar angket dan bertanya langsung kepada konsumen. Pengujian instrument yaitu uji validitas instrument dan uji reabilitas. Hasil penelitian bahwa pengaruh keragaman produk dan layanan terhadap loyalitas konsumen adalah pengaruh positif, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan keragaman produk terhadap loyalitas konsumen, tidak terdapat pengaruh signifikan keragaman produk terhadap kualitas pelayanan dan terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen Barokah Mini Market Gunung Terang di Kabupaten OKU Timur.
PENGARUH PENGARAHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. TELKOM BELITANG OKU TIMUR Wayan Dunie
Jurnal AKTUAL Vol 16, No 2 (2018): Jurnal AKTUAL
Publisher : STIE Trisna Negara OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.074 KB) | DOI: 10.47232/aktual.v16i2.25

Abstract

Pengarahan adalah keinginan untuk membuat orang lain mengikuti keinginannya dengan menggunakan kekuatan pribadi atau kekuasaan jabatan secara efektif dan pada tempatnya demi kepentingan jangka panjang perusahaan. Termasuk didalamnya memberitahukan orang lain apa yang harus dilakukan dengan nada yang bervarisai mulai dari nada tegas sampai meminta atau bahkan mengancam. Tujuannya adalah agar tugas tugas dapat diselesaikan dengan baik. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana pengaruh pengarahan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT.Telkom Belitang OKU Timur. Karena dengan adanya pengarahan yang dilakukan dengan baik oleh seorang pemimpin maka dapat meningkatkan kualitas produktivitas kerja karyawan. Sehingga dapat meningkatkan dan menunjang pelayanan kerja karyawan.
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS II B BATURAJA OKU Ridho Arta Perdana; Yansahrita Yansahrita
Jurnal AKTUAL Vol 17, No 2 (2019): Jurnal AKTUAL
Publisher : STIE Trisna Negara OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.821 KB) | DOI: 10.47232/aktual.v17i2.41

Abstract

Tenaga kerja disuatu Perusahaan merupakan salah satu faktor yang mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap peningkatan pembangunan dan perkembangan ekonomi. Bila diadakan pelatihan yang terarah dan teratur oleh seorang pimpinan secara berkesinambungan. Dengan pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada pegawai yang didasari oleh tanggung jawab dan disiplin yang tinggi dari setiap pegawai, maka akan membentuk sumber daya manusia berkualitas sehingga otomatis mengurangi dampak krisis ekonomi yang dilalui. Hasil olah data korelasi antara Motivasi dan Kepuasan Kerja Pegawai didapat angka 0,588 serta kadar prosentase = 31,1% maka untuk menjawab hipotesis yang telah diajukan sebelumnya, yaitu Pengaruh Motivasi  dan Kepuasan Kerja Pegawai  pada Rumah Tahanan Kelas II B Baturaja OKU tidak terbukti. Untuk menjawab hipotesis yang telah dikemukakan sebelumnya dengan menggunakan rumus uji hipotesa, diperoleh  (t) tabel = 1,761 sedangkan (t) hitung = 3,030 yang dapat disimpulkan bahwa ( t ) hitung > ( t ) tabel atau ( t hitung lebih besar dari t tabel ), sehingga hipotesis yang diajukan tidak terbukti atau Ho diterima dan Ha ditolak, karena korelasi yang ada adalah sedang.
PENTINGNYA KUALITAS APARAT PEMERINTAH DESA DALAM PEMBANGUNAN DI DESA BEDILAN KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OKU TIMUR Muhammad Nawawi
Jurnal AKTUAL Vol 16, No 1 (2018): Jurnal AKTUAL
Publisher : STIE Trisna Negara OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.434 KB) | DOI: 10.47232/aktual.v16i1.4

Abstract

Pentingnya kualitas bagi aparat pemerintah desa dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan. dari hasil penelitian menunjukan bahwa faktor sikap mental, faktor disiplin, faktor pendidikan bidang pelayanan akan turut menentukan pelaksanaan tugas bagi setiap aparat pemerintah Desa. kualitas bagi aparat pemerintah desa juga akan dilihat dari kemampuan optimal yang dimiliki kepala desa dalam penyelenggaraan kepemimpinan sehingga dengan maksimalnya pelaksanaan tugas aparat pemerintah desa melalui peningkatan kualitas tentu akan mendukung tercapainya pelaksanaan pembangunan yang optimal. Karena aparat pemerintah desa merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pemerintahan yang ada didesa.
PENGARUH PERLUASAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN MUKA ANTI JERAWAT PADA REMAJA DI PRINGSEWU SELATAN Rita Irviani
Jurnal AKTUAL Vol 15, No 2 (2017): Jurnal AKTUAL
Publisher : STIE Trisna Negara OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.931 KB) | DOI: 10.47232/aktual.v15i2.20

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah realisasi penjualan yang berfluktuasi dan tidak mencapai target yang mana salah satunya disebabkan oleh strategi bauran pemasaran yang tidak tepat atau adanya kegagalan dalam strategi merek.Metode penulisan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menyebarkan daftar pertanyaan dengan jumlah responden 92 pada masyarakat yang bertempat tinggal digedung meneng Bandarlampung yang mengunakan sabun cuci muka merek ponds anti bacterial facial scrub. Dalam menganalisis permasalahan ini digunakan alat analisis kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kualitatif digunakan teori tentang Perluasan merek (Brand extension), Keputusan pembelian dan untuk menganalisis secara kuantitatif dengan teori regresi linier berganda
AN ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS ATTENDANCE ASSESSMENTS ON THE PERFORMANCE OF EMPLOYEES AT KPRI ‘BETIK’ GAWI KOTA BANDAR LAMPUNG Yugestina Yugestina
Jurnal AKTUAL Vol 17, No 2 (2019): Jurnal AKTUAL
Publisher : STIE Trisna Negara OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.723 KB) | DOI: 10.47232/aktual.v17i2.36

Abstract

This study aims to determine the effect of attendance assessments on the performance of employees and administrators at KPRI Betik Gawi Kota Bandar Lampung. This study uses a qualitative analysis approach (used to find out how the relationship of the influence of motivation on employee productivity of the Republic of Indonesia Employee Cooperative) and quantitative analysis (used to determine how much influence the absenteeism assessment on employee performance). Samples in this study used non-probability sampling techniques. Based on the results of the analysis it was concluded that there was a positive influence between the analysis of the effectiveness of attendance assessments on employee performance at KPRI Betik Gawi Kota  Bandar Lampung.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI KARYA BERSAMA BELITANG OGAN KOMERING ULU TIMUR Mardani Mardani
Jurnal AKTUAL Vol 15, No 2 (2017): Jurnal AKTUAL
Publisher : STIE Trisna Negara OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.464 KB) | DOI: 10.47232/aktual.v15i2.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh  gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan  pada koperasi Karya Bersama Belitang  OKU Timur.  kesimpulan yang didapat adalah r = 0,71   yang telah  dikonsultasikan dengan standard yang konservatif maka terletak diantara 0,600- 0,799 yang artinya tergolong pada korelasi atau pengaruh yang  kuat antara gaya kepemimpinan dengan kinerja karyawan pada koperasi Karya Bersama Belitang  OKU Timur dan setelah diadakan uji hipotesis diketahui t hitung = 2,84  dan  t tabel diperoleh 1,860. Adapun saran yang dapat diberikan adalah   pihak koperasi harus memberikan pelatihan kepada para karyawan agar lebih paham dalam melaksanakan tugasnya sehingga karyawan dapat meningkatkan kinerjanya.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA CV. SIDO BELLA BELITANG OKU TIMUR Sahlan Sahlan; Sri Sarwo Sari
Jurnal AKTUAL Vol 17, No 1 (2019): Jurnal AKTUAL
Publisher : STIE Trisna Negara OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.237 KB) | DOI: 10.47232/aktual.v17i1.31

Abstract

Pada hakekatnya dalam suatu organisasi atau perusahaan masalah kualitas pelayanan merupakan hal yang sangat komplek, dan paling penting bagi perusahaan guna untuk menarik para konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan, hal ini yang perlu diperhatikan oleh CV. Sido Bella Belitang OKU Timur. Permasalahan yang dihadapi CV. Sido Bella Belitang OKU Timur adalah apakah dengan melaksanakan analisis kualitas pelayanan dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada CV. Sido Bella Belitang OKU Timur.  Hipotesis yang diajukan adalah : “ adanya pengaruh yang kuat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada CV. Sido Bella Belitang OKU Timur ”. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara interview, observasi, dokumentasi, kuisioner dan penelitian kepustakaan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat pengaruh yang kuat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada CV. Sido Bella Belitang OKU Timur. Penulis menyarankan agar hendaknya pihak perusahaan memperhatikan keadaan usaha pesaing sejenis yang ada disekitar lokasi, dan untuk itu diperlukan suatu pelayanan bagi konsumen untuk perlu ditingkatkan lagi. Perlunya kesadaran yang tinggi dari para karyawan untuk bertindak ramah dan memberikan pelayanan, selanjutnya tetap menjaga keadaan seperti ini agar apa yang diharapkan dapat terwujud sesuai dengan yang diinginkan
PENGARUH KOORDINASI PENGAWASAN DAN PERILAKU ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DALAM PEMBERIAN IZIN KONSTRUKSI DI KABUPATEN SAROLANGUN R.A. Zubaidah; Yohanes Susanto; Bustra Bustra
Jurnal AKTUAL Vol 18, No 1 (2020): Jurnal AKTUAL
Publisher : STIE Trisna Negara OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.716 KB) | DOI: 10.47232/aktual.v18i1.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh koordinasi, pengawasan dan perilaku organisasi terhadap kinerja karyawan yang memberikan izin bangunan di Kabupaten Sarolangun. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 65 karyawan yang memberikan izin bangunan kabupaten Sarolangun dengan  sampel jenuh, analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 20. Dengan  metode statistik deskriptif dan inferensial untuk menguji pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen baik secara simultan maupun parsial, dengan komposisi: Koordinasi(X1), pengawasan(X2) dan perilaku organisasi (X3) sebagai variabel eksogen dan Kinerja (Y) sebagai variabel endogen. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap koordinasi kinerja karyawan dalam pemberian izin mendirikan bangunan di Kabupaten Salolangun (2) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. karyawan yang memberikan izin untuk membangun gedung di Kabupaten Salolangun 3) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan perilaku organisasi terhadap kinerja karyawan yang memberikan izin bangunan di Kabupaten Salolangun (4) Secara bersamaan ada pengaruh positif dan signifikan terhadap koordinasi dan pengawasan terhadap kinerja karyawan yang memberikan izin bangunan di Kabupaten Salolangun 5) Secara bersamaan ada pengaruh positif dan signifikan dari koordinasi dan perilaku organisasi terhadap kinerja karyawan yang memberikan izin membangun gedung di kabupaten tersebut. Sarolangun (6) Secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan dari pengawasan dan perilaku organisasi terhadap kinerja pemberian izin mendirikan bangunan di Kabupaten Salolangun 7) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap koordinasi, pengawasan dan perilaku organisasi terhadap kinerja karyawan yang memberikan izin mendirikan bangunan di kabupaten Salolangun. Disarankan  bahwa untuk meningkatkan kinerja pemberian izin mendirikan  di Kabupaten Salolangun perlu lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan peran pengawasan di tingkatkan  didukung dengan  administrasi dan aturan perijinan yang telah ditetapkan dalam peraturan daerah Kabupaten Sorolangun.
PENINGKATAN MUTU DAN DAYA SAING ATAS DASAR PERENCANAAN LABA DENGAN SISTEM BREAK EVENT POINT Deviana Susanti
Jurnal AKTUAL Vol 15, No 1 (2017): Jurnal AKTUAL
Publisher : STIE Trisna Negara OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.864 KB) | DOI: 10.47232/aktual.v15i1.10

Abstract

Dalam proses peningkatan mutu (QI) Quality Improvement adalah pendekatan sistematis dan formal terhadap analisis kinerja praktik dan upaya untuk meningkatkan kinerja dengan tujuan memonitor mutu dan layanan maupun produk yang langsung mengarah pada hasil barang, sehingga kualitasnya akan menjadi meningkat dan dapat memuaskan seluruh pelanggan yang berupa barang/jasa. Sehingga mampu memberikan kepuasan yang tersendiri oleh konsumen hingga pada tahap tingkatan yang cukup atau lebih. Untuk itu dibutuhkan strategi pemasaran yang menuju sasaran dan secara berkelanjutan. Dalam hal ini akan bias terciptanya daya saing antara di berbagai perusahaan. 

Page 1 of 16 | Total Record : 160