cover
Contact Name
Khairuddin
Contact Email
khairuddin@staff.uma.ac.id
Phone
+6281377116720
Journal Mail Official
jurnalp3@gmail.com
Editorial Address
Jalan H.M. Yamin SH No 225 Medan, Sumatera Utara
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Published by Mata Pena Madani
ISSN : 27215393     EISSN : 27215385     DOI : -
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional di seluruh konteks pendidikan 2) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional dalam bidang psikologi 3) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional dalam bidang kesehatan. Mengutamakan hasil-hasil penelitian lintas disiplin ilmu dan temuan-temuan terbaru dalam bidang ilmu pengetahuan. J-P3K terbit tiga kali dalam setahun yaitu April, Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2021): J-P3K APRIL" : 12 Documents clear
Hubungan antara Forgiveness dan Psychological Well-Being pada Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga Mettatirtha Angela; Felicia Felicia; Febriyani Cipta
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 2, No 1 (2021): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v2i1.93

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis dan mengetahui hubungan antara forgiveness dengan psychological well-being pada korban kekerasan dalam rumah tangga. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara forgiveness dengan psychological well-being pada korban kekerasan dalam rumah tangga. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 orang wanita korban kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala forgiveness dengan 36 butir aitem dan skala psychological well-being dengan 35 butir aitem. Uji normalitas serta uji linearitas merupakan uji asumsi yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang dipakai adalah teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisa data menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara forgiveness dan psychological well-being pada korban kekerasan dalam rumah tangga dengan nilai korelasi pearson sebesar r = 0.524 dan signifikansi p = 0.000 (p
Model Creative Art Dalam Konseling Untuk Meningkatkan Quality Of Work Life Dan Coping Stress Pada Karyawan Di Politeknik LP3I Kampus Medan Baru Abidah Ayu
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 2, No 1 (2021): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v2i1.85

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah quality of work life dan coping stress pada karyawan di Politeknik LP3I Kampus Medan Baru. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model creative art dalam konseling untuk meningkatkan quality of work life dan coping stress pada karyawan di Politeknik LP3I Kampus Medan Baru. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (reserch and development) Borg and Gall yang dilaksanakan dengan langkah-langkah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, penyempurnaan produk, dan diseminasi. Hasil penelitian menunjukkan model creative art dalam konseling efektif digunakan untuk meningkatkan quality of work life dan coping stress pada karyawan. Nilai t = 0.04 dengan p
Kelas Online “How to Be Confident Public Speaker On Online Presentation” Bagi Generasi Z Sebagai Persiapan Menghadapi Kondisi New Normal Covid 19 Widi Astuti; Dwi Iramadhani; Zurratul Muna
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 2, No 1 (2021): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v2i1.94

Abstract

Selama masa pandemi sekolah mengubah pola pembelajaran konvensional berbasis tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang sangat mengandalkan teknologi. Perubahan ini akhirnya menimbulkan beberapa dampak bagi generasi Z yaitu belum menyeluruhnya akses pembelajaran secara online, siswa belum terbiasa dengan budaya belajar jarak jauh, siswa selama ini terbiasa berinteraksi dengan teman-teman dan para guru secara langsung disekolah. Jika jika Covid-19 ini tidak segera berakhir dampak-dampak tersebut akhirnya akan menimbulkan kecemasan, frustrasi dan angka putus sekolah yang tinggi (Unicef, 2020). Kecemasan tersebut akhirnya akan mempengaruhi proses pembelajaran generasi Z salah satunya adalah kecemasan dalam berbicara di depan publik (Aryadillah, 2017). Untuk mengatasi hal ini penulis membuat suatu pengabdian masyarakat dengan memberikan program pelatihan public speaking yang bertujuan agar para siswa lebih percaya diri ketika berbicara di depan umum. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini menyatakan bahwa ada perubahan yang terjadi pada peserta, beberapa siswa dapat memberikan intonasi yang tepat dalam menyempaikan informasi. Setelah proram pengabdian ini dijalankan memperoleh hasil bahwa peserta mendapatkan manfaat untuk menambah skill saat public speaking. Kemudian terdapat perubahan dalam hal percaya dirisehingga peserta dapat lebih termotivasi untuk berbicara di depan umum setelah mengikuti program pelatihan public speaking.
Psychological Well-Being Ditinjau dari Gratitude pada Orangtua dari Anak Penyandang Talasemia di POPTI Bandung Cynthia Cynthia; Fifanny Riadi; Francesca Francesca; Martatilar Ivosari; Winida Marpaung
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 2, No 1 (2021): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v2i1.67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara gratitude dengan psychological well-being pada orangtua dari anak penyandang Talasemia di POPTI Bandung. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara gratitude dengan psychological well-being pada orangtua dari anak penyandang Talasemia di POPTI Bandung. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 243 orangtua dari anak penyandang Talasemia di POPTI Bandung menggunakan teknik purposive sampling. Uji asumsi yang digunakan terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS versi 17.0 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan positif antara gratitude dengan psychological well-being pada orangtua dari anak penyandang Talasemia di POPTI Bandung dengan koefisien korelasi Pearson Product Moment sebesar r= 0,688 dengan sig. 0,000 (p
Gambaran Self Control Terhadap Perilaku Ghibah Pada Wanita Di Kota Medan Sri Hartini; Pebyan Prajasa; Oktavia Meldyri Esmeralda; Zen Zahara Sirait; Putri Danella Br Ginting
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 2, No 1 (2021): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v2i1.95

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana self control dalam menggambarkan perilaku ghibah pada wanita. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang wanita yang berdomisili di Kecamatan Medan Petisah, Kelurahan Sei Putih Barat, Kota Medan. Karakteristik subjek dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga kategori, yakni wanita keagamaan, wanita biasa dan wanita sosialita. Peneliti menggunakan teknik penelitian ini untuk menggali lebih dalam adakah perbandingan dari ketiga kategori tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan mengunakan metode wawancara dan observasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan self control pada wanita keagamaan, wanita biasa, dan wanita sosialita. Subjek melakukan perilaku ghibah karena kurangnya kemampuan self control pada masing- masing subjek, sehingga subjek menjadi kesulitan untuk mengontrol segala keputusan, dan perilaku yang dilakukannya saat aktifitas berghibah dilakukan. Maka diperlukan adanya self control agar setiap individu yang terlibat didalam aktifitas berghibah dapat menahan diri.
Asesmen Psikologis Korban Bencana Banjir Bandang Aceh Tengah Ika Amalia; Ella Suzanna; Rahmia Dewi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 2, No 1 (2021): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v2i1.69

Abstract

Banjir bandang merupakan banjir yang bersifat cepat dan umumnya membawa material tanah berupa lumpur, batu, dan kayu. Akibat dari kecepatan aliran banjir yang disertai dengan material tersebut, maka banjir bandang ini sifatnya sangat merusak dan menimbulkan korban jiwa. Bencana banjir bandang yang terjadi di Kampung Paya Tumpi Baru, dan beberapa kampung lainnya di Kabupaten Aceh Tengah, Propinsi Aceh, merupakan bencana banjir bandang yang cukup besar dan memberikan dampak yang signifikan terhadap masyarakat. Bencana tidak hanya menimbulkan ketakutan tetapi juga mengakibatkan depresi. Kurangnya informasi mengenai dampak psikologis yang ditimbulkan dari bencana banjir bandang pada masyarakat di Aceh Tengah dan belum adanya program yang memetakan kebutuhan psikososial pada korban bencana banjir bandang Aceh Tengah menjadi alasan untuk melakukan program pengabdian kepada masyarakat ini. Tujuan kegiatan ini adalah Untuk mendapatkan informasi mengenai dampak psikologis yang ditimbulkan dari bencana banjir bandang pada masyarakat Aceh Tengah, dan untuk memetakan kebutuhan psikososial pada korban bencana banjir bandang Aceh Tengah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu menggunakan wawancara dan observasi kepada korban yang terkena dampak bencana banjir di Kabupaten Aceh Tengah.
Intervensi Bagi Guru SD Perempuan di Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Pelatihan Peningkatan Kebahagiaan Psikologis Umi Fitriati Nasihah; Ratna Djuwita
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 2, No 1 (2021): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v2i1.87

Abstract

Pelaksanaan PJJ membawa tantangan bagi guru-guru di Indonesia, termasuk guru SD perempuan. Kebahagiaan psikologis menjadi hal penting untuk dicapai agar guru mampu menjalankan peran dengan optimal. Penelitian intervensi dalam bentuk pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kebahagiaan psikologis guru dalam masa pandemi COVID-19. Desain penelitian pada pelatihan ini adalah one group pretest-posttest design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 16 orang. Materi pelatihan yang diberikan dalam pelatihan ini adalah mindfulness dan komunikasi. Pengukuran dilakukan terhadap ketiga variabel sebelum dan sesudah pelatihan dilakukan. Meskipun dari perhitungan secara keseluruhan tidak ditemukan kenaikan signifikan, namun jika dilihat perindividu maka terdapat 9 orang mengalami kenaikan nilai pretest ke posttest pada kebahagiaan psikologis, 12 orang mengalami kenaikan pada pengukuran mindfulness dan 9 orang mengalami kenaikan pada pengukuran komunikasi. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan analisis statistik tidak terjadi peningkatan yang signifikan pada pengetahuan partisipan terhadap kebahagiaan psikologis, tapi secara kualitatif partisipan pelatihan merasakan pelatihan memiliki manfaat bagi mereka dan berpotensi positif meningkatkan kebahagiaan psikologis.
Hubungan Antara Kepercayaan Pelanggan Dengan Loyalitas Pelanggan Terhadap Online Shop Mulia Siregar
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 2, No 1 (2021): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v2i1.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kepercayaan pelanggan dengan loyalitas pelanggan terhadap online shop pada Mahasiswa Psikologi Regular A Stambuk 2017 Universitas Medan Area. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Psikologi regular A stambuk 20017 Universitas Medan Area dengan jumlah 185 orang, namun setelah dilakukan screening dengan sistem ty out terpakai terhadap subjek, maka terdapat 50 orang mahasiswa yang sering melakukan pembelian secara online shop dan dinyatakan sebagai sampel yang sesuai dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Skala kepercayaan pelanggan (Priansa, 2018) yang terdiri dari 3 aspek yaitu kemampuan (ability), kebaikan hati (benevolence), dan Integritas (integrity). Penelitian ini menggunakan Skala Loyalitas Pelanggan yang terdiri dari 4 aspek yaitu melakukan pembelian secara teratur, membeli diluar lini produk/jasa, merekomendasikan produk/jasa kepada orang lain, dan tidak mudah terpengaruh oleh tarikan pesaing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert dengan jumlah aitem sebanyak 57 aitem. Nilai validitas aitem dalam penelitian ini adalah 0,921 dan 0,929 yang ukur menggunakan Alpha Cronbach’s. Berdaasarkan analisis dengan menggunakan Pearson Product Moment maka diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Kepercayaan Pelanggan dengan Loyalitas Pelanggan, dimana rxy = 0,459 dengan signifikan p = 0.001 < 0.050. Dan menunjukkan hasil analisis persentase sebesar 21,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima dengan hasil ada hubungan antara Kepercayaan Pelanggan dengan Loyalitas Pelanggan.
Skill Konseling Dasar Bagi Guru SMK Negeri 1 Nisam Nursan Junita; Hafnidar Hafnidar
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 2, No 1 (2021): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v2i1.73

Abstract

Menciptakan kegiatan belajar yang menarik merupakan tuntutan bagi pendidik untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik. Ini menunjukan bahwa tanggungjawab seorang guru bukan sebatas guru mata pelajaran, tetapi mampu meningkatkan minat belajar, dan motivasi berprestasi melalui perannya melakukan bimbingan konseling terhadap peserta didik nya. Permasalahan bolos di akhir jam pelajaran dan kurangnya motivasi belajar merupakan hal yang perlu diantisipasi dan ditelusuri lebih jauh penyebabnya. Banyak hal yang memicu kondisi ini, seperti kurang menariknya metode belajar dikelas, konflik antara peserta didik, permasalahan personal peserta didik sendiri dan ketidakfahaman guru terhadap perubahan psikologis yang muncul pada peserta didik. Berdasarkan hal tersebut penting untuk memberikan ketrampilan dasar konseling pada guru agar mampu memahami peserta didiknya lebih baik. Pelatihan peningkatan soft skill konseling dasar bagi guru SMK Negeri 1 Nisam, dilaksanakan selama 2 hari, yang dihadiri oleh guru mata pelajaran, wali kelas dan guru BK. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah, diskusi, role play, studi kasus, serta latihan membuat laporan yang dilanjutkan dengan Praktek lapangan dan pembuatan laporan. Hasil praktek lapangan dilanjutkan dengan pemberian feedback. Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan ketrampilan konseling dasar bagi guru dalam memahami peserta didik secara psikologis, meningkatkan ketrampilan mendengar, ketrampilan bertanya dan ketrampilan observasi. Ketrampilan yang sudah didapat juga akan sangat berguna ketika berhadapan dengan peserta didik. Selain itu ketrampilan ini membantu mengidentifikasikan berbagai permasalahan peserta didik, sehingga peserta didik semakin merasa bahagia pergi kesekolah, minat belajar semakin meningkat, dan motivasi untuk berprestasi juga semakin tinggi.
Mengurangi Stigma Sosial terhadap Penyintas COVID-19 melalui Metode Kontak Bayangan Ina Ratnawulan; Dicky C Pelupessy
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 2, No 1 (2021): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51849/j-p3k.v2i1.89

Abstract

Dalam situasi pandemi yang penuh dengan kecemasan akan penularan COVID-19 dan belum ditemukannya obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini, penyintas COVID-19 sangat rentan untuk mengalami stigma sosial. Dengan mengacu pada gagasan Contact Hypothesis dari Allport (1954) yang menyatakan bahwa kontak antarkelompok dapat mengurangi prasangka, peneliti memandang bahwa dalam situasi pandemi COVID-19 sulit untuk menciptakan suatu kondisi yang ideal untuk melaksanakan proses kontak antarkelompok. Oleh karenanya, peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian terkait stigma sosial terhadap penyintas COVID-19 dengan menggunakan metode kontak antarkelompok secara tidak langsung melalui metode kontak bayangan sebagaimana dikembangkan oleh Pettigrew (1998). Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode kontak bayangan dalam mengurangi stigma sosial terhadap penyintas COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kontak bayangan dapat mengurangi stigma sosial secara signifikan dan hal ini didukung oleh adanya perilaku positif untuk mendukung kampanye anti stigma oleh 80% partisipan program intervensi.

Page 1 of 2 | Total Record : 12