cover
Contact Name
Dinar Pratama
Contact Email
sustainablejurnal@gmail.com
Phone
+6285266038611
Journal Mail Official
sustainablejurnal@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/sus/about/editorialTeam
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 26550695     DOI : https://doi.org/10.32923
Core Subject : Education, Social,
Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about the quality of education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners.
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023): Sustainable" : 28 Documents clear
Investigating The Lecturers’ Challenges In Implementing Project-Based Learning In Writing Class Neni Nurkhamidah
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 6 No 1 (2023): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/kjmp.v6i1.3083

Abstract

This is qualitative research that implemented in English Department of Media Nusantara Citra University by involving five lecturers who teach writing classes. The researcher applies interviews to obtain the data. The interview questions are designed semi-structured, and some questions arise during the interview. The data obtained by the researcher are analyzed and coded to find the challenges encountered by lecturers. The finding shows that 5 lecturers involved in this research encountered challenges when they implement PBL. The challenge related to shifting the instruction to facilitating group work, time, creating the project, designing the project, managing group working, managing the project, and assessing the project. To overcome this problem, it is suggested Media Nusantara Citra university conduct seminars or workshops to enrich the lecturers’ knowledge and skill in implementing PBL.
Teknik Coaching Untuk Memahami Karakteristik Siswa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Adi Kusumardi
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 6 No 1 (2023): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/kjmp.v6i1.3133

Abstract

Penulisan artike lini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada para pembaca bagaimana penerapan teknik coaching dalam Pendidikan untuk memahami karakteristik siswa agar dapat memaksimalkan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif (studi litelatur ) data diperoleh dari berbagai referensi baik buku, jurnal yang relevan dan fenomenologi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa, penerapan teknik coaching yang efektif diterapkan adalah: (1) Coaching presence; (2) Active listening; (3) Powerful questioning. Penerapan kompetensi teknik coaching yang benar dapat memahami karakteristik gaya belajar siswa, seperti; gaya belajar visual (belajar dengan cara melihat), gaya belajar auditori ( gaya belajar dengan kemampuan mendengarkan) dan gaya belajar kinestetik (gaya belajar dengan praktik). Guru dapat membuat media pembelajaran yang lebih bervariasi dan mengembangkan metode serta strategi pembelajaran yang lebih efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa pemahaman terhadap karakteristik siswa baik dari kecerdasan maupun gaya belajar yang beragam dapat menumbuhkan perasaan nyaman untuk belajar di sekolah. Pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik bila menggunakan teknik atau konsep samarata, karena siswa memiliki karakteristik yang beragam. Penerapan teknik coaching akan meningkatkan keberhasilan ketercapaian tujuan pembelajaran tanpa harus memberikan tekanan kepada siswa. Pada kondisi ini, pembelajaran akan berjalan secara alami kodratnya para siswa sehingga tujuan dari pembelajaran akan mudah tercapai dan menguntungkan guru serta siswa.
Improving Digital Literacy and Student Learning Outcomes in Border School Nawawi Nawawi; Niken Eka Priyani
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 6 No 1 (2023): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to improve digital literacy and learning outcomes using Augmented Reality applications developed by the Pusdatin Kemendikbudristek and Education Game Gernasila, a learning innovation created by researchers in the form of android applications. The method used is Class Action Research, as many as two cycles. The sample in this Class Action Research was 18 students in grade II at SDN 29 Idai, Sintang Regency, West Kalimantan, Indonesia. The stages of research include; planning, action, observation, and reflection. The results showed that the average student learning outcome in Cycle I were 60, while in Cycle II, it increased to 80. The average observation results of Augmented Reality in Cycle I were 70%, while the results of using the education game gernasila in Cycle II were 90%. The difference between Cycle 1 and Cycle 2 is 20%. It can be concluded that Augmented Reality developed by the Pusdatin of the Ministry of Education and Culture and Edugame Gernasila can improve student learning outcomes and digital literacy in schools located in underdeveloped areas and the borders of Indonesia.
Manajemen Guru Non Keahlian Dalam Mengajar SMA Negeri 3 Sungai Penuh Ahmad Yani; Muhammad Alfan Taufiq; Yogi Ahmad Yani; Mulya Putra
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 6 No 1 (2023): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/kjmp.v6i1.3183

Abstract

Profesi guru bukan perkara yang mudah, tugas serta tanggung jawab yang dilaksanakan oleh guru sangatlah berat. Untuk mencerdaskan anak bangsa maka dibutuhkan guru yang berkualitas dan profesional serta memiliki kompetensi yang lengkap dalam bidangnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research yaitu penelitian lapangan yang dilakukan secara langsung melalui kegiatan observasi, wawancara serta dokumentasi untuk mendapatkan data secara lengkap, selanjutnya data tersebut dideskripsikan pada analisis penelitian. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektif atau tidaknya guru non keahlian dalam mengajar dan mengetahui apa saja faktor penghambat serta pendukung bagi guru non keahlian dalam mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru non keahlian sudah melakukan pekerjaan manajemen mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi sebagai tahap akhir dari pembelajaran. Namun hasil dari pembelajaran oleh guru non keahlian tidak sempurna, ini dibuktikan dengan peserta didik kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, disebabkan guru kurang mampu menguasai materi dan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan
Research Trends in Problem Based Learning in Middle School (1998-2023): A Bibliometric Review Christina Monika Samosir; Ilham Muhammad; Febrinna Marchy; Elmawati Elmawati
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 6 No 1 (2023): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/kjmp.v6i1.3237

Abstract

Problem-based learning is a learning model that uses real-life problems that require authentic investigations to construct knowledge actively and collaboratively. The aim of this study was to capture the research landscape related to problem-based learning applied to students at the middle school level from 1998 to 2023. A descriptive bibliometric analysis method was used in this study. The data obtained was taken from the Scopus database. The results of the study show that publications related to problem-based learning, especially in middle schools, go up and down every year. Publications in 2003 have been cited more than any other year. The United States of America is the most influential country in this field. publications in journals related to problem-based learning research applied to middle school students are mostly at the Q1 rank, namely 45 journals. The research focus is divided into 3 namely, 1) knowledge, skills and development; 2) effect, self-efficacy, achievement and effectiveness; 3) middle school students, environment and abilities. These three research focuses can be used as a reference for future researchers to determine the focus of their research related to problem-based learning
Sistem Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Di SMP Negeri 21 Pontianak Hadi Wiyono
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 6 No 1 (2023): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/kjmp.v6i1.3354

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem, kesiapan dan pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum di SMP Negeri 21 Pontianak. Persiapan sekolah dalam rangka menerapkan pembelajaran sesuai konsep kurikulum merdeka diawali dengan langkah mendapatkan pelatihan yang difasilitasi oleh pemerintah secara gratis. Walaupun adanya pelatihan, webinar, workshop maupun kegiatan sejenisnya, masih terdapat guru melaksanakan pembelajaran tidak sesuai konsep kurikulum merdeka atau masih secara konvensional. Namun dalam pelaksanaannya, antar guru SMPN 21 Pontianak saling membantu dan kerja sama. Pembelajaran kegiatan regular atau rutin dilakukan untuk mengembangkan minat, bakat dan kemampuan siswa kelas VII. Meningkatkan kemampuan kognitif dilakukan guru tanpa mengabaikan penanaman nilai karakter siswa yang terwujud dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Populasi penelitian terhadap siswa kelas VII, sedangkan subyek penelitian yaitu guru dan siswa secara acak atau tidak terstruktur. Hasil penelitian ini yaitu persiapan dalam memahami kurikulum merdeka dilakukan pertama kali melalui pelatihan, webinar, workshop dan bentuk kegiatan lainnya. Sedangkan pada pelaksanaannya, implementasi sebagaimana pada satuan pendidikan pada umumnya, adanya pembelajaran rutin atau regular dan proyek penguatan profil Pancasila menyangkut penanaman nilai karakter yang ditanamkan sekolah. Kemudian kerja sama yang baik antar guru muda dan senior dalam pemanfaatan tekhnologi pembelajaran.
Efektivitas Situs Web Pemerintah Sebagai Sumber Data Sekunder Bahan Ajar Perkuliahan Statistika Faradiba Jabnabillah; Aswin Aswin; Mahfudz Reza Fahlevi
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 6 No 1 (2023): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/kjmp.v6i1.3373

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan bahan ajar berupa penggunaan sumber data sekunder dari situs web pemerintah dalam perkuliahan Statistika. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan rancangan Nonequivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 153 orang, yakni mahasiswa yang telah memprogram rencana studinya dan memilih mata kuliah Statistik di lingkungan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam pada IAIN SAS Bangka Belitung pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2022-2023. Sampel didapat melalui teknik purposive sampling dan membagi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlahnya secara keseluruhan adalah 92 mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes, yang terdiri dari pre-tes (tes pengetahuan awal) dan pos-tes (soal UTS). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan bahan ajar berupa data sekunder dapat disajikan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Rata-rata hasil pos-tes (hasil UTS) mahasiswa pada kelas eksperimen sebesar 72,24 yang memiliki nilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol, yang hanya mencapai 62,50. Rata-rata nilai hasil belajar dalam kelas penelitian ini dinyatakan berbeda secara nyata (signifikan) melalui uji indpendent sample t-test pada taraf 5% dengan nilai Sig (2-tailed) 0,007 yang kurang dari 0,05. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar bahwa penggunaan bahan ajar Statistika berupa penggunaan sumber data sekunder dari situs web pemerintah dapat memberi pengaruh yang lebih baik pada hasil belajar mahasiswa.
Islamic Educational Psychology; Urgency and Distinction In The Islamic Religious Education Doctoral Program at UIN Ar-Raniry Syatria Adymas Pranajaya; Warul Walidin; Salami Salami
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 6 No 1 (2023): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/kjmp.v6i1.3381

Abstract

In the realm of Islamic education, the study of educational psychology which is still struggling to elevate the existence of Islamic labeled scholarship continues to be fought for, especially Islamic educational psychology which provides its dimension to the development of the world of education with spiritual-divine characteristics. UIN Ar-Raniry took part in this role, so it is also important to track the urgency and distinction of Islamic educational psychology at UIN Ar-Raniry. The purpose of writing this study article is to critically describe developments and strengthen the treasures of Islamic educational psychology in the world of Islamic education. The method in this study is library research with thematic analysis techniques. The results of this study indicate that UIN Ar-Raniry has made a real contribution to the development of Islamic educational psychology, by making psychological studies Islamic education a compulsory subject that must be taken by students of the Islamic Religious Education (PAI) Doctoral Program at UIN Ar-Raniry Banda Aceh. This has been carried out with a special urgency and distinction study. The distinction indicators of this subject correspond to the achievement of targeted learning graduates from the realm of attitudes, knowledge, general skills, and specific skills with 16 specific sub-studies given in this subject. The implications of this article are expected to encourage the improvement and development of the quality of Islamic educational psychology scientific studies in giving birth to the best generation of people and nation, and in the long term could transform into an accredited study program.
Pengaruh Flipchart Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa di Indonesia: Sebuah Meta-Analisis Abdul Rahman; Yayat Suharyat; Zulyusri Zulyusri; Upris Yastati; Tomi Apra Santosa; Revi Gina Gunwan; Suhaimi Suhaimi; Ilwandri Ilwandri
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 6 No 1 (2023): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/kjmp.v6i1.3391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh flipchart terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah meta-analisis. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari 11 jurnal nasional dan internasional. Proses penulusuran sumber data dari google scholar, Emerald, ScienceDirect, Eric, Taylor of Francis dan ProQuest. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung melalui database online. Kriteria sumber data harus memenuhi kriteria inklusi. Kriteria inklusi yang dijadikan data meta-analisis yaitu jurnal terindeks SINTA, DOAJ, Scopus dan WOS, Jurnal harus berbahasa Inggris dan Indonesia serta jurnal yang terbit dari tahun 2015-2023. Hasil meta-analisis menunjukan bahwa nilai Effect Size (ES = 0.902) dengan kriteria sedang. Temuan ini menunjukan pembelajaran flipchart terintegrasi STEM memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di Indonesia. Penerapan pembelajaran flipchar terintegrasi STEM membantu guru dan siswa dalam menigkatkan proses pembelajaran di sekolah.
Pemerolehan Bahasa Anak Tunarungu Pengguna Hearing Aid dengan Media Kartu Bergambar Idawati Idawati; Odien Rosidin
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 6 No 1 (2023): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/kjmp.v6i1.3404

Abstract

Anak yang menderita tunarungu akan mengalami perbedaan dengan anak normal pada umumnya dalam pemerolehan bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa anak tunarungu pengguna hearing aid dengan media kartu bergambar di salah satu sekolah khusus di Provinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus terhadap tiga orang siswa tunarungu pengguna hearing aid di salah satu sekolah khusus di Provinsi Banten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kosa kata yang disajikan dalam bentuk kartu bergambar dapat dibaca dan dipahami dengan baik oleh siswa tunarungu pengguna hearing aid, walaupun masih ada beberapa kesalahan berupa perubahan vokal maupun konsonan. Ketiga siswa tersebut dapat mengikuti intruksi guru dan peneliti dengan baik.

Page 1 of 3 | Total Record : 28