cover
Contact Name
Suyahman
Contact Email
suyahman.suyahman@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
suyahman.suyahman@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Letjend. S. Humardani No. 1 Sukoharjo
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Civics Education And Social Science Journal (CESSJ)
ISSN : 26863162     EISSN : 26863170     DOI : http://dx.doi.org/10.32585/cessj
Core Subject : Education,
CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara. CESSJ memiliki scope teori dan praktik pendidikan kewarganegaraan. CESSJ terbit 2 kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan Desember.
Articles 60 Documents
PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TENTANG PERGERAKAN NASIONAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE BAMBOO DANCING PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI KANDANGSAPI 2 KECAMATAN JENAR KABUPATEN SRAGEN Agus Prayitno; Maria Helena Sri Rahayu; Yohannes Sugiyanto
CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/cessj.v1i1.355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Materi Pergerakan Nasional dengan mengunakan Pembelajaran Kooperatif Metode Bamboo Dancing pada Siswa Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Kandangsapi 2 Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015.  Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Subjek penelitian adalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kandangsapi 02 Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Sejumlah 14 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 4 perempuan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Kooperatif Bamboo Dancing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar  siswa dalam pembelajaran IPS. Pada kondisi awal siswa pasif dan cpat bosan pada tindakan 1 dan tindakan 2 siswa menjadi aktif dan tidak bosan. Hasil belajar IPS siswa pada kondisi awal banyak yang skorenya dibawah KKM setelah diberikan tindak 1 dan 2 berybah secara signifikan. Pertama: Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Metode Bamboo Dancing dapat  Meningkatkan Aktifitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Materi Pergerakan Nasional pada Siswa Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Kandangsapi 2 Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015.  Kedua : Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Metode Bamboo Dancing dapat  Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Materi Pergerakan Nasional pada Siswa Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Kandangsapi 2 Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015.
PERANAN MATA PELAJARAN PPKn DALAM RANGKA MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IV DI SDN 3 WURYOREJO Hari Wahyu Nugroho; Suyahman Suyahman; Meidawati Suswandari
CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/cessj.v1i1.356

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskrPPKnikan Peranan Mata Pelajaran PPKn Dalam Rangka Menumbuhkan Nilai Karakter Religius Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 3 Wuryorejo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 3 Wuryorejo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 15 peserta didik. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama 2 minggu, mulai pada tanggal 02 Februari 2018 s.d tanggal 16 Februari 2018. Metode pengumpulan data menggunakan : observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis mengalir yang terdiri dari tiga langkah: reduksi data, display data dan Verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan melalui matapelajaran PPKn di SD berdasarkan kurikulum 2013 ada beberapa materi yang dapat digunakan untuk membentuk karakter religius yaitu toleransi beragama, ketaatan pada pencipta alam semesta, sedangkan dalam proses pembelajaran PPKn dapat dibentuk juga nilai karakter religius dengan cara: berdoa pada saaat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, mengajaksiswa mendoakan temannya yang sakit, mengajak siswa tenang dan khidmat mendengarkan suara adzan, serta mengajak siswa mendoakan saudara-saudara Guru yang kena musibah bencana alam. Simpulannya metapelajaran PPKn di Sekolah Dasar Negeri 3 Wuryorejo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018 berperanan dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Religius
UPAYA BELA NEGARA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA Mariella Rosa Farabita; Eko Prasetyo
CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/cessj.v1i1.357

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya Bela Negara melalui kegiatan kepramukaan bagi mahasiswa programstudi PPKn Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskripif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah dosen dan Mahasiswa Program Studi PPKn semester 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan objeknya adalah Bela Negara dan kegiatan kepramukaan. Metode pengumpulan datanya menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan mtode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif terdiri dari 4 tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengamatan dilapangan yang dilakukan dari tanggal 12-24 Juni 2019 ditemukan hal-hal sebagai berikut: mahasiswa dalam praktek upacara pembukaan dan penutupan siaga dan penggalang kurang serius memberikan penghormatan pada bendera merah putih, masih banyaknya mahasiswa yang kurang mmahami pahlawab pjuang bangsa dan pahlawan revolusi, masih banyaknya mahasiswa yang tidak hapal teks proklamasi ekmerdekaan, teks pancasila, dan teks sumpah pemuda, masih banyaknya mahasiswa yang tidak hafal menyanyikan lagu Indonesia raya dan lagu-lagu nasional lainnya, mahasiswa kurang pduli adalanya temannya yang konflik, mahasiswa melakukan pembiaran temannya yang mentontek dan memplagiasi makalah milik temannya. Pengamatan dilapangan pada saat dosen melaksanakan praktek lapangan kepramukaan: sarana dan prasarana kurang memadai, waktu untuk praktek relative sedikit, dosen kurang adil dalam membagi petugas upacara. Hasil wawancara dengan dosen diperoleh informasi: mahasiswa kirang memahami esensi substansi kegiatan kepramukaan bagi mahasiswa, mahasiswa dalam praktek kurang disiplin, mahasiswa dalam praktek kurang memiliki alat-alat praktek, mahasiswa kurang memahami para pahlawan bangsa dan sepak perjuangannya serta sarana dan prasarana praktek kurang memadai, mahasiswa lebih menguasai lagu lagu yang trend bagi dirinya. Hasil wawancara dengan mahasiswa program studi PPKn semester 2 diperoleh informasi: dosen kurang adil dalam membagi tugas petugas praktek upacara, waktu untuk praktek sangat singkat, tempat untuk praktek kurang mendukung, sarana dan prasarana yang digunakan untuk praktek kurang memadai.
ANALISIS NILAI KARAKTER TRADISI WIWITAN DALAM PERSPEKTIF KEARIFAN LOKAL DI DESA SUMBEREJO, KECAMATAN JATISRONO, KABUPATEN WONOGIRI Kristian Korniadi; Purwanto Purwanto
CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/cessj.v1i1.358

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis nilai karakter tradisi wiwitan dalam perspektif kearifan local di desa sumberrejo kecamatan jatisrono kabupaten wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah para petani, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda, dan objeknya adalah tradisi wiwitan dan kearifan local. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif terdiri dari 4 langkah yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian: brdasarkan hasil wawancara dengan para petani, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda bahwa tradisi wiwitan memiliki nilai nilai karakter: religius, krjasama, gotong royong, kerukunan, social, tanggung jawab. Menurut wawancara dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama melestarikan tradisi wiwitan dapat mendukung pelestarian nilai kearifan local. Simpulannya bahwa melaksanakan tradisi wiwitan dapat melestarikan nilai kearifan local di desa sumber refo kecmatan jatisrono kabupaten Wonogiri.
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI BHINEKA TUNGGAL IKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SURAKARTA PADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Umi Setyaningsih; Yulianto Bambang Setyadi
CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/cessj.v1i1.359

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, berbagai macam hambatan yang dihadapi dan solusi yang diberikan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menerapkan model alir melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menerapkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada siswa dapat dilakukan dengan cara membiasakan siswa untuk membayar pajak, memiliki sikap toleransi dan tidak membeda-bedakan antar umat beragama. Hambatan yang dialami yaitu berasal dari siswa yang kurang paham pada nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika, selain itu hambatan juga berasal dari kurangnya kesadaran guru, staff/karyawan dalam menerapkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada siswa di SMP Negeri 1 Surakarta. Solusi yang diberikan pihak sekolah selalu berupaya menambah pemahaman mengenai nialai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada siswa agar pelaksanaan proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, dan proses implementasi nilai- nilai Bhineka Tunggal Ika dapat tercapai, solusi selanjutnya yaitu membiasakan siswa melakukan indikator-indokator nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika. Pihak sekolah dan guru berkoordinasi dengan staff/karyawan agar menerapkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada siswa agar mereka terbiasa dengan pemahaman nilai-nilai tersebut, sehingga proses implementasi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika kepada siswa dapat tercapai secara maksimal.
PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DALAM PEMILIHAN UMUM 2019 DI KELURAHAN SUMBER KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA Wisnu Dani Prasetyo; Toni Harsan; Pujiyana Pujiyana
CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/cessj.v1i1.360

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Partisipasi politik pemilih pemula dalam pemilihan umum 2019 di Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta., 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi politik pemilih pemula di Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.,3)Untuk mengetahui bentuk-bentuk partisipasi politik yang mempengaruhi partisipasi politik pemilih pemula di Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.Penelitian ini dilakukandi Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.,. Penelitian dilakukan dalam waktu3 bulan pada bulan mei 2019 zsampai denganJuli 2019. Subjek penelitianini adalahpemilih pemula di lingkungan Kelurahan Sumber yang berjumlah 60 orang terdiri dari 35 orang laki-laki dan 25 orang perempuan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara,dokumentasi,dan observasi..Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan: 1) bahwa partisipasi politik pemilih pemula di Kelurahan Sumber dikategorikan tinggi, hal ini karena pemilih pemula sangat antusias dalam memberikan hak suaranya .2)partisipasi politik pemilih pemula di Kelurahan Sumber dipengaruhi beberapa faktor anatara lain pengaruh orang tua, kondisi lingkungan, pengalaman beorganisasi, modernisasi.3)partisipasi politik pemilih pemula di Kelurahan Sumber dipengaruhi bentuk-bentuk partisipasi politik seperti kegiatan pemilihan, kampanye, lobby, kegiatan organisasi, contacting, tindakan kekerasan.
PERANAN TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SENDANGSARI KECAMATAN BATUWARNO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Aji Widya Putra; Suyahman Suyahman; Tri Sutrisno
CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/cessj.v1i1.361

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan tata tertib sekolah dalam membentuk perilaku kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari dan mendeskripsikan faktor-faktor apa yang menghambat tata tertib sekolah untuk membentuk perilaku kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari dan objek penelitian ini adalah peranan tata tertib sekolah dan perilaku kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah Peranan tata tertib sekolah dalam membentuk perilaku kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari sudah cukup baik. Kepala sekolah dan guru kelas telah dapat membiasakan siswa untuk mematuhi tata tertib sekolah guna membentuk perilaku disiplin. Faktor yang menghambat tata tertib sekolah dalam membentuk perilaku kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari adalah 1. faktor lingkungan keluarga berupa perhatian orang tua, 2. faktor lingkungan sekolah berupa ajakan teman yang melanggar dan kesibukan guru, dan 3. faktor lingkungan masyarakat berupa pergaulan dan gaya hidup yang tidak sesuai dengan aturan sekolah. Simpulan penelitian ini adalah melalui tata tertib sekolah dapat membentuk perilaku kedisiplinan siswa. Pembentukan perilaku disiplin siswa di pengaruhi oleh 3 faktor yaitu faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan masyarakat.
AKTUALISASI NILAI KEADILAN SOSIAL DALAM PANCASILA MELALUI KONSEP TA’AWUN GERAKAN MUHAMMADIYAH Ahmad Muhibbin; Albi Arangga
CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/cessj.v1i2.754

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana wujud aktualisasi nilaikeadilan sosial pada Pancasila melalui konsep ta’awun gerakan Muhammadiyah. Jenispenelitian ini adalah kualititatif dengan desain studi kasus yang dalam arti difokuskanpada suatu fenomena tertentu yang akan dipahami secara komprehensif. Penelitian inidilakukan di Lembaga Zakat dan Amal Lazismu Kota Surakarta.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah dengan modeltriangulasi data yang dihasilkan dari ketiga motede penelitian kualitatif. Analisis datayang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang seluruh prosesnyamelalui tahap pengumpulan, reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitianmenunjukan bahwa terdapat wujud aktualisasi nilai keadilan sosial dalam Pancasilamelalui konsep ta’awun Muhammadiyah, yang telah dilaksanakan oleh Lazismu KotaSurakarta. Pengaktuliasian nilai keadilan sosial dalam Pancasila diwujudkan denganadanya agenda-agenda filantropis dan pemberdayaan sosial yang dilaksanakan olehLazismu Kota Surakarta.
PERANAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PPKn DI SMA BUNDA PADANG MELALUI PENUGASAN DOSEN DI SEKOLAH Yusrizal Yusrizal; Bambang Trisno
CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/cessj.v1i2.755

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peranan perguruan tinggi dalammeningkatkan aktivitas pembelajaran PPKn di SMA Bunda Padang Melaluipenugasan Dosen Di sekolah. Jenis penelitian ini penelitian ini adalah penelitiankualitatif , subjek penel;itiannya Guru dan siswa SMA Bunda, dan objeknyaadalah Aktivitas pembelajaran PPKn dan penugasan dosen di Sekolah. Metodepengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Validitas data dilakukan dengan trianggulasi metode dan sumber. Teknik analisisdata dilakukan dengan teknik analisis kualitatif interaktif.. Hasil penelitianmenunjukan bahwa aktivitas pembelajaran PPKn bagi siswa SMA Bunda sebelumdilakukan penugasan dosen di sekolah kurang maksimal, akan tetapi setelahdilakukan penugasan dosen di Sekolah dengan menggunakan pembelajaranliterasi, teka teki silang dan model role playing terjadi peningkatan aktivitasbelajar PPKn yang maksimal. Simpulannya bahwa penugasan dosen di sekolahmemiliki peranan penting dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa SMABUnda Padang.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE KAHOOT DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAME TURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI HAK ASASI MANUSIA DALAM PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PPKN Oo Kosidin
CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/cessj.v1i2.756

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pemanfaatan media Kahoot dalamproses pembelajaran dengan model pembelajaran TGT dengan menggunakanmedia Kahoot, (2) mengetahui kerja sama peserta didik dalam prosespembelajaran, dan (3) mengetahui hasil belajar pserta didik dalam prosespembelajaran dengan model TGT melalui penggunaan media Kahoot. Jenispenelitian ini penelitian tindakan kelas, subjek penelitisnnys Guru dan siswa kelasXII TKJ C SMKN 1 Padaheran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes,obserwasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas dilakukan dengan menghitungvaliditas item dan reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan teknikanalisis kualitatif untuk mengetahui ada tidaknya aktifitas belajar siswa, danteknik analisis kuantitatif untuk mengetahui afda tidaknya peningkatan prestasibelajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap data hasilobservasi dan evaluasi pada silkus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwapenerapan media pembelajaran online Kahoot dapat meningkatkan aktivitas danhasil belajar siswa kelas XII TKJ C SMKN 1 Padaherang dengan peningkatanrata-rata hasil belajar 29% (siklus I 48,73 siklus II 77,56), peningkatanketuntasan adalah 36,55% (siklus I 19 peserta didik, siklus II 32 peserta didik).Hipotesis kegiatan PTK dengan fokus pada pmbelajaran berbasis e-learningKahoot! telah tercapai dengan angka presentase keberhasilan 85%.