cover
Contact Name
Irman Idrus
Contact Email
irmanidrus80@gmail.com
Phone
+6282189450827
Journal Mail Official
juliyani68@yahoo.com
Editorial Address
Simbo BTN Griya Safika Blok G no. 5
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
ISSN : 25285130     EISSN : 26209861     DOI : -
Core Subject : Health, Science,
URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing keilmuannya.
Articles 44 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018)" : 44 Documents clear
THE ANALYSIS OF PSYCHOLOGICAL CONFLICTS THAT ARE EXPERIENCEDBY BLANCHE DUBOIS TO KNOW HER EMOTIONAL REACTION IN TENNESSEE WILLIAMS’ A STREETCAR NAMED DESIRE Riwa Rambu Hada Enda
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 3 No 2 (2018): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to know the psychological conflict of Blanche DuBois and her emotional reaction after facing the conflicts. The research is a qualitative and library research. The data gathered are especially taken from the main source which is the play itself. Besides that, to support the study the writer gets some data from books and internet and the objective theory of literature. The study finds out that Blanche DuBois’ emotional reaction after facing:(1) approach-approach conflict is mild because there are all positive goals, she likes and enjoy that psychological conflicts; (2) avoidance-avoidance conflict is self-aggression because she blames herself for this conflict situation and displace aggression because she displaces the frustration to Stella; (3) approach-avoidance conflict is leave the psychological space because she cannot handle her psychological conflict anymore; (4) double approach-avoidance conflict is leave the psychological space because she prefers to refuse all the conflicts, refuse to face reality in her life. Keywords: literature, psychological conflicts, emotional reaction.
PEMASARAN DESTINASI BRANDING MELALUI AKTIVITAS BRAND ACTIVATION ( Study Palembang TTI Expo 2017) Prihantono, Dwi Nurul
Jurnal Akrab Juara Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Industri pariwisata merupakan industri yang diandalkan dan dikembangkan sebagai salah satu sektor pendorong pertumbuhan ekonomi, karena sektor pariwisata berpengaruh signifikan terhadap perekonomian masyarakat di daerah. Untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerah di perlukan adanya destinasi branding yang bertujuan bagaimana memasarkan potensi suatu daerah. Salah satu kegiatan yang efektif dalam memperkuat branding adalah melalui aktivitas brand activation. Brand activation adalah suatu kegiatan yang berkontribusi membangun kepercayaan antara konsumen, masyarakat dan produk, Penelitian ini mencoba menelusuri pentingnya penguatan destinasi branding melalui aktivitas brand activation. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara langsung dan tidak langsung, Focus Group Discussion, tinjauan literatur, serta dokumentasi. Kata kunci : Destinasi branding, Brand Activation.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PERSONAL PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MEMILIH BIDANG KOMPETENSI BAGI SISWA SMA/SMK KABUPATEN BUNGO UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) Yudhi Novriansyah; Muhammad Asman; Misra Yeni
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 3 No 2 (2018): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia harus mampu bersaing dengan negara-negara lain baik dalam produk, pelayanan, maupun dalam penyiapan sumber daya manusia. Pada saat ini kecenderungan meningkatnya pengganggur muda dan terdidik merupakan salah satu indikasi. Berbagai faktor yang berpengaruh terhadap tingginya tingkat pengangguran diantaranya adalah: kesempatan kerja yang terbatas, kualifikasi pekerjaan yang tidak sesuai, serta minimnya kemandirian pencari kerja untuk berwirausaha). Kompetensi ternyata tidak seperti kenyataan yang dimiliki pekerja. Dari analisis awal, beberapa kelemahan para peserta didik baik tingkat SMA sederajat hingga Perguruan Tinggi untuk bersaing dibidang bisnis baik sebagai calon tenaga kerja, maupun sebagai calon wirausaha. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan menambah pemahaman dan membuka cakrawala berpikir bagi siswa-siswi SMA dalam menghadapi persaingan masa depan diera Masyarakat Ekonomi yang mengedepankan kemampuan membangun komunikasi publik, penggunaan TI dalam beragam akivitas dan kompetensi keahlian yang sangat dibutuhkan untuk bersaing di pasar kerja. Kata Kunci: Komunikasi Personal, Teknologi Informasi, Kompetensi, MEA.
PENGARUH HARGA DAN KEPERCAYAAN MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN GO-JEK Chomsun Farochi; Rahmat Hidayat
Jurnal Akrab Juara Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Harga adalah sistem manajemen perusahaan yang akan menentukan harga dasar yang tepat untuk produk atau layanan dan juga perlu menentukan strategi yang berkaitan dengan diskon, pembayaran biaya pengiriman, dan berbagai variabel terkait. Sedangkan merek tepercaya adalah kemampuan keandalan merek, berdasarkan kepercayaan konsumen bahwa produk tersebut mampu memenuhi nilai yang dijanjikan dan niat merek berdasarkan keyakinan konsumen bahwa merek tersebut dapat memprioritaskan kepentingan konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga dan pengaruh merek yang dipercaya pada keputusan pembelian konsumen Go-Jek. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui seberapa besar variabel-variabel ini mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara harga dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji F sebesar 48,719 sedangkan F tabel dapat dilihat dengan menggunakan f tabel dengan derajat bebas residu (df) yaitu 97 sebagai penyebut dan df regresi adalah 3,94. Karena F hitung (48,719)> F tabel (3,94) maka H1 diterima. Berdasarkan signifikansi, terlihat kolom sig adalah 0,000 yang berarti probabilitas 0,000 <0,05 maka H0 ditolak, maka perbedaan yang signifikan antara harga dan merek yang dipercaya pada keputusan pembelian konsumen Go-Jek. Kata kunci: Harga, Merek Tepercaya, Keputusan Pembelian.
PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Pada Program Studi Teknik Sipil Institut Sains dan Teknologi Al Kamal Jakarta) Desy Setyorini
Jurnal Akrab Juara Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas kondisi sosial ekonomi dengan hasil belajar siswa sebagai variabel dependen dengan mengambil 70 sampel dalam populasi Institut Sains dan Teknologi Al Kamal Jakarta yang terdiri dari 70 orang yang telah memberikan inputnya melalui kuesioner. disediakan peneliti dan diukur dengan menggunakan skala likert korelasi dan regresi untuk hipotesis. Hasil analisis data dan uji hipotesis adalah (1) nilai a sig. Dengan 2-tailed (0,542) sebanyak ke tingkat kekuatan sangat berarti jauh lebih kecil dari tingkat signifikan (α) 1% dan nilai r2 atau koefisien determinasi sebesar 0,294, sehingga dapat disimpulkan bahwa h1 diterima yang berarti hipotesis maju dengan menguji bahwa dampaknya adalah antara kondisi sosial ekonomi dengan prestasi belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah kondisi sosial ekonomi, memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dari Institut Sains dan teknologi Al Kamal Jakarta. Kata kunci: kondisi ekonomi sosial dan prestasi belajar siswa.
PENGHAPUSAN PIUTANG TAK TERTAGIH (STUDI KASUS PADA PT. JTEKT INDONESIA DI KARAWANG, JAWA BARAT) Setiadi Setiadi
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 3 No 2 (2018): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui metode yang digunakan oleh PT. JTEKT Indonesia untuk menghapuskan piutang tak tertagih, kendala–kendala dalam melalukan penghapusan piutang dan solusi untuk menghadapi kendala tersebut. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kualitatif yaitu penulis menggambarkan hasil observasi dan menjabarkan data data yang diperoleh dari perusahaan. Penulis mendapatkan data melalui proses wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan pembahasan masalah, penulis memperoleh kesimpulan dari penulisan tugas akhir ini bahwa PT. JTEKT Indonesia sudah mempunyai metode untuk menghapuskan piutang. Metode yang digunakan untuk menghapuskan piutang tak tertagih pada PT. JTEKT Indonesia di Karawang adalah metode pencadangan. Kata kunci : piutang tak tertagih, metode pencadangan, umur jatuh tempo piutang.
ANALISA PERBAIKAN WAKTU PRODUKSI UNTUK MENDAPATKAN HASIL DAN PENGIRIMAN YANG TEPAT WAKTU KE PELANGGAN Harna Adianto; Suwarsito Suwarsito; Niken Herawati
Jurnal Akrab Juara Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya Waktu yang hilang atau Waktu terbuang yang mengakibatkan pengiriman material tidak tepat waktu ke proses berikutnya sehingga menyebabkan menumpuknya material (WIP) masih dianggap suatu hal yang wajar bagi sebagian setiap orang yang tidak mengetahui betapa berharganya waktu yang terbuang tersebut, sehingga menyebabkan pengeluaran biaya dalam membuat suatu barang menjadi mahal. Dari sebab itu Penelitian ini dibuat untuk menganalisis pengaruh waktu yang hilang dengan biaya yang bertujuan Mereduce (Mengurangi) biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang sehingga bertujuan memberikan profit pada perusahaan. Data diambil dari laporan proses produksi PT.MII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian, metode statistik dengan mengimplementasikan METODE INTERNAL ON TIME DELIVERY : IOTD = Aktual selesai – Tanggal mulai Kata Kunci : Waktu terbuang, Waktu yang hilang, WIP
PROFIL PEREMPUAN PEMBUDIDAYA RUMPUT LAUT (Studi Pada Perempuan Pembudidaya Rumput Laut Di Desa Tanamanang Kecamatan Pahunga Lodu) Sitaniapessy, Desy A.
Jurnal Akrab Juara Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang perempuan pembudidaya rumput laut dan juga dapat mengetahui faktor pendorong keterlibatan tenaga kerja perempuan pembudidaya rumput laut. Penelitian ini menggunakanpendekatan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa sebagian besar pekerja berusia produktif ( 21-40 tahun) sebanyak 77,6 %, sebagian besar pekerja berstatus menikah (75,5%), dengantingkat pendidikan terbanyak belum tamat SD (44, 9 %), pengalaman bekerja pada sektor rumput laut 10-15 tahun sebanyak 47 %, jumlah jam kerja 6-10 jam perhari, dengan jumlah penghasilan Rp.500.000 – Rp 1.000.000 sebesar 87,8 %. Alasan keterlibatan perempuan bekerja adalah faktor ekonomi, karena sebagian besar suami bekerja sebagai buruh tani dan penghasilan dari suami ternyata tidak mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari, sehingga dengan alasan inilah meraka bekerja membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Adapun saran dari penelitian ini adalah, perlu adanya pembagian peran yang jelas dalam rumah tangga dan juga peningkatan pendidikan dan ketrampilan perempuan pembudidaya rumput laut sehingga dapat meningkatkan kemampuan baik secara individu maupun dalam kelompok. Kata Kunci : Karakteristik, Tenaga Kerja Perempuan
THE CONFLICTING VALUES AMONG GENERATIONS IN D.H.LAWRENCE’S THE VIRGIN AND THE GIPSY Suryani Kurniawi Kahi Leba Kapoe
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 3 No 2 (2018): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims at studying the conservative versus the modern characters in Lawrence’s The Virgin and The Gipsy. The research is a qualitative and library research. The data gathered are especially taken from the main source which is the novel itself. Besides that, to support the study the writer gets some data from books and internet and the objective theory of literature. The study finds out that in Lawrence’s, there are some different views between the young generation and the old generation. The definition and the essence of the study presumed by the writer are based on the character of the two generations in an era. The old generation is a type of person who tends to control and dominate the young. They have an absolute power. On the other hand, the young wants to be free and they have different way of views and appreciate life. Keywords: dominate, control, free, power.
KAJIAN HUKUM TERHADAP RANCANGAN UNDANG-UNDANG LARANGAN PRAKTIK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT Tomy Michael
Jurnal Akrab Juara Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Demokrasi ekonomi yang termaktub dalam Pasal 33 ayat (4) UUD NRI Tahun 1945 menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara kesejahteraan. Demokrasi ekonomi tersebut tercermin dalam UU No. 5-1999 dengan dibentuknya KPPU namun dalam undang-undang tersebut, KPPU belum memiliki kejelasan kedudukan. Sehingga dengan adanya RUU TLP maka kewenangan KPPU semakin diperkuat yaitu dengan adanya pemberian sanksi administratif oleh lembaga tersebut.Kesimpulan yang diperoleh yaitu dengan adanya penguatan terhadap KPPU maka KPPU memiliki landasan hukum yang jelas agar tidak bertentangan dengan lembaga-lembaga negara lainnya dan sebagai wujud dari negara hukum yang mengutamakan kepastian hukum. Kata kunci: KPPU, monopoli, sekongkol, demokrasi ekonomi.