cover
Contact Name
Nurhayati
Contact Email
asimetris.umuslim@gmail.com
Phone
+6282240724914
Journal Mail Official
asimetris.umuslim@gmail.com
Editorial Address
Jalan Almuslim, Matangglumpangdua, Paya Cut, Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh 24261
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Asimetris: Pendidikan Matematika dan Sains
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 27218724     EISSN : 27220214     DOI : -
ASIMETRIS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Matematika Universitas Almuslim, sebagai sarana publikasi dari hasil penelitian dosen, penelitian mahasiswa maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pada pengembangan teori, serta aplikasinya terhadap Pendidikan Matematika dan Matematika di Indonesia. Jurnal yang dimuat berupa artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Adapun bidang kajian yang ditelaah berkaitan dengan Pendidikan Matematika dan Sains. Mengenai informasi pedoman penulisan artikel termuat pada templet dan prosedur pengiriman ada pada setiap terbitan jurnal. Semua artikel yang masuk akan melalui peer-review process setelah memenuhi persyaratan sesuai pedoman penulisan artikel. Penerbitan jurnal ini dilakukan dalam setahun dua kali terbit yaitu pada bulan April dan Oktober.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains" : 10 Documents clear
Optimasi Rute Pengangkutan Sampah di Pekanbaru dengan menggunakan Binary Integer Programming Sarbaini Sarbaini
Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana armada mengangkut sampah di Kota Pekanbaru dengan menggunakan metode Vehicle Routing Problem (VRP) dengan batasan waktu (time window). Ada 61 titik pengiriman dan 24 kendaraan armada yang tersedia. Untuk menyelesaikan masalah saat ini, penelitian ini menggunakan formulasi model pemrograman biner integer. Untuk menghasilkan formulasi ini, fungsi tujuan dibuat untuk mengurangi waktu tempuh kendaraan. Fungsi ini menghitung batasan waktu kerja yang tersedia untuk setiap kendaraan sebesar 420 menit, dikurangi waktu tempuh kendaraan dari TPA ke depot selama 53 menit. Dengan demikian, batasan waktu kerja yang tersedia adalah 367 menit. Dari penelitian ini didapat 7 kendaraan yang masih mengalami overtime yaitu kendaraan 18, 19, 20, 21, 22, 23 dan 24.
Perspektif Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Project Based Learning Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika
Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perspektif mahasiswa terhadap pembelajaran model project-based learning (PjBL) pada mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah 81 mahasiswa program studi pendidikan matematika semester 3. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilaksanakan menggunakan instrumen dalam bentuk angket, pertanyaan terbuka, dan wawancara. Perspektif mahasiswa terhadap kualitas pembelajaran, motivasi, dan kinerja digali melalui angket yang hasilnya dikaji menggunakan analisis statistik deskriptif. Informasi tentang kendala yang dihadapi dan manfaat dalam pelaksanaan tugas proyek digali melalui pertanyaan terbuka yang disampaikan kepada subjek penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa mahasiswa memiliki perspektif positif terhadap penerapan model Project Based Learning pada mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika. Mahasiswa bahwa Project Based Learning memiliki dampak positif terhadap kualitas pembelajaran, motivasi dan kinerja. Mereka meyakini bahwa tugas yang dijalankan berupa pembuatan perangkat pembelajaran matematika dapat membantu memahami materi perkuliahan, meningkatkan motivasi dalam pembelajaran serta memberikan pengalaman berkolaborasi yang luar biasa dengan anggota yang lainnya.
Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Digital berbasis Android Menggunakan Kodular pada Mata Kuliah Geometri Yessi Kartika; Husnidar Husnidar; Rahmi Hayati
Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat dan mengembangkan aplikasi pembelajaran digital berbasis android sebagai sarana yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran dengan harapan memperoleh peningkatan kualitas proses belajar mengajar dan dapat merangsang minat dan Motivasi belajar yang signifikan pada matakuliah geometri. Aplikasi ini ditujukan sebagai pelengkap pembelajaran serta memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari materi yang kurang dipahami didalam kelas dengan mengulang kembali di manapun dan kapanpun. Metode penelitian menggunakan R&D dan model ADDIE yang terdiri dari langkah analisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation.  Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II Pendidikan Matematika FKIP Universitas Almuslim. Pengujian dilakukan terhadap 15 orang     mahasiswa dengan memberikan angket diperoleh 92%. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil persentase rata-rata validator konten adalah 90,5%, dan validasi aplikasi adalah 83% tergolong kategori sangat layak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa aplikasi kodular yang diterapkan pada matakuliah Geometri sebagai media pembelajaran dan dapat digunakan dengan baik oleh mahasiswa.
Metode Cluster Pautan Tunggal untuk Analisis Heterogenitas Demografi di Kabupaten Aceh Jaya Wiwin Apriani; Nurhayati Nurhayati
Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan data sensus penduduk tahun 2020 di Kabupaten Aceh Jaya dapat dilihat keheterogenan jumlah penduduk, tingkat Pendidikan, lapangan usaha, dan jenis perumahan dengan menggunakan analisis cluster pautan Tunggal. Dari hasil analisis di[eroleh keheterogenan populasi penduduk di Kabupaten Aceh Jaya paling besar yaitu di Kecamatan Panga dan Jaya dengan sebesar 157,23364%. Pada tingkat pendidikan keheterogenan terjadi pada kecamatan Panga dan Jaya sebesar 90,19637%. Sektor lapangan usaha keheterogenan terjadi pada Kecamatan Panga dan Jaya sebesar 91,453%. Analisis demografis menunjukkan bahwa untuk tingkat kelahiran, persentase CBR tertinggi berada di Kecamatan Sampoiniet dengan nilai 2,94%. dan terkecil 2,11% di Kecamatan Krueng Sabee. Pada tingkat ASFR persentase terbesar terdapat di Kabupaten Jaya dengan nilai 26,34% dan terkecil di Kecamatan Krueng Sabee dengan nilai 16,44%. Selanjutnya pada tingkat GFR persentase terbesar sebesar 18,23% di Kecamatan Setia Bakti dan terkecil sebesar 10,21% di Kecamatan Teunom sedangkan untuk tingkat kematian persentase CDR tertinggi sebesar 29,43% di Kecamatan Sampoiniet dan terkecil sebesar 21,07% di Krueng Sabee.
Implementasi Simultaneous Pick Up and Delivery Vehicle Routing Problem with Time Windows Menggunakan Integer Non-Linier Programming Maya Widyastiti; Amar Sumarsa
Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan variasi dari model Vehicle Routing Problem (VRP) untuk melakukan pendistribusian suatu barang, Rute yang dirancang untuk menentukan banyaknya kendaraan yang digunakan dan rute terpendek pendistribusian. Model Pickup and Delivery Vehicle Routing Problem with Time Windows (PDVRPTW) dimodelkan dalam bentuk Integer Non-Linear Programming, dan diselesaikan menggunakan metode Branch and Bound. Model ini digunakan karena dapat menghasilkan solusi dalam menyelesaikan masalah optimisasi rute dengan batasan tertentu. PDVRPTW merupakan permasalahan rute kendaraan dimana setiap konsumen terjadi pengiriman dan pengambilan barang sekaligus dan terdapat batasan waktu. Hasil yang diperoleh sebanyak 4 kendaraan yang digunakan. Jarak tempuh terpendek sebesar 26816 meter. Jarak tempuh kendaraan 1 sebesar 5299 meter, kendaraan 2 sebesar 6546 meter, kendaraan 3 sebesar 6684 meter dan kendaraan 4 sebesar 8287 meter. Hasil penentuan rute menggunakan metode Branch and Bound memberikan rute yang lebih baik, dimana jarak pengiriman dapat dihemat sebesar 2575 meter atau 9,6%.
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Gaya Belajar Siswa MTsN 3 Aceh Timur Yenny Suzana; M Zaiyar Zaiyar; Nurfazillah Nurfazillah
Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis dan gaya belajar siswa MTsN.  Kemampuan komunikasi matematis diperlukan bagi siswa MTsN sehingga siswa dapat memahami dan menyampaikan konsep/ide matematika.Gaya belajar perlu diketahui bagi seorang guru dalam upaya meningkatkan pembelajaran matematika di MTs. Populasi adalah seluruh siswa MTs Negeri 3 Aceh Timur, Provinsi Aceh. Sampel berjumlah 28 siswa kelas VIII MTs N 3 Aceh Timur dengan gaya belajar yang berbeda dan memiliki prestasi belajar heterogen. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Untuk pengelompokan gaya belajar digunakan tes gaya belajar berupa angket. Tes kemampuan komunikasi matematis dikembangkan berdasarkan kisi-kisi kemampuan komunikasi matematis bentuk uraian sebanyak 5 soal tentang kubus dan balok, serta instrumen wawancara. Teknik analisis data secara kualitatif dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa kelas VIII MTsN 3 Aceh Timur memiliki gaya belajar yang bervariasi dengan kategori: siswa dengan gaya belajar visual 32,14%, auditorial 13,28%, dan kinestetik 21,42%. Selanjutnya kemampuan komunikasi matematis siswa MTsN 3 diperoleh rata-rata adalah 51,94 kategori cukup. Siswa MTsN 3 Aceh Timur dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi matematis 88,88% pada level tinggi. 50% siswa gaya belajar auditori memiliki kemampuan komunikasi matematis termasuk pada level sedang dan 66,66% siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan komunikasi matematis termasuk level sedang.
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dengan Menggunakan Metode Newman
Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan berbagai jenis kesalahan yang dilakukan siswa Jabal Nur dari kelas XI-1 MAS ketika mereka menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita materi barisan dan deret yang menggunakan metode Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Siswa kelas XI-1 MAS Jabal Nur, totalnya 22 siswa, adalah subjek penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) persentase kesalahan membaca siswa sebesar 46,25%  (b) persentase kesalahan memahami masalah sebesar 77,5%, (c) persentase kesalahan transformasi sebesar 45%, (d) persentase kesalahan keterampilan proses sebesar 45%, dan (e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 61,25%. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa  adalah tidak terlalu memahami maksud dari soal, tidak mengetahui permasalahan yang terdapat pada soal, lupa menuliskan jawaban, terburu-buru dalam menuliskan jawaban, tidak paham dengan rumus yang seharusnya digunakan, tidak teliti dalam melakukan operasi perhitungan, terjadi kesilapan ketika menentukan hasil akhir.
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Paket C Ikmawati Ikmawati; Mohammad Yusuf; Firnanda Pradana Putra; Dwi Rizki Ramadhan; Nur Insan Ramadhani
Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini mengembangkan mobile learning berlandas Android dengan memanfaatkan Microsoft Powerpoint Add-Ins i-Spring Suite guna mendukung proses pembelajaran, agar meningkatkan minat dan keinginan belajar siswa Paket C. Pengembangan mobile learning berlandas Android menggunakan 4P: 1) Pendefinisian; 2) Perancangan; 3) Pengembangan; 4) Penyebaran. Validator pengembangan media terdiri dari validator materi, pakar media serta pakar pengguna. Hasil penghitungan pakar materi memperoleh keseluruhan 62 dengan persentase kepantasan 83% termasuk bagian “sangat layak”. Sebaliknya pakar media memperoleh keseluruhan 60 dengan persentase kelayakan sebesar 86% termasuk bagian “sangat layak”. Sebaliknya penghitungan pakar pengguna memperoleh keseluruhan 62 dengan persentase kelayakan sebesar 83% termasuk dalam bagian “sangat layak”. Disimpulkan jika mobile learning berlandas Android pada mata pelajaran matematika modul trigonometri “sangat layak” dipergunakan. Pengembangan media berlandas Android  mampu dijalankan pada seluru tipe Android atau tipe situs, aplikasi mampu dijalankan pada seluruh resolusi layar, aplikasi bisa dibuka kapanpun serta dimanapun, mampu jadi sarana berlatih buat pelajar materi trigonometri.  
Pengklasifikasian Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Terjadinya Stunting di Kota Medan dengan Metode Chi-Square Automatic Interaction Detection (CHAID) Fibri Rakhmawati; Mei Yunina Arianti; Rina Widyasari; Hendra Cipta
Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pengklasifikasian dan menganalisis faktor mana yang sangat berepengaruh terhadap kejadian stunting di Kota Medan menggunakan metode CHAID. Metode CHAID ini bekerja dengan mengidentifikasi hubungan antara variabel dependen dan independen lalu menggunakan hubungan ini untuk mengklasifikasikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh pada kejadian stunting terhadap bayi usia 24-59 bulan di Kota Medan berdasarkan hasil analisis metode CHAID adalah Riwayat Pemerian ASI Eksklusif dan Sanitasi. Dari hasil analisis metode CHAID diperoleh tiga pengklasifikasian berbeda yaitu: (1) Bayi usia 24-59 bulan yang mengalami stunting sangat pendek adalah bayi dengan keadaan Riwayat Pemberian ASI Eksklusif tidak diberikan sebesar 54% dan sanitasi tidak layak sebesar 66,7%. (2) Bayi usia 24-59 bulan yang mengalami stunting adalah bayi dengan keadaan Riwayat Pemberian ASI Eksklusif tidak diberikan sebesar 54% dan sanitasi layak sebesar 25% dan (3) Bayi usia 24-59 bulan yang tidak mengalami stunting sangat pendek adalah bayi dengan keadaan Riwayat Pemberian ASI Eksklusif diberikan 23%. Sehingga hasil temuan penelitian ini diharapkan memberikan masukan kepada pihak terkait dalam mengantisipasi terjadinya kasus stunting dengan mengklasifikasi factor-faktor mana saja yang sangat mempengaruhi kasus stunting ini.  
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Learning With Team Quiz Menggunakan Media E-Modul Ulva Satira; Novianti Novianti; Siti Khaulah
Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatkan hasil belajar peserta didik menjadi salah satu tujuan penelitian ini melalui strategi Learning With Team Quiz menggunakan media e-modul pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Blang. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis Quasi Eksperimen Design. Bentuk desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data dilakukan di kelas VIII/1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII/2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini berupa soal tes dalam bentuk essay. Data penelitian ini diolah menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen 83,40 dan kelas kontrol 73,26. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, terlihat bahwa nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,79 dengan kriteria tinggi dan N-gain kelas kontrol sebesar 0,67 dengan kriteria sedang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melaului strategi Learning With Team Quiz menggunakan media e-modul pada materi SPLDV di SMP Negeri 1 Kuta Blang.

Page 1 of 1 | Total Record : 10