cover
Contact Name
-
Contact Email
andri.ardhiyansyah@nusaputra.ac.id
Phone
+6282267999947
Journal Mail Official
bisnisman@nusaputra.ac.id
Editorial Address
https://bisnisman.nusaputra.ac.id/about/contact
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen
Published by Universitas Nusa Putra
ISSN : 26864789     EISSN : 26860473     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Bisnis dan Manajemen (BISNISMAN) ini diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Universitas Nusa Putra, sebagai jurnal yang terbit setiap empat bulanan yang fokus menyajikan tulisan-tulisan tentang bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Jurnal ini berisi artikel-artikel penelitian atau pengembangan konsep yang berkaitan dengan bidang-bidang manajemen dan bisnis, seperti : Organisasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Kewirausahaan, Manajemen strategik, Manajemen Operasional dan Manajemen Keuangan
Articles 77 Documents
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK DANAMON CABANG KOTA SUKABUMI M. Andri Juniansyah
Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Danamon Cabang Kota Sukabumi. Menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner kepada nasabah Bank Danamon Cabang Kota Sukabumi sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui buku, laporan, jurnal, dan publikasi lainnya. Responden adalah nasabah aktif yang memiliki Tabungan Danamon Lebih Cabang Kota Sukabumi dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Metode sampling yang digunakan adalah populasi yang diambil secara random atau acak dengan besar sampel menggunakan pedoman tabel Krejcie dan Morgan dengan populasi nasabah sebanyak 338 nasabah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalias nasabah ( dengan nilai t 6.915 dan signifikansi 0,00%), variabel citra perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalias nasabah ( dengan nilai t 3.347 dan signifikansi 0,001%), variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalias nasabah ( dengan nilai t 3.266 dan signifikansi 0,001%).
PENGARUH MIX MARKETING JASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA SISWA KURSUS BAHASA INGGRIS (Studi Kasus Siswa Kursus di New Bright Institute Sukabumi) Yuni Buyung
Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana pengaruh Mix Marketing (Bauran Pemasaran) Jasa dan kualitas layanan terhadap kepuasan siswa di New Bright Institut (NBI). Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mix Marketing jasa yang terdiri dari produk, lokasi, proses, orang, bukti fisik, dan kualitas layanan yang terdiri dari bukti langsung, keandalan, respon, keamanan, dan empati secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan siswa, sedangkan biaya pendidikan memiliki pengaruh negatif.
ANALISIS PENENTUAN NILAI PERUSAHAAN PT PP LONDON SUMATRA INDONESIA Tbk DALAM RANGKA PROSES AKUISISI OLEH PT INDOFOOD AGRI RESOURCES Ltd Fitrina Lestari
Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bisnis perkebunan merupakan usaha padat modal dan memerlukan waktu yang sangat lama. Saat ini bisnis perkebunan kelapa sawit sedang berada pada keadaan yang sangat baik. Hal ini dipengaruhi oleh permintaan CPO pada negara-negara yang sedang berkembang seperti China dan India serta perubahan pola pikir masyarakat tentang energi alternatif seperti biofuel. Untuk memenuhi permintaan pasar terhadap produk kelapa sawit yang terus meningkat, Indoagri sebagai perusahaan agro-industri akan melakukan investasi dengan memperluas lahan dan meningkatkan produksi kelapa sawit dalam waktu yang relatif singkat. Salah satu cara yang dilakukan adalah mengakuisisi perusahaan perkebunan seperti Lonsum. Akuisisi mayoritas saham lonsum dilakukan Indoagri dengan cara memberikan penawaran harga terhadap para pemegang saham Lonsum. Penelitian ini berfokus pada penilaian perusahaan Lonsum dari aspek finansial sehingga didapat nilai wajar untuk pembelian saham secara langsung maupun dengan cara penawaran tender. Metode yang digunakan dalam perhitungan nilai perusahaan Lonsum adalah analisis Discounted Cash Flow (analisis sensitivitas dan analisis skenario), analisis perbandingan (harga pasar), serta analisis perhitungan harga buku. Dari hasil perhitungan didapat rentang harga sebesar Rp 6.878.722.702.669 sampai Rp 9.353.883.823.533 dengan harga saham per lembarnya antara Rp 5.041 sampai Rp 6.855. Harga yang diambil adalah Rp 6.600 per lembar saham untuk saham yang dimiliki pengendali perusahaan dan Rp 6.855 per lembar saham untuk penawaran tender. Harga perusahaan yang disarankan adalah sebesar Rp 9.129.329.751.015. Nilai tersebut harus dikurangi dengan biaya akuisisi sehingga harga perusahaan yang akan diterima Lonsum sebesar Rp 8.136.547.350.884.
MENGUKURFAKTOR PENENTU KEPUASAN PELANGGAN SAAT MEMBELI KOSMETIK TARDISIONAL DI DALAM TOKO TRADISIONAL Rian Adul Gani
Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk mengeksplorasi faktor penentu kepuasan pelanggan ketika berbelanja kosmetik di toko tradisional. Selain itu, makalah ini juga mengeksplorasi hubungan variabel yang dibangun dengan variabel utama - kepuasan pelanggan. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dari 300 klien yang secara langsung membeli kosmetik di dalam toko tradisional, di jakarta. Setengah dari kuesioner dibagikan di toko oleh para peneliti dan sisanya dibagikan di forum kecantikan (media sosial) untuk menjaga validitas dan keandalan data yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini mengeksplorasi dan mengkonfirmasi pengaruh penampilan visual, bauran pemasaran dan kualitas layanan dalam membentuk kepuasan pelanggan. Juga, makalah ini menyoroti kombinasi kegiatan pemasaran dan branding dalam menghasilkan kepuasan pelanggan dalam pembelian kosmetik
MENGUKUR HARGA PRODUK DAN LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA INDUSTRI RITEL Antoni Bosni Munggaran
Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konsumen yang loyal adalah mitra bisnis dan merupakan sumber pendapatan yang stabil. Bisnis lebih diarahkan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada daripada menarik pelanggan baru, karena pelanggan yang loyal merupakan aset paling berharga dari suatu perusahaan. Tujuan artikel ini adalah untuk mengukur pengaruh harga produk dan layanan terhadap loyalitas pelanggan dan secara keseluruhan untuk mengembangkan kerangka kerja konseptual integratif untuk menciptakan dan mempertahankan loyalitas konsumen, sementara pada saat yang sama mendasarkan pada tinjauan menyeluruh dari literatur yang relevan dan realitas pasar. Dalam konteks ini, sebuah studi empiris dilakukan dengan menggunakan metode survei pada sampel secara acak dari 165 subjek. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, faktor signifikan telah diidentifikasi yang mempengaruhi loyalitas konsumen.
Tinjauan Spasial Upah Menurut Jenis Kelamin dan Kaitannya Dengan Indeks Kesetaraan dan Keadilan Gender di Indonesia Iskandar, Yusuf; Hamid, Abdul
Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to review spatially the wages based on sex in Indonesia and review spatially the relationship between wages based on sex with the Gender Equality and Equity Index (IKKG) in Indonesia. The area, which is the location of this research, is the administrative region of the Republic of Indonesia, from now on referred to as Indonesia. The primary data used in this study are data on net wages and sex, as well as IKKG data from BAPPENAS. The data year used is 2010. This data will then be analyzed through 2 (two) stages, namely spatial analysis with the help of ArcGIS 10.0 and the relationship test using a cross table. Based on the calculation of the ratio presented through a spatial review, it can be seen that from 33 provinces in Indonesia, there are only two provinces whose wage ratio is below 100, that's mean, 31 provinces in Indonesia, the women, receive fewer wages than men. Nationally, based on the Indonesian KHL limits in 2010, the average female worker in Indonesia still received an inadequate salary, while male workers in Indonesia in 2013 received an average wage. In northern Sumatra and Eastern Indonesia, besides Papua has a reasonably low IKKG. Wage inequality based on sex can be a severe problem in the field of labor in Indonesia, and this inequality, if not solved immediately, will significantly hamper the role of women in poverty alleviation, because female workers will find it difficult to achieve financial independence and economic self-sufficiency.
Strategic Risk Management Analysis PT Indo Tambangraya Megah, Tbk. (Case Study Period 2011-2014, Amid Declining Coal Price) Ashidiqy, Abu Bakar; Kurniawan
Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Management Strategy in mining business companies are unique and specific study, where modern mining was started to produce massive coal in the era of Industrial Revolution in England in 18th (eight teens) century, and throughout the rest of Europe due to Industrial booming, this situation continued to all over the world along with economic growth in which country surrounding where utilization of coal and minerals are required systematically then which a called as modern mining will be exploited continue till today. Decision-makers need a technical strategy and systematic analysis tools to scan the latest trend situation and condition of natural environment business, both external and internal, then assessed it and fixed it. Wheelen, make it Four Basic Elements of Management Strategy, starting with 1) Environmental Scanning, 2) Strategy Formulation, 3) Strategy Implementation, and 4) Evaluation and Control (Monitoring) Performance. In conducting to monitoring or evaluation, measurement tools the performance of the company is essential, Wheelen describes several measuring devices such are Activity Based Costing, Traditional Financial Measures, Balance Score Card, Stake Holders and Share Holders Value. The crucial thing is Enterprise Risk Management (ERM). Research has proven that the ERM in its implementation, need risk management strategies to be able to do early detection, to the survival and sustainability of the company as part of Strategy Management.
Penerapan AISAS Dan Guerilla Strategy Terhadap Keberhasilan E-commerce Pertanian Akbar, Bintang Mukhammad Burhanudin
Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The development of technology, which is increasingly fast, provides distortion to many sectors of the business. At present, all areas inevitably use technology as part of business acceleration. Agricultural e-commerce is one of the firms that is currently developing and trying to be an alternative in providing agricultural product needs. The approach used in the study is AISAS and partial least square. The results of the survey that companies need to improve sharing behavior and apply the effects of guerilla marketing better.
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Brand Love Pada Produk Retail Bangunan Modern Afifah, Bulan Millatina Basyarah
Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of brand trust on brand love, the influence of global brand identification on brand love, the influence of self-expressive brands on brand love, and the influence of hedonic products on brand love. This research was conducted using a survey method assisted by a questionnaire distributed to respondents (consumers) of modern retail buildings located in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi. This study uses multiple regression analysis with 216 respondents. This analysis is used to measure the strength of two or more variables and also shows the direction of the relationship between the dependent variable and the independent variable. Based on research on variables that affect brand love, as for the following conclusions, brand trust does not change brand love. The self-expressive brand has a significant effect on brand love. Hedonic products have no significant impact on brand love. Global brand identification is having a substantial impact on brand love. The self-expressive brand has a stronger influence on brand love compared to comprehensive brand identification. Companies can carry out programs that invite customers to capture activities while shopping at outlets. The company can do the making of an ad using models from abroad, and this is to maintain the image of the company.
Analisis Pengendalian Kualitas Produk Menggunakan Metode Statistical Process Control (SPC) Pada PT Difa Kreasi Ningrum, Harini Fajar
Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Difa Kreasi is a manufacturing company engaged in printing and packaging. One of the carton box packaging products produced is the angle corner. Angle corner making is carried out by the production division using a jigsaw and bending machines. Operation in this process requires a high degree of accuracy, so it is deemed necessary to implement quality control so that quality control is maintained and avoids the occurrence of fatal production defects. The author is interested in conducting research related to quality control to reduce product defects using the Statistical Process Control (SPC) method. From the study held, it was concluded that the amount of angle corner production during April 2016 was 76,151 pcs with a total of 4,402 pcs or 1.77% defects, with the most dominant type of damage being the wrong size of 46.1%, imperfect shape of 30.3%, and rough cuts of 23.6%. Based on the results of the control chart p (p-chart), it can be seen that there are still product defects that are outside the control limits, the point is fluctuating and irregular. Therefore it is necessary to make improvements regularly to achieve maximum results, for example, increasing the ability of operators by conducting training, doing preventive maintenance on machines, and others.