cover
Contact Name
M. Ivan Ariful Fathoni
Contact Email
fathoni@unugiri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
james.pmtk@unugiri.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro Jl.A.Yani No.10 Bojonegoro Jawa Tmur 62115
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Mathematics Education and Science
ISSN : 26211203     EISSN : 26211211     DOI : https://doi.org/10.32665/james
Core Subject : Education,
Journal of Mathematics Education and Science (JaMES) is a mathematical journal published biannually (April & October) by the Mathematics Educations Department, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Journal includes research papers, literature studies, analysis, and problem-solving in Mathematics Education or Mathematical Sciences (Algebra, Analysis, Statistics, Computing and Applied).
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): Journal of Mathematics Education and Science" : 10 Documents clear
Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi Nikmah Nurvicalesti; Ratnasari Ratnasari
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 2 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i2.1460

Abstract

Penelitian ini mendeskripiskan self-regulated learning peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bersubjekkan siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan  (TKJ) sebanyak dua kelas  di SMK Muhamamdiyah 03 Sukaraja yang dipilih secara random sampling. Subjek penelitian ini terdiri dari 56 orang peserta didik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI pada sekolah yang dipilih. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan inventori yang telah divalidasi sebelumnya. Instrumen inventori yang dipilih yaitu inventori self-regulated learning yang valid dan reliabel. Pernyataan dalam inventori ini berisi 30 butir pernyataan dengan skala Likert.  Hasil yang diperoleh dari inventori yang dibagikan menunjukkan bahwa pada tahap pertama yaitu perencanaan diperoleh rata-rata persentase peserta didik mampu merencanakan pemecahan maslaah sebesar 32%, kemudian pada tahap perencanaan memperoleh rata-rata sebesar 51%, selanjutnya pada tahap terakhir yaitu evaluasi memperoleh rata-rata sebesar 17% jauh dibawah rata-rata tahap lainnya. Sedangkan, secara keseluruhan rata-rata dari persentase hasil inventori self-regulated learning peserta didik adalah 23,06% yang menunjukkan kategori sedang.
Proses Analogi dalam Mengajukan Masalah Tipe Word Problems Alfina Eka Pratiwi; Mohammad Faizal Amir
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 2 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i2.1697

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses analogi siswa dalam mengajukan masalah dalam bentuk word problems. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes tulis dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian merupakan siswa kelas V sekolah dasar, Adapun purposive sampling digunakan sebagai teknik pemilihan subjek. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua proses analogi siswa dalam mengajukan masalah word problems, yaitu proses analogi positif dan negatif. Proses analogi positif diawali dari pengambilan, pemetaan, abstraksi, representasi ulang, dan evaluasi. Sementara proses analogi negatif disebabkan karena kegagalan pengambilan informasi masalah sumber. Rekomendasi diberikan agar para guru dapat membiasakan pengajuan masalah word problems melalui proses analogi.
Implementasi Model Pembelajaran TGT Berbantuan “Ultraphy” untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa SMP Negeri 1 Magelang Nurvian Santri Alim; Fadhilah Rahmawati; Zuida Ratih Hendrastuti
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 2 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i2.1708

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis siswa SMP Negeri 1 Magelang masih dalam kelompok rendah. Hal ini disebabkan model serta media pembelajaran belum beragam, sehingga dapat berpengaruh bagi keaktifan dan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan guna menganalisis implementasi model pembelajaran TGT berbantuan ULTRAPHY bagi kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metodologi eksperimen semu. Siswa kelas VIII B menjadi kelas eksperimen serta siswa kelas VIII C menjadi kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yakni angket, pedoman wawancara, lembar observasi, serta tes. Mengacu dari hasil analisis data dengan Independent Simple t-test serta uji N-Gain didapat 1) ketidaksamaan kemampuan pemahaman matematis pada model pembelajaran TGT berbantuan ULTRAPHY dan model pembelajaran langsung; dan 2) kenaikan kemampuan pemahaman matematis yang lebih baik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Simpulan pengamatan ini, yaitu 1) siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran TGT berbantuan ULTRAPHY memiliki kemampuan pemahaman matematis yang cenderung baik dibanding melalui model pembelajaran langsung; dan 2) adanya kenaikan pemahaman matematis cukup baik pada siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran TGT berbantuan ULTRAPHY dibanding melalui model pembelajaran langsung.
Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Arini Ishaqiyah; Silviana Maya Purwasih; Sri Rahayu
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 2 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i2.1792

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan masalah matematika terutama pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Adanya perbedaan gaya belajar di antara siswa menjadi salah satu faktor internal yang mempengaruhi kesulitan siswa saat memecahkan soal matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya berdasarkan Teori Cooney. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan nilai terendah pada setiap gaya belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes, dan wawancara, sedangkan keabsahan diuji melalui triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan menerapkan prinsip yaitu kurang sistematis dalam menyusun langkah penyelesaian dan kesulitan menyelesaikan masalah verbal yaitu kurang tepat dalam memisalkan variabel dalam soal. Siswa dengan gaya belajar auditori mengalami kesulitan menyelesaikan masalah verbal yakni kurang tepat memisalkan variabel dan tidak dapat menarik kesimpulan. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mengalami kesulitan menerapkan prinsip yaitu kurang tepat saat menerapkan sifat-sifat operasi hitung dan tidak mampu menyelesaikan perhitungan, serta mengalami kesulitan menyelesaikan masalah verbal yakni kurang tepat dalam memisalkan variabel
Peramalan Harga Gandum di Tengah Invasi Rusia ke Ukraina dengan Pendekatan Intervensi Fungsi Step Marcel Laverda Subiyanto; Sediono Sediono; Elly Ana; M. Fariz Fadillah Mardianto; Elly Pusporani
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 2 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i2.1824

Abstract

Semenjak konflik antara Federasi Rusia dan Ukraina terjadi, perekonomian dunia terdampak cukup parah terutama harga komoditas dunia. Akibat dari perang di Ukraina, beberapa rantai-pasok komoditas pangan dunia mengalami hambatan, hingga berujung pada krisis pangan di sejumlah wilayah di Afrika dan mulai merambat ke beberapa negara khususnya di Asia. Gandum merupakan salah satu komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga akibat dari konflik yang terjadi di Ukraina. Kenaikan harga gandum tersebut berdampak pula terhadap kenaikan harga produk turunan dari gandum, seperti tepung yang merupakan bahan baku pembuatan roti dan mie. Produk mie dan roti di Indonesia merupakan salah satu makanan pokok pengganti nasi, sehingga jika kondisi kenaikan harga gandum tidak diatasi, dikhawatirkan akan terjadi krisis pangan di Indonesia. Penelitian ini akan memodelkan dan memprediksi harga gandum dunia di tengah konflik antara Rusia dan Ukraina dengan pendekatan model intervensi fungsi step. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prediksi harga komoditas gandum dunia di tengah invasi Rusia ke Ukraina dengan pendekatan model intervensi fungsi step menunjukkan hasil yang akurat. Model ARIMA(1,1,0) dengan b=0, s=2, dan r=2 menjadi model intervensi fungsi step paling baik. Nilai MAPE yang ditentukan dari pengujian data adalah 14,27%.
Optimasi Jaringan Distribusi Air di Desa Gombolharjo Menggunakan Algoritma Prim Wifqy Inayatul Ilahy; Mizan Ahmad; Bryan Pudji Hartono
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 2 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i2.1896

Abstract

Perumdam Tirta Wijaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan air bersih. Salah satu hal yang penting dalam pendistribusian air bersih adalah jaringan pipa. Jaringan pipa yang terpasang harus dibuat seminimal mungkin untuk mendistribusikan air secara merata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute terpendek pada jaringan pipa di Gombolharjo Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap dengan menggunakan Algortima Prim’s. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh total pipa sepanjang 5706 m.
Distribusi Power Gompertz-Makeham: Sifat-Sifat Statistika dan Aplikasinya Moch. Taufik Hakiki; Hairul Umam
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 2 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i2.1910

Abstract

Pada artikel ini, kami memperkenalkan distribusi power Gompertz-Makeham (PGM) dengan empat parameter. Distribusi ini didapat melalui transformasi power pada distribusi Gompertz-Makeham. Pada distribusi baru ini, pertama kami turunkan beberapa sifat statisitika dari distribusi PGM, seperti fungsi kuantil, momen, dan momen tak lengkap, serta beberapa akibat dari sifat tersebut. Semua sifat tersebut disajikan dalam bentuk tertutup yang dapat mempermudah proses komputasi pada sifat tersebut. Pada distribusi baru ini, kemudian kami lakukan estimasi parameter menggunakan maximum likelihood estimation (MLE), pertama pada data simulasi untuk mengukur performa MLE pada distribusi PGM, dan selanjutnya pada data kekuatan fiber karbon untuk mendemonstrasikan fleksibilitas distribusi power Gompertz-Makeham.
Implementasi Matematika Terapan Pada Kemampuan Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Konstruksi (Studi Kasus: Politeknik Negeri Jakarta) Jonathan Saputra; Ega Edistria; Tri Wulan Sari
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 2 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i2.1926

Abstract

Dalam mendukung pembangunan yang dinamis dan berkembang, mahasiswa dan lulusan Teknik Sipil perlu memiliki beragam kompetensi di bidang bangunan konstruksi. Salah satu kompetensi yang dibutuhkan adalah kemampuan menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang berkaitan erat dengan kemampuan untuk mengimplementasikan konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat implementasi konsep dan kemampuan matematika pada proses penyusunan RAB bangunan konstruksi. Konsep matematika yang diteliti adalah aljabar, geometri, kalkulus, statistika, dan trigonometri. Kemampuan matematika yang diteliti adalah kemampuan penalaran, interpretasi, analisis, dan evaluasi terhadap informasi yang dimiliki untuk memecahkan masalah. Responden penelitian adalah mahasiswa tingkat akhir dan alumni Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang sudah mendapatkan mata kuliah yang berkaitan dengan penyusunan RAB bangunan konstruksi dan diterapkan pada saat magang maupun bekerja. Data penelitian dianalisis dengan mengimplementasikan metode Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menunjukkan bahwa konsep aljabar (mean: 4,196 dan 3,868), konsep geometri (mean: 4,170 dan 3,414), kemampuan penalaran (mean: 4,053 dan 3,461), dan kemampuan interpretasi (mean: 3,972 dan 3,548) tergolong pada kategori penting dan harus dikuasai. Tidak ada konsep dan kemampuan matematika yang masuk ke kategori tidak penting maupun tidak dikuasai berdasarkan persepsi responden. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa konsep dan kemampuan matematika sudah terimplementasi dengan baik namun perlu untuk ditingkatkan agar kemampuan penyusunan RAB bangunan konstruksi juga semakin meningkat
Pewarnaan Lokal Wilayah Super Antimagic Total Pada Graf Tangga dan Graf Tiga Tangga Melingkar Yogie Pratama Kaindi; Desi Febriani Putri; Wasono Wasono
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 2 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i2.1929

Abstract

Misalkan G merupakan sebuah graf yang terdiri dari himpunan titik V(G), himpunan sisi E(G), dan himpunan wilayah F(G) dengan |V(G)|=n, |E(G)|=m, dan |F(G)|=k. Fungsi bijektif f∶V(G)∪E(G)∪F(G)→{1,2,3,...,n+m+k} disebut pewarnaan lokal wilayah super antimagic total jika terdapat dua wilayah bertetangga f_i dan f_j, maka w(f_i) ≠w(f_j) dengan w(f)=∑g(v)+∑g(e)+ ∑g(f). Pewarnaan lokal wilayah super antimagic total menginduksi warna wilayah dari graf G dengan setiap wilayah f diberi warna w(f). Bilangan kromatik pewarnaan lokal wilayah super antimagic total dinotasikan χ_lsatf (G) adalah jumlah warna minimum pada wilayah graf yang didapatkan dari proses pelabelan titik, sisi, da n wilayah pada Graf G. Penelitian ini membahas pewarnaan lokal wilayah super antimagic total pada graf tangga (L_n) dan tiga tangga melingkar (TCL_n). Graf yang diteliti pada pewarnaan lokal wilayah super antimagic total adalah graf tangga dan graf tiga tangga melingkar TCL_n. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan bilangan kromatik pewarnaan lokal wilayah super antimagic total χ_lsatf (G) pada graf yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bilangan kromatik pada graf tangga L_n dan tiga tangga melingkar TCL_n adalah adalah χ_lsatf (L_n)=2, χ_lsatf (TCL_n)=3.
Analisa Perpaduan Sumber dan Media Belajar Kelompok yang Dapat Meningkatkan IPK Menggunakan Regresi Dummy Nanda Arista Rizki; Thesalonica Graina Barung; Nurul Afifah; Kurniawan Kurniawan
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 2 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i2.1958

Abstract

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah indikator yang mengukur tingkat kemampuan belajar mahasiswa selama mengikuti kegiatan perkuliahan. Adapun yang harus dilakukan oleh mahasiswa adalah berusaha semaksimal mungkin agar bisa meningkatkan IPK. Beragam cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah memilih dengan tepat mengenai media belajar kelompok, sumber belajar, atau perpaduan keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perpaduan antara media belajar kelompok dan sumber belajar yang dapat meningkatkan IPK mahasiswa Pendidikan Matematika. Sampel diambil sebanyak 111 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika di Universitas Mulawarman. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana. Penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan nilai IPK sebagai variabel respon sementara perpaduan antara media belajar kelompok dan sumber belajarnya sebagai variabel dummy. Variabel dummy yang berpotensi meningkatkan IPK dipilih dengan menyeleksi variabel-variabel yang berpengaruh positif terhadap IPK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Elektronik sebagai sumber belajar sangat cocok dipadukan baik dengan Telegram atau Line sebagai media belajar kelompoknya. Koefisien determinasi sebesar 0.113 menyampaikan masih ada faktor lain yang mempengaruhi IPK selain media belajar kelompok dan sumber belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10