cover
Contact Name
Widya Anjelia Tumewu
Contact Email
widyaanjeliatumewu@unima.ac.id
Phone
+6285341020002
Journal Mail Official
scieningjournal@unima.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan IPA, FMIPA Universitas Negeri Manado Jl. Kampus Unima Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, 95618
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Sciening : Science Learning Journal
ISSN : -     EISSN : 27746895     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran IPA.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1: Juni 2023" : 15 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran PIMCA Berbasis MR-SR Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Kelistrikan (Listrik Statis) Evans Kurama; Cosmas Poluakan
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 4 No. 1: Juni 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v4i1.2717

Abstract

Pendidikan pada masa sekarang merupakan salah satu penentu kemajuan suatu negara. Negara yang memiliki anak-anak cerdas akan membantu pembangunan di masa mendatang, generasi penerus yang akan menjadi kebanggaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran PIMCA berbasis MR-SR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem kelistrikan (listrik statis). Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Tempat penelitian dilaksanakan di SMP GPdI Berea Tondano pada siswa kelas IX. Subjek penelitian berjumlah 26 siswa. Data penelitian diperoleh dari data pretest, posttest dan siklus I. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 secara klasikal keseluruhan dari 26 siswa sudah sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 75 pada materi kelistrikan (listrik statis). Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PIMCA berbasis MR-SR dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem kelistrikan (listrik statis) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IX SMP GPdI Berea Tondano.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Erika Christine Katiandagho; Metilistina Sasinggala; Ferdy Dungus
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 4 No. 1: Juni 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v4i1.4348

Abstract

Guru berkewajiban untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar IPA siswa, disebabkan ada siswa berperan pasif dalam berdiskusi dan kurangnya kerja sama antar anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa di kelas VII-A SMP Negeri 6 Tondano sebanyak 16 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar observasi siswa, lembar kerja siswa, soal pilihan ganda dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa secara individual pada siklus I persentasi 54,69% dan siklus II 81,88% sedangkan secara klasikal siklus I persentasi 31,25% dan siklus II 81,25% kemudian hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I persentasi 67,85% dan siklus II 89,28%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan di siklus II dari siklus I.
Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning dengan Media Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP Veronika Talumewo; Fransiska Harahap; Ni Wayan Suriani
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 4 No. 1: Juni 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v4i1.4354

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar menggunakan model discovery learning dengan media lingkungan dan pengaruh model discovery learning dengan menggunakan media lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA SMP Negeri 9 Satap Langowan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk melihat aktivitas belajar siswa dan menggunakan penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent control group design untuk melihat hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di dua kelas VII yang masing-masing berjumlah 11 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentasi aktivitas belajar kelas eksperimen pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 93,75% sedangkan rata-rata pada kelas kontrol sebesar 58,75%. Untuk hasil belajar siswa diperoleh hasil pengujian hipotesis thitung = 2,63 > ttabel =2,09 maka tolak H0 yang artinya hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media lingkungan lebih tinggi dari hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media lingkungan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 9 Satap Langowan.
Efektivitas Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Satap Likupang Barat Anneke T. Rondonuwu; Markus Ronal Matrutty; Zusje W. M. Warouw
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 4 No. 1: Juni 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v4i1.5232

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII di SMP Negeri 6 Satap Likupang Barat dan untuk mengidentifikasi respon siswa terhadap pendekatan STM pada materi zat aditif dan zat adiktif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 15 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay. Dari 15 siswa, pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,66% yang tuntas. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, penggunaan pendekatan STM efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII SMP SMP Negeri 6 Satap Likupang Barat.
Validitas Produk LKPD Konstruktivisme dengan Bantuan Flipcreator pada Topik Sistem Pernapasan Musma Rukmana; Hasmiati Hasmiati; Tika Putri Agustina; Fernando Andre Watung
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 4 No. 1: Juni 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v4i1.6041

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan produk LKPD konstruktivisme dengan bantuan flipcreator pada topik sistem pernapasan yang memenuhi syarat kevalidan. Metodologi penelitian yang dipakai mengacu pada model R&D yaitu ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Perangkat penilaian yang digunakan  adalah  instrumen penilaian kevalidan LKPD konstruktivisme dengan bantuan flipcreator. Dari hasil analisis data, nilai rata-rata kevalidan yang diperoleh dari hasil penilaian validator terhadap LKPD konstruktivisme dengan bantuan flipcreator yaitu 4,21 yang termasuk dalam kategori valid. Hasil tersebut mengungkapkan bahwa konten, figurasi, media serta bahasa yang digunakan pada LKPD konstruktivisme dengan bantuan flipcreator yang telah dikembangkan efektif untuk dimanfaatkan pada kegiatan pembelajaran dan sebagai media untuk mendukung proses pembelajaran.
Pembelajaran Eksploratif Konsep dan Proses Fisika Pada Perubahan Suhu Air Laut dan Suhu Udara di Permukaan Air Laut Jeane Rende; Djeli Alvi Tulandi
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 4 No. 1: Juni 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v4i1.6210

Abstract

Fisika merupakan pelajaran yang menarik karena ada kaitannya dengan alam sekitar. Alam merupakan objek yang kompleks dan sangat kaya akan konsep dan proses fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi konsep dan proses fisika fenomena alam pada perubahan suhu udara di permukaan air laut dan suhu air laut. Kegiatan belajar dirancang untuk membangun dan meningkatkan interaksi demokratis secara berkelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan melalui dua tahapan. Tahapan pertama adalah eksplorasi objek (air laut), konsep dan proses sains dilakukan oleh tim peneliti dibawah bimbingan dosen pembimbing skripsi. Tahapan kedua adalah pembelajaran eksploratif oleh kelompok sasaran pada mahasiswa semester III difasilitasi tim peneliti. Dalam penelitian ini, tim peneliti berperan sebagai mentor yang memfasilitasi kegiatan eksplorasi kelompok sasaran. Hasil penelitian pembelajaran eksploratif ini dapat meningkatkan aktivitas belajar dan insiatif belajar terutama dengan mengintegrasikan pengalamannya saat pembelajaran di dalam kelas. Mahasiswa mengalami kesulitan pada saat awal, tapi kemudian mampu menyesuaikan setelah pendampingan dimaksimalkan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa mampu melakukan tahapan eksplorasi yang meliputi: analisis dan deskripsi, eksplorasi konsep dan proses fisis, dan Analisis sintesis-formulasi dan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa masih perlu pembimbingan dan penguatan dalam melakukan analisis sintesis-formulasi. Kerjasama kelompok dan interaksi untuk membangun komunikasi terbuka perlu ditingkatkan.
Evaluasi Kemampuan Mahasiswa Mengembangkan Materi Buku Ajar Fisika SMA melalui Tugas Berjenjang dalam Mata Kuliah Kajian Fisika Sekolah-1 Theresje Mandang
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 4 No. 1: Juni 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v4i1.6212

Abstract

Tugas berjenjang adalah tugas perkuliahan yang dilaksanakan secara berkesinambungan dari semester ke semester melalui berbagai mata kuliah strategis yang didukung mata kuliah lain. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengevaluasi proses mengembangkan materi pembelajaran fisika menggunakan beberapa buku ajar; (2) mengevaluasi kemampuan, capaian dan hambatan mahasiswa dalam mengembangkan materi pokok bahasan fisika menurut karakteristik materi; dan (3) mengevaluasi persepsi mahasiswa terhadap materi dan kegiatan tugas berjenjang-1. Subjek penelitian ini adalah 68 mahasiswa semester V program studi pendidikan fisika tahun ajaran 2020/2021. Rancangan penelitian ini adalah penelitian analitik deskriptif dengan desain penelitian menggunakan treatment by subject. Data penelitian diambil dari 4 kelompok mahasiswa yang membahas topik gaya, usaha & energi, impuls & momentum, dan fluida. Berdasarkan persentase menurut kategori variabel dan wawancara, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelompok mahasiswa dapat mengembangkan materi dari pertemuan awal hingga menghasilkan bahan ajar; (2) kelompok mahasiswa mengalami kesulitan dalam proses mengembangkan materi karena rendahnya pemahaman materi dan kurangnya kerjasama anggota kelompok. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dapat mengembangkan materi pembelajaran fisika, kurangnya penguasaan kelompok mengenai materi pokok bahasan fisika menurut karakteristik materi, persepsi mahasiswa mengenai materi dan kegiatan tugas berjenjang-1 ini baik karena dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa serta meningkatkan kerjasama antara anggota kelompok.
Manajemen Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif pada Mata Kuliah Termodinamika Patricia Mardiana Silangen; Aufa Maulida Fitrianingrum; Ferry Lourens Sampel Korompis
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 4 No. 1: Juni 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v4i1.6495

Abstract

Manajemen pembelajaran yang baik akan menentukan baik buruknya pembelajaran. Untuk menghasilkan pembelajaran yang berkualitas, diperlukan manajemen yang baik yang dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Pembelajaran kolaboratif dan partisipatif merupakan filsafat pembelajaran yang memudahkan para siswa bekerjasama, saling membina, belajar dan berubah serta maju bersama harus dapat berjalan dengan baik sehingga manajemen pembelajaran dibutuhkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen pembelajaran kolaboratif dan partisipatif pada mata kuliah termodinamika dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kombinasi (mix method) data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, lembar observasi dan tes. Data dianalisis dengan flow model (kumpul, reduksi, display, verifikasi). Hasil Penelitian diperoleh bahwa penggunaan manajemen pembelajaran efektif dalam perkuliahan termodinamika materi hukum-hukum termodinamika.
Implementasi Project Based Learning Menggunakan Aplikasi Tracker pada Gerak Dua Dimensi Aufa Maulida Fitrianingrum; Djeli Alvi Tulandi; Jimmy Lolowang; Patricia Mardiana Silangen
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 4 No. 1: Juni 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v4i1.6618

Abstract

Penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat merupakan faktor utama yang mempengaruhi penguasaan konsep peserta didik.  Salah satu media yang dapat digunakan adalah tracker. Aplikasi tracker merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk menganalisis fenomena-fenomena fisika seperti fenomena gerak dua dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas implementasi project based learning menggunakan aplikasi tracker pada materi gerak dua dimensi. Metode penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Penguasaan konsep diukur menggunakan uji gain terhadap hasil pretest dan posttest. Faktor gain yang didapatkan pada setiap aspek kognitif peserta didik yaitu 0,37 untuk aspek mengingat (C1), 0,10 untuk aspek memahami (C2), 0,16 untuk aspek menerapkan (C3), dan 0,46 untuk aspek menganalisis (C4). Berdasarkan hasil ini dapat dikatakan bahwa implementasi project based learning menggunakan aplikasi tracker cukup efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep gerak dua dimensi peserta didik.
Pengembangan Modul Berbasis Riset Keanekaragaman Spesies Ikan di Danau Tondano terhadap Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi Nonny Manampiring; Jimmi Andrew Mamahit; Dany Ch. Posumah
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 4 No. 1: Juni 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v4i1.6629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa modul pembelajaran berbasis hasil riset keanekaragaman spesies ikan di danau Tondano pada mata kuliah Biodiversitas Sulawesi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan desain pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Pengembangan modul ajar ini dilakukan dalam menjawab permasalahan terhadap kendala mahasiswa dalam memperoleh sumber referensi belajar yang lebih spesifik, dikarenakan pada mata kuliah tersebut belum melakukan pengembangan tentang biodiversitas fauna khususnya keanekaragaman ikan di daerah danau Tondano. Modul yang dikembangkan melaui penyusunan storyboard terlebih dahulu untuk memudahkan menyusun produk akhir. Modul hasil pengembangan terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dengan hasil validasi sebesar 97.48% dengan kategori sangat valid, dan validasi ahli media dengan hasil validasi sebesar 93.90% dengan kategori sangat valid. Uji efektivitas modul terhadap literasi sains dengan perolehan nilai N-Gain 87.70% dengan kategori “sangat efektif”, dan pembagian penskoran memperoleh nilai N-Gain 0.88 dengan kategori “tinggi”. Hasil respon mahasiswa terhadap modul menunjukkan nilai sebesar 95.61 dengan kategori “sangat praktis”.

Page 1 of 2 | Total Record : 15