cover
Contact Name
Nurjanah
Contact Email
nurjanah3434@yahoo.com
Phone
+6281281217150
Journal Mail Official
jurnalpkmunindra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
ISSN : 2614574X     EISSN : 26154749     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and humanities, engineering, computers, and social sciences.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat" : 15 Documents clear
Penyuluhan Edukatif “ Penguatan Nilai Karakter Bagi Pembentukan Kepribadian Di Pondok Pesantren Tahfidz Mazro’atul Lughoh Pare Kediri Jawa Timur” Marhamah Marhamah; Attabik Lutfhi; Nahuda Nahuda; Muh. Hamdan Rasyid
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i5.19536

Abstract

Pesantren menjadi Lembaga Pendidikan yang memberikan harapan besar terhadap perubahan karakter, kepercayaan yang sudah disematkan pada Lembaga pesantren harus dijaga betul agar pesantren tetap menjadi pilihan utama dalam penguatan karakter pada santrinya. Adanya kasus negatif yang terjadi di pondok pesantren memang sempat menjadi keprihatinan, akan tetapi tidak menghilangkan tujuan utama dalam pembentukan serta penguatan dalam meningkatkan kepribadian yang berakter. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat oleh tim dari Universitas Islam Jakarta melakukan penyuluhan edukatif penguatan nilai karakter bagi pembentukan kepribadian di ponpes Tahfidz Mazro’atul dengan meningkatkan wawasan kelimuan secara menyeluruh dengan mengintegrasikan segala aspek keilmuan yang tersedia.  Metode ini dengan pendekatan kualitatif, dimana Kegiatan ini dengan maksud untuk membantu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, khususnya Pondok Pesantren Mazroatul Lughoh Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Jawa Timur, agar dapat meningkatan pemahaman santri dalam mengembangan nilai-nilai karakter yang baik. Tujuan dari kegiatan ini agar para santri pondok pesantren dapat mengimplementasikan nilai-nilai karakter serta santri selalu menghiasi kehidupannya dengan menjadi kepribadian yang baik dengan mengedepankan akhlakul karimah.
Berani Bicara Berani Bercerita (Pelatihan Pembuatan Podcast dengan Pemuda Nitiprayan Kasihan Bantul) Latifa Zahra; Bagus Ajy Waskyto Sugiyanto
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i5.10422

Abstract

Podcast saat ini menjadi hal yang menjanjikan untuk dieksplorasi. Tidak hanya public figure, namun masyarakat pada umumnya dapat memproduksi konten audio melalui podcast. Podcast memiliki kelebihan pada fleksibilitas dan kontennya yang sangat menarik karena diproduksi dengan gaya santai dan hangat. Tentunya podcast juga cocok untuk menjadi media bercerita mengenai potensi sebuah daerah. Secara umum, pengabdian ini akan mengundang pemuda Kampung Nitiprayan, khususnya pengurus organisasi pemuda RT 1 atau biasa disebut Persada. Metode yang dilakukan adalah dengan diskusi awal untuk menentukan topik yang akan diangkat pada podcast, kemudian dilanjutan dasar berbicara kepada publik dan terkahir adalah praktek produksi podcast. Hasil dari pelatihan ini adalah mulai terbentuknya kepercayaan diri para pemuda Nitiprayan dalam membuat konten podcast.
Menggali Potensi Diri pada Ranah Pendidikan melalui Personal Swot Analisis Masayu Endang Apriyanti; Ana Widyastuti; Larisa Yohanna
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i5.19684

Abstract

Tidak semua orang memahami potensi dirinya, sehingga tidak memiliki inisiatif dan kreativitas untuk berkarya sesuatu karena ketidaktahuannya dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki dengan baik. Tujuan abdimas ini untuk memotivasi guru agar terus mengembangkan kualitas diri dalam membantu anak didik agar belajar mengenal potensi diri, kemudian mengarahkan dengan tepat agar anak didik mampu berkembang sesuai potensinya, diharapkan mereka bisa kreatif berkarya sesuatu dengan suka cita sesuai potensinya masing-masing. Semakin tersalurkan potensinya dengan tepat, semakin baik perkembangan kemampuannya dalam melakukan segala sesuatu yang disukainya&semakin bertambah kualitas dirinya. Pendekatan pelaksanaan dilakukan secara deskriptif kualitatif, mengangkat teori pendukung untuk pembahasan analisis SWOT menggali potensi diri, setelah penyampaian materi analisa SWOT, kami berinteraksi dengan berdiskusi contoh kasus yang terjadi pada anak didik para guru tersebut disekolah TKnya, Artikel ini dibuat dari hasil pelaksanaan abdimas yang dilakukan awal bulan April 2023 kepada guru-guru yang  mengajar TK diwilayah Depok. Hasil  abdimas ini memberikan dampak baik bagi guru dalam meningkatkan membantu menggali potensi diri anak didiknya sehingga bisa tumbuh dan berkembang lebih terarah.
Daur Ulang Kreatif: Menumbuhkan Kreativitas dan Menjaga Lingkungan di Pesisir Mohammad Amin Lasaiba
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i5.17215

Abstract

Sampah plastik di pantai merupakan masalah global yang mengancam lingkungan dan kesehatan manusia. Dalam upaya mengatasi masalah ini, diperlukan strategi pengelolaan sampah yang efektif, terutama di daerah pesisir yang rentan terhadap dampak sampah plastik. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah daur ulang kreatif, yang dapat meningkatkan nilai ekonomi sampah dan mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke lingkungan. Pelaksanaan sosialisasi dan kegiatan pelatihan yang ditujukan terhadap masyarakat, terutama sekitar Pantai Natsepa, terdiri dari perencanaan program tersebut meliputi observasi dan perekrutan peserta pelatihan, pelaksanaan sosialisasi dan pelaporan pelaksanaan program mencakup evaluasi terhadap kegiatan yang sesuai dengan pengtahapan kriteria. Hasil kegiatan Pelatihan dan sosialisasi pengabdian berhasil dilaksanakan yang dapat dilihat dari hasil karya kerajinan yang terbuat dari bahan plastik yang berhasil dibuat. Kegiatan pengelolaan sampah diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan, eksplorasi, dan kreativitas dalam menciptakan benda baru yang bermanfaat sehingga merupakan tindakan konkret dalam mengurangi sampah plastik dan menyelamatkan pantai.
Literasi Digital untuk Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pesisir Kabupaten Dompu Taufik Taufik; Angga Putra; M. Nur Imansyah; Nurdianah Nurdianah; Iwansyah Iwansyah
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i5.19584

Abstract

Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PkM) bertujuan meningkatkan literasi digital para guru di wilayah pesisir Kabupaten Dompu, khususnya di SDN 24 Pekat. Program ini berupaya mengatasi kendala dengan memberikan pelatihan dan pendampingan guru dalam memperoleh keterampilan dalam mengoperasikan teknologi digital. Kegiatan ini meliputi: workshop strategi penelusuran Search Engine (Google), penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan aplikasi Book Creator, dan penulisan karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas serta publikasi di jurnal nasional terakreditasi. Adapun tahapan yang dilakukan dalam program ini, yakni: a) Persiapan program (survei dan analisis situasi), b) Pelaksanaan program (sosialisasi program, penyusunan materi, implementasi program, monitoring dan evaluasi). Hasil pelatihan yang dilakukan diantaranya: 1) Meningkatkan keterampilan guru dalam mencari dan mengevaluasi sumber belajar digital Search Engine secara mandiri. Guru diberikan pemahaman tentang etika penggunaan informasi, sumber belajar, serta cara menemukan dan mengunduh artikel dari jurnal nasional, 2) Meningkatnya keterampilan para guru dalam menyusun Lembar Kegiatan Peserta Didik yang kreatif dan interaktif. Guru akan diajarkan strategi penyusunan konten menarik dan memanfaatkan fitur-fitur dari Book Creator, dan 3) Guru diberikan panduan dalam merancang Penelitian Tindakan Kelas yang relevan dengan konteks pembelajaran, serta diajak untuk berkolaborasi dalam kelompok diskusi untuk saling bertukar ide dan pengalaman. Selain itu, mereka diberikan pemahaman tentang proses dan kriteria publikasi di jurnal terakreditasi.
Pendampingan KUB Ketahanan Ekonomi di Masa Pandemi Covid 19 dusun Mangunsari, Desa Glagah Wonosobo Muhammad Zakiy; Rozikan Rozikan; Julia Noermawati
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i5.16367

Abstract

Pandemic Covid 19 sangat dirasakan bagi semua kalangan terutama masyarakat menengah kebawah. Untuk itu dibutuhkan kerjasama seluruh lapisan masyarakat untuk mempercepat pemulihan ekonomi dimasa pandemic. Program ini bertujuan untuk memberikan fasilitas pengembangan potensi yang dimiliki masyarakat yang bergerak dalam usaha kecil menegah yang terdampak Covid 19. Pelaksanaan program ini dibagi menjadi 3 tahapan yaitu sosialisasi KUB, identifikasi usaha-usaha potensial dalam KUB dan pelatihan entrepreneurship. Luaran dari program ini yakni terbentuk KUB yang memiliki daya saing dan mandiri. Sebagai sasaran pengabdian ini adalah kelompok masyarakat dusun Mangunsari yang usahanya terdampak pandemic Covid 19, sehingga mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya. Pemilihan mitra ini dipilih karena permasalahan yang dimiliki oleh masyarakat di tengah pandemic Covid 19 ini sangat urgen untuk dicari solusinya dan masyarakat Mangunsari, Wonosobo ini mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya karena letak geografis daerah yang sulit dijangkau dan jauh dari kota-kota besar. Kami memfasilitasi masyarakat di daerah Glagah untuk membuat KUB dengan beberapa produk unggulan yaitu beras, kue, kerajinan dll. Untuk mencapai keberhasilan kegiatan ini, metode yang digunakan adalah   diskusi   dan   pelatihan   praktis, pelatihan bisnis dan pemasaran. Dari program ini tercipta merek beras yang siap dipasarkan kepada masyarakat luas dan terbentuknya KUB di daerah Glagah, Wonosobo dengan memanfaatkan Bumdes setempat.
Pelatihan Aplikasi Software Zahir Akuntansi di SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi Selatan Anita Ria; Lindiawatie Lindiawatie; Tjipto Djuhartono
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i5.18018

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang akuntansi yang semakin pesat  dan mengalami perubahan berbagai jenis dan metode aplikasi software, menuntut guru-guru di sekolah kejuruan untuk selalu memperbaharui penguasaan dan keilmuan di bidang teknologi akuntansi. Disamping itu tuntutan dunia kerja menekankan pada ketrampilan penguasaan aplikasi komputerisasi akuntansi. Oleh karena itu diperlukan penyampaian ilmu pengetahuan dan pelatihan bagi guru-guru sekolah kejuruan agar memiliki ketrampilan penguasaan aplikasi software akuntansi agar terwujud peserta didik yang memiliki kompetensi di bidang akuntansi komputer. Metode peengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada para guru. Fokus sasarannya adalah guru yang mengajar ilmu ekonomi dan akuntansi, tetapi diperluas juga pada guru-guru bidang pengajaran yang lain, karena  aplikasi akuntansi dirancang oleh seseorang dengan bidang keahlian bukan akuntansi sehingga dapat dengan mudah dipahami bagi mereka yang berlatar non ekonomi. Hasil pelatihan tersebut pun direspon sangat positif tidak hanya oleh para guru tetapi juga pihak yayasan sekolah yang menyatakan keinginannya menggunakan aplikasi tersebut.
Edukasi Peranan Matematika untuk Optimalitas Produksi pada Industri Kecil di Pabrik Kue LINTANG Tasikmalaya Ridwan Awalian Firdaus; Witri Lestari
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i5.19596

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini mengenalkan matematika terapan kepada industri kecil. Mengubah persepsi pada kalangan pelaku industri bahwa perlunya pendekatan ilmiah dalam kegiatan industrinya. Serta membuat pelaku industri terbiasa menggunakan matematika untuk mengoptimalkan produksinya. Kegiatan ini dilaksanakan di pabrik kue Lintang, salah satu UMKM yang bergerak di bidang kue kering. Jenis produknya terdiri dari: kue tambang orisinal, kue tambang coklat, kue tambang super, kue tambang coklat super, kue sistik bawang, kue sistik ubi, dan krupuk seblak. Adapun pabrik kue ini setiap minggunya selalu mendapatkan pesanan jenis kue kering tersebut tetapi terkendala dengan sumberdaya yang terbatas di antaranya: modal, bahan baku, tenaga kerja dan mesin produksi. Metode pendekatan yang dilakukan dengan observasi dan wawancara, pelatihan dan pendampingan. Penghitungan menggunakan algoritma simpleks dengan bantuan aplikasi Operational Research. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan aplikasi tersebut, didapatkan keuntungan maksimal sebesar Rp 7.458.647 selama produksi periode (3 hari) jika memproduksi 10 sak kue tambang super orisinal, 3 sak kue tambang super coklat, 13,49 sak kue tambang besar orisinal, 1 sak kue tambang besar coklat, 2 sak kue sistik bawang dan 1 sak kue sistik ubi. Secara umum kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas produksi pabrik Kue Lintang sehingga keuntungan akan diperoleh secara maksimal
Perancangan Desain Label Kemasan, Company Profile, dan Standing Banner untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk “Maznah Nais” Latifatuz Zahro; Nurul Hikmah; M. Riyadus Solihin; Ahmad Faruq Faza Binnaja; Nadya Putri Maulina; Hendian Oritza Anugrah Nastiti
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i5.16409

Abstract

The Maznah Nais product is a homemade light snack product produced by the Tawang Jaya company located in Tawangrejeni Village, Turen District, Malang Regency. This brand has very good quality but only limited to the scope of people close to the owner of the company. The production tools used are still manual so that the products produced are limited. Meanwhile, to buy a more up-to-date tool requires a lot of money. Even though Maznah Nais has good selling quality. Therefore, in order to increase the selling quality of this product, it is necessary to have the latest packaging labels, design a company profile for promotional media to establish cooperation with various investors, and make standing banners or X banner to make it easier to sell offline. Based on the problems encountered, this service takes an approach using qualitative methods. Through interviews, observation, and literature studies. The results obtained were renewal of packaging labels, company profiles, and standing banner
Sosialisasi Literasi Numerasi dalam Kegiatan Market Day Rezkiyana Hikmah; Dian Novita; Lin Suciani Astuti
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i5.18777

Abstract

Market day adalah aktivitas yang meniru kondisi pasar sebenarnya. Siswa diberi kesempatan untuk merancang, memproduksi, memasarkan dan menjual produk. Kegiatan pemasaran juga dapat dilihat sebagai simulasi kecil dari pengalaman bisnis yang sebenarnya. Selain itu, market day merupakan kegiatan yang dapat menawarkan pengalaman baru dalam interpretasi konsep matematika, khususnya bagi anak TK. Market day dapat membantu meningkatkan keterampilan berhitung siswa, memahami konsep matematika dasar, dan mengembangkan keterampilan sosial dan kreativitas. Literasi numerasi adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan angka dalam berbagai situasi sehari-hari. Hal tersebut berkaitan dengan bagaimana siswa memahami konsep angka dan operasi matematika dasar, menggunakan angka dalam konteks, memecahkan masalah matematika, dan memahami data dan pengukuran. Namun, banyak siswa yang kurang memiliki keterampilan matematika karena belum memiliki pengalaman dalam menggunakan angka dalam sehari-hari. Guru berperan penting dalam memahami manfaat market day bagi siswa TK. Sebagai fasilitator, guru harus memastikan bahwa kegiatan direncanakan dan disajikan kepada siswa dengan cara yang menarik dan bermanfaat. Oleh karena itu, kegiatan market day sangat ideal sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan berhitung siswa seperti mengenal angka, mengenal dan memahami uang dan nilainya, serta memahami konsep penjualan sederhana. Kata kunci: Market day, Literasi Numerasi

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 4 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5, No 6 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 5 (2022): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 4 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 3 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 1 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 6 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 5 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 4 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 2 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 4 (2020): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 2 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 03 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 02 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 01 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 03 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 02 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat More Issue