cover
Contact Name
Rometdo Muzawi
Contact Email
rometdomuzawi@stmik-amik-riau.ac.id
Phone
+6281275690170
Journal Mail Official
lppm@sar.ac.id
Editorial Address
Jl. Purwodadi Indah No.KM, RW.10, Sidomulyo Barat, Tampan, Pekanbaru City, Riau 28294
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal J-PEMAS
ISSN : -     EISSN : 27225143     DOI : -
Core Subject : Science,
bidang penggunaan komputer, internet, perangkat lunak dan perangkat keras dibidang teknologi informasi.
Articles 40 Documents
Workshop Aplikasi Multimedia Kreatif dalam Pembuatan Video Animasi 3D pada SMK Bina Insan Siak Hulu Rahmaddeni; T.Sy Eiva Fatdha; Susanti; Koko Harianto
J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat J_PEMAS
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.993 KB)

Abstract

Salah satu perkembangan multimedia yang kreatif terlihat dalam sebuah animasi 3D. Multimedia yang kreatif dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan. Pada dunia pendidikan multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak oleh siswa dalam mengembangkan minatnya. Objek yang menjadi tempat pelaksanaan workshop multimedia kreatif dalam pembuatan video animasi 3D yakni pada SMK Bina Insan Siak Hulu pada jurusan administrasi perkantoran. Alasan pemilihan jurusan ini dari beberapa jurusan yang ada disekolah tersebut karena dalam kurikulum bidang administrasi perkantoran, kompetensi yang dimilikinya salah satunya kemampuan dalam menyajikan presentasi yang menarik. Presentasi yang diberikan dengan dukungan multimedia yang kreatif dapat membantu memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa sendiri karena penggunaan media yang dapat mempermudah siswa. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini berdampak positif kepada siswa sendiri karena memiliki skill yang lebih dari skill yang ada pada jurusan tersebut dan berdampak juga nantinya pada mutu lulusan sekolah SMK Bina Insan Siak Hulu.
Workshop Peningkatan Kemampuan Dasar Desain Jaringan Dan Cisco Router Siswa/i SMKS Ibnu Taimiyah M Khairul Anam; Aniq Noviciatie Ulfah; Nora Lizarti; Didik Sudyana; Dewi Sari Wahyuni
J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat J_PEMAS
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.312 KB)

Abstract

Desain jaringan merupakan sebuah fondasi dasar bagi siswa-siswa SMKS Ibnu Taimiyah yang mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Akan tetapi masih banyaknya siswa SMKS Ibnu Taimiyah yang mengalami kendala di lapangan ketika dihadapkan dengan masalah membangun sebuah jaringan komputer. Sehingga ketika proses desain jaringan tidak dilakukan dan terencana dengan baik, maka seluruh proses membangun jaringan tersebut tidak akan baik. Selain itu pada saat ini kebutuhan akan teknisi jaringan yang paham akan Cisco Router sangatlah tinggi. Namun banyak siswa SMKS Ibnu Taimiyah yang tidak tahu apa itu Cisco Router. Sehingga diperlukan sebuah workshop untuk siswa tentang desain jaringan dan Cisco Router. Workshop ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan para siswa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan desain jaringan yang baik dan memahami tentang teknologi Cisco Router
Pelatihan Web E-Commerce Untuk Mempromosikan Produk Unggulan Pada SMKN 4 Pekanbaru Hadi Asnal; M Jamaris; Mardainis; Susanti; Fransiskus Zoromi
J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat J_PEMAS
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.949 KB)

Abstract

Produk yang dihasilkan SMK khususnya SMKN 4 Pekanbaru selama ini sudah sangat banyak seperti : berbagai macam kerajinan kayu&rotan, hasil kreatifitas batik&tekstil, berbagai jenis pakaian dan banyak produk kreatif lainnya. Permasalahannya adalah selama ini pada saat pemasaran produk tersebut belum ada sarana e commerce yang digunakan , padahal sebagaimana yang diketahui e commerce saat ini sudah digunakan dalam berbagai sektor bisnis guna meluaskan pemasaran produk hingga menjangkau seluruh tempat dan seluruh elemen masyarakat.
Workshop Mikrokontoler Avr Untuk Menunjang Teknologi Digital Pada Smk Sulthan Muazzam Syah Rometdo Muzawi; Wirta Agustin; Pandu Pratama Putra; Tashid; Rini Yanti
J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat J_PEMAS
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.804 KB)

Abstract

Mikrokontroler adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program, atau keduanya), dan perlengkapan input output. Mikrokontroler merupakan komputer didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik, yang menekankan efisiensi dan efektifitas biaya. Mikrokontroler AVR merupakan salah satu jenis arsitektur mikrokontroler yang menjadi andalan Atmel. Arsitektur ini dirancang memiliki berbagai kelebihan dan merupakan penyempurnaan dari arsitektur mikrokontroler-mikrokontroler yang sudah ada. Pada pengaplikasian nya menggunakan beberapa hardware seperti DT Combo, Kabel USBasp dan papan LCD. Software yang akan digunakan Bascom versi demo, Bascom AVR, CVAVR 2.075 dan Proteus 8. Mikrokonktroler digunakan dalam produk dan alat yang dikendalikan secara automatis, seperti sistem kontrol mesin, remote controls, mesin kantor, peralatan rumah tangga, alat berat, dan sekolah. Pada sekolah dapat diterapkan seperti pada bell sekolah, informasi runing text, remote ac, mesin air dan lainnya. Ini sangat berguna menunjang salah satu penggunaan teknologi digital.Teknologi Digital adalah teknologi yang dilihat dari pengoperasionalannya tidak lagi banyak menggunakan tenaga manusia. Tetapi lebih cenderung pada sistem pengoprasian yang serba otomatis dan canggih dengan system komputeralisasi/format yang dapat dibaca oleh komputer.
Pelatihan Multimedia Learning Dalam Pembuatan Konten Media Kreatif Pada SMK N 1 Gunung Sahilan Yoyon Efendi; Lusiana; Unang Rio; Muhammad Syaifullah; Syahrul Imardi
J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat J_PEMAS
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.435 KB)

Abstract

Multimedia tidak hanya berupa teks, suara, gambar dan audio tetapi bisa dikombinasikan pada bidang dunia kreatif. Seperti media sosial dituntut untuk menyampaikan pesan dan promosi dengan iklan yang menarik dan santun. Multimedia learning diterapkan di sekolah untuk meningkatkan kreatifitas dalam belajar. Dengan membuat konten media kreatif akan memberikan dampak bagi siswa dan sekolah dalam mempromosikan usahanya. Materi dimulai dengan konsep multimedia, multimedia learning dan konten media kreatif. Selanjutnya dilakukan sesi pratikum menggunakan software photoshop dan kinemaster. Pelatihan ini diikuti oleh 41 siswa SMK N 1 Gunung Sahilan dengan tujuan menambah pengetahuan siswa dalam teknologi multimedia. Disamping itu akan meningkatkan kemampuan promosi sekolah pada bidang digital menggunakan media sosial seperti instagram dan youtube.
Monitize Facebook Video untuk Bisnis di SMK YAPIM Siak Hulu Junadhi; Mardainis; Agustin; Hadi Asnal; Yansyah Saputra Wijaya
J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat J_PEMAS
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.936 KB)

Abstract

SMK YAPIM Siak Hulu terletak di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Selain kompetensi utama yang harus dimiliki oleh siswa sesuai jurusannya,perlu juga kompetensi tambahan yaitu tentang bisnis teknologi di era digital, yang populer saat ini adalah ad breaks. Ad Breaks merupakan salah satu fitur untuk memonitisasi akun facebook yang dapat menghasilkan uang bagi pengguna dengan menayangkan jeda iklan komersil di sela-sela video. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang software camtasia, ad break, dan fanpage facebook setelah pelatihan dan memberikan pengetahuan kepada siswa tentang cara pembuatan konten video dengan software camtasia dan fanpage facebook. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa-siswi SMK YAPIM Siak Hulu bisa membuat video konten dengan Software Camtasia dan mampu mengunggahnya ke Fanpage Facebook dan siswa-siswi memilki semangat yang tinggi untuk mengeksplorasi kemampuan mereka terkait aplikasi Software Camtasia dan media Fanpage Facebook.
Pemanfaatan Aplikasi Videoscribe dan 3D Based Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru Pada SMK N 2 Pekanbaru Zulafwan Harahap; Willyansah
J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat J_PEMAS
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (958.125 KB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi dibidang pendidikan dinilai masih rendah dibandingkan dengan bidang lain seperti bidang industri, pertanian, transportasi dan komunikasi. Pembuatan media dengan memanfaatkan teknologi komputerisasi menjadikan media lebih menarik dan interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang bisa dimanfaat adalah aplikasi Videoscribe dan aplikasi pemodelan 3 dimensi.Videoscribe adalah aplikasi untuk membuat media presentasi dalam bentuk animasi handdrawing dan hasilnya bisa dipublish ke Youtube agar bisa ditonton pada siswa, sedangkan pemodelan 3 dimensi menggunakan aplikasi paint 3D dan media publish model 3 dimensi pada Sketchfab.kegiatan ini dilakukan di SMK N 2 Pekanbaru dan ditujukan kepada para guru, kegiatan ini juga mendukung kondisi kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dari rumah karena pandemi Covid-19, sehinnga dibutuhkan media pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar dari rumah. Selama kegiatan dapat dilihat para guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini karena sebelumnya belum pernah membuat media pembelajaran menggunakan Videoscribe dan pemodelan 3 dimensi, hasil yang diharapakan setelah kegiatan ini adalah para guru bisa membuat media pembelajaran menggunkan kedua media tersebut. Target capaian yang direncanakan telah tercapai, dibuktikan dengan para guru yang sudah bisa membuat media pembelajaran menggunakan videosribe dan pemodelan 3D
Peningkatan Kemampuan Pemrograman AJAX Dan jQuery Melalui Pelatihan di SMK Negeri 1 Pagaran Tapah Darussalam Herwin; Susi Erlinda; Khusaeri Andesa; Torkis Nasution; Nurjayadi
J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat J_PEMAS
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.904 KB)

Abstract

Pelatihan bertujuan meningkatkan kompetensi siswa dalam penguasaan script, merupakan kompetensi wajib yang harus dimiliki siswa lulusan SMKN 1 Pagaran Tapah Darussalam Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Keterbatasan pengetahuan dasar guru mengenai penguasaan script menjadi masalah utama yang dibahas. Metoda yang diberikan adalah pelatihan dan pendampingan kepada guru dan siswa secara langsung mengenai script, AJAX dan JQuery untuk membuat aplikasi berbasis web. dengan memanfaatkan perangkat jaringan komputer. Kegiatan pelatihan dilakukan selama 5 (lima) hari dengan mengkaji rencana program pembelajaran dan pelatihan berbasis praktikum interaktif yang lebih baik. Hasil dari pengabdian ini didapatkan adanya peningkatan kapasitas keilmuan dan kompetensi sebesar 19,8% untuk pelatihan pemrograman web di SMK Negeri 1 Pagaran Tapah Darussalam.
Pelatihan Image Editing Menggunakan Aplikasi Lightroom Guna Meningkatkan Kreatifitas Siswa/I SMK Global Cendekia Aniq Noviciatie Ulfah; Nora Lizarti; T. Sy Eiva Fathda; Rini Yanti; Hadi Asnal
J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat J_PEMAS
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.625 KB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi di bidang komputerisasi saat ini telah menyuguhkan berbagai kemudahan diantaranya adalah sebagai tempat menyalurkan bakat, minat dan hobi bagi seseorang. Salah satu aplikasi yang diminati pada saat ini adalah aplikasi untuk mengedit foto. Banyak sekali aplikasi untuk mengedit foto, mulai dari yang mudah sampai yang sulit. Selain itu pada saat ini kebutuhan akan editing foto sangatlah tinggi. Namun banyak siswa SMK yang tidak tahu cara mengedit foto dengan baik dan benar. Sehingga diperlukan sebuah pelatihan untuk siswa tentang editing foto menggunakan Lightroom. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan mengasah kreatifitas para siswa dalam berkehidupan sehari-hari, serta menambah pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan dalam editing foto
Optimalisasi Penggunaan VirtualBox Sebagai Virtual Computer Laboratory untuk Simulasi Jaringan dan Praktikum pada SMK Taruna Mandiri Pekanbaru M. Khairul ANam; Didik Sudyana; Aniq Noviciatie Ulfah; Nora Lizarti; Agustin
J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat J_PEMAS
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.178 KB)

Abstract

Laboratorium komputer dengan perangkat komputer yang memiliki spesifikasi tinggi merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh sivitas SMK TKJ dalam mendukung proses belajar mengajar siswa-siswi. Namun pada saat ini, banyak pihak sekolah yang masih belum dapat untuk memenuhi ketentuan tersebut. Sehingga proses belajar mengajar bagi siswa TKJ akan terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dapat digunakan pendekatan Virtual Laboratory atau Laboratorium Virtual sehingga siswa dapat memanfaatkan sumber daya yang ada dalam proses belajar mengajar. Dalam membangun sebuah Laboratorium Virtual dapat digunakan perangkat lunak VirtualBox yang mana perangkat lunak tersebut dapat mensimulasikan sebuah sistem komputer yang berjalan sekaligus dalam sebuah komputer utama sehingga dapat mensimulasikan ruang kerja jaringan komputer. Berdasarkan hal itu, maka diperlukan Pelatihan Optimalisasi Penggunaan VirtualBox Sebagai Virtual Computer Laboratory Untuk Kegiatan Praktikum di SMK Taruna Mandiri Pekanbaru. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa/siswi dalam menggunakan Virtual Laboratory sehingga kekurangan sarana dan prasarana di laboratorium komputer, tidak menghambat proses belajar terutama pada mata pelajaran Administrasi Server dikarenakan proses tersebut dapat diakomodir dalam sebuah bentuk Virtual Laboratory. Sehingga siswa/siswi bisa tetap mendapatkan haknya untuk belajar dan mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja dan industry.

Page 1 of 4 | Total Record : 40