cover
Contact Name
Hadi Gunawan Sakti
Contact Email
hgs@lingkarpenaindonesia.com
Phone
+6287864842289
Journal Mail Official
lingkarpenaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta, Griya Menang Asri, Lombok Barat, Indonesia.
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27743225     DOI : 10.36312/lpi
Core Subject : Education,
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning media, learning models, and learning strategies, with a systematic proposed method, sufficient review of previous works, expanded discussion, and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Lentera Pendidikan Indonesia follows the open access policy that allows the published articles to be freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): February" : 8 Documents clear
OPTIMALISASI PERAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN ANAK AUTIS MELALUI PROGRAM KONSELING KELUARGA Basten Yuni Artika
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.834 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i1.15

Abstract

Peran orangtua sangat penting dalam menstimulasi perkembangan anak. Terlebih bagi anak berkebutuhan khusus yang memiliki beraneka hambatan. Kebanyakan orangtua tidak paham, kurang pengetahuan yang cukup dalam menstimulasi perkembangan anak, sehingga diperlukan suatu program konseling keluarga. Keluarga berperan penting bagi anak dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kesadaranakan pentingnya peran orangtua dalam rangka mengoptimalkan tumbuh kembang anak, serta membantu menciptakan waktu yang berkualitas antara orangtua dan anak melalui kegiatan belajar yang dirancang untuk meminimalisir hambatan konsentrasi pada anak autis. Apapun indikator dalam analisis penelitian ini adalah perasaan dan harga diri, kualitas komunikasi, sistem keluarga, analisis kebutuhan keluarga, dan program konseling keluarga yang dilaksanakan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dan sumber data dengan pertimbangan tertentu. Penelitian dilakukan pada keluarga yang memiliki anak autis berusia 5 tahun dengan hambatan konsentrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari indikator perasaan dan harga diri terlihat bahwa keluarga kurang percaya diri dalam menangani anak. Dari indikator kualitas komunikasi keluarga ini kurang baik, untuk itu diperlukan tahapan analisis kebutuhan keluarga yaitu sebuah konseling keluarga. Sampai akhir tahapan penelitian, menunjukkan melalui program konseling keluarga berupa diskusi dan sharing serta penyadiaan waktu belajar antara ibu dengan anak dengan kegiatan belajar yang telah dirancang, terciptalah waktu yang berkualitas dari orangtua untuk mengoptimalkan perkembangan anak dan meminimalisir hambatan konsentrasi pada anak melalui kegiatan belajar.
PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI KELAS IV SD NEGERI 064989 MEDAN Azizah Yusra Amaliyah Harahap; Rhodhiatur Rahmah; Hadi Widodo; Sindi Ramadhani
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.411 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i1.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dalam belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064989 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara rata-rata peningkatan kreativitas belajar matematika bagi siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil siklus I diperoleh 14 dari 26 siswa kategori cukup dengan rata-rata 53.85%. Hasil siklus II terdapat peningkatan kreativitas matematika siswa sebesar 26.92% dari 26 siswa yang mengikuti tes. Sebanyak 21 siswa berada dalam kategori cukup dengan rata-rata 80.77%.
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMAHAMI MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD AL-WASHLIYAH 15 MEDAN TIMUR Dewi Purnama Sari; Dewi Sulastri; Ahmad Calam; Fahmi Nur Rezeki Siregar
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.886 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor penyebab kesulitan pelajaran matematika kelas IV di SD Al-Washliyah 15 Kecamatan Medan Timur. Lokasi penelitian ini dilakukan penulis di SD Alwashliyah 15 kelas IV Kecamatan Medan Timur yang beralamat di Jalan Umar No.95 Medan Timur. Subjek penelitian yaitu faktor penyebab kesulitan memahami mata pelajaran matematika. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Alwashliyah 15, Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumentasi yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa terdiri dari tiga kompenen yaitu kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah. Faktor Penyebab Kesulitan Secara Internal: Sikap dalam Belajar, Motivasi Belajar, Kesehatan, Gangguan penglihatan. Faktor Penyebab Kesulitan Secara Eksternal: Variasi Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran.
PENGARUH MODEL PROYEK RESPON KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VI SD SWASTA PAB 15 KLAMBIR LIMA Hadi Widodo; Siti Ardiana; Dewi Purnama Sari; Intan Tri Wahyudi Siregar
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.334 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i1.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model proyek respon kreatif terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas VI. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 35 siswa setiap kelasnya, Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama dengan menerapkan model pembelajaran proyek respon kreatif memiliki nilai rata-rata pretest 41,13 dan nilai rata-rata postest adalah 68,38. Kemampuan menulis naskah drama dengan menerapkan strategi pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata pretes 40,38 dan nilai rata-rata postes 62,63. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan uji t dua pihak diperoleh thitung = 0,110 < ttabel = 1,994. Untuk melihat adanya pengaruh maka digunakan uji t satu pihak dan diperoleh thitung = 2,484 > ttabel = 1,994, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran proyek respon kreatif terhadap kemampuan menulis naskah drama.
PELAKSANAAN KONSELING BEHAVIOR PADA SISWA BERPRILAKU TERISOLIR DI KELAS X SMA NEGERI 1 BINJAI Tumiyem Tumiyem; Indra Setiawan
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.011 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i1.20

Abstract

Masa sekolah adalah masa dimana anak-anak memperoleh pendidikan dan wawasan yang baru dalam kehidupannya. Begitu juga yang terjadi pada anak SMA, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua dan para pendidika di sekolah, bahwa anak SMA adalah masa remaja yang mengalami masa peralihan (transisi) yaitu masa puberitas. Perkembangan sosial pada anak-anak SMA ditandai dengan adanya perluasan hubungan, di samping dengan keluarga dia juga mulai membentuk 2 ikatan baru dengan teman sebaya (peer group) atau teman sekelas, sehingga ruang gerak hubungan sosialnya bertambah luas. Namun tidak semua anak dapat bergaul dengan teman sebayanya seperti yang diharapkan, beberapa anak mengalami kesulitan dalam kehidupan sosialnya sehingga anak menjadi terisolasi. Anak terisolasi adalah anak yang tidak memiliki teman sebayanya dalam suatu kelompok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Kesimpulan sebagai berikut: Perilaku terisolir siswa sebelum diberi konseling behavior dengan teknik assertive training berada pada kategori sedang. Tingginya perilaku terisolir siswa ditunjukkan dengan minat bersosial, kemampuan menyesuaikan diri, kepercayaan diri, respon saat kegiatan, kemampuan bertenggang rasa, kemampuan sportif dan perlakuan teman yang berada pada kategori sedang, Perilaku terisolir siswa sesudah diberi konseling behavior dengan teknik assertive training berada pada kategori tinggi. Berkurangnya perilaku terisolir siswa ditandai dengan tingginya minat bersosial dan kemampuan bertenggang rasa Perilaku terisolir siswa dapat diatasi menggunakan konseling behavior dengan teknik assertive training. Siswa yang semula minat bersosialnya sedang meningkat menjadi tinggi, dan memiliki kemampuan bertenggang rasa yang sedang meningkat menjadi tinggi.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN PAI KELAS IX-C SMP NEGERI 1 SALAM BABARIS Zahiah Zahiah
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.005 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i1.34

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi meraih kesuksesan dengan optimis ikhtiar dan tawakal kelas IXC SMP Negeri 1 Salam Babaris. Hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah penerapan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendiidkan agama islam materi meraih kesuksesan dengan optimis, ikhtiar dan tawakal di SMP Negeri 1 Salam Babaris. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IXC SMP Negeri 1 Salam Babaris. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian antara laini bahwa siklus I diketahui 10 orang peserta didik yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 40%, pada siklus II diketahui 13 orang peserta didik yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 52%, pada siklus III diketahui 21 orang peserta didik yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 83,2%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model discovery learning learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Salam Babaris dalam mata pelajaran pendidikan agama islam materi meraih kesuksesan dengan optimis, ikhtiar dan tawakal
PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V SD NEGERI BANYUSARI Darsan Darsan
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.584 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i1.35

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan metode index card match Pendidikan Agama Islam materi pokok kisah Nabi- Nabi Allah SWT siswa kelas V semester I SD Negeri Banyusari Tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penulis mendiskripsikan hasil-hasil tes, angket, dan pengamatan lainnya yang mendukung proses pembelajaran khususnya di kelas V SD Negeri Banyusari. Subyek penelitian berjumlah 19 siswa yang terdiri atas 17 peserta didik laki-laki dan 2 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil tes pra siklus 74 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 68%, sedangkan nilai rata-rata hasil tes siklus I 79 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 73%, dan nilai rata-rata hasil tes siklus II 84 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 90%.
Cover and Editorial Pages Editor
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.478 KB)

Abstract

Cover, Editorial Member List, and Table of Contents

Page 1 of 1 | Total Record : 8