cover
Contact Name
Hadi Gunawan Sakti
Contact Email
hgs@lingkarpenaindonesia.com
Phone
+6287864842289
Journal Mail Official
lingkarpenaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta, Griya Menang Asri, Lombok Barat, Indonesia.
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27743225     DOI : 10.36312/lpi
Core Subject : Education,
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning media, learning models, and learning strategies, with a systematic proposed method, sufficient review of previous works, expanded discussion, and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Lentera Pendidikan Indonesia follows the open access policy that allows the published articles to be freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): May" : 9 Documents clear
ANALISIS TINGKAT KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ROLL DEPAN SISWA KELAS VII PUTRA MTS AL-MA’ARIF MUJUR KECAMATAN PRAYA TIMUR A. Abdurrahman; I. Isyani
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2021): May
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.773 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i2.3

Abstract

Penelitian ini berfokus pada tingkat kecemasan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar roll depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat  Kecemasan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Roll Depan Siswa Kelas VII Putra  MTs Al-Ma’arif Mujur Kecamatan Praya Timur Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa Kelas VII Putra MTs Al-Ma’arif Mujur Kecamatan Praya Timur yang berjumlah 19 orang. Metode penelitian menggunakan ex post fakto. Metode pengumpulan data dalam variabel X dan variabel Y menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution),hasil pengolahan data yang diperoleh hasil persamaan regresi Y = 93,143 – 0,069X1 – 0,098X2. Hasil perhitngan secara simultan diperoleh hasil uji parsial untuk t hitung 1,024 < dari F tabel 4,45 dan nilai signifikasi sebesar 0,382 l > dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh Kecemasan (X1) dan Motivasi (X2) secara simultan terhadap Y. Sedangkan nilai kofisien regresi variabel kecemasan adalah sebesar 1,399 dengan t tabel sebesar 2,120, signifikasi variabel kecemasan terhadap variabel dan nilai sig sebesar 0,181 atau > dari nilai alpha 0,05. Kesimpulannya nilai t hitung < t tabel -1,399 < 2,120 dan nilai signifikasi 0,181 > 0,05 artinya variabel Kecemasan berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Roll Depan atau H1 diterima dan H2 ditolak. Hasil nilai koefisien regrasi variabel motivasi adalah (t hitung) sebesar -0,790, dengan t tabel 2,120, signifikasi variabel motivasi kerja terhadap variabel terkait yaitu motivasi kerja sebesar 0,441 atau > dari 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai t hitung > t tabel dan signifikasi 0,441 > 0,05 artinya variabel Motivasi berpengaruh terhadap Hasil Belajar Roll Depan atau H1 diterima dan H0 ditolak. Nilai R Square sebesar 0,337. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh Tingkat Kecemasan dan Motivasi Belajar (X) secara simultan terhadap variabel adalah sebesar 33,7%. sedangkan sisanya, yaitu 67,3% (100% - 33,7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada di dalam model regresi linier ini.
MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN BAGI SISWA SMP NEGERI 4 BOYOLALI Tri Joko Setiyono
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2021): May
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.374 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i2.7

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pendidikan karakter melalui pengembangan budaya sekolah dengan pendekatan sistem bagi siswa SMP Negri 4 Boyolali. Penelitian tindakan sekolah ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu mendeskripsikan data dan  menginterprestasikan data. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yaitu  penelitian yang dilakukan oleh peneliti secara langsung. Seting yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa SMP Negeri 4 Boyolali kabupaten Boyolali. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui non tes. Alat pengumpulan data menggunakan observasi. Untuk mengetahui keefektifan pengembangan budaya sekolah dengan pendekatan sistem,  peneliti dan kolaborator melakukan pengamatan selama hari-hari masuk sekolah. Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Indikator kinerja yang diharapkan dalam penelitian ini adalah: 1) menurunnya tingkat pelanggaran tata tertib sekolah dari kondisi awal 9,45% menjadi 5,50% pada Siklus I, dan menjadi 4,00% pada Siklus II setelah dilaksanakan penguatan pengembangan budaya sekolah. Setelah dilakukan pengumpulan dan analisis data, dalam penelitian ini diperoleh hasil yang signifikan. Dari hasil penelitian telah menunjukkan bahwa melalui penguatan pengembangan budaya dengan pendekatan sistem sekolah dapat menurunkan pelanggaran tata tertib sekolah dari kondisi awal yang hanya 9,45% menjadi 5,02% pada Siklus I, dan, 3.70 pada siklus II.  Menurunnya pelanggaran terhadap tata tertib sekolah bagi siswa, menunjukkan peningkatan pendidikan karakter bagi siswa SMP Negeri 4 Boyolali.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI AUTOPLAY QUIS MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAKRA TIMUR Hadi Gunawan Sakti; Endah Resnandari Puji Astuti
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2021): May
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.156 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i2.14

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru masih belum maksimal dalam menggunakan media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi pasif. Untuk itu guru seharusnya dituntut untuk lebih bisa mendisain atau mengemas suatu materi dengan menggunakan media pembelajara, sehingga pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Autoplay Quis Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMPN 3 Sakra Timur. Tujuan dalam penelitian ini adalah: “Ingin Mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Quis Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMPN 3 Sakra Timur”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan true pre-eksperimental design, dengan bentuk one group pretest–postest design Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan true pre-eksperimental design, dengan bentuk one group pretest–postest design Populasi dalam penelitian ini adalah: seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Sakra Timur yang sebagian besar belum mampu dalam Meningkatkan Hasil Belajar, sampel yang digunakan adalah: berjumlah 20 orang siswa. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai metode pokok dan metode observasi, dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t hitung sebesar 5.133 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N = 20 sebesar 2.093. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t pada tabel (5.133 > 2.093) sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini “signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol ( ) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah: Ada pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Autoplay Quis Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMPN 3 Sakra Timur.
MEDIA BARANG BEKAS UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA DALAM SPEAKING PROCEDURE TEXT Matrik Agoes Prasetyo
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2021): May
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.906 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i2.21

Abstract

Media Barang Bekas Untuk Meningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Dalam Speaking Procedure Text. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan barang bekas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada kemampuan Speaking Procedure Text dan mengetahui apakah penggunaan barang bekas dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada kemampuan berbicara teks procedure. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penulis mendiskripsikan hasil-hasil tes, angket, dan pengamatan lainnya yang mendukung proses pembelajaran khususnya di kelas IX-G SMP Negeri 2 Ngawi. Di kelas ini jumlah siswa adalah 34 orang yang terdiri atas 13 peserta didik laki-laki dan 22 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, dan unjuk kerja. Hasil belajar siswa terlihat meningkat yaitu rata-rata nilai 60 pada kondisi pra siklus, menjadi 74.4 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78.8 pada siklus II. Sedangkan hasil angket menunjukkan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran ini sangat baik dan mendukung sekali pembelajaran di kelas sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa.
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN DARING PRODUKSI MEDIA CETAK Muh Husein Baysha; Endah Resnandari Puji Astuti
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2021): May
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.88 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i2.22

Abstract

Pandemic covid-19 yang merebak di seluruh dunia termasuk di Indonesia berdampak pada semua sector kehidupan termasuk pada sector Pendidikan. Hingga tahun 2021 ini seluruh kegiatan pembelajaran masih dilakukan secara daring atau melakukan pembelajaran jarak jauh tanpa tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan pelaksanaan perkuliahan produki media cetak secara daring, (2) mengukur persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran mata kuliah produksi media cetak secara daring, (3) mendeskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran produksi media cetak secara daring. Populasi penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa semester 4 Prodi Teknologi Pendidikan UNDIKMA yang berjumlah 30 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuesioner dan wawancara/interview. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui cara menganalisis secara deskriptif pelaksanaan pembelajaran mata kuliah produksi media cetak secara daring, analisis kuesioner persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran produksi media cetak secara daring. Hasil penelititian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mata kuliah produksi media cetak dilaksanakan secara daring dengan menggunakan metode project based learning. Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menunjukkan sebanyak 11 mahasiswa atau sebesar 36,7% mahasiswa memiliki persepsi sangat baik terhadap perkuliahan Produksi media cetak yang dilakukan secara daring. Sebanyak 17 mahasiswa atau sebesar 56,7% memiliki persepsi baik terhadap perkuliahan Produksi Media cetak secara daring dan 3 mahasiswa (6,7%) yang memiliki persepsi cukup. Sementara itu sebanyak 0% mahasiswa atau tidak ada mahasiswa yang memiliki persepsi kurang dan buruk terhadap pembelajaran produksi media cetak yang dilakukan secara daring. Kendala pelaksanaan pembelajaran produksi media cetak yang dilaksanakan secara daring adalah: (1) kurangnya jaringan internet bagi sebagian mahasiswa yang berlokasi di daerah dengan jangkauan internet yang kurang; (2) beberapa mahasiswa masih merasa berat dengan pengadaan kuota internet sebab belum semua mahasiswa memperoleh kuota belajar gratis; (3) motivasi mengikuti pembelajaran daring bagi beberapa mahasiswa yang masih rendah.
Cover and Editorial Pages Editor
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2021): May
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.952 KB)

Abstract

Cover, Editorial Member List, and Table of Contents
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SD NEGERI SERAWI Sri Wahdah Aminy
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2021): May
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.788 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i2.38

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bisa atau tidaknya penerapan model discovery dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi aku cinta nabi dan rasul di SD Negeri Serawi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Serawi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I, siklus II dan Siklus III. Pada Siklus I diketahui 6 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 40%, pada siklus II diketahui 8 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 53%, pada siklus III diketahui 14 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 93%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Serawi Kecamatan tapin Tengah dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Aku Cinta Nabi dan Rasul.
UPAYA MENINGKATAN PENGUASAAN MATERI BERSUCI MATA PELAJARAN PAI MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 52 KENDARI Niny Erningsih Marsuddin
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2021): May
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.582 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i2.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 1 SD Negeri 52 Kendari mata pelajaran PAI melalui metode cooperative learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Materi yang dibahas tentang Bersuci dengan melibatkan subyek penelitian sebanyak 20 siswa. Tekknik pengumpulan data berupa observasi dan pemberian tes hasil belajar tiap akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I, daya serap klasikal mencapai 70,8%, ketuntasan klasikal mencapai 78,57%, aktifitas siswa rata-rata mencapai 40% dengan kategori kurang. Akan tetapi pada siklus II diperoleh persentase sangat baik dengan daya serap klasikal 76%, ketuntasan klasikal mencapai 100% dan aktifitas siswa mencapai 96,42% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian dapat dikatakan bahwa metode cooperative learning meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran PAI di kelas 1 SD Negeri 52 Kendari.
PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN KELAS VIII-B SMP NEGERI 2 RATOLINDO Widia Sari Kamadi
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2021): May
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.798 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i2.40

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Ratolindo pada materi keliling dan luas lingkaran. Hal ini disebabkan karena sebagian besar siswa cenderung hanya menghafal rumus yang ada, tanpa ada pemahaman konseptual dan prosedural. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas lingkaran, peneliti menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Metode penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berupa data yang diperoleh dari hasil wawancara, hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan keterampilan proses yang memiliki 8 tahapan yaitu (1) pemanasan, (2) pengamatan, (3) interpretasi hasil pengamatan, (4) peramalan, (5) Pengkajian, (6) generalisasi penemuan, (7) penerapan dan (8) komunikasi dengan menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi keliling dan luas lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VIII-B SMP Negeri 2 ratolindo. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut terlihat pada hasil belajar siklus I dan Siklus II, meskipun peningkatan hasil belajar siswa tersebut belum mencapai keseluruhan kriteria keberhasilan tindakan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas lingkaran di kelas VIII-B SMP Negeri 2 ratolindo.

Page 1 of 1 | Total Record : 9