cover
Contact Name
Hadi Gunawan Sakti
Contact Email
hgs@lingkarpenaindonesia.com
Phone
+6287864842289
Journal Mail Official
lingkarpenaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta, Griya Menang Asri, Lombok Barat, Indonesia.
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27743225     DOI : 10.36312/lpi
Core Subject : Education,
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning media, learning models, and learning strategies, with a systematic proposed method, sufficient review of previous works, expanded discussion, and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Lentera Pendidikan Indonesia follows the open access policy that allows the published articles to be freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 4 (2022): November" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA MATA PELAJARAN IPS SEBAGAI IDENTITAS BANGSA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI BANYANYAR Mega Isna Tiara Sari; Abdul Aziz Hunaifi; Erwin Putera Permana
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 4 (2022): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i4.116

Abstract

Pengembangan dan penelitian yang dilakukan, dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS materi Mengidentifikasi Keragaman Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis dan Agama di Provinsi Setempat sebagai Identitas Bangsa Indonesia pada Kelas IV di SD Negeri Banyanyar sebanyak 20% yang masih belum menggunakan media pembelajaran dan hanya menggunakan metodede ceramah. Sehingga peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Agar peserta didik dapat tertarik untuk belajar, peneliti dapat membantu guru dan siswa dengan mengembangkan media pembelajaran ular tangga. Tujuan dikembangkanya media ular tangga Keragaman SEBETA sebagai Identitas Bangsa Indonesia untuk mendiskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran ular tangga. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (evalusi). Dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Banyuanyar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif yang dijabarkan dalam analisis kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan media ular tangga SEBETA yaitu kevalidan dilihat berdasarkan validasi ahli media memperoleh presentase skor 82,69% pada kategori 81%-100%, sehingga sangat baik atau tidak revisi/valid. Sedangkan untuk validasi perangkat pembelajaran memperoleh presentase skor 80% dan 75% untuk presntase materi, pada kategori validitas 61%-80%, sehingga validitas baik atau tidak revisi/valid. Media ular tangga SEBETA dinyatakan praktis melalui respon guru dengan presentase skor 94% dan respon peserta didik sebesar 95,5% pada kategori kepraktisan 81%-100%, sehingga praktis sangat baik atau tidak revisi/praktis. Hasil keefektifan penggunaan media melalui uji coba postest dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik menggunakan media ular tangga adalah 100% sehingga berada pada rentang 90%≤NR≤100% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa media ular tangga SEBETA yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.
PENGARUH KONSELING GESTALT TERHADAP TANGGUNG JAWAB KELUARGA PADA SISWA KELAS VIII MTs HAQQUL YAQIN NW SAYANG-SAYANG Nuzulia Rohmawati; Farida Herna Astuti; M Najamuddin
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 4 (2022): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i4.117

Abstract

Siswa SMP memasuki usia remaja yang belum sepenuhnya mampu untuk diajak berpikir lebih lanjut menggunakan logika dalam penyelesaian masalah. Layanan konseling kelompok dengan pendekatan konseling Gestalt terdapat stimulus yang membentuk tanggung jawab keluarga pada siswa yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling Gestalt terhadap tanggung jawab keluarga pada siswa kelas VIII MTs Haqqul Yaqin NW Sayang-Sayang Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data seperti metode angket, dokumentasi, observasi sebagai metode pokok, dan wawancara sebagai metode pelengkap. Sedangkan analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian diperoleh perhitungan dengan rumus t-tes yaitu sebesar 0,0619. Kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db= 15 sehingga diperoleh nilai ttabelsebesar 2145. Dan disimpulkan bahwa thitung= 0,0619 > t-tabel= 2145 Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan hasil penelitian yaitu ada pengaruh konseling Gestalt terhadap tanggung jawab keluarga pada siswa kelas VIII MTs Haqqul Yaqin NW Sayang-Sayang.
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE INDESIGN TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS XI DI MA AL-WUSTHO Muh Husein Baysha; Hadi Gunawan Sakti; Edi Muhammad
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 4 (2022): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i4.118

Abstract

Pembelajaran di MA AL-Wustho Lombok Timur masih rendah di karenakan penjelasan masih bersifat konvensional sehingga mengakibatkan siswa kurang memperhatikan pelajaran yang di sampaikan. Salah satu langkah agar guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif, menyenangkan dan menarik minat siswa dengan memilih dan mengembangkan media Adobe Indesign. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran adobe indesign terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI di MA AL-Wustho Kabupaten Lombok Timur. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus chi kuadrat. Hasil penelitian berdasarkan analisis data diperoleh nilai sebesar 7,840 dan nilai pada taraf signifikan 5% dengan dk (fh-1) = 2-1=1 lebih besar dari pada nilai pada tabel (7,840 > 7,815), berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dimana dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas media pembelajaran adobe indesign terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI di MA AL-Wustho Kabupaten Lombok Timur, bahwa hasil penelitian adalah “signifikan”.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMK DARUL QUR’AN BENGKEL Endah Resnandari Puji Astuti; Wiwien Kurniawati; Maria Imakulata Ina
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 4 (2022): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i4.119

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya minat belajar siswa Kelas X di SMK Darul Qur’an Bengkel. Hal ini itu terbukti dengan masih banyaknya peserta didik yang belum mencapai standar KKM, nilai tersebut merupakan hasil tes minat belajar siswa yang diberikan oleh guru kepada peserta didik. Hal tersebut terjadi dikarenakan masih banyaknya guru yang menggunakan metode konvensional dan kurang tepatnya dalam menggunakan strategi pembelajaran sehingga mengakibatkan menurunnya minat belajar peserta didik. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point, yaitu dimana dalam proses pembelajaran siswa dituntut dapat mengungkapkan ide maupun pendapat di depan siswa lain, dan lebih aktif dan kritis dalam memecahkan permasalahan, sehingga dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Point Counter Point Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X di SMK Darul Qur’an Bengkel. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel yang digunakan secara acak atau di sebut random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chi Square. Hasil analisis diperoleh nilai x^2-hitung sebesar 11,110 dan nilai x^2-tabel pada taraf Signifikansi 5% dengan db=(C-1) x (R-1) = (5-1=4) x (2-1=1) = 4 lebih besar dari pada nilai x^2- pada tabel (11,110 > 9,488), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi, ada pengaruh strategi pembelajaran point counter point terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas X Di SMK Darul Qur’an Bengkel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.
PENGARUH MEDIA VIDEO TUTORIAL BERBASIS CAMTASIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI MTs AL-MAHSUN KHIDIR Restu Wibawa; Farida Fitriani; Pangguh Wahyunan
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 4 (2022): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i4.120

Abstract

Permasalahan terjadi di MTs Al-Mahsun Khidir NW Dasan Tapen Gerung Kabupaten Lombok Barat, dimana penggunaan media masih bersifat konvensional seperti buku paket atau LKS sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM. Pada proses pembelajaran dimana hasil belajar siswa belum dikatakan optimal, hal ini disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga proses belajar mengajar terlalu monoton dan kurang menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media video tutorial berbasis camtasia terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA terpadu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Al-Mahsun Khidir yang berjumlah 15 orang. Metode untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi populasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes sebagai metode utama dan metode dokumentasi merupakan metode pendukung. Tekni analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 8, 880 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan N=15-1=14 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (8,880 > 2,145), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu ada pengaruh media video tutorial berbasis camtasia terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA terpadu di MTs Al-Mahsun Khidir, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.

Page 1 of 1 | Total Record : 5