cover
Contact Name
Hengki Satrianta
Contact Email
hengkibk12@gmail.com
Phone
+6287875394320
Journal Mail Official
hengkibk12@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No.58C Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Telp. (021) 78835283-7818718. Fax. (021) 78835283 Jl. Raya Tengah No. 80 Kel. Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa
ISSN : 27988643     EISSN : 27988686     DOI : 10.30998
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI bekerja sama dengan Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI. ISSN: 2798-8643 (print) ISSN: 2798-8686 (online). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana publikasi artikel original terkait hasil penelitian (diutamakan), pengembangan teori, aplikasi program. dan kajian literatur yang ditulis oleh mahasiswa. Ruang lingkup jurnal yakni bimbingan dan konseling, psikologi, dan pendidikan. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, P-ISSN: 2798-8643 E-ISSN: 2798-8686. Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana publikasi artikel original terkait hasil penelitian (diutamakan), pengembangan teori, aplikasi program. dan kajian literatur yang ditulis oleh mahasiswa. Ruang lingkup jurnal yakni bimbingan dan konseling (bimbingan kelompok, konseling kelompok, konseling sekolah, konseling karir, manajemen dan program konseling, pengembangan instrumen psikologi, evaluasi dalam konseling, konseling multikultural, kesehatan mental, teknologi informasi dalam konseling, konseling spiritual, dan inovasi dalam konseling); psikologi (psikologi pendidikan dan psikologi terapan); dan bidang pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 74 Documents
Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Terisolir Erika Putri Martono; Solihatun Solihatun; Wahyu Eka Prasetyaningtyas
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.587 KB) | DOI: 10.30998/ocim.v1i2.5262

Abstract

Keterampilan sosial merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan interaksi dengan orang lain guna membangun hubungan yang baik, tanpa adanya keterampilan sosial dalam diri seseorang maka akan timbul permasalahan seperti halnya tiak memiliki kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara keterampilan sosial dengan kepercayaan diri siswa terisolir. Metode penelitian menggunakan kuantitatif analisa korelasional. Sampel yang diambil berjumlah 19 siswa terisolir kelas VIII dari keseluruhan populasi 123 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiometri, kusioner. Teknik analisa data mengunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh keterampilan sosial dengan kepercayaan diri siswa terisolir. Memiliki besar nilai 12.789, dengan nilai signiikansi sebesar 0,002 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh antara keterampilan sosial dengan kepercayaan diri siswa terisolir.
Layanan orientasi untuk meningkatkan pemahaman kesiapan kehidupan berkeluarga Dina Anggara; Devi Ratnasari; Tanti Ardianti
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.226 KB) | DOI: 10.30998/ocim.v1i1.4569

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha guru Bimbingan dan Konseling menggunakan layanan orientasi untuk meningkatkan pemahaman kesiapan kehidupan berkeluarga di SMK PGRI 16 Jakarta. Data penelitian ini bersumber dari guru Bimbingan dan Konseling, tiga orang siswa dan wali kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Bimbingan dan Konseling kurang antusias dalam memberikan layanan orientasi terkait materi pemahaman kesiapan kehidupan berkeluarga. Berdasarkan penuturan siswa layanan orientasi terkait materi pemahaman kesiapan kehidupan berkeluarga sangat penting untuk kehidupan masa depan siswa agar lebih waspada dalam mempersiapkan kehidupan berkeluarga.
Mengatasi perilaku kecanduan game online melalui layanan bimbingan kelompok Dewi Trisnowati; Anna Rufaidah; Nina Mardiana
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.556 KB) | DOI: 10.30998/ocim.v1i1.4581

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok melalui media whatsapp dalam mencegah perilaku kecanduan game online siswa SMK Teladan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitaif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan the one grup pretest-posttest design. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Teladan berjumlah 10 orang dengan menggunakan non probability sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert yang ditujukan kepada siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan uji statistik deskriptif dan uji hipotesis deskriptif. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji wilcoxon signed rank yang diolah menggunakan SPSS 20 for window.
Profil minat belajar siswa dalam pembelajaran daring Indah Rosyidah Sodik; Anna Rufaidah; Susiati Susiati
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.373 KB) | DOI: 10.30998/ocim.v1i2.6056

Abstract

The aimed of this study was to determine the profile of students' interest in learning in online learning during the pandemic and its implications for guidance and counseling services at SMA Islam As-Syafi'iyah 01. The approach used in this study was a descriptive quantitative approach. The research sample used the purposive sampling technique, which was 105 students of class XI SMA Islam As-Syafi'iyah. This research was conducted by distributing an instrument in the form of a learning interest questionnaire in online learning. Analysis of research data using descriptive statistics. The results of the study regarding the profile of learning interest indicate that interest in learning in online learning at SMA Islam As-Syafi'iyah is in the Medium category, which is 84%
Pengaruh layanan penguasaan konten terhadap self-acceptance siswa Annisa Ulil Azmi; Cindy Marisa; Burhanudin Burhanudin
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.085 KB) | DOI: 10.30998/ocim.v1i1.4575

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui efektivitas atau pengaruh layanan penguasaan konten terhadap self-acceptance (penerimaan diri) siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa, dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala. Data dianalisis dengan paired sample t test. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya pengaruh layanan penguasaan konten terhadap self-acceptance siswa.
Pengaruh pembelajaran daring dalam mengatasi kesulitan belajar siswa Sifa Fauziah; Miskanik Miskanik; Veno Dwi Krisnanda
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.571 KB) | DOI: 10.30998/ocim.v1i2.5730

Abstract

tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa dengan menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket pembelajaran daring dan kesulitan belajar sebanyak 32 butir angket dengan menggunakan model skala Likert. Hasil analisis data perhitungan menggunakan SPSS peneliti mendapatkan nilai korelasi sebesar 0,409 dan diperoleh koefisien sebesar 0,167  yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel pembelajaran daring dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Islam As-Syafi’iyah 01 Jakarta adalah sebesar 16,7% atau dapat dikatakan berpengaruh antara pembelajaran daring dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian ini berguna untuk sekolah dalam melakukan pembelajaran daring agar lebih efektif guna membantu mengembangkan  potensi dan  mengentaskan permasalahan siswa.
Profil disiplin belajar serta implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling siswa sekolah menengah atas Desy Wulandari; Solihatun Solihatun; Maria Oktasari
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.662 KB) | DOI: 10.30998/ocim.v1i1.4570

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil disiplin belajar serta implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini sebesar 70 siswa ditarik dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket. Data dikumpulkan melalui skala disiplin belajar siswa. Data diolah dengan menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian ini adalah a) kategori sangat tinggi sebanyak 14 siswa dengan persentase 20% , b) kategori tinggi sebanyak 43 siswa dengan persentase 61.4 %., dan c) kategori sedang sebanyak 13 siswa dengan persentase 18,5%.
Hubungan Tingkat Stres Orangtua Terhadap Emosional Anak Pada Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19 di MTS. Ar-Rahman Ciracas Della Novita Sari; Christine Masada Hirashita Tobing; Sara Sahrazad
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.908 KB) | DOI: 10.30998/ocim.v1i2.4708

Abstract

Hampir 2 tahun siswa belajar dari rumah akibat pandemi covid-19. Dengan rentang waktu tersebut dapat dilihat di lapangan bahwa tidak sedikit kesabaran orangtua diuji dalam mendampingi anak belajar online. Dengan tingkat emosional anak yang juga masih labil di usia remaja maka dikhawatirkan jika orangtua tidak bisa mengendalikan stres dan emosinya akan berdampak pada emosional anak pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara stres yang dialami orangtua terhadap emosional anak di MTs. Ar-Rahman Ciracas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi dan survei. Sampel yang diambil sejumlah 44 siswa kelas VIII dari jumlah keseluruhan populasi 204 orang di MTs. Ar-Rahman Ciracas. Pengumpulan data melalui penyebaran angket, wawancara, observasi, dokumentasi, serta analisa data menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tingkat stres orangtua terhadap emosional anak pada pembelajaran online masa pandemi covid-19 di MTs. Ar-Rahman Ciracas dengan koefisien korelasi sebesar 0,458.
Analisis pelaksanaan layanan konseling pranikah dalam meminimalisir perceraian di Kantor Urusan Agama Kambu Kota Kendari Heti Juningsih; Khairunnisa Syamsu
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.535 KB) | DOI: 10.30998/ocim.v1i2.6057

Abstract

This study aims to determine the pre-marital counseling guidance service (to minimizing divorce in KUA Kambu District, Kendari City. This study will analyze the role of religious instructors in minimizing divorce in KUA Kambu District, counseling guidance strategies in minimizing divorce in Kambu District KUA, and the constraints). the obstacles faced in carrying out premarital counseling guidance to avoid divorce at KUA District Kambu. This research is a descriptive qualitative approach. Data collected by in-depth interviews with resource persons, documentation studies, and direct observations related to the implementation of family counseling at the KUA Kambu District, Kendari City. as in KUA Kambu District, Kendari City.
Optimalisasi hasil belajar siswa melalui remedial teaching Rizky Diana Shafitra; Dian Renata; Dewi Purwaningsih
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.69 KB) | DOI: 10.30998/ocim.v1i1.4576

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sumbangsih remedial teaching untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan catatan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari wali kelas, guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran, dan tiga orang siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah remedial teaching mampu mengoptimalkan hasil belajar.