cover
Contact Name
Yosef Abdul Ghani
Contact Email
jsm@ars.ac.id
Phone
+6287739022302
Journal Mail Official
jsm@ars.ac.id
Editorial Address
Jl. Sekolah Internasional 1-2
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sains Manajemen
ISSN : -     EISSN : 26856972     DOI : https://doi.org/10.51977/jsm
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Sain Manajemen merupakan Jurnal yang bertujuan untuk mewadahi semua informasi hasil penelitian, telaah pustaka, makalah teknis, dan kajian buku, dari berbagai cabang Ekonomi dan Manajemen. Diharapkan dengan adanya wadah penerbitan ini dapat berkontribusi dalam penyampaian informasi ilmiah yang merupakan mata rantai proses kegiatan ilmiah. Artikel Jurnal Sain Manajemen ini belum pernah diterbitkan sebelumnya. Artikel Terbit secara berkala di Bulan Agustus dan Bulan Februari setiap Tahunnya.
Articles 54 Documents
Harapan, Kepuasan dan Loyalitas Tamu Menginap di Hotel Berbintang Kota Bandung Hamzah, Faizal
Jurnal Sain Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sain Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/sainsm.v1i1.77

Abstract

Industri pariwisata Indonesia pada tahun 2017 berada di posisi kedua setelah industri kelapa sawit sebagai penyumbang devisa sebesar US$ 16,8 miliar. Provinsi Jawa Barat merupakan daerah tujuan wisata dunia setelah provinsi Bali di Indonesia. Provinsi Jawa Barat lebih memfokuskan kepada ibukota provinsinya yang menjadi daerah terfavorit sebagai tujuan wisatawan lokal dan mancanegera yaitu kota Bandung. Banyaknya wisatawan yang datang tentunya perlu diimbangi dengan penyediaan hotel, dengan meningkatnya kebutuhan akan hotel berbintang di kota Bandung, hal ini juga berpengaruh terhadap persaingan industri hotel berbintang. Tahun 2017 tidak terjadi peningkatan jumlah hotel berbintang, yang terjadi adalah penurunan jumlah hotel non bintang yang disebabkan banyaknya hotel non bintang beralih fungsi menjadi kos-kosan. Maju mundurnya suatu hotel ditentukan oleh tamu. Strategi mempertahankan tamu yang loyal dapat dimulai dari memenuhi harapan tamu dan menciptakan kepuasan tamu. Teknik penelitian yang digunakan adalah deskriptif-verifikatif. Teknik pengambilan sampel non-probability dengan metode insidental sampling, jumlah sampel sebanyak 150 responden yang pernah menginap di hotel berbintang kota Bandung. Hasil penelitian deskriptif menunjukan bahwa tanggapan responden terhadap variabel harapan, kepuasan dan loyalitas tamu menginap di hotel berbintang kota Bandung termasuk kedalam kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian verifikatif menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan dari setiap variabel harapan terhadap variabel kepuasan dan loyalitas, serta variabel kepuasan terhadap loyalitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, harapan melalui dimensi yang digunakan adalah reliability, responsiveness, assurance, facilities dan employees, mempunyai pengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas tamu.
Marketing Public Relations Terhadap Kepuasan Pelanggan Rohaeni, Heni; Pitaloka, Intan; Yuliana, Wulan
Jurnal Sain Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sain Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/sainsm.v1i1.80

Abstract

Sanjayatama Lestari Bandung merasa perlu mempertahankan dan meningkatkan strategi baru guna menjaga pelanggannya 2ntuk membeli produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Marketing Public Relations terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sanjayatama Lestari Bandung. Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 pelanggan. Hasil pengujian hipotesis satu dan dua menunjukkan bahwa Marketing Public Relations pada PT. Sanjayatama Lestari Bandung tinggi. Kepuasan Pelanggan pada PT. Sanjayatama Lestari Bandung Baik. Pengujian hipotesis tiga menunjukkan bahwa. Marketing Public Relations berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Dampak Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Ditinjau Dari Kepemimpinan Sandini, Dwi
Jurnal Sain Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sain Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/sainsm.v1i1.81

Abstract

Salah satu cara untuk mencapai tujuan perusahaan adalah dengan adanya kepemimpinan yang baik yang akan berdampak pada kepuasan kerja karyawan yang akan meningkatkan kinerja karyawan yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan kinerja perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran, pengaruh, hubungan, dan tingkat kesesuaian yang terdapat antara kepemimpinan, kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sample yang digunakan sebanyak 100 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif, sedangkan instrumen statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dan korelasi berganda.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa antara kepemimpinan, kepuasan kerja dan kinerja karyawan berada dalam kategori rendah. Dengan kata lain berdasarkan hasil penelitian tersebut akan jauh lebih baik jika lebih memproritaskan pada indikator perhatian terhadap detail, orientasi hasil, orientasi tim, keagresifan serta hubungan rekan kerja.
Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Behaviour Pada Produk Sophie Paris Serliani, Astri; Nurdin, Sahidillah; Sri Rahayu, yayu
Jurnal Sain Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sain Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/sainsm.v1i1.82

Abstract

Masyarakat Indonesia, terutama wanita senang memperhatikan penampilan yang mereka gunakan. Perilaku masyarakat Indonesia yang mudah menyerap perubahan tren, menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis fashion, Dewasa ini, kegiatan berbelanja bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, melainkan sebagai gaya hidup dan aktifitas untuk menghabiskan waktu luang, bahkan juga dapat menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan psikologis dan untuk bersenang-senang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada produk Sophie Paris BC Yuna Kota Bandung. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria masyarakat kota bandung yang yang datang dan melakukan pembelian secara tidak terencana pada Shophie Paris BC Yuna Kota Bandung. dengan jumlah responden yang ditetapkan adalah 96 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, secara parsial fashion involvement berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, dan variabel shopping lifestyle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap impulse buying. Dari Hasil uji simultan bahwa variabel fashion involvement dan shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying.
Peran Pelatihan Guna Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Karir: Theoretical Review Fatimah Maulyan, Feti
Jurnal Sain Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sain Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/sainsm.v1i1.83

Abstract

Pelatihan bagi pegawai merupakan suatu kegiatan atau usaha yang mempunyai maksud agar pegawai dapat memperbaiki dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, keahlian serta sikap pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya. Pelatihan dilaksanakan setelah terjadi penerimaan pegawai baru atau pegawai lama yang masih membutuhkan pendidikan dan pelatihan kembali. Dalam pelaksanaannya pelatihan merupakan sebuah proses pengembangan jangka pendek dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir yang dibuat untuk memperbaiki kinerja sehingga dapat membuka peluang untuk peningkatan karir. Seorang pegawai haruslah memiliki keterampilan dan pengetahuan. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah melalui pelaksanaan program pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM agar sesuai dengan keinginan yang pada akhirnya akan mampu mendapatkan apa yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian teori dari penelitian – penelitain sebelumnya. Hasil kajian ditemukan upaya bahwa pelatihan dapat memperbaiki kualitas SDM dan pengembangan karir. Berdasarkan uraian diatas, maka dalam penelitian ini penulis akan membahas bagaimana peranan pelatihan guna memeperbaiki kualitas SDM dan memberikan peluang untuk pengembangan karir pegawai.
Dampak Jumlah Wisatawan, Jumlah Hotel, dan PDRB Terhadap Penerimaan Pajak Hotel Fikri Nur Afrizal, Muhammad; Martian Fajar, Catur; Komalasari, Yunika
Jurnal Sain Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sain Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/sainsm.v1i1.84

Abstract

Pajak daerah merupakan salah satu pendapatan asli daerah yang berguna untuk membiayai segala bentuk kegiatan pemerintah daerah, salah satu bagian dari pajak daerah adalah pajak hotel. Pajak hotel merupakan salah satu pajak yang berhubungan dengan sektor pariwisata, maka faktor seperti jumlah wisatawan, jumlah hotel, dan PDRB dapat mempengaruhi penerimaan pajak hotel.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah wisatawan, jumlah hotel, dan PDRB terhadap penerimaan pajak hotel di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan tipe penelitian deskriptif verifikatif melalui pendekatan kuantitatif. Data penelitian terdiri dari laporan target dan realisasi pajak hotel tahun 2011-2017, data jumlah wisatawan tahun 2011-2017, data jumlah hotel tahun 2011-2017, dan PDRB atas dasar harga konstan 2010 pada tahun 2011-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah wisatawan tidak berpengaruh terhadap penerimaan pajak hotel, jumlah hotel tidak berpengaruh terhadap penerimaan pajak hotel, PDRB berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan pajak hotel, dan secara simultan jumlah wisatawan, jumlah hotel, dan PDRB berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak hotel.
Pengaruh Gaya Hidup, Motivasi dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Media Cetak Harian Umum Galamedia Bandung Krisbianto, Sukatno
Jurnal Sain Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sain Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/sainsm.v1i1.85

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Hidup, Motivasi dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Media Cetak Harian Umum Galamedia Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan verikatif. Penelitian ini dilakukan pada pelangga produk Koran Harian Umum Galamedia Bandung dengan jumlah sampel yang berjumlah 250 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah análisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya hidup, motivasi, persepsi konsumen, keputusan pembelian, loyalitas pelanggan media cetak Harian Umum Galamedia Bandung sudah baik. Gaya hidup, motivasi dan persepsi konsumen berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Pembelian media cetak Harian Umum Galamedia Bandung. Keputusan Pembelian berpengaruh signifikan baik terhadap Loyalitas Pelanggan media cetak Harian Umum Galamedia Bandung. Hal ini penting bagi perusahaan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan. Oleh karena itu media cetak Harian Umum Galamedia Bandung harus menjaga dan meningkatkan kualitas gaya hidup, motivasi dan persepsi konsumen. Dengan demikian Keputusan Pembelian dan Loyalitas Pelanggan menjadi terus meningkat.
Model Niat Kunjungan Kembali di Industri Restoran Kumar, Suresh; Suriana, Yuyus; Sari, Diana; Hasan, Meydia
Jurnal Sain Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sain Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/sainsm.v1i1.93

Abstract

Saat ini industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki peran penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan kontribusi yang sangat besar dalam produk domestic bruto. Pertumbuhan restoran juga sangat menjanjikan dalam meningkatkan perekonomian negara, khususnya dalam penyerapan tenaga kerja. Meskipun demikian, pertumbuhan yang pesat untuk industi makanan tidak menjamin tidak jatuhnya korban. banyak dijumpai restoran gulung tikar akibar ekspansi restoran lokal dan luar negeri yang banyak diakibatkan oleh kesalahan tata kelola khususnya pelayanan yang diberikan dan juga kualitas makanan yang kalah dari restoran lokal yang baru buka maupun yang datang dari luar negeri. Sehingga, tujuan dari makalah penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, dan Kualitas Bukti Fisik terhadap Kepuasan Pelanggan dan Pengaruhnya terhadap Niat Mengunjungi Kembali. Metode kuantitatif dengan pendekatan pemodelan persamaan struktural untuk menguji hipotesis dipilih dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, dan Kualitas Bukti Fisik memiliki korelasi terhadap Kepuasan Pelanggan. Meskipun demikian hanya Kualitas Makanan dan Kualitas Layanan secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Di samping itu, kepuasan pelanggan bukan saja memiliki korelasi yang tinggi tetapi juga secara signifikan mempengaruhi niat mengunjungi kembali. Kebaruan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah konstruk kualitas layanan dan makanan di desain dari beberapa penelitian sehingga lebih lengkap ketimbang lainnya. Di samping itu juga hasil yang diperoleh berbeda dimana dipenelitian terdahulu kualitas bukti fisik sebagai faktor penentu kepuasan pelanggan sedangkan dalam penelitian ini kualitas makanan dan pelayanan yang menjadi faktor penentu kepuasan pelanggan.
Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Melalui Citra Perusahaan dan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Jasa Umroh PT Indojava Mulia Wisata Elpansyah, Cepi; Nurdin, Sahidillah; Sri Rahayu, Yayu
Jurnal Sain Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sain Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/sainsm.v1i1.94

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir ini terjadi banyak kasus penipuan yang dilakukan oleh jasa travel terlebih pada jasa travel umroh, adanya masalah tersebut diamati mengakibatkan menurunnya minat konsumen untuk menggunakan jasa umroh dengan berbagai aspek salah satunya adalah menurunnya tigkat kepercayaan masyarakat terhadap penyedia jasa travel umroh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat beli konsumen dengan variabel kepercayaan dan citra perusahaan sebagai variabel intervening pada PT Indojava Mulia Wisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 90 responden yang kemudian disebar menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah dengan alat bantu statistik menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan Citra Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli pada jasa umroh PT Indojava Mulia Wisata, Kepercayaan berpengaruh terhadap Minat Beli pada jasa umroh PT Indojava Mulia Wisata, Word of mouth berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli melalui Citra perusahaan pada jasa umroh PT Indojava Mulia Wisata, Word of mouth berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli melalui Kepercayaan pada jasa umroh PT Indojava Mulia Wisata, sedangkan Word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat beli konsumen pada jasa umroh PT Indojava Mulia Wisata.
Pentingnya Kualitas Website Dalam Meningkatkan Perilaku Pembelian Konsumen Secara Online Widianingrum, Enggar; Purnama Alamsyah, Doni
Jurnal Sain Manajemen Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sain Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/sainsm.v1i1.96

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website terhadap EWOM dan Online Impuls Buying pada mahasiswa di provinsi DKI Jakarta. Jenis penelitian asosiatif dengan jumlah responden 100 orang. Teknik pengambilan sampel adalah metode purposive sampling. Structural Equation Model (SEM) digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan model yang diusulkan, kualitas website ditemukan berpengaruh signifikan dan positif terhadap EWOM dan Online Impuls Buying pada mahasiswa. Adapun kebaruan pada penelitian ini, Online Impuls Buying pada mahasiswa saat mengunjungi e-commerce sangat dipengaruhi oleh kualitas website dan kualitas website mempengaruhi mereka melakukan EWOM.