cover
Contact Name
Piki Setri Pernantah, S.Pd., M.Pd
Contact Email
piki.setri@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6282384078345
Journal Mail Official
jp@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau Kampus Bina Widya, Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Panam Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
Published by Universitas Riau
ISSN : 20864779     EISSN : 27158209     DOI : -
Core Subject : Education,
JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah publikasi bagi akademisi, praktisi dan peneliti dari berbagai PT Negeri, LPTK dan IAI/STAI Negeri dan PT Swasta seluruh Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2016)" : 8 Documents clear
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING SCHOOLOGY SMAN 8 PEKANBARU RIAU Asnita Wati
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.604 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.1.52-60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelasXII SMAN 8 selama bencana kabut asap Riau dengan menerapkan pembelajaran E-learning Schoology.Dari hasil penelitian PTK didapatkan hasil, dari tiga submotivasi yang ada, submotivasi minat memperolehangka yang lebih rendah yaitu 3.98 dibandingkan submotivasi persepsi (4.14) dan kebermanfaatan(4.16).selanjutnya untuk hasil belajar pada siklus 1 diperoleh rerata ulangan harian sebesar 8.45 (tuntas),dan siklus kedua sebesar 8.80 (tuntas). Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajarane-learning schoology dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XII SMAN 8selama musim bencana kabut asap di Riau. Diharapkan bagi guru-guru biologi dan mata pelajarannyalainnya di SMA dapat menerapkan e-learning schoology dan melakukan penelitian lebih lanjut tidakhanya pada musim bencana kabut asap, tetapi juga dapat diterapkan pada pembelajaran biasa yangberbasis teknologi.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI EKONOMI MAKRO LANJUTAN MELALUI PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING Henny Indrawati
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.88 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.1.17-27

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa melalui penerapan ProjectBased Learning pada mata kuliah Teori Ekonomi Makro Lanjutan. Penelitian dilaksanakan di FKIPUniversitas Riau Jurusan Pendidikan IPS Program Studi Pendidikan Ekonomi. Subjek penelitian adalahmahasiswa semester 5 konsentrasi Koperasi Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riauyang mengikuti mata kuliah Teori Ekonomi Makro Lanjutan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Keseluruhan mahasiswa berjumlah 28 orang, yang terdiri 18 (64 persen) mahasiswa perempuandan 10 (36 persen) mahasiswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Masing-masingsiklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menemukan bahwadengan menerapkan model PjBL dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Teori Ekonomi MakroLanjutan, dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dengan meningkatnya motivasi belajarmahasiswa, menyebabkan daya serap mahasiswa terhadap materi pembelajaran juga meningkat. Ada 21orang mahasiswa (71 persen) yang memiliki motivasi tinggi dan sangat tinggi, serta 23 orang mahasiswa(82 persen) yang memperoleh nilai lebih dari 70. Artinya target penelitian telah tercapai, sehingga modelpembelajaran PjBL dikatakan berhasil meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
KAJIAN KOTA RAMAH LANSIA DI KOTA BEKASI Safuri Musa
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.296 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.1.61-70

Abstract

Pendidikan nonformal, lanjut usia (lansia) merupakan salah satu sasaran didik dalamrangka mewujudkan pendidikan sepanjang hayat. Dewasa ini kajian tentang lansia makin pentingdilakukan oleh karena pertumbuhan penduduk lansia di seluruh dunia berjalan sangat cepat dibandingkandengan kelompok usia lainnya, hal ini selaras dengan meningkatnya usia harapan hidup.Dengan semakinmeningkatnya jumlah lansia, maka dibutuhkan lingkungan hidup yang memadai dan mensejahterakanlansia, yaitu sebuah kota yang ramah bagi lansia.Berdasarkan temuan lapangan tentang kondisi obyektifKota Bekasi yang diukur berdasarkan Delapan Indikator Kota Ramah Lansia menurut WHO diperolehdata sebagai berikut: (1) Indikator Kota Ramah Lansia yang harus memperoleh perhatian penting dariPemda Kota Bekasi adalah berkenaan dengan: keterlibatan lansia untuk berpartisipasi dalam pekerjaanyang sesuai dengan usianya dan mengisi waktu luang, perumahan, ruang terbuka dan bangunan, dantransportasi, (2) Indikator Kota Ramah Lansia yang cukup baik di Kota Bekasi adalah: komunikasidan informasi, pelayanan kesehatan dan partisipasi sosial. Kesimpulan kajian ini adalah denganmencermati kondisi sosial, budaya, politik, agama dan potensi yang ada serta seiring dengan kemajuanperkembangan industri, teknologi dan komunikasi, maka model Kota Ramah Lansia yang tepatdikembangkan di Kota Bekasi adalah holistik dan integratif yang partisipatif-kolaboratif. Rekomendasiterhadap hasil kajian, agar Pemerintah daerah dalam implementasinyamelibatkan berbagai pihak, baikpemerintah, swasta, masyarakat dan para lansia untuk mengambil perannya masing-masing yangmencakup Delapan Indikator Kota Ramah Lansia.
SIKAP BAHASA DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMA 1 BANTAN BENGKALIS Jismulatif '
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.354 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.1.28-35

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap bahasa dan motivasi siswa SMA 1Bantan Bengkalis terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Populasi penelitian ini berjumlah 53 siswaSMA 1 Bantan Bengkalis.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatankualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap bahasa siswa pada komponenkognitif berada pada kategoritinggi (88,7%), affektif berada pada kategori tinggi (77,4%), dan konatifberada pada kategori rendah (96,2%). Pada aspek motivasi komponen ekstrinsik (64,2%), dan Intrinsik(64,2%), terlihat siswa mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar bahasa Inggris.
PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH DASAR-DASAR AKUNTANSI II PADA POKOK BAHASAN ASET TETAP Fenny Trisnawati
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.982 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.1.36-43

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkanpembelajaran model problem posing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yangdilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus sebanyak satu pertemuan. Objek penelitian iniadalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi yang mengambil mata kuliah Dasar-dasarAkuntansi II tahun ajaran 2013/2014. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini berjumlah 36 orang,namun dalam pelaksanaannya hanya 33 orang yang ikut serta selama tatap muka untuk dua siklus yangdilaksanakan. Sumber data penelitian berasal dari mahasiswa. Pada siklus I, mahasiswa yang mengalamiketuntasan dalam hasil belajar hanya sebanyak 75,76%. Pada siklus II, hasil belajar sudah mengalamipeningkatan, sehingga semua mahasiswa sudah mengalami ketuntasan dalam hasil belajar atau sebanyak100%. Peningkatan ini disebabkan karena mahasiswa sudah semakin paham dan mereka lebih aktifberdiskusi dalam kelompoknya untuk memecahkan masalah. Berdasarkan hasil penerapan pembelajaranmodel problem posing dapat disimpulkan bahwa model ini dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswakhususnya pada pokok bahasan aset tetap.
IMPLEMENTASI AUDIT INTERNAL STANDAR PROSES PENDIDIKAN PADA SEKOLAH UNGGULAN DI KOTA PEKANBARU Caska '
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.951 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.1.1-7

Abstract

Fokus utama penelitian yaitu implementasi audit internal pada standar proses pendidikan.Tujuan penelitian untuk mengetahui peta mutu pendidikan di Sekolah. Metode yang digunakan adalahmetode deskriptif. Penelitian ini merupakan studi kasus pada Sekolah Menengah Atas (SMA) PlusKota Pekanbaru. Hasil Penelitian: (1) Rata-rata kondisi perencanaan pengembangan silabus sebesar71,4. (2) Rata-rata kondisi perencanaan pelaksanaan pembelajaran sebesar 71,4. (3) Rata-rata kondisiprinsip-prinsip penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran sebesar 72,7. (4) Rata-rata kondisipersyaratan proses pembelajaran sebesar 97,5. (5) Rata-rata kondisi pelaksanaan pembelajaran sebesar80. (6) Rata-rata kondisi pemantauan sebesar 80. (7) Rata-rata kondisi supervisi sebesar 73,3. (8)Rata-rata kondisi evaluasi sebesar 73,3. (9) Rata-rata kondisi pelaporan sebesar 70. (1) Rata-ratatindak lanjut sebesar 70.Kata Kunci: peta mutu pendidikan, standar proses
PENGARUH PODCAST TERHADAP PEMAHAMAN MENDENGARKAN DARI MAHASISWA SEMESTER DUA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS ISLAM RIAU Syofianis Ismail; Marhamahand Lola Oktasari
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.602 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.1.44-51

Abstract

Podcasting adalah multimedia yang menyediakan banyak bahan otentik untukmendengarkan dan dapat didownload di internet secara bebas. Podcasting saat ini menjadi alternatifcara belajar mendengarkan yang dapatmemberikanefekpositifterhadappemahamansiswadalammendengar. Menggunakan podcast sebagai media pembelajaran membuka kesempatan barudalam konteks pembelajaran bahasa. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Bahasa Inggris DiUniversitas Islam Riau Pekanbaru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak daripenggunaan podcast terhadap kemampuan mendengar siswa pada matakuliah listening . Sampelpenelitian ini terdiri dari 31 siswa yang diambil secara purposive random sampling dari mahasiswasemester kedua. Instrumen penelitian ini adalah tes pendengaran dengan menggunakan TOEFL IBT.Dalam penelitian ini, tes terdiri dari enamtopik dengan 30 item pertanyaan. Efektivitas podcast dapatdilihat dalam peningkatan pemahaman pendengaran siswa dengan membandingkan nilai rata-rata pretestdan post-test. Setelah menganalisis pengujian, penulis menemukan bahwa skor rata-rata post-testlebih besar dari pre-test (36,38untuk post-test dan 27,80 untuk pre-test) secara signifikan pada tingkat1%. Oleh karena itu, hipotesis null ditolak dan hipotesisal ternatif diterima. Artinya, podcast dapatmemberikan efek positif pada pemahaman pendengaran siswa.
MATERI DAN MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS RIAU Hadriana '
Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.621 KB) | DOI: 10.31258/jp.7.1.8-16

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang sebaiknyadigunakan dosen dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa dan untukmenghasilkan sebuah modul yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara BahasaInggris mahasiswa FKIP Universitas Riau. Penelitian ini dilaksanakan di FKIP Universitas Riau padasemester ganjil 2015-2016 Instrumen yang digunakanuntuk menemukan model pembelajaran yangsebaiknya digunakan dosen adalah angket dan wawancara semi-terstruktur. Penyusunan modul inimerujuk kepada model pengembangan Dick & Carey. Penyusunan modul ini juga melibatkan 3 orangpakar pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggeris (TEFL) dan pakar linguistik, 10 orang dosen dan40 orang mahasiswa untuk memberikan penilaian terhadap kelayakannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8