cover
Contact Name
Damianus D. Samo
Contact Email
damianus.damo@staf.undana.ac.id
Phone
+6285239272877
Journal Mail Official
editorial.haumeni@undana.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Jl. Adisucipto Penfui Kupang, NTT
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Haumeni Journal of Education
ISSN : -     EISSN : 27981991     DOI : -
Core Subject : Education,
Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, evaluasi pembelajaran, pengembangan profesionalisme guru, studi kasus, studi teoritik, review artikel bidang pendidikan serta topik pendidikan lainnya dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, penelitian kualitatif dll. Haumeni Journal of Education akan terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021" : 19 Documents clear
Analisis Kebutuhan Pengetahuan Lokal untuk Pengembangan Buku Referensi Mata Kuliah Keanekaragaman Hayati dan Konservasi Andam Surianty Ardan; Sri Sumiyati
Haumeni Journal of Education Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.159 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, mendata dan mencatat Pengetahuan Lokal (Indiegenous System Knowledge/IKS) sebagai bahan kajian untuk dimasukkan dalam bahan ajar dan referensi MK Konservasi dan Keanekaragaman Hayati di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nusa Cendana. Pencarian data dilakukan di 5 (lima) desa di Kabupaten Kupang. Metode yang digunakan adalah survei untuk mendapatkan data, dan deskriptif kuantitatif untuk mendata dan mengolah data. Survei dilakukan dengan google form untuk mahasiswa yang sudah pernah mendapatkan dan sedang mengampu MK Konservasi dan Keaneragaman Hayati. Hasil penelitian menunjukan pengetahuan lokal yang relevan dengan materi MK referensi bahan ajar MK Konservasi dan Keanekaragaman Hayati di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nusa Cendana yaitu analisis mamar, analisis keanekaragaman hayati dari perspektif masyarakat adat, dan pengetahuan lain yang relevan dimasukkan ke dalam materi ajar MK Konservasi Kehati sehingga bisa menjadi modul dan buku referensi atau bisa disisipkan untuk materi MK Konservasi dan Keanekaragaman Hayati di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nusa Cendana
Analisis Dampak Pembelajaran Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 untuk IPA Fisika terhadap Motivasi Belajar Fisika Siswa SMPN 1 Tasifeto Barat Yusniati H. Muh. Yusuf; Hartoyo Yudhawardana; I Wayan Sukarjita
Haumeni Journal of Education Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.436 KB)

Abstract

pada mata pelajaran IPA Fisika dan untuk mengetahui pembelajaran secara daring memotivasi siswa SMP Negeri 1 Tasifeto Barat untuk belajar IPA Fisika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu dampak pembelajaran IPA Fisika dengan metode pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19 dan motivasi belajar siswa. Perubahan metode pembelajaran konvensional yang dilakukan secara diskusi, tanya jawab dan tatap muka secara langsung antara guru dan peserta didik menjadi pembelajaran dengan metode daring akibat pandemi wabah Covid-19 menimbulkan masalah baru diantaranya, situasi pembelajaran kurang kondusif, kesulitan guru dalam mentransfer materi pelajaran kepada peserta didik. Selanjutnya kesulitan siswa adalah keterbatasan dalam membeli data internet. Penelitian yang dilakukan adalah dengan mengisi kuesioner dan wawancara. Aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah aplikasi WhatsApp. Tetapi dengan keadaan pandemic ini siswa tetap belajar dengan baik, dan juga motivasi belajar IPA Fisika yang dihasilkan pada persentase kuesioner yang diisi adalah sangat baik. Untuk menghadapi kendala tersebut, guru mata pelajaran IPA Fisika SMP Negeri 1 Tasifeto Barat berusaha untuk memberikan materi secara bertahap dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti untuk membantu peserta didik dalam memahami materi yang ada.
Hubungan antara Motivasi dan Self-regulated Learning Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Kota Kupang Erika Feronika Br Simanungkalit; Rolens E. H. Riwu Manu; Asnat C. Bani Bili; Andri P. Loe
Haumeni Journal of Education Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.894 KB)

Abstract

Penerapan pembelajaran jarak jauh di sekolah-sekolah merupakan hal baru bagi siswa dan guru, butuh waktu bagi siswa dan guru untuk beradaptasi. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi adalah motivasi dan self regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan self regulated learning siswa selama pembelajaran jarak jauh di kota kupang. Penelitian ini berjenis korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner self regulated learning Jansen et al., (2017) dan kuesioner motivasi Garcia (1996). Responden dalam penelitian ini berjumlah 178 siswa di kota Kupang yang berasal dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan dan positif antara motivasi dengan self regulated learning dengan besar koefisien korelasi 0.780. Uji koefisien determinasi menunjukkan motivasi menjadi prediktor self regulated learning sebesar 0.608 atau 60,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi dengan self regulated learning siswa selama pembelajaran jarak jauh di kota kupang.
Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Model Mind Mapping Berbasis Digital Android terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD UNDANA Sarah Nurhabibah; Paulina Riwu Ga; Taty R. Koroh; Treesly Adoe; Netty E. A. Nawa
Haumeni Journal of Education Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.312 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of online learning with an Android-based digital mind mapping model on the learning outcomes of UNDANA PGSD students. Quantitative method was used in this study with a one-group pretest-posttest design. Hypothesis testing of cognitive learning outcomes using the T test with the help of the SPSS 22 program. The results showed that there was an effect of applying the Android-based digital mind mapping model to the cognitive domain learning outcomes of 6th semester PGSD UNDANA students, because the value of sig 2 tailed 0.000 < 0.05 then there was the difference in values before and after learning is carried out using a digital android-based mind mapping model (the android-based digital mind mapping model applied by the lecturer was successful).
Estimasi Indeks Luas Daun dan Fotosintesis Bersih Kanopi Hutan Mangrove di Pantai Salupu Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang Mario Justinianus Santrum; Moses Kopong Tokan; Mbing Maria Imakulata
Haumeni Journal of Education Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.24 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menduga indeks luas daun (m2 luas daun per m2 luas tanah) dari kanopi hutan mangrove di Pantai Salupu. Kemudian, indeks luas daun (L) dialihkan ke fotosintesis bersih kanopi dengan menggunakan laju rata-rata fotosintesis per satuan luas daun (A). Metode penelitian ini adalah pengamatan lapangan. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik garis transek dan plot. Data diolah dengan menggunakan persamaan nilai rata-rata dari pembacaan cahaya yang diambil di bawah kanopi (Imean), dan dianalisis dengan menggunakan persamaan pendugaan indeks luas daun (L) dan pendugaan fotosintesis bersih kanopi (PN). Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks luas daun dari kanopi hutan mangrove di Pantai Salupu adalah sebesar 3,297 m2 luas daun per m2 luas tanah. Sementara, fotosintesis bersih kanopi hutan mangrove adalah sebesar 85,46 kg C per ha per hari atau sebesar 34,31 ton C per hektar per tahun.
Penyesuaian Diri (Self Adjusment) Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Penyusunan Tugas Akhir di Universitas Nusa Cendana Andriani Paulin Nalle; Uda Geradus; Imelda Laveda Davita
Haumeni Journal of Education Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.1 KB)

Abstract

Kemampuan mahasiswa program studi BK FKIP Undana dalam menyelesaikan tugas akhir berada pada kategori rata-rata. Hal ini berkaitan dengan kemampuan penyesuaian diri. Apabila mahasiswa mampu beradaptasi terhadap tuntutan-tuntutan penyusunan tugas akhir dengan baik, maka tulisan dapat terselesaikan tepat waktu dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri (self adjusment) mahasiswa/i Bimbingan dan Konseling dalam penyusunan tugas akhir di Universitas Nusa Cendana Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasi dan dilaksanakan pada Kampus B Universitas Nusa Cendana Kupang. 74 mahasiswa/i menjadi sampel dari populasi sebanyak 288 mahasiswa/i prodi BK yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling serta data dikumpulkan dengan metode kuesioner yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Tingkat penyesuaian diri (self adjusment) mahasiswa prodi BK dalam penyusunan tugas akhir berada pada kategori tinggi yaitu 53%. Namun, penyesuaian social mahasiswa masih menunjukkan kekurangan dibandingkan penyesuaian pribadi dalam penyusunan tugas akhir. Kata Kunci: Mahasiswa/i, Penyesuaian Diri (Self Adjusment), penyusunan tugas akhir
Keterlibatan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nusa Cendana dalam Organisasi Ekstra Kampus terhadap Rasa Percaya Diri Katharina Edeltrudis Perada Korohama; Maria Agustina Olu
Haumeni Journal of Education Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.024 KB)

Abstract

Peran serta mahasiswa dalam organisasi tidak lantas membuat mahasiswa menjadi pribadi yang matang terutama dalam sosialnya, beberapa diantranya memiliki rasa minder, kurang percaya diri dan susah mengutarakan pendapat dengan baik dan berani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan dalam organisasi ekstra kampus Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) dengan rasa percaya diri mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nusa Cendana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu 150 mahasiswa dengan sampel 77 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi Pearson product moment. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa mahasiswa yang terlibat dalam organisasi ekstra kampus berada pada kategori tinggi dengan persentase 91%, rasa percaya diri pada kategori tinggi dengan persentase 57%. Hasil uji hubungan dengan menggunakan analisis korelasi product moment yaitu r-hitung adalah 0,250 sedangkan nilai r-tabel, dimana n=77 dan derajat kebebasan (dk) adalah 75 dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 0,224. Sehingga keterlibatan dalam organisasi ekstra kampus memiliki hubungan positif terhadap rasa percaya diri mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nusa Cendana. Kata Kunci :Keterlibatan Dalam Organisasi Ekstra Kampus, Percaya Diri
Tanggapan Mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Angela Lika; Viligius Abik; Juan Y. B. Nge; Hengky F. J. P. Taek; Desriani I. Nenabu
Haumeni Journal of Education Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.839 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan/persepsi mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap pembelajaran daring yang dilaksanakan di masa karantina Pandemi Covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang dilakukan secara online. Penggumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online kepada 328 responden (38% mahasiswa UNIKA, 44% mahasiswa UNDANA, 36% mahasiswa UMK dan 14% mahasiswa UNKRIS) yang mengalami dampak pandemi Covid-19. Hasil temuan/penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa umumnya mengikuti pembelajaran daring di rumah dengan menggunakan gadget (hp) melalui koneksi data pribadi dengan sinyal internet yang cukup baik (sedang). Mayoritas mahasiswa lebih suka menggunakan aplikasi elearning dan Gmeet ketika daring dengan bentuk paket materi berupa power point (PPT) dan substansi materi yang sesuai/ relevan dengan kompetensi yang harus dikuasai. Program Pembelajaran Daring ini berkontribusi pada peningkatan keunggulan akademik (academic excellent),manfaat ekonomi (economic benefit), dan dampak sosialnya (social impact) seperti fleksibilitas tempat dan waktu sehingga memudahkan masyarakat untuk mengikuti pembelajaran kapan pun dan di manapun, namun perkuliahan Daring selama masa pandemi covid 19 dinilai kurang efektif karena mahasiswa mengalami Kendala seperti banyaknya tugas, perkuliahan tidak on time, diskusi yang monoton dan bahan/materi yang diberikan terbatas.
Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Predict Observe Explain dalam Menanamkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa I Wayan Sukarjita; Fakhruddin Fakhruddin
Haumeni Journal of Education Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.22 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model Predict Observe Explain (POE) dalam meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep fisika bagi siswa SMP. Penelitian dilaksanakan dengan sampel siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Kupang dengan desain penelitian “Pre test Post Test Group Design” dengan memilih model pembelajaran Discovery Learning sebagai model kontrolnya. Kedua variable yakni pemahaman konsep diukur menggunakan instrument berupa test sedangkan sikap ilmiah siswa diukur dengan menggunakan lembar observasi. Sikap ilmiah siswa yang diukur meliputi 7 aspek sikap ilmiah yakni: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Teliti, Tanggung jawab, Kritis dan Kerja sama. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif melalui uji homogenitas, uji normalitas dan uji-t dengan memanfaatkan aplikasi SPSS Ver 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) model POE dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika lebih baik daripada model Discovery Learning, (2) Model POE dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa lebih baik daripada model Discovery Learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa model POE efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa
Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SDI Buraen 2 Melalui Media Praktikum Sederhana pada Materi Perpindahan Kalor Petrus Kase
Haumeni Journal of Education Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.798 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas 5 SDI Buraen 2 melalui media praktikum sederhana pada materi perpindahan kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek siswa Kelas 5 SDI Buraen 2 sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengumpulkan data hasil aktivitas siswa dan aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran dengan media praktikum yang disiapkan, serta soal tes di setiap akhir siklus untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari. PTK dilaksanakan dalam 2 siklus saja karena indikator keberhasilan yang sudah berhasil dicapai, dengan 2 kali pembelajaran dalam setiap siklus. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh hasil observasi aktifitas siswa yaitu 59,52% atau Cukup mengalami peningkatan menjadi 82% atau Sangat Baik pada siklus 2. Kemudian untuk aktifitas guru meningkat dari 66,67% atau Baik menjadi 95,83% atau Sangat Baik. Sejalan dengan hasil tes pemahaman siswa yang meningkat dari siklus 1 sebesar 50% menjadi 100%. Dengan demikian penggunaan media praktikum matematika mampu meningkatkan pemahaman konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari pada siswa kelas V SDI Buraen 2.

Page 1 of 2 | Total Record : 19