cover
Contact Name
Damianus D. Samo
Contact Email
damianus.damo@staf.undana.ac.id
Phone
+6285239272877
Journal Mail Official
editorial.haumeni@undana.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Jl. Adisucipto Penfui Kupang, NTT
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Haumeni Journal of Education
ISSN : -     EISSN : 27981991     DOI : -
Core Subject : Education,
Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, evaluasi pembelajaran, pengembangan profesionalisme guru, studi kasus, studi teoritik, review artikel bidang pendidikan serta topik pendidikan lainnya dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, penelitian kualitatif dll. Haumeni Journal of Education akan terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022" : 20 Documents clear
Pemilihan Makanan Sehat pada Anak Usia Dini di TK Kristen Koinonia Kupang Sartika Kale; Khetye Romelya Saba; Vikaria Nahak; Engelbertus Nggalu Bali
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh bekal makanan yang kurang bergizi yang dibawa anak ke sekolah. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor pemilihan makanan sehat pada anak di TK Kristen GMIT Koinonia Kupang, NTT dengan menggunakan penelitian kualitatif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling yang terdiri dari empat anak dan orangtua anak yang bersekolah di TK Kristen GMIT Koinonia Kupang, NTT. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor dalam pemilihan makanan sehat pada anak yaitu pendapatan orangtua, jumlah anggota keluarga dan pekerjaan orangtua. Selain tiga faktor tersebut, ada faktor lain yang juga ditemukan selama pengambilan data yaitu anak yang susah makan dan sering pilih-pilih makanan tertentu, serta tingkat kesabaran dan kreativitas orangtua dalam menyediakan makanan yang sehat tapi menarik untuk anak
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Oesusu Pada Materi Kubus dan Balok Menggunakan Alat Peraga Kubus Satuan Berbantuan Media Animasi Dorce Banu
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Oesusu, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang melalui pembelajaran menggunakan alat peraga kubus satuan berbantuan media animasi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Oesusu sebanyak 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan pembelajaran menggunakan lintasan belajar Real world situation, Model of (Skema), Model for (Building Stone), dan Formal Abstrak yakni siswa bekerja dengan prosedur dan simbol matematika. Hasil penelitian menunjukan 1) siswa antusias dengan lintasan belajar yang mendukung mereka belajar dengan struktur yang terutur, 2) siswa sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan melakukan berbagai percobaan untuk menemukan rumus volume dan menyelesaikan soal terkait volume kubus dan balok dengan level aktivitas siswa pada kategori terampil, serta 3) Terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yang menunjukan retensi informasi siswa semakin baik, 4) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori baik
Pengaruh penggunaan cyber counseling terhadap keterbukaan diri Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kupang Katharina Edeltrudis Perada Korohama; Vinsensia Owa
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan cyber counseling dan keterbukaan diri siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kupang, dan apakah ada pengaruh penggunaan cyber counseling terhadap keterbukaan diri siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode proportional stratified random sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linear sederhana dengan bantuan program SPSS Versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan cyber counseling dengan keterbukaan diri siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kupang, karena nilai F hitung > F tabel (9,661>4,02).
Pengaruh Jalur Seleksi Masuk Universitas Terhadap IPK Tahun Pertama Mahasiswa Angkatan Tahun 2020 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Nusa Cendana Aderini Yullandari Lubalu; Christine K. Ekowati; Patrisius A. Udil
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh yang signifikan jalur seleksi masuk universitas terhadap IPK tahun pertama mahasiswa angkatan 2020 Pendidikan Matematika Undana. Subjek penelitian terdiri dari seluruh mahasiswa angkatan 2020 pendidikan matematika Undana berjumlah 85 orang. Tahap penelitian dimulai dengan mengumpulkan data dari bagian akademik prodi Pendidikan Matematika Undana, selanjutnya data dianalisis dengan regresi linear sederhana dan uji hipotesis menggunakan program IBM SPSS Statistics for windows version 22.0. Hasil penelitian menunjukan hipotesis nol ditolak, dan hopitesis alternatif diterima, atau dengan kata lain jalur masuk universitas berpengaruh signifikan terhadap IPK tahun pertama mahasiswa angkatan 2020 Pendidikan Matematika Undana. Nilai F yang diperoleh sebesar 10,577 dengan sig. = 0,000 < 0,05. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa jalur masuk SBMPTN memiliki rata-rata IPK tahun pertama yang lebih tinggi, disusul oleh mahasiswa jalur masuk SNMPTN, dan yang teakhir mahasiswa jalur Mandiri.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Alat Peraga Kartu Pecahan Dengan Media Animasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Oesusu Feronika Paut
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Oesusu, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang melalui pembelajaran menggunakan alat peraga kartu pecahan berbantuan media animasi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Oesusu sebanyak 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan pembelajaran menggunakan lintasan belajar Real world situation, Model of (Skema), Model for (Building Stone), dan Formal Abstrak yakni siswa bekerja dengan prosedur dan simbol matematika. Hasil penelitian menunjukan penerapan pembelajaran menggunakan alat peraga kartu pecahan berbantuan media animasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Oesusu. Hal ini dapat terlihat pada hasil pelaksanaan siklus I dengan rata-rata hasil belajar 16,66% menjadi 83,33 pada siklus II. Selanjutnya aktivitas belajar siswa dari kriteria baik menjadi kriteria sangat baik
Peningkatan kemampuan Bercerita Dalam Mata Pelajaran Agama Katolik Melaui Model Pembelajaran Kooperatof Tipe STAD Bagi Siswa kelas V SD Negeri Bokong 2 Johana Tallan
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa Kelas V SDN Bokong 2 melalui penerapan model pembelajaran kooperetif tipe STAD pada mata pelajaran agama katolik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Lokasi penelitian di SD Negeri Bokong 2. Subjek penelitian adalah siswa beragama katolik kelas V pada tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tes hasil belajar, lembar observasi kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai model role playing, dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan simulasi, sehingg mendukung peningkatan aktivitas siswa berada pada katergori terampil, 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan kategori peningkatan menurut data n-gain berada pada kategoti sedang, serta 3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori baik
Peningkatan Hasil Belajar Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Asli Menggunakan Media Realistik Pada Siswa Kelas II SD Negeri Oesusu Selvina Nokas
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Oesusu, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang melalui pembelajaran operasi perkalian dan pembagian bilangan asli dengan media realistik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Oesusu sebanyak 13 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan pembelajaran menggunakan lintasan belajar Real world situation, Model of (Skema), Model for (Building Stone), dan Formal Abstrak yakni siswa bekerja dengan prosedur dan simbol matematika. Hasil penelitian menunjukan penerapan pembelajaran materi operasi perkalian dan pembagian bilangan asli menggunakan media realistik mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Oesusu. Hal ini dapat terlihat pada hasil pelaksanaan siklus I dengan rata-rata hasil belajar 67,30% menjadi 80,38 pada siklus 2. Aktivitas guru meningkat dari kategori baik ke sangat baik
Makna Sosial Pesta Sekolah Dalam Masyarakat Manggarai di Flores Malkisedek Taneo; Fransiskus Bustan; Basri K
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Makalah ini menjelaskan makna sosial dari pesta sekolah, sebuah pesta khusus yang dirancang untuk mengumpulkan uang untuk mendukung keberhasilan pendidikan bagi anak-anak, di masyarakat Manggarai. Kajian ini dilihat dari teori pendidikan dan budaya ditinjau dari perspektif sosial. Penelitian ini bersifat deskriptif. Makna sosial pesta sekolah dalam masyarakat Manggarai diwujudkan dalam proses perencanaan, tindakan, dan evaluasi yang ditandai dengan kehadiran banyak orang sebagai peserta dengan peran yang berbeda-beda. Makna sosial dari pesta sekolah juga ditunjukan dengan makan bersama sebagai sarana rekonsiliasi di antara mereka
Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di SD GMIT Airnona 1 Kupang Sarah Nurhabibah Nurhabibah; Taty R. Koroh; Maria Apriliyanti Leto Welan
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui persepsi orang tua terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di SD GMIT Airnona 1 Kupang, (2) mengetahui dampak positif dan negatif pembelajaran daring menurut orang tua, serta (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak belajar daring. Penelitian kombinasi (mixed method) dengan menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat orang tua menerima informasi dari luar mengenai pembelajaran daring sebagian besar orang tua tidak setuju karena orang tua belum mampu mengimbangi pembelajaran daring, siswa dan orang tua kesulitan dalam membagi waktu sehingga menunjukkan persepsi yang negatif sebesar 53%. Orang tua masih mengalami kesulitan dalam menyesuaikan pembelajaran daring karena harus beradaptasi dalam penggunaan teknologi dan menunjukkan persepsi yang negatif sebesar 63%. Kemudian persepsi yang kurang baik juga dilihat dari hasil evaluasi orang tua yaitu keterbatasan pengetahuan orang tua dalam menjelaskan materi pembelajaran kepada anaknya, sehingga menunjukkan persepsi yang negatif sebesar 63%. Dampak negatif dari pembelajaran daring menurut orang tua sebagai berikut: kecanduan teknologi, pelaksanaan pembelajaran daring kurang efektif, kurangnya rasa tanggung jawab siswa. Dampak positif pembelajaran daring menurut orang tua ialah terhindar dari Covid-19, mampu menguasai teknologi dan membangun hubungan yang lebih dekat lagi antara orang tua dan siswa.
Pentingnya Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) Anak Berdasarkan Persepsi Orang Tua di Posyandu Desa Bijeli, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Andriani Paulin Nalle; Kristin Margiani
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil sampel jenuh atau total sampling sebanyak 46 orang tua yang mendaftarkan balitanya pada Posyandu Desa Bijeli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua berada pada kategori positif dengan persentase 58.7%. Namun, ayah memiliki persepsi yang negatif dibandingkan persepsi ibu. Kategori negatif tertinggi dari persepsi ayah ditunjukkan pada aspek penilaian dan sikap (60.9%), kemudian diikuti aspek pemahaman (56.5%), sedangkan aspek tanggapan ayah berada pada kategori positif (60.9%). Di sisi lain, aspek tanggapan dan pemahaman ibu berada pada kategori postif masing-masing 78.3% dan 73.9%, akan tetapi sikap dan penilaian ibu juga berada pada kategori negatif yaitu 52.2%. Berdasarkan hasil penelitian, maka orang tua terutama ayah direkomendasikan untuk memberikan perhatian terhadap DDTK anak karena tumbuh kembang anak merupakan tanggung jawab dari kedua belah pihak

Page 1 of 2 | Total Record : 20