cover
Contact Name
Ahmad Rustam
Contact Email
almufi.ajpkm@gmail.com
Phone
+6285399507330
Journal Mail Official
almufi.ajpkm@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bandara Halu Oleo, Ambaipua, Ranomeeto, Konawe Selatan
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM)
ISSN : 28076834     EISSN : 28076990     DOI : -
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM) diterbitkan oleh Yayasan Almubarak Fil Ilmi dengan peer-reviewed journal. Dalam AJPKM memuat artikel ilmiah dari berbagai bidang / disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel yang terpublikasi di AJPKM teridiri dari hasil-hasil penelitian ilmiah asli, artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru, atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada dimuat di AJPKM maupun dalam terbitan berkala ilmiah lainnya. AJPKM menerima Artikel atau naskah dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian ilmiah baik pendekatan kuantitatif maupun kualitatif dengan format pengabdian kepada masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan di antaranya: Pendidikan Sosial Sains Hukum Keolahragaan Bahasa Bisnis dan Ekonomi Teknik dan Kejuruan Kesenian Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM) terbit setiap bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2: Desember (2021)" : 10 Documents clear
Pelatihan Pengembangan Instrumen Tes Baku Menggunakan Model Rasch Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Ahmad Rustam; Sasmin Sasmin; Kasmawati Kasmawati
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.729 KB)

Abstract

Instrumen Tes yang digunakan oleh guru untuk ulangan harian maupun yang digunakan oleh sekolah untuk ulangan secara umum belum memenuhi standar sebagai tes yang baik. Tes yang dikembangkan perlu melalui analisis butir soal yang baik. Analisis butir soal dilakukan untuk menggali sejauh mana kualitas suatu butir soal. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui, yakni: (1) perancangan tes, (2) uji coba tes, (3) penentuan validitas, (4) penentuan reliabilitas, dan (5) interpretasi skor tes. Adapun metode yang akan dilaksanakan dalam pengabdian ini terdiri atas 3 tahapan, yaitu pra-pelatihan, pelatihan, dan pasca-pelatihan. Pra-pelatihan, sebelumnya melakukan persiapan yakni 1) kajian literatur pelatihan Pengembangan Instrumen Tes Baku, serta 2) kajian literatur penggunaan Model Rasch, dan 3) MoU antara peneliti dengan mitra. Untuk tahap pelatihan, akan dilaksanakan dengan tahapan, 1) pelatihan mengembangkan Instrumen, 2) pelatihan analisis butir tes dengan menggunakan model Rasch, dan 3) pelatihan Proses Pembakuan Instrumen. Selanjutnya, tahap pasca-pelatihan yang dilaksanakan dengan tahapan, 1) Pembuatan kelompok peserta pengembangan instrument tes, 2) Praktik riil pembuatan instrumen tes di kelas, dan 3) Evaluasi hasil produk instrument guru. Berdasarkan tahapan tersebut peserta telah mampu: memahami konsep pengembangan soal, memahami konsep pembakuan instrumen dengan menggunakan konsep analisis Model Rasch, menggunakan aplikasi WInsteps dalam melakukan analisis butir.
Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru di Kecamatan Watubangga Supratman Supratman; La Ode Sirad; Fitriyani Hali; Gemi Susanti; Deti Sri Rahayu
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.179 KB)

Abstract

Pelatihan ini di latarbelakngi oleh banyaknya guru yang mengalami kesulitan dalam menulis karya ilmiah sebagai syarat kenaikan pangkat/jabatan bagi guru-guru yang mempunyai golongan ruang IIIa ke atas. Pelatihan ini dberikan kepada 25 guru dari berbagai sekolah di Kecamatan Watubangga yang bertempat di SMP N 2 Watubangga. Tujuan akhir dengan adanya pelatihan adalah 1) agar para guru memiliki kompetensi dalam menyusun karya ilmiah khususnya penelitian tindakan kelas, 2) dalam rangka meningkatkan profesional guru sehingga dapat memenuhi persyaratan dalam kenaikan pangkat, 3) mendampingi para guru dalam penyusunan proposal penelitian tindakan kelas yang telah disiapkan oleh guru. Dalam pelaksanaan PKM ini dibagi beberapa tahapan : 1) Memberikan materi pelatihan, yaitu : pengenalan PTK, pembuatan pendahuluan, tinjauan pustaka dan metodologi penelitian , 2) Praktik pembuatan proposal PTK. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan ini, yaitu guru-guru dapat menyusun bab pendahuluan, tinjauan pustaka dan metodologi penelitian. Bahkan beberapa guru sudah mampu menyusun proposal PTK secara utuh.
Pengembangan Kompetensi Masyarakat dan Fasilitas Desa Air Bajo Kecamatan Mawasangka Melalui Program KKN Halidin; Fitriyani Hali; Andi Ramlan; Gemi Susanti; Sarmadan Sarmadan; Farman; Deti Sri Rahayu; Dian Ulfa Sari
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.312 KB)

Abstract

Pentingnya pengembangan kompetensi masyarakat khususnya pada masyrakat pesisir Desa Air Bajo serta pemenuhan fasilitas desa yang diperlukan untuk menunjang kelancaraan aktifvitas masyarakat dan kesejahteraan masyrakat. Salah satu upaya pengembangan dan pemenuhan tersebut dapat terlaksana melalui kegiatan pengabdian  KKN. KKN menjadi harapan dari memfasilitasi dan memotivasi mengatasi masalah-masalah pembanganunan di daerah pedesaan.   Tujuan dari pengabdian KKN ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui les belajar,  menanamkan rasa cinta lingkungan pada masyarakat, menggagas peserta didik yang melek teknologi, menyediakan fasilitas desa, dan mengadakan perlombaan/game. Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode sosialisasi serta pemberdayaan dengan mengikutsertakan secara langsung aparatur pemerintah dan masyarakat. Hasil yang didapatkan dari pengabdian ini adalah meningkatnya mutu pendidikan melalui les belajar,  terciptanya rasa cinta lingkungan pada masyarakat, meningkatnya keterampilan peserta didik dalam teknologi, tersedianya fasilitas desa, dan meningkatnya rasa kebersamaan dan kerjasama melalui perlombaan.
Pemberdayaan Komunitas Guru Pendamping Dalam Menangani Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Rosnawati; Itsnain Alfajri Husain; Sasmin; Aris Suziman
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (839.063 KB)

Abstract

Seringnya anak menggunakan gadget akan mendatangkan dampak buruk bagi prilaku dalam kesehariannya, anak-anak yang cenderung sering menggunakan gadget akan membuat anak tergantung pada penggunaanya. Tidak dipungkiri anak lebih sering bermain dengan gadget dari pada belajar dan berinteraksi dengan lingkungan tempat dia berada. Keadaan tersebut adalah hal yang mengkhawatirkan karena masa anak-anak adalah masa yang belum stabil, mereka memiliki keingintahuan yang tinggi dan keingintahuan itu berpengaruh pada peningkatan sifat konsumtif. Karena itu anak-anak memerlukan perhatian khusus dari orang tua, dan dampak lainnya yakni bisa mengganggu Kesehatan mata anak usia dini.Masalah yang menjadi pokok penelitian ini adalah:bagaimana pemberdayaan komunitas guru pendamping dalam menangani dampak penggunaan gadget pada anak usia dini di masa pandemi COVID-19. Solusi permasalahan yang ditawarkan dalam hal ini adalah memberdayakan guru pendamping yang dibentuk dari lembaga PAUD, guru pendamping ini bertugas mendampingi anak dalam belajar dirumah, menggantikan orang tua anak yang tidak dapat mendampingi anak pada saat pembelajaran dilaksanakan dirumah. Dari hasil pendampingan menunjukan bahwa pemberdayaan komunitas guru pendamping cukup berhasil dimana komunitas ini sangat antusias dalam kegiatan yang diberikan, hal ini juga dikarenakan masing-masing guru memiliki potensi dan pengalaman baru dalam mengembangkan pengetahuan mereka diluar lingkungan sekolah. Komunitas guru telah mengembangkan pemahaman dan pengetahuan mereka tentang cara menangani dampak penggunaan gadget pada anak, hal tersebut dilihat dari hasil observasi guru yang telah melaksanakan perannya dalam pendampingan dan  Pendampingan belajar yang dilaksanakan oleh guru pendamping selama 12 kali pertemuan dalam 30 hari mendapatkan respon yang baik dari anak dan orang tua anak.
Pemberdayaan Orang Tua Siswa dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 Ahmad; Hesti; Waode Ekadayanti
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.812 KB)

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menggali sekaligus menganalisis kendala-kendala yang dialami oleh orang tua siswa SDN 23 Pomontoro, selama mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah metode kualitatif fenomenologis, yang dibagun dengan konsep pemberdayaan dan edukasi, serta bersifat problem solving, komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa secara umum kendala-kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid- 19 adalah kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena harus bekerja, orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak saat belajar di rumah, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan gadget, dan kendala terkait jangkauan layanan internet. Adapun bentuk kegiatan yang akan dilakukan berupa edukasi, penyuluhan, pendampingan terhadap orang tua dalam jangka waktu yang telah ditentukan. PKM ini fokus menggali kendala-kendala serta memberikan solusi permasalahan yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah sehingga tetap dapat mendorong keberlanjutan efektifitas belajar anak/siswa sebagaimana mestinya.
Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Digital Flipbook Bagi Tenaga Pendidik PAUD Rr. Retno Handasah; Catur Fathonah Djarwo
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.888 KB)

Abstract

Lembaga PAUD yang ada di Kota   Jayapura    memiliki latar belakang pendidikan guru yang beragam dan jumlah guru yang   cukup   memadai.   Lembaga-lembaga PAUD di Kota Jayapura mengharapkan semua guru yang ada di PAUD dapat mengenalkan IT kepada anak-anak dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan program/aplikasi Komputer. Salah satu PAUD/TK yang ada di Kota Jayapura yaitu PAUD/ TK Aisyiyah Bustanul Atfhal 2 Heram.  Tujuan pada pelatihan ini adalah 1) Guru dapat memahami konsep dasar media pembelajaran interaktif, 2) Meningkatkan keterampilan guru dalam merencanakan dan membuat media pembelajaran interaktif berupa digital flipbook, 3) Guru dapat memanfaatkan digital flipbook sebagai salah satu media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran di sekolah.  Tahap pelaksanaan pelatihan diawali dengan pemaparan materi-materi pelatihan menggunakan    metode presentasi, dilanjutkan dengan diskusi dan praktik secara langsung   serta   penugasan   secara individu.  Melalui pelatihan ini, para guru PAUD telah mampu merancang, membuat serta memanfaatkan media interaktif digital flipbook yang memfasilitasi perkembangan anak didik sesuai dengan usia perkembangannya.
Pelatihan Pengolahan Minyak Jelantah Menjadi Sabun Marningot Tua Natalis Situmorang; Linda Novalina
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (763.96 KB)

Abstract

Desa Cibuntu adalah pintu masuk jalan raya setu Kabupaten Bekasi hingga jalan raya cileungsi Kabupaten Bogor, jadi desa ini persis berbatasan langsung dengan jalan protocol (utama) sehingga sepanjang jalan raya tersebut banyak warung tenda lamongan penjual pecel lele, dan banyak juga penjual gorengan. Para pedagang ini hampir semua tinggal di Desa Cibuntu sehingga Limbah minyak jelantah di Desa Cibuntu, Cibitung, Bekasi cukup banyak ditambah lagi warga masyarakat yang menghasilkan minyak jelantah dari rumahan. Berdasarkan realitas tersebut tujuan pengabdian pada masyarakat ini mengolah limbah minyak jelantah untuk menjadi sabun cuci tangan dengan berbagai modivikasi. Metode yang digunakan yaitu sistem pengolahan limbah berbasis zero waste industry. Konsep zero waste industry terdiri dari reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali) dan recycle (mendaur ulang). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2021 di Aula Kantor Kepala Desa Cibuntu. Kegiatan ini terdiri dari: 1) penyuluhan tentang dampak limbah minyak jelantah bagi lingkungan, 2) pelatihan penjernihan minyak jelantah, 3) pelatihan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi sabun mandi. Luaran yang dihasilkan berupa teknik pengelolaan limbah minyak jelantah berbasis Zero Waste Industry dan produk sabun.
Peran Mental Bertanding untuk Meraih Prestasi pada Atlet Angkat Besi dalam Menghadapi Pra Pora 2021 Tuti Sarwita; Zulheri Is
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.153 KB)

Abstract

Mempersiapkan atlet untuk kompetisi Perlu dilakukan sejak dini melalui program dan proses Latihan untuk mencapai prestasi yang lebih baik. Untuk dapat mencapai Memerlukan kemampuan fisik, teknis, taktis, dan mental yang maksimal. Keempat unsur tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan Terkadang atlet sudah memiliki fisik, teknik dan Taktik yang bagus tetapi berkurang dalam segi mental. Melihat apa yang terjadi penting jika Dalam menghadapi kompetisi atlet perlu disiapkan mental. Pelatihan mental penting bagi atlet Membantu mempersiapkan mental terlebih dahulu dalam menghadapi persaingan. Pelatihan mental adalah Latihan Ini melibatkan semua aspek psikologi Semua jenis tekanan dalam permainan.
Menumbuhkan Minat Meneliti dan Menulis Karya Ilmiah Remaja pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 10 Jakarta Supriyadi
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seminar menumbuhkan Minat Meneliti dan Menulis Karya Ilmiah Remaja pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 10 Jakarta. Kegitan seminar ini merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Panca Sakti Bekasi bekerja sama dengan Madrasah Aliyah Negeri 10 Jakarta. Kegiatan Seminar ini bertujuan untuk menumbuhkan Minat Meneliti dan Menulis Karya Ilmiah Remaja pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 10 Jakarta. Rendahnya minat remaja untuk meneliti, kemampuan menulis karya ilmiah yang lemah yang dimiliki siswa madrasah dan kurang pekanya siswa madrasah pada masalah-masalah yang muncul dimasyarakat. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan melalui kegiatan Seminar ini diperoleh, bertambahnya pengetahuan siswa tentang metodologi penelitian sebesar 65%, siswa memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi masalah-masalah yang ada dilingkungan siswa yang menarik untuk dijadikan judul penelitian sebesar 70%, siswa mampu membuat judul penelitian sebesar 80%, siswa mampu memilih metodologi penelitian yang sesuai dengan judul penelitian yang dibuat oleh siswa sebesar 60%, seminar ini mampu meningkatkan minat meneliti siswa sebesar 90%.
Pelatihan Menyusun Proposal Penelitian Guru dan Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta Supriyadi
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan Menyusun Proposal Penelitian Guru dan Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta. Kegitan pelatihan ini merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Universitas Panca Sakti Bekasi bekerja sama dengan Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta. Kegiatan Pelatihan Menyusun Proposal Penelitian Guru dan Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta ini bertujuan untuk menumbuhkan minat meneliti dan menambah kompetensi guru dan peserta didik dalam keterampilan menyusun proposal penelitian pada Peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta. Rendahnya minat guru dan peserta didik untuk meneliti, stigma dimasyarakat begitu sulitnya meneliti dan kurang pekanya guru dan peserta didik pada masalah-masalah yang muncul dimasyarakat. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan melalui kegiatan Pelatihan Menyusun Proposal Penelitian Guru dan Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta ini diperoleh, bertambahnya pengetahuan guru dan peserta didik tentang metodologi penelitian sebesar 90%, guru dan peserta didik memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi masalah-masalah yang ada dilingkungan peserta didik yang menarik untuk dijadikan judul penelitian sebesar 80%, guru dan peserta didik mampu membuat judul penelitian sebesar 75%, Guru dan peserta didik mampu memilih metodologi penelitian yang sesuai dengan judul penelitian yang dibuat oleh peserta didik sebesar 65%, Pelatihan Menyusun Proposal Penelitian Guru dan Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta ini mampu meningkatkan minat meneliti guru dan peserta didik sebesar 95%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10