cover
Contact Name
Ahmad Rustam
Contact Email
almufi.ajpkm@gmail.com
Phone
+6285399507330
Journal Mail Official
almufi.ajpkm@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bandara Halu Oleo, Ambaipua, Ranomeeto, Konawe Selatan
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM)
ISSN : 28076834     EISSN : 28076990     DOI : -
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM) diterbitkan oleh Yayasan Almubarak Fil Ilmi dengan peer-reviewed journal. Dalam AJPKM memuat artikel ilmiah dari berbagai bidang / disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel yang terpublikasi di AJPKM teridiri dari hasil-hasil penelitian ilmiah asli, artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru, atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada dimuat di AJPKM maupun dalam terbitan berkala ilmiah lainnya. AJPKM menerima Artikel atau naskah dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian ilmiah baik pendekatan kuantitatif maupun kualitatif dengan format pengabdian kepada masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan di antaranya: Pendidikan Sosial Sains Hukum Keolahragaan Bahasa Bisnis dan Ekonomi Teknik dan Kejuruan Kesenian Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM) terbit setiap bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 50 Documents
PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAGI GURU PAUDQU dan GURU TPQ AL-IKHLAS: Bermain dan Belajar Yang Menyenangkan Parenting Untuk Orang Tua Urban Eva Dwi Kumala Sari; Ahmad Zamakhsari; Yuli Pujianti; Nabil; Wathroh Mursidi; Wahyuni Nadar
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1: Juni (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.088 KB)

Abstract

PAUDQU dan TPQ Al-Ikhlas merupakan Lembaga Pendidikan Qur’an (LPQ) yang mengelola pembelajaran bagi anak usia dini sampai anak usia sekolah dasar di kelurahan Kayuringinjaya, Bekasi Selatan, Jawa Barat. Dilatarbelakangi pentingnya pemahaman dalam mengelola, memahami kurikulum dan melaksanakan program pembelajaran di lembaga ini, terungkap bahwa masih banyak guru yang belum memahami cara mengelola pembelajaran di sekolah ini, dikarenakan latar belakang pendidikan guru gurunya yang sebagian besar hanya lulusan SMA dan Aliyah. Disamping itu juga orang tua siswa yang belum memahami perkembangan anak, proses pembelajaran yang tepat untuk anak serta orang tua yang kurang terlalu memperhatikan akan pentingnya memilih jajanan sehat untuk anak. Berangkat dari fakta tersebut, untuk memberikan pemahaman mengelola lembaga PAUDQU dan TPQ yang tepat, maka  perlu dilakukan sebuah tindakan untuk mengintegrasikan program pembelajaran di lembaga mitra sehingga pengajaran yang tepat dan sesuai perkembangan anak di lembaga mitra akan lebih terstruktur dan terprogram. Menyusun buku panduan pelaksanaan pembelajaran PAUDQU dan TPQ sebagai buku panduan guru dalam pengajaran, isi dalam buku ini  tersusun konsep kurikulum, komponen pembelajaran serta aplikasinya dengan konsep pembelajaran yang berlaku di PAUDQU dan TPQ. Memberikan pelatihan bagi guru tentang pengelolaan lembaga, pemahaman kurikulum, program pembelajaran serta parenting bagi orang tua siswa guna keberlanjutan kegiatan di sekolah dengan di rumah.
Pengabdian KKN Desa Mattirowalie Kec.poleang, Kab. Bombana Fitriyani Hali; Sarmadan; Agus Nasir
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1: Juni (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.889 KB)

Abstract

Melalui kegiatan pengabdian KKN dituntut untuk menerapkan IPTEK yang telah kita miliki. Adanya kegiatan pengabdian KKN ini diharapkan menjadi motivator dan fasilitator dari usaha pembangunan terutama di daerah pedesaan. Masyarakat dapat mendiskusikan masalah yang ada di desa dan bersama-sama mencari penyelesaian dengan partisipasi peserta KKN, terjalin kerjasama dalam proses pembangunan di desa setempat. Adapun tujuan atau target diharapkan dapat tercapai adalah teratasinya masalah-maslah dalam bidang pendidikan, bidang sarana dan prasarana, bidang keagamaan, serta bidang social yang di alami desa Mattirowalie. Metode pelaksanaan kegiatan KKN dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan perberdayaan dengan melibatkan pemerintah dan masyarakat secara langsung. Beberapa hasil yang dicapai dari kegiatan KKN ini adalah tersedianya tenaga bantuan pengajar di SD, tersedianya sarana dan prasana desa berupapetunjuk jalan, meningkatnya semangat dalam kegiatan keagamaan, meningkatnya interaksi masyrakat dalam hal gotong rong dan bakti social.
Literasi Produksi Berbasis Iklan Sebagai Solusi Promosi Mie di Kota Banda Aceh Rahmattullah; Fitriati; Teuku Mahmud; Lydia Feradilla
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1: Juni (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.187 KB)

Abstract

Kota Banda Aceh bisa dikatakan sebagai kampoeng mie basah. Julukan ini tepat karena hampir di setiap sudut desa terdapat pabrik mie basah. Ada lima pabrik mi basah milik pribumi. Masalah yang dialami oleh produsen mie basah hingga saat ini adalah masalah divisi pemasaran. Kondisi ini perlu mendapat perhatian karena mie basah hanya bertahan tiga hari. Mitra I Mie NAD dan Mitra II Mie CUT NAN adalah dua pabrik pengolahan mie yang terletak di Desa Penayong, Kota Banda Aceh. Pabrik mie ini merupakan pionir dalam pengolahan mie yang menjual mie kuning dan mie putih. Tidak ada media promosi yang dilakukan Mitra I Mie NAD dan Mitra II Mie CUT NAN melalui YouTube, bisa dikatakan hanya door to door. Masih menggunakan sistem tradisional, tidak menggunakan media sosial. Untuk meningkatkan jangkauan pemasarannya, video iklan baru ini akan lebih dikonsep dengan menonjolkan kelebihan masing-masing pabrik mie, terutama dari sisi produksi hingga testimoni pelanggan yang telah membeli mie dari kedua pabrik tersebut. Metode pelaksanaan program ini meliputi: pelatihan dan pendampingan dengan kegiatan antara lain: (i) penataan ruangan untuk pengambilan video, (ii) perekaman video proses pembuatan mie basah hingga testimoni terakhir kepuasan pelanggan. (iii) pengeditan video menggunakan aplikasi perangkat lunak.
Pengenalan Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Taman Bacaan Masyarakat Hilma Safitri; Ismi Adinda; Nikomang Ariani; Asep Ahmad ZA
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1: Juni (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.588 KB)

Abstract

ArtArtikel ini bertujuan untuk memberikan informasi materi buku teks hasil kegiatan PKM yang dilakukan untuk membantu pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini dengan menggunakan kosakata dan gambar. Di tengah pandemi covid 19, metode kegiatan PKM dilakukan melalui pembuatan buku ajar oleh empat dosen dan lima mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Pamulang. Buku-buku pelajaran yang dicetak kemudian dikirim ke Taman Bacaan Masyarakat Kolong Fly over Ciputat untuk digunakan para siswa di lokasi tersebut untuk belajar tentang "Keluargaku" dalam bahasa Inggris. Penyusunan materi buku ajar pengenalan pembelajaran bahasa Inggris dengan tema “Love My Family” ini dengan melihat kebutuhan siswa program pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk belajar bahasa Inggris dan didasarkan pada teori pembelajaran bahasa. Sasaran peserta pembelajaran adalah anak-anak yang belajar bersama dengan Taman Bacaan Masyarakat/Taman Bacaan Masyarakat. Masyarakatnya berasal dari pedagang kaki lima di depan Pasar Ciputat dan masyarakat sekitar. Hasil dan pembahasan menggambarkan isi buku teks.
Peningkatan Bidang Pendidikan dan Infrastruktur melalui Program KKN di Desa Pabiring Kecamatan Poleang Barat, Kabupaten Bombana ANDI MARIANI RAMLAN; Muh. Obi Kasmin; Armadani; Fitriyani Hali; Gemi Susanti
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1: Juni (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1030.189 KB)

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan di Desa Pabbiring, Kecamatan Poleang Barat, kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara. Tujuan dari pelaksanaan program yaitu dosen dan mahasiswa memperoleh pengalaman belajar melalui keterlibatan dengan masyarakat secara langsung dengan menemukan, merumuskan, mempelajari, mengenal potensi masyarakat, memecahkan, dan menanggulangi permasalahan yang berada di lapangan. Metode pelaksanaan kegiatan KKN dilakukan dalam bentuk pengumpulan data, sosialisasi dan pembimbingan melibatkan pemerintah dan masyarakat secara langsung. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, yakni: peningkatan di bidang pendidikan, infrastruktur dan lingkungan, serta bidang kesehatan. Adapun hasil yang dicapai diantaranya: pelaksanaan program kerja terlaksana 100%, kerjasama yang cukup baik antara mahasiswa KKN dengan masyarakat pemuda karang taruna desa. Selain itu, memberikan pembelajaran yang berharga bagi mahasiswa KKN dalam bersosalisasi dan berbaur dengan masyarakat dan kemampuan memecahkan masalah yang terjadi di desa Pabiring. Adanya komunikasi dan koordinasi yang baik dan lancar, komunikasi serta ikatan emosional dengan tuan rumah dan sebagai keluarga di posko KKN selama kurang lebih 4 minggu berada dalam Desa Pabiring yang membantu serta mendukung dalam melaksanakan segala kegiatan.
Pelatihan Pengembangan Instrumen Tes Baku Menggunakan Model Rasch Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Ahmad Rustam; Sasmin Sasmin; Kasmawati Kasmawati
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.729 KB)

Abstract

Instrumen Tes yang digunakan oleh guru untuk ulangan harian maupun yang digunakan oleh sekolah untuk ulangan secara umum belum memenuhi standar sebagai tes yang baik. Tes yang dikembangkan perlu melalui analisis butir soal yang baik. Analisis butir soal dilakukan untuk menggali sejauh mana kualitas suatu butir soal. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui, yakni: (1) perancangan tes, (2) uji coba tes, (3) penentuan validitas, (4) penentuan reliabilitas, dan (5) interpretasi skor tes. Adapun metode yang akan dilaksanakan dalam pengabdian ini terdiri atas 3 tahapan, yaitu pra-pelatihan, pelatihan, dan pasca-pelatihan. Pra-pelatihan, sebelumnya melakukan persiapan yakni 1) kajian literatur pelatihan Pengembangan Instrumen Tes Baku, serta 2) kajian literatur penggunaan Model Rasch, dan 3) MoU antara peneliti dengan mitra. Untuk tahap pelatihan, akan dilaksanakan dengan tahapan, 1) pelatihan mengembangkan Instrumen, 2) pelatihan analisis butir tes dengan menggunakan model Rasch, dan 3) pelatihan Proses Pembakuan Instrumen. Selanjutnya, tahap pasca-pelatihan yang dilaksanakan dengan tahapan, 1) Pembuatan kelompok peserta pengembangan instrument tes, 2) Praktik riil pembuatan instrumen tes di kelas, dan 3) Evaluasi hasil produk instrument guru. Berdasarkan tahapan tersebut peserta telah mampu: memahami konsep pengembangan soal, memahami konsep pembakuan instrumen dengan menggunakan konsep analisis Model Rasch, menggunakan aplikasi WInsteps dalam melakukan analisis butir.
Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru di Kecamatan Watubangga Supratman Supratman; La Ode Sirad; Fitriyani Hali; Gemi Susanti; Deti Sri Rahayu
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.179 KB)

Abstract

Pelatihan ini di latarbelakngi oleh banyaknya guru yang mengalami kesulitan dalam menulis karya ilmiah sebagai syarat kenaikan pangkat/jabatan bagi guru-guru yang mempunyai golongan ruang IIIa ke atas. Pelatihan ini dberikan kepada 25 guru dari berbagai sekolah di Kecamatan Watubangga yang bertempat di SMP N 2 Watubangga. Tujuan akhir dengan adanya pelatihan adalah 1) agar para guru memiliki kompetensi dalam menyusun karya ilmiah khususnya penelitian tindakan kelas, 2) dalam rangka meningkatkan profesional guru sehingga dapat memenuhi persyaratan dalam kenaikan pangkat, 3) mendampingi para guru dalam penyusunan proposal penelitian tindakan kelas yang telah disiapkan oleh guru. Dalam pelaksanaan PKM ini dibagi beberapa tahapan : 1) Memberikan materi pelatihan, yaitu : pengenalan PTK, pembuatan pendahuluan, tinjauan pustaka dan metodologi penelitian , 2) Praktik pembuatan proposal PTK. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan ini, yaitu guru-guru dapat menyusun bab pendahuluan, tinjauan pustaka dan metodologi penelitian. Bahkan beberapa guru sudah mampu menyusun proposal PTK secara utuh.
Pengembangan Kompetensi Masyarakat dan Fasilitas Desa Air Bajo Kecamatan Mawasangka Melalui Program KKN Halidin; Fitriyani Hali; Andi Ramlan; Gemi Susanti; Sarmadan Sarmadan; Farman; Deti Sri Rahayu; Dian Ulfa Sari
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.312 KB)

Abstract

Pentingnya pengembangan kompetensi masyarakat khususnya pada masyrakat pesisir Desa Air Bajo serta pemenuhan fasilitas desa yang diperlukan untuk menunjang kelancaraan aktifvitas masyarakat dan kesejahteraan masyrakat. Salah satu upaya pengembangan dan pemenuhan tersebut dapat terlaksana melalui kegiatan pengabdian  KKN. KKN menjadi harapan dari memfasilitasi dan memotivasi mengatasi masalah-masalah pembanganunan di daerah pedesaan.   Tujuan dari pengabdian KKN ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui les belajar,  menanamkan rasa cinta lingkungan pada masyarakat, menggagas peserta didik yang melek teknologi, menyediakan fasilitas desa, dan mengadakan perlombaan/game. Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode sosialisasi serta pemberdayaan dengan mengikutsertakan secara langsung aparatur pemerintah dan masyarakat. Hasil yang didapatkan dari pengabdian ini adalah meningkatnya mutu pendidikan melalui les belajar,  terciptanya rasa cinta lingkungan pada masyarakat, meningkatnya keterampilan peserta didik dalam teknologi, tersedianya fasilitas desa, dan meningkatnya rasa kebersamaan dan kerjasama melalui perlombaan.
Pemberdayaan Komunitas Guru Pendamping Dalam Menangani Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Rosnawati; Itsnain Alfajri Husain; Sasmin; Aris Suziman
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (839.063 KB)

Abstract

Seringnya anak menggunakan gadget akan mendatangkan dampak buruk bagi prilaku dalam kesehariannya, anak-anak yang cenderung sering menggunakan gadget akan membuat anak tergantung pada penggunaanya. Tidak dipungkiri anak lebih sering bermain dengan gadget dari pada belajar dan berinteraksi dengan lingkungan tempat dia berada. Keadaan tersebut adalah hal yang mengkhawatirkan karena masa anak-anak adalah masa yang belum stabil, mereka memiliki keingintahuan yang tinggi dan keingintahuan itu berpengaruh pada peningkatan sifat konsumtif. Karena itu anak-anak memerlukan perhatian khusus dari orang tua, dan dampak lainnya yakni bisa mengganggu Kesehatan mata anak usia dini.Masalah yang menjadi pokok penelitian ini adalah:bagaimana pemberdayaan komunitas guru pendamping dalam menangani dampak penggunaan gadget pada anak usia dini di masa pandemi COVID-19. Solusi permasalahan yang ditawarkan dalam hal ini adalah memberdayakan guru pendamping yang dibentuk dari lembaga PAUD, guru pendamping ini bertugas mendampingi anak dalam belajar dirumah, menggantikan orang tua anak yang tidak dapat mendampingi anak pada saat pembelajaran dilaksanakan dirumah. Dari hasil pendampingan menunjukan bahwa pemberdayaan komunitas guru pendamping cukup berhasil dimana komunitas ini sangat antusias dalam kegiatan yang diberikan, hal ini juga dikarenakan masing-masing guru memiliki potensi dan pengalaman baru dalam mengembangkan pengetahuan mereka diluar lingkungan sekolah. Komunitas guru telah mengembangkan pemahaman dan pengetahuan mereka tentang cara menangani dampak penggunaan gadget pada anak, hal tersebut dilihat dari hasil observasi guru yang telah melaksanakan perannya dalam pendampingan dan  Pendampingan belajar yang dilaksanakan oleh guru pendamping selama 12 kali pertemuan dalam 30 hari mendapatkan respon yang baik dari anak dan orang tua anak.
Pemberdayaan Orang Tua Siswa dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 Ahmad; Hesti; Waode Ekadayanti
Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.812 KB)

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menggali sekaligus menganalisis kendala-kendala yang dialami oleh orang tua siswa SDN 23 Pomontoro, selama mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah metode kualitatif fenomenologis, yang dibagun dengan konsep pemberdayaan dan edukasi, serta bersifat problem solving, komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa secara umum kendala-kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid- 19 adalah kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena harus bekerja, orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak saat belajar di rumah, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan gadget, dan kendala terkait jangkauan layanan internet. Adapun bentuk kegiatan yang akan dilakukan berupa edukasi, penyuluhan, pendampingan terhadap orang tua dalam jangka waktu yang telah ditentukan. PKM ini fokus menggali kendala-kendala serta memberikan solusi permasalahan yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah sehingga tetap dapat mendorong keberlanjutan efektifitas belajar anak/siswa sebagaimana mestinya.