cover
Contact Name
Tri Juwono
Contact Email
trijuwono@mercubuana.ac.id
Phone
+628980875279
Journal Mail Official
visikom@mercubuana.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650. Tlp./Fax: +62215870341
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Visi Komunikasi
ISSN : 14123037     EISSN : 25812335     DOI : https://doi.org/10.22441/visikom
Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN: 1412-3037 | e-ISSN: 2581-2335] has been published since 2007 byFakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta, Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi is a bi-annual journal issued on May and November. It consists of research-based articles and /or conceptual articles in communications (see Focus and Scope). The publisher only accepts an original work, which has not been published elsewhere. The article should be submitted through this site in accordance with our format (see Author Guidelines). Submitted article will be reviewed and edited for format uniformity, term, and other procedures.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2014): May 2014" : 10 Documents clear
SOCIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PARTAI POLITIK 2014 DI INDONESIA Berliani Ardha
Jurnal Visi Komunikasi Vol 13, No 1 (2014): May 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.379 KB) | DOI: 10.22441/visikom.v13i1.383

Abstract

Abstrak , Kekuatan media sosial untuk mempengaruhi masyarakat didasarkan secara eksklusifpada aspek sosialnya: ini berarti interaksi dan partisipasi yang bisa dilakukan melalui kampanye.Kampanye pada dasarnya adalah penyampaian pesan –pesan dari pengirim kepada khalayak.Dengan berkembangnya teknologi internet dan banyak penduduk di Indonesia menggunakaninternet serta mempunyai media sosial seperti facebook, twitter, blog dan youtube. Indonesiamenempati urutan kedelapan di seluruh dunia. Layanan jaringan media sosial yang khas bisaberbagi konten, komunitas web, dan forum internet media sosial dari alat dan komunitas yangberbeda. Penggunaan media sosial itu harus direncanakan, dikomunikasikan dan di programuntuk meningkatkan kredibilitas partai. komunikasi organisasi adalah pertimbangan yang pentinguntuk memastikan cukup interaksi dalam platform media sosial. Dapat disimpulkan bahwa mediasosial telah memainkan dan akan terus memainkan peran penting dalam kampanye politik politik2014. Sejauh penggunaan masa depan media sosial melalui platform seperti Facebook , Twitter ,dan Youtube , kandidat politik akan terus berinteraksi dengan pendukung dan menerimadukungan dalam bentuk sumbangan dan relawan.
IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI BAGIAN MASTER CONTROL ROOM (MCR) PT MNC SKY VISION TBK. Dede Iskandar
Jurnal Visi Komunikasi Vol 13, No 1 (2014): May 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/visikom.v13i1.351

Abstract

Abstrak : Dalam suatu organisasi, komunikasi dilaksanakan untuk menggerakkan aktivitas.Setiap organisasi membutuhkan iklim komunikasi yang baik, nyaman dan kondusif, karenadapat memberikan dampak yang positif terhadap motivasi kerja karyawan dalam mencapaitujuan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui iklim komunikasi di bagianmaster control room (MCR) pada televisi berlangganan Indovision. MCR merupakanpengendali siaran utama pada suatu stasiun penyiaran sebelum dinikmati olehpelangganannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus yangmenguraikan dan memberikan penjelasan komprehensif terhadap objek yang diteliti. Hasilpenelitian menunjukkan adanya iklim komunikasi organisasi yang mampu mendukungmotivasi kerja staf di MCR Indovision. Pimpinan mampu mendukung terwujudnya misiperusahaan dengan mempertimbangkan aspek konsolidasi internal organisasi dan komunikasiyang dialogis dan terbuka, baik formal maupun informal.
STRATEGI PENANGANAN KRISIS PARTAI DARI PANDANGAN PUBLIK heri budianto
Jurnal Visi Komunikasi Vol 13, No 1 (2014): May 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.234 KB) | DOI: 10.22441/visikom.v13i1.391

Abstract

Abstrak,Politik dengan magnitude besar dialami oleh partai politik sejak 1 hingga 2 tahunterakhir. Hampir semua partai-partai politik peserta pemilu baik partai lama maupun partai barumengalami krisis yang mengakibatkan guncangan organisasi dan efeknya penilaian negatif daripublik dan hilangnya kepercayaan publik (distrust). Penelitian ini menggunakan dua metode risetyakni tahap pertama melakukan Content Analysis dan discourse analysis, kemudian berikutnyamelakukan survey. Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua partai politik mampumenghadapi krisis intenal partainya yang disebabkan oleh beberapa faktor diantara perilakukorupsi dan terseretnya kader partai mereka dalam persoalan korupsi. Kemudian konflik internalmenjadi faktor lain terjadinya krisis dan kemudian pelanggara etika yang dilakukan kader partaipolitik. Menurunnya kepercayaan publik kepada partai politik lebih banyak disebabkan olehkasus-kasus korupsi yang merupakan pengkhianatan publik, konflik internal dan pelanggarankode etik. Dalam menghadapi situasi itu partai politik harus membuktikan dengan langkah nyatapro terhadap pemberantasan korupsi dengan menindak tegas kader-kader yang terlibat sertamemperbaiki kinerja politiknya. Kemudian diperlukan penguasaan masalah dan pengalamanserta ketenangan dalam mengelola krisis sehingga luas dampak krisis dapat dikendalikan.Kata kunci: strategi politik, penanganan krisis, partai politik 
PEMANFAATAN RADIO KOMUNITAS DI MASYARAKAT NELAYAN DALAM MELESTARIKAN LINGKUNGAN PANTAI BERBASIS BUDAYA LOKAL kokom komariah; evi novianti; Priyo Subekti
Jurnal Visi Komunikasi Vol 13, No 1 (2014): May 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.482 KB) | DOI: 10.22441/visikom.v13i1.362

Abstract

Abstrak, Penelitian ini berjudul Pemanfaatan Radio Komunitas di masyarakat nelayan dalammelestarikan lingkungan pantai berbasis budaya lokal. Tujuan penelitian ini untukmengetahui bagaimana pemanfaatan radio komunitas di masyarakat nelayan dalammelestarikan lingkungan pantai dan untuk mengetahui hambatan yang terjadi dalampemanfaatan radio komunitas. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptifdengan teknik analisis data yang akan digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa radio komunitas digunakan untuk pemberdayaan warga melaluipengenalan lingkungan untuk anak sekolah seperti bagaimana menjaga lingkungan pantai,melestarikan pantai, menjaga pantai dari sampah-sampah dan pengenalan ekosistem pantai.Selain itu, radio komunitas digunakan untuk informasi dan edukasi yang berfungsi sebagaisarana pemulihan trauma pasca bencana. Program yang berjalan sejauh ini tidak berbedadengan umumnya stasiun radio. Kegiatan lebih ditekankan pada edukasi dan informasikebencanaan, terutama di sekitar Jabar Selatan.
ANALISIS PRODUKSI PROGRAM FASHION “ILOOK” DI NET TV Patricia Robin
Jurnal Visi Komunikasi Vol 13, No 1 (2014): May 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.109 KB) | DOI: 10.22441/visikom.v13i1.387

Abstract

Abstrak, Berbagai stasiun televisi berlomba-lomba menghadirkan program yang diharapkandapat menarik perhatian penontonnya, terutama di tengah-tengah persaingan industri televisi saatini yang semakin ketat. Setiap stasiun televisi berlomba menyuguhkan yang terbaik melaluiberbagai produksi programnya. NET TV sebagai salah satu stasiun televisi swasta lokal barumenyajikan satu program tayangan kategori soft news dengan format magazine yang berjudul“iLook”. Program ini menyajikan segala informasi yang berkaitan dengan fashion. Denganmenggunakan metode penelitian studi kasus yang dikaji secara kualitatif, teknik pengumpulandata primer observasi dan wawancara mendalam bersama key informan seperti produser, timkreatif, asisten produksi, editor dan kepala divisi produksi program bersangkutan, penelitian inibertujuan melakukan analisis terhadap proses produksi program tersebut. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa program ini memiliki berbagai strategi mulai dari pemilihan ide secaraselektif, pola rundown, naskah, konsep produksiyang diterapkan dilapangan sampai konsepediting yang digunakan agar audiens tertarik dengan konten yang disajikan. Disamping itu,penempatan waktu dan jam siaran yang tepat juga menjadi salah satu strategi supayaprogram ini semakin diketahui dan mendapat minat dari masyarakat luas
MEDIA SOSIAL DAN PARTISIPASI SOSIAL DI KALANGAN GENERASI MUDA Morissan, Morissan
Jurnal Visi Komunikasi Vol 13, No 1 (2014): May 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.478 KB) | DOI: 10.22441/visikom.v13i1.366

Abstract

Abstrak, Partisipasi generasi muda dalam bidang politik sering kali menjadi bahan perdebatan.Generasi muda sering kali dianggap sebagai kelompok masyarakat yang paling tidak pedulidengan persoalan politik, mereka sering kali mengalami putus hubungan dengan komunitasnya,tidak berminat pada proses dan persoalan politik, memiliki tingkat kepercayaan rendah padapolitisi serta sinis terhadap berbagai lembaga politik dan pemerintahan. Pandangan ini sering kalidibenarkan dengan data yang menunjukkan bahwa generasi muda yang bergabung ke dalampartai politik relatif sedikit, dan mereka cenderung memilih menjadi Golput pada Pemilu. Namundi lain pihak, generasi muda di Indonesia menjadi pelopor penggunaan media sosial yangterkenal sangat intensif. Berbagai lembaga riset internasional melaporkan bahwa jumlahpengguna Facebook di Indonesia adalah yang terbesar kedua di dunia, dan Twitter pada posisiketiga terbesar di dunia. Tulisan ini mencoba untuk memberikan analisa, berdasarkan penelitiandan pengalaman di negara lain, apakah penggunaan media sosial oleh generasi muda mampumemberikan pengaruh terhadap tingkat partisipasi sosial dan secara khusus partisipasi politik.
BENTUK BUDAYA POPULER DAN KONSTRUKSI PERILAKU KONSUMEN STUDI TERHADAP REMAJA Melly Ridaryanthi
Jurnal Visi Komunikasi Vol 13, No 1 (2014): May 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.843 KB) | DOI: 10.22441/visikom.v13i1.379

Abstract

Abstrak, Produk budaya Korea seperti musik dam drama televisi telah dikenal luas dimasyarakat sejak tahun 1990an. Korea saat ini dipandang sebagai pengekspor produk budayapopuler yang saat ini banyak penggemarnya. Budaya dan gaya hidup Korea (Hallyu atauKorean Wave) telah menjadi budaya populer yang menyebar ke berbagai negara termasukIndonesia. Jika melihat bagaimana budaya Korea menyebar di kehidupan masyarakat duniamemunculkan pertanyaan tentang kemungkinan Korean Wave membentuk minat danperilaku konsumsi baru pada mereka yang memiliki minat pada produk-produk korea.Apakah nilai budaya pada produk Korea yang ditransmisikan melalui iklan media massadapat membentuk perilaku konsumsi baru dalam bentuk (re)konstruksi preferensi pembelianproduk? Penelitian ini menggunakan metode Focus Group Discussion yang merupakan teknikperbincangan terhadap beberapa kelompok informan dalam jumlah kecil. Temuan lapanganmenunjukkan adanya minat dan preferensi yang tidak berjalan beriringan. Respondenumumnya menyukai barang-barang produk Korea, namun hal ini tidak berbanding lurusdengan preferensi pembelian mereka. Hal disebabkan karena faktor finansial yang tidaksepenuhnya mendukung.
STRATEGI PROGRAM TAYANGAN INFOTAINMENT DI RCTI Fachrudin, Andi
Jurnal Visi Komunikasi Vol 13, No 1 (2014): May 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.875 KB) | DOI: 10.22441/visikom.v13i1.389

Abstract

Abstrak, Tayangan infotainment adalah suatu kebutuhan yang wajib disetiap televisi. RCTImempersembahkan Intens untuk penonton setia demi memenuhi kebutuhan tontonan akanberita seputar selebritis. Tujuan dari semua program tak terkecuali Intens adalah untukmendapatkan rating dan share terbaik, dan untuk itu dibutuhkan strategi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi program apa yangditerapkan tayangan infotainment Intens. Pada penelitian ini strategi yang digunakan adalahstrategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu melalui fungsimanajemen, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan.Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metodepenelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukanmelalui wawancara mendalam . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penayangan yang digunakan untuk infotainment Intens adalah Head to head, Strong Lide In,dayparting, stripping, crossprogramming, dan bridging.Dapat disimpulkan bahwa strategi yangdigunakan telah berjalan sesuai yang direncanakan.
REPRESENTASI GAYA HIDUP PRIA METROSEXUAL DI MAJALAH PRIA IBUKOTA Ahmad Mulyana
Jurnal Visi Komunikasi Vol 13, No 1 (2014): May 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.375 KB) | DOI: 10.22441/visikom.v13i1.370

Abstract

Abstrak, Munculnya majalah mode dan gaya hidup trans-nasional untuk pria menawarkangaya hidup yang mengusung nilai-nilai konsumtif. Ditinjau dari isi, majalah-majalah priatersebut sekarang ini tidak ada bedanya dengan majalah wanita. Lelaki modern dipersuasiuntuk peduli terhadap kesempurnaan setiap jengkal tubuhnya. Para lelaki diarahkan untukmendisiplinkan diri dalam perawatan tubuh seperti halnya perempuan. Majalah priamengkonstruksi perilaku feminine bagi para lelaki sebagai keseharian gaya hidup mereka.Gaya hidup seperti ini disebut metrosexual. Lelaki metrosexual biasanya adalah orang yangmemiliki karir yang cerah, kondisi finansial yang baik, dan sangat perhatian terhadappenampilan diri. Media menjadi dinamisator bagi berkembangnya suatu gaya hidup yangberdiri di atas kesadaran palsu. Dengan asumsi tersebut maka penulis meneliti apakah yangtersembunyi dalam teks itu memang kepalsuan. Penelitian ini dilakukan terhadap tiga majalahtrans-nasional khusus pria yang beredar di Jakarta yaitu Majalah Men‟s Health, Men Fitness,dan Best Life. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isikualitatif dan analisis semiotic menjadi pilihan. Hasil penelitian dapat dikemukakan pertama,representasi di tiga majalah tersebut adalah representasi pendekatan konstruktivis. Maknadikonstruksikan lewat sistem bahasa dalam rangka mengidentifikasi citra tentang gaya hidup.Melalui prosesual sosial teks secara alamiah meneguhkan nilai-nilai budaya popular dankonsumerisme. Kedua, pencitraan sosok pria metroseksual dilihat dari penampilan gayahidup metroseksual bukanlah produk alamiah, tetapi suatu produk sosial.
KECENDERUNGAN ISI RUBRIK SURAT PEMBACA DI HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT Henny Sri Mulyani. R
Jurnal Visi Komunikasi Vol 13, No 1 (2014): May 2014
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.851 KB) | DOI: 10.22441/visikom.v13i1.359

Abstract

Abstrak : Rubrik Surat Pembaca merupakan layanan publik yang disediakan pihak surat kabarkepada masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecenderungan isi suratpembaca di Harian Umum Pikiran sebagai bentuk umpan balik (feedback) yang tertunda.Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan kategori terdiri dari: kuantitas, jenis isipesan, tujuan lembaga dan umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan jumlah surat pembacayang dimuat Pikiran Rakyat selama Desember 2013 adalah sebanyak 112 surat. Rata-rata suratpembaca yang dimuat antara tiga hingga enam buah surat bergantung pada panjang-pendek suratdari pengirim. Identitas pengirim umumnya beralamat lengkap disertai nomer telepon yang dapatdihubungi. Jenis surat pada umumnya berupa pemaparan kasus yang meminta tanggapan pihakterkait. Jenis kasus sangat beragam tetapi umumnya berkaitan dengan kualitas layanan publikoleh lembaga pemerintah maupun swasta. Surat yang dimuat memerlukan waktu 7 sampaidengan 14 untuk menerima tanggapan dari pihak yang dituju. Namun ada pula yang sama sekalitidak menerima tanggapan apapun. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa isi suratpembaca cukup beragam.

Page 1 of 1 | Total Record : 10