cover
Contact Name
Nofia Natasari
Contact Email
nofia.natasari@uinjkt.ac.id
Phone
+6285693602801
Journal Mail Official
jurnalkpi@uinjkt.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir H. Juanda No.95, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam
ISSN : 28282396     EISSN : 2828237X     DOI : https://doi.org/10.15408/virtu
Focus Jurnal ini berfokus pada Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam hasil penelitian lapangan, hasil kajian pustaka (kritis/review literatur), yang dilakukan oleh individu dan/atau kelompok peneliti, praktisi dan akademisi (mahasiswa dan/atau dosen) Scope Communications | Social | Da’wah | Media Studies
Articles 20 Documents
PERTUNJUKAN TEATER DULMULUK DI TVRI SUMATERA SELATAN: SEBUAH PENDEKATAN KOMUNIKASI BUDAYA Anafatun Walidah
Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.092 KB) | DOI: 10.15408/virtu.v1i1.21746

Abstract

Pertunjukan teater Dulmuluk merupakan sebuah ekspresi komunikasi budaya. Sebagai Pewarisan budaya, secara internal khususnya di TVRI Sumatera Selatan Teater Dulmuluk juga sebagai kebanggaan milik bangsa yang menampilkan kesenian tradisional kota Palembang. Kesenian tradisional Dulmuluk ini harus menjadi perhatian besar terhadap fungsi teater sebagai media pewarisan budaya dan dilestarikan oleh setiap elemen masyarakat. Penelitian ini ingin menjawab, Mengapa pertunjukan teater Dulmuluk tetap bertahan di TVRI Sumatera Selatan? Bagaimana pesan moral Islam dan tanggapan masyarakat terhadap pertunjukan teater Dulmuluk? Penelitian ini menggunakan teori dramaturgi Erving Goffman, dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini pertunjukan teater Dulmuluk masih dipertahankan dan ditampilkan di TVRI Sumatera Selatan sebagai nilai fondasi budaya bangsa, syiar agama Islam lewat seni dan salah satu budaya lakon sesuai dengan cerita daerah. Kata Kunci: Dramaturgi, Pesan Moral, TVRI Sumatera Selatan, Teater Dulmuluk, Komunikasi Budaya.
PERBEDAAN KONSEP PERJODOHAN ISLAM DAN REALITY TV DALAM PERSPEKTIF GLOBALISASI MEDIA Dwi Arini Yuliarti; Tantan Hermansah
Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3556.758 KB) | DOI: 10.15408/virtu.v1i2.23401

Abstract

Program Take Me Out Indonesia merupakan program adaptasi yang telah mengudara di Indonesia sejak tahun 2009 dan menjadi salah satu program reality show tersukses di Indonesia. Namun, disadari atau tidak, kehadiran program tersebut turut pula membawa ancaman hegemoni budaya Barat yang menggerus nilai-nilai budaya Islam. Di era globalisasi ini, perjodohan dijadikan komoditi yang dijual ke ranah publik melalui sebuah tayangan. Tidak sedikit dari adegan yang ditampilkan pada program ini mengesampingkan hukum syara dan berpotensi mendegradasi identitas nilai Islam. Metode penelitian menggunakan studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa globalisasi pada sektor media telah memberikan konsekuensi yang amat besar. Maraknya program adaptasi asing tidak lepas dari respon baik dari masyarakat. Perolehan rating dan share sebuah stasiun tv masih menjadi target utama pencapaian keuntungan perusahaan. Meskipun, apa yang dipertontonkan tidak sesuai dengan hukum Islam dan cenderung keluar dari garis batas hukum Islam. Penerapan komunikasi Islam menjadi kunci penting dakwah dalam menghadapi globalisasi Barat. Kata kunci: Globalisasi, Program Adaptasi, Media, Islam.
PRAKTIK DAKWAH ONLINE DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @KHALIDBASALAMAHOFFICIAL) Umi Kulsum; Arief Subhan; Deden Mauli Darajat
Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2380.918 KB) | DOI: 10.15408/virtu.v1i1.21749

Abstract

Teknologi kerap dipandang negatif oleh kelompok agama karena dianggap bagian dari modernitas yang identik dengan sekularisme. Kehadiran praktik dakwah online di internet mematahkan anggapan ini. Dakwah online tidak sekedar sebagai ruang keberagamaan baru, namun juga mampu menunjukkan ekssitensinya sebagai gerakan sosial spiritual di ruang virtual. Salah satu praktik dakwah online yang memperoleh perhatian adalah akun dakwah kelompok Salafi @khalidbasalamahofficial. Studi ini ingin menjawab bagaimana praktik dakwah online pemuka agama dari kelompok Salafi di media sosial. Riset ini menggunakan perspektif religion online yang melihat bagaimana praktik agama di ruang nyata (offline) masuk kedalam ruang online. Menggunakan  pendekatan kualitatif, metode etnografi virtual, dan model level analisis media siber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam praktik dakwah online terjadi proses modifikasi atas praktik dakwah konvensional di ruang nyata. Pelaku dakwah tidak hanya sekadar memindahkan kajian konvensionalnya ke ruang virtual, namun juga mengubah cara mereka dalam mengemas pesan dan meraih jamaah. Dalam praktik online ada proses yang terorganisir dan terstruktur baik dalam penentuan konten, penyajian, maupun dalam merespons jamaah yang lebih interaktif dibanding pada praktik dakwah konvensional yang terbatas. Meski demikian, keberadaan teknologi sebatas sebagai saluran baru, tanpa mengubah substansi nilai yang melekat pada ajaran Salafi. Selain itu, riset ini menunjukkan bahwa ruang online telah membuka sekat dan kebebasan jamaah untuk merespons isi dakwah secara terbuka dan langsung. Kata Kunci: praktik dakwah online, new media, salafi, instagram, akun @khalidbasalamahofficial 
HIERARKI PENGARUH PEMBERITAAN PINDAH KEYAKINAN DEDDY CORBUZIER DI DETIKCOM Silma Rahmah Alfafa Iskandar
Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.097 KB) | DOI: 10.15408/virtu.v1i2.18077

Abstract

Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dengan memakai jenis metode penelitian studi kasus instrinsic caseyang bertujuan melihat bagaimana faktor internal dan faktor eksternal memengaruhi sebuah isi berita. Peneliti menggunakan pemberitaan pindah keyakinan pindah keyakinan Deddy Corbuzier (21 Juni-21 Agustus 2019) di Detikcom sebagai objek penelitian. Data pemberitaan yang diperoleh dilengkapi dengan wawancara para reporter detikHot, kemudian peneliti menganalisis data dengan teori hierarki pengaruh yang diperkenalkan oleh Pamela J Shoemaker dan Stephen D Reese yang memiliki lima tingkatan level, yaitu level pekerja media, level kerutinan media, level organisasi media, level ekstra media, dan level ideologi media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima level hierarki pengaruh, tiga level sangat memengaruhi, yaitu level individu, rutinitas media dan ideologi media.
IMPLEMENTASI TEORI KOMUNIKASI DALAM PENGGUNAAN TRADISI LISAN LAWAS PAMUJI PADA MASYARAKAT SUKU SUMBAWA Nofia Natasari; Roy Marhandra
Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1999.673 KB) | DOI: 10.15408/virtu.v1i1.21754

Abstract

Tradisi Lisan Lawas Pamuji masih melekat dalam kehidupan sosial masyarakat Sumbawa. Pesan-pesan yang disampaikan sebagai motif menggugah kesadaran masyarakat untuk meningkatkan keimanan. Keberlangsungan penggunaan Lawas Pamuji di tengah-tengah masyarakat di ekspresikan oleh para pegiat seni dan para pendakwah dalam berbagai metode, dan produk karya seni tradisi. Lawas Pamuji yang hingga hari ini masih dapat kita temukan di dalam kehidupan masyarakat, tentu menjadi pertanyaan di dalam benak kita bagaimana komunikasi yang berlangsung di dalam masyarakat Sumbawa sehingga proses penyaluran, pewarisan kepada generasi selanjutnya. Untuk menganalisis hal tersebut, peneliti menggunakan teori komunikasi model Harold Laswell. Sementara untuk memahami dan memudahkan peneliti dalam mengurai apa saja komponen komunikasi dalam Lawas Pamuji, dengan menggunakan teori tradisi lisan Albert Lord. Hasil yang ditemukan di dalam penelitian tersebut adalah, bahwa proses komunikasi yang berlangsung di dalam penggunaan Lawas Pamuji pada masyarakat Sumbawa telah memberikan dampak kepada perubahan sikap dan bertambahnya ilmu pengetahuan. Hal tersebut dapat ditunjukkan dalam operasional komponen komunikasi Lawas Pamuji dalam kehidupan masyarakat suku Sumbawa.Kata Kunci: komunikasi, lawas pamuji, suku sumbawa 
KAPASITAS TERBATAS DALAM MENGENALI HOAKS DI MEDIA SOSIAL PADA KALANGAN MAHASISWA UIN JAKARTA Muhammad Fanshoby; Wahyu Prasetyawan
Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.064 KB) | DOI: 10.15408/virtu.v1i2.23402

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh penggunaan media sosial dan penyimpanan pesan di memori otak serta pengaruh berdasarkan demografi (gender, kelompok jurusan, pendapatan orang tua, dan pendidikan orang tua) terhadap pengambilan pesan dari memori otak untuk mengenali hoaks. Penelitian menggunakan pendekatan model kapasitas terbatas yang bertujuan untuk mencari faktor determinan yang memengaruhi kemampuan seseorang dalam mengenali hoaks. Subjek penelitian 100 orang mahasiswa UIN Jakarta. Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengambilan pesan dari memori untuk mengenali hoaks itu berarti semakin tinggi penggunaan media sosial karena obesitas informasi maka semakin rendah kemampuan seseorang mengenali hoaks. Adapun secara simultan atau bersama-sama variabel dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan pesan dari memori otak seperti yang ditunjukkan oleh tingkat signifikansi F < α (0.000 < 0.05) dan R-Square sebesar 0.576. Artinya kontribusi variabel independen dalam memengaruhi variabel dependen sebesar 54,9%, sedangkan sisanya sebesar 42,4%, dijelaskan oleh variabel di luar penelitian ini. Secara keseluruhan penelitian ini menjelaskan penggunaan media yang tinggi dan penyimpanan pesan di memori otak yang rendah (terbatas) memungkinkan seseorang kesulitan mengenali hoaks, begitu juga sebaliknya. Keywords: Model Kapasitas Terbatas, Penggunaan Media, Penyimpanan Pesan, Gender, Kelompok Jurusan, Pendapatan Orang Tua, Pendidikan Orang Tua, Pengambilan Pesan, Hoaks, Media Sosial
MEDIA RETORIKA DAKWAH PADA ERA MILENIAL Bobby H. Trilaksono; Wahyu Prasetyawan; Amirudin Amirudin; Kiky Rizky
Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/virtu.v1i1.18073

Abstract

Media retorika menjadi sebuah seni yang dapat membantu tercapainya proses komunikasi dan mempengaruhi orang lain untuk menerima isi pesan yang disampaikan. Retorika dakwah merupakan poin penting yang dibutuhkan dalam menyampaikan sebuah isi pesan dakwah yang diberikan kepada manusia. Penerapan retorika dakwah dapat membantu tercapainya tujuan dakwah yang diinginkan. Setiap orang akan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menyampaikan dakwah di era milenial seperti saat ini. Adanya penerapan seni berbicara yang mampu diterima dengan mudah oleh para khalayak. Di era milenial masyarakat telah mengalami perubahan pada pola hidup di mana segala sesuatunya didampingi dengan penggunaan teknologi digital. Manusia serasa tidak bisa hidup tanpa adanya teknologi digital yang kini dapat membantu terpenuhinya kebutuhan yang dimiliki. Tentunya, dakwah akan bisa dilakukan dengan baik dan mampu mempersuasi penerima pesan saat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Kini dakwah dapat dilakukan dan disebarkan melalui beragam media sosial seperti WA, Facebook, internet, Instagram, Youtube, Twitter, dan media lainnya.Kata Kunci: media retorika, dakwah, era milenial.
STRATEGI KOMUNIKASI MUI DALAM MENSOSIALISASIKAN FATWA MUI NO. 14 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN IBADAH DALAM SITUASI TERJADI WABAH COVID-19 Khairul Anam; Ahmad Saiful Bahri; Suharjo Nugroho; Anita Sartika
Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2641.602 KB) | DOI: 10.15408/virtu.v1i2.23380

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk juga Indonesia telah memberi dampak bagi berbagai sektor kehidupan, salah satunya dalam hal beribadah. Di Indonesia, dalam usaha melawan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang panduan ibadah selama masa pandemi. Salah satu isi fatwa tersebut adalah menghimbau umat Islam yang tinggal di daerah red zone agar membatasi kegiatan beribadah berjamaah di masjid. Namun, dalam kenyataannya, fatwa MUI tersebut menuai pro dan kontra di kalangan umat muslim. Sehingga penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh MUI dalam mensosialisasika fatwa no. 14 tentang panduan ibadah selama masa pandemi. Penelitian ini berangkat dari paradigma subjektif, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teori yang digunakan adalah teori model komukasi Laswell, yakni melihat 5 komponen komunikasi, who, say what, in which channel, to whom, dan what effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana peran masing-masing komponen komunikasi dalam mensosialisasikan fatwa tersebut.  Kata Kunci: Strategi Komunikasi, MUI, Fatwa, Covid-19
FASE TRANSFORMASI IDEOLOGI PERTUNJUKAN TEATER KANVAS Nur Kholis Makki; Ibnu Qoyim
Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.44 KB) | DOI: 10.15408/virtu.v1i1.18076

Abstract

Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk melihat bagaimana proses transformasi ideologi pertunjukan pada salah satu kelompok Teater di Jakarta, yaitu Teater Kanvas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data wawancara, naskah pertunjukan dan beberapa kliping pemberitaan seputar pertunjukan, ataupun pemberitaan eksklusif tentang Teater Kanvas yang diambil pada Oktober 2019 hingga Juli 2020. Setelah memperoleh data dari naskah, dokumentasi, kliping berita dan wawancara, langkah selanjutnya adalah mengklasifikasikan data sesuai  dengan  permasalahan  yang diteliti,  kemudian  data  tersebut  disusun, dianalisis dan dikelompokkan. Hasil penelitian ini adalah proses transformasi Ideologi pertunjukan Teater Kanvas yang terdiri dari tiga fase, yaitu; fase ideologi pertunjukan awal, fase transisi ideologi pertunjukan dan fase ideologi baru pertunjukan Teater Kanvas.Kata Kunci: teater, transformasi, pertunjukan, ideologi
KOMUNIKASI, TEKNOLOGI INFORMASI DAN KETENAGA KERJAAN KAJIAN PERKEMBANGAN INKLUSI TEKNOLOGI DIGITAL DAN PENGANGGURAN DI INDONESIA Seni Soniansih; Yopi Kusmiati; Bintan Humeira
Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Faculty of Dakwah and Communication, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.386 KB) | DOI: 10.15408/virtu.v1i2.23400

Abstract

Inovasi teknologi dikhawatirkan menyebabkan pengangguran massal. Namun Inovasi teknologi juga dibutuhkan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Tujuan makalah ini adalah memahami dan meramalkan dampak inovasi teknologi terhadap tenaga kerja di Indonesia dengan pendekatan model John Hick yang di estimasi menggunakan model Threshold Autoregressive (TAR). Penelitian ini berusaha mengkontruksi dan memetakan dampak inovasi teknologi pada ketenaga-kerjaan serta mencari solusi mengatasi dilema inovasi teknologi dan ketenaga kerjaan dan mengkombinasi dengan metode kuantitatif content analysis.Kami menemukan bahwa inovasi teknologi  memiliki pengaruh terhadap ketenagakerjaan,potensi pembukaan peluang kerja baru sebagai dampak positif inovasi teknologi sebagai kompensasi penekanan kesempatan kerja akibat inovasi teknologi.Kata Kunci :  Indonesia, Pengangguran, Inovasi, Teknologi.

Page 1 of 2 | Total Record : 20