cover
Contact Name
Adiyanna Adam
Contact Email
adiyanaadamm@gmail.com
Phone
+6281340137313
Journal Mail Official
juangajurna21@gmail.com
Editorial Address
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAl) BABUSSALAM SULA Jin. Yossudarso KM. 10 Kecamatan Sanana Utara, email :stai.babussalamsula@yahoo.co.id Tip. {0929) 2221135
Location
Kab. kepulauan sula,
Maluku utara
INDONESIA
JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan
ISSN : 24601381     EISSN : 27977226     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan berisi tentang persoalan agama dan ilmu pengetahuan secara umum diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 67 Documents
Pendidikan Islam Dalam Merespon Kecenderungan Perubahan Masyarakat Kekinian Sahrul Takim
JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan JUANGA, Vol. 6 No. 02 (2020): Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.846 KB)

Abstract

Perubahan sosial di suatu masyarakat muslim biasanya ditunjukkan dengan berkembangnya peradaban di masyarakat muslim tersebut. Jadi bisa diambil konklusi bahwa substansi perubahan sosial tersebut adalah munculnyaperadaban Islam yang kuat. Namun di balik faktor aktivitas dan kreativitas masyarakat masih terdapat faktor lain yaitu agama, spiritualitas atau kepercayaan. Para sarjana Muslim kontemporer umumnya menerima pendapat bahwa agama adalah asas peradaban, menolak agama adalah kebiadaban. Meskipun dalam paradaban Islam struktur organisasi dan bentuknya secara material berbeda-beda, namun prinsip-prinsip dan nilai-nilai asasinya adalah satu dan permanent. Prinsip-prinsip itu adalah ketaqwaan kepada Tuhan (taqwa), keyakinan kepada keesaan Tuhan supremasi kemanusiaan di atas segala sesuatu yang bersifat material, pengembangan nilai-nilai kemanusiaan dan penjagaan dari keinginan hewani, penghormatan terhadap keluarga, menyadari fungsinya sebagai khalifah Allah di bumi berdasarkan petunjuk dan perintah-Nya (syariat). Tulisan ini bertolak dan dua permasalahan utama yakni Bagaimana Problematika Pendidikan Islam saat ini dan Seperti Apa rumusan Pendidikan Islam Dalam Merespon Perubahan Masyarakat Kekinian. Kajian dari penulisan ini bertujuan untuk mengetahui Problematika yang ditemukan dalam setiap praktik penyelenggaraan pendidikan islam dan bagaimana ikhtiar pendidikan islam dalam merespon perubahan sosial yang terus mengalir seiring dengan kebutuhan masyarakat. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada tataran filosofis dan praksis pendidikan Islam di Indonesia tak luput dari bermacam persoalan baik yang bersifat akut maupun faktual. Persoalan akut seperti diskursus yang tak kunjung usai antara ilmu agama dan ilmu umum. Sementara problema faktual lebih terkait pada masalah-masalah teknis implementatif pelaksanaan pendidikan Islam. Namun dibalik masalah tersebut, secara historis Islam membangun peradaban melalui pendidikan, karena jalan pendidikanlah merupakan salah satu cara yang efektif dalam membangun umat. Berbeda dengan pendidikan umum, dalam merespon problematika sosial, pendidikan Islam memperhatikan dua sudut pandang dalam segala aspek, seperti aspek lahiriyah dalam menjawab kebutuhan praktis dan bathiniyah untuk memenuhi tuntutan psikologis, berikut juga pendidikan islam memenuhi aspek individual dan sosial, duniawi dan ukhrowi.
Manajemen Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Negeri Sanana di Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara Tamsin Yoioga
JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan JUANGA, Vol. 6 No. 02 (2020): Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.562 KB)

Abstract

Pengembangan kurikulum merupakan suatu hal yang dapat terjadi kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Pesatnya perkembangan zaman, ilmu, dan teknologi serta perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa merupakan hal-hal yang harus segera ditanggapi dan dipertimbangkan dalam pengembangan kurikulum pada setiap jenjang pendidikan. Munculnya perundang-undangan yang baru telah membawa implikasi terhadap paradigma baru dalam proses pengembangan kurikulum. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bentuk Manajemen pengembangan kurikulum di Madrasah Aliah Negeri Sanana, dan Untuk mengetahui efektifitas pengembangan kurikulum di Madrasah Aliah Negeri Sanana. Sementara metode yang dipakai pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan penelitian lapangan yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pelaksanaan manajemen pengembangan kurikulum, Madrasah Aliyah Negeri Sanana melakukan berbagai upaya demi tercapainya tujuan Madrasah dan kurikulum sebagai berikut; 1) Mengembangkan komponen kurikulum yang terdiri dari tujuan, isi/materi, aktifitas belajar (strategi/metode), dan evaluasi, 2) Memaksimalkan kemampuan guru/tenaga pendidik, 3) Memanfaatkan semaksimal mungkin sarana dan prasarana yang tersedia, 4) Proses pembelajaran, 5) Menata sumber daya Madrasah (pengelolaan) dan, 6) Pembiayaan, dan Efektifitas pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri Sanana sangat baik, walaupun masih banyak kekurangan dan kendala-kendala yang menghambat upaya mengambangkan kurikulum. Namun setiknya ada upaya yang dilakukan oleh pihak Madrasah sebagai bentuk dari komitmen untuk mencerdaskan generasi muda yakni; 1) manajemen Madrasah, 2) manajemen kurikulum, 3) manajemen personalia, 4) manajemen keuangan, 5) manajemen sarana dan prasarana, dan 6) pemanfaatan sumber belajar. Olehnya itu Dalam proses pengembangan kurikulum, Kepala Madrasah Aliyah Negeri Sanana sebaiknya lebih memperhatikan kompetensi guru, sebab terkadang kemampuan guru yang kurang baik dalam mengajar bisa menghambat pengembangan itu sendiri. Lebih memperhatikan sarana dan prasarana pendukung Madrasah yang menyangkut dengan praktek siswa agar antara teori dan praktek bisa seimbang.
Guru Sebagai Motivator Hamzah Umasugi
JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan JUANGA, Vol. 6 No. 02 (2020): Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.753 KB)

Abstract

Sebagai langkah ikhtiar dalam memberikan dorongan dan semangat pembelajaran, perlu dilakukan inovasi dalam sistem pendidikan dimana perlu adanya karya guru dalam melakukan belajar dan pembelajaran aktif sehingg para siswa dapat berminat mengikuti proses belajar sebagai salah satu kebutuhan yang mendasar. Motivasi dalam belajar adalah faktor yang penting karena hal tersebut merupakan keadaan yang mendorong keadaan siswa untuk melakukan belajar. Persoalan mengenai motivasi dalam belajar adalah bagaimana cara mengatur agar motivasi dapat ditingkatkan. Demikian pula dalam kegiatan belajar mengajar anak didik akan berhasil jika mempunyai motivasi untuk belajar. Dengan demikian tujuan dari motivasi baik secara ekstrinsik maupun intrinsik sepenuhnya akan manjadi tuntutan dasar bagi setiap pelaku pendidikan dengan tidak meninggal tanggung jawabnya masing-masing dalam membimbing serta mendidik setiap peserta didik menjadi pribadi yang kompetitif. Sehingga dapat dirumuskan bahwa dalam memberikan motivasi guru harus mampu dan dapat membimbing setiap siswa menjadi pribadi yang menuju ke arah pendewasaan mental, sehingga pada setiap proses pembelajaran haruslah selalu diawali dengan keinginan serta dorongan dan semangat akan hasil belajar agar dapat membangkitkan minat setiap siswa dalam mempelajari setiap materi ajar, yang juga diharapkan untuk dipelajarinya.
Analysis Welcoming Expression Used by English Teacher At SMA Negeri 1 Sulabesi Tengah Kabupaten Kepulauan Sula Ternate, North Maluku Zulkifli Tidore
JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan JUANGA, Vol. 6 No. 02 (2020): Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.049 KB)

Abstract

This article reports the strategies in using welcomimg expression applied by English teacher in teaching and learning process, and the kinds of welcoming expression. The data sources for the research were one English teacher who were teaching english and two students who were studying english from SMA Negeri 1 Sulabesi Tengah.The study employed qualitative approach with a grounded theory method for the research. The data were obtained from several instruments, namely the researcher as the main instrument, observation sheet, list of questions, recorder, and camera to take photo and video. The findings revealed that respondent applied good welcoming expression in the classroom. The results also indicated the students argued that the welcoming expression applied by respondent was very good and effective.
Korelasi Strategi Belajar Mengajar Guru Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Pengembangan Prestasi Belajar Anak Sahabuddin Lumbessy
JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan JUANGA, Vol. 6 No. 02 (2020): Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.356 KB)

Abstract

Belajar sebagai proses yang penting dalam dunia pendidikan. Pelaksanaannya, sebagai komponen tenaga kependidikan guru memiliki tugas untuk memahami dan menentukan strategi yang baik serta mampu mempengaruhi siswa untuk memahami apa yang menjadi guru dalam proses pembelajaran. Peran guru di sekolah juga sangat penting dalam meningkatkan kesediaan siswa untuk belajar. Seorang guru dapat memotivasi dan memberikan arahan kepada anak bagaimana belajar lebih baik dan mengembangkan potensi mereka yang terkandung pada anak. Guru yang berkualitas dalam memahami strategi belajar sangat mempengaruhi siswa yang ia ajarkan. Guru yang berkualitas memungkinkan siswa untuk tidak hanya dapat mencapai standar nasional nilai akademik, tetapi juga mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk belajar sepanjang hidup mereka.Selain guru dan strategi belajar, bimbingan orang tua dalam keluarga juga menjadi faktor yang dapat meningkatkan prestasi siswa, karena orang tua keluarga merupakan pendidik pertama yang dikenal oleh anak-anak dalam kehidupannya. Keluarga adalah lingkungan pertama yang diketahui oleh anak, orang tua adalah pendidik dalam keluarga, orang tua adalah pendidik utama dan terutama untuk anak-anak mereka. Dari mereka anak-anak menerima pendidikan terlebih dahulu. Oleh karena itu, bentuk pertama pendidikan yang terkandung dalam keluarga. Tetapi dalam hal orang tua, konseling itu adalah sebuah keharusan bagi manusia. Untuk kelahiran seorang anak yang bukan kebetulan, tetapi salah satu yang telah diprogram. Jadi di sinilah orang tua memiliki tanggung jawab moral untuk kelangsungan hidup putra putrinya. Dengan tanggung jawab yang menyebabkan anak-anak membutuhkan bimbingan untuk kemudian mandiri
Intoleransi Pendidikan di Indonesia Menurut Pandangan Islam Bayukarizki, Said Muammar; Soleman, Noviyanti
JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan JUANGA, Vol. 7 No. 01 (2021): Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.323 KB) | DOI: 10.59115/juanga.v7i1.22

Abstract

Educational intolerance in Indonesia according to Islamic perspective. Indonesia is a country that rich in culture, ethnic, linguistic and religious diversity. Recently, there was a case of religious intolerance in educational institutions. There have been frequent cases of interfaith intolerance in educational institutions. In fact, the intolerance rooted in local regulations. As muslim majority country, the case have strong relationship with Islam. The paper aims to analyse the educational intolerance in Indonesia based on Islamic perspective. By using hadith and Quran as the Islamic guidelines, the writer try to analyse the case. This qualitative research found that all the intolerance acts are prohibited in Islam. There is a hadith that strengthens it and stated that Allah SWT loves a good and tolerant religion.
Strategi Pembinaan Keagamaan Bagi Narapidana Muslim Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sanana Kabupaten Kepulauan Sula Pawah, Eka Diana
JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan JUANGA, Vol. 7 No. 01 (2021): Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.499 KB) | DOI: 10.59115/juanga.v7i1.23

Abstract

Tesis ini membahas tentang Strategi Pembinaan Keagamaan Bagi Narapidana Muslim Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sanana Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara dengan tujuan untuk mengetahui strategi pembinaan keagamaan bagi narapidana muslim di Lembaga Pemasyarakatan dan untuk menganalisa efektifitas pembinaan keagamaan bagi narapidana muslim di Lembaga Pemasyarakatan. Sehingga Memberikan konstribusi pemikiran mengenai pembinaan keagamaan bagi narapidana muslim dan peningkatan kesadaran keagamaan narapidana dan petugas pembinaaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sanana. Penelitian dalam penulisan tesis ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan deskriptif dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 9 (Sembilan) orang yang terdiri dari petugas pembinaan keagamaan, Petugas Lembaga Pemasyarakatan, dan Narapidana, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. H Religious life is a fundamental right of every human being . The State also guarantees freedom of religion to all citizens . Whoever he is, whatever his status , required to practice their religion , including the inmate who is serving a sentence in prison . It is necessary to understand how religious building strategies for Muslim inmates in prison and how the effectiveness of religious construction of Muslim prisoners at the penitentiary . This study aims to determine the strategy for the construction of religious Muslim inmates in prison and to analyze the effectiveness of a religious building for Muslim inmates in prison . Up to Provide contribution to religious thought about the construction of Muslim prisoners and religious prisoners and awareness-raising officer in prison construction nationwide Class II B Sanana .The research in this thesis is a field research using qualitative approach with descriptive design with a number of research subjects as much as 9 ( nine ) members consisting of officers fostering religious , Prison officials and inmates , Data collection techniques used are observation , interview , and documentation .Results of this study concluded that the development strategy conducted in prisons Class II B Sanana need for additional personnel to conduct training because between inmates and officers less balanced development . While the effectiveness of religious guidance for Muslims prisoners in Penitentiary class II B Sanana although in practice there are still many shortcomings , but has led to a better direction . So that raises awareness in the hearts of inmates and can return to live peacefully in the midst of society . This was evidenced by the lack of recidivism figures in the Penitentiary Class II B Sanana
Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pendidikan Menengah Pada Renstra, RKJP dan RKJM SMK Negeri 5 Kota Tangerang Selatan Sunarto, Toto; Hanafiah, Hanafiah; Suhendraya , Hadi
JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan JUANGA, Vol. 7 No. 01 (2021): Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.671 KB) | DOI: 10.59115/juanga.v7i1.24

Abstract

Pendidikan berkualitas adalah hasil sebuah proses sadar yang dilakukan secara terencana, berkelanjutan, menggunakan pakem ilmu dan tentu saja fasilitas yang memadai.SMK Negeri 5 Kota Tangerang Selatan yang sementara ini berdiri pada areal tanah seluas 6.225 m2 di Kelurahan Pondok Benda Pamulang mempunyai visi dan misi untuk mencetak generasi yang unggul dalam IPTEKS, serta berorientasi pada Entrepreneurship. Namun visi dan misi tersebut tidak serta merta bisa dicapai tanpa dukungan dari masyarakat dan pemerintah baik pusat maupun daerah, yang sangat mendesak untuk ditangani adalah peningkatan mutu kelembagaan dan SDM. Untuk menciptakan sekolah sesuai dengan tuntutan masyarakat maupun dunia kerja. SMK Negeri 5 Kota Tangerang Selatan guna mengembangkan lembaga pendidikannya sesuai dengan RENSTRA tahun 2021 menjadi sekolah unggul yang dibanggakan oleh masyarakat Kota Tangerang Selatan dan Banten dan menjadi sekolah standar Nasional dengan fasilitas sarana dan prasarana memadai didukung oleh program serta kegiatan secara kolaboratif dengan DUDIKA dengan penelitian mengembangkan sekolah vokasi berbasis ENTREPRENEUR.sekolah semoga seluruh stake holders pendidikan vokasi bisa mengambil peran secara kolaboratif mewujudkan keinginan yang sangat besar ini, sehingga SMK yang unggul, mandiri, sebagai pusat ilmu dan teknologi pencetak tenaga terampil sesuai standar DUDIKA bisa terwujud.
Efektivitas Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ternate Gani, Rusna
JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan JUANGA, Vol. 7 No. 01 (2021): Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.198 KB) | DOI: 10.59115/juanga.v7i1.26

Abstract

Constitution 1945 clearly stated that each nation has right for education access and quality of education, as will result to the quality of human resources. Good quality of education will be produced by good quality teacher or professional teacher in their job. The result of teacher competent test 2015 shows the average number of teachers still under the standard of government. However, the province of Maluku Utara on the position of 33 per 34 in professionality and teaching technique. It is important to do the teaching competency improvement. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ternate has been done various professional teaching competency improvement. The study aims to examine the effectiveness of professional teaching competency improvement at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ternate. In answering the research question, descriptive qualitative technique was used with the support of primary and secondary data. Data collection was carried out at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ternate by means of observation, interviews, and surveys (questionnaires) of 36 teachers. The results show professional teaching competency improvement program have been carried out by the school and the local government, but the internal factors of teachers become obstacles so that competency development is still less effective.
Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Wahyudin; Hanafiah; Supena, Agus Nana
JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan JUANGA, Vol. 7 No. 01 (2021): Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (47.62 KB) | DOI: 10.59115/juanga.v7i1.27

Abstract

This journal aims to find out how the Bandung Tourism College in the implementation of the curriculum management system and assessment has been running according to procedures and even supervised directly from the Central Ministry of Tourism, this makes STP Bandung a Tourism College which has a big name in the field of tourism in Indonesia. In particular, this study aims to obtain information and empirical analysis of: 1) learning management at STP Bandung. 2) curriculum at STP Bandung 3) assessment of learning at STPB Bandung.