cover
Contact Name
Ejen Jenal Mutaqin
Contact Email
caxra@institutpendidikan.ac.id
Phone
+6285222293501
Journal Mail Official
caxra@institutpendidikan.ac.id
Editorial Address
https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/caxra/about/editorialTeam
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
ISSN : 27984028     EISSN : 27982036     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar Teori Belajar Kurikulum dan Teknologi dalam Pendidikan Manajemen dan Sekolah Kebijakan Sekolah Siswa Meta Kognitif di Sekolah Dasar Literasi Sekolah Dasar Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar (belajar dan pembelajaran, strategi, model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, evaluasi pembelajaran, psikologi pembelajaran, dan atau pedagogy, sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan)
Articles 40 Documents
Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi dan Kesiapan Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Surabaya Kec. Limbangan Kab. Garut Abdul Hakim; Indriyanti Karmila
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.149 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v2i1.1663

Abstract

This study uses the correlational method to determine the relationship between parental attention and learning motivation and learning readiness of fifth grade students at SDN 2 Surabaya. Based on the results of the study showed that: (1) there is a relationship between parental attention and student learning motivation with a significance value for the effect of parental attention on motivation is 0.013 < 0.05 and for the tcount value is 2.681 > 2.055, (2) there is a relationship between people's attention parents with student learning readiness, this is evidenced by the significance value for the effect of parental attention on learning readiness is 0.000 < 0.05 and for the t count value is 4.684 > 2.055, (3) parental attention has an influence on learning motivation and student readiness to learn by see a percentage of 22.3% parental attention has an influence on student motivation. Meanwhile, 46.78% of parents' attention has an influence on the learning readiness of fifth grade students at SDN 2 Surabaya.
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menulis Puisi Naratif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV (Studi Deskriptif Kualitatif Di Kelas Iv SDN 2 Sukagalih) Tiara Indah Sri Wahyuni
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.64 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v1i2.1461

Abstract

Fokus dalam penelitian ini yakni untuk menganalisis bagaimana hasil menulis puisi naratif siswa serta kesulitan yang dialami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana subjeknya yaitu guru dan siswa kelas IV. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) hasil menulis puisi naratif siswa kelas IV yang terdiri dari tema, amanat, diksi dan rima masih tergolong sederhana. Dari 24 siswa terdapat 10 siswa yang termasuk kriteria “Baik”, 3 siswa termasuk kriteria “Cukup”, dan 11 siswa termasuk kedalam kriteria “Kurang”. 2) Kesulitan yang dialami siswa yaitu dalam menentukan judul dan isi puisi sesuai dengan tema, kesulitan dalam menentukan amanat, kesulitan dalam menentukan diksi dan rima. Kesulitan yang tergolong paling kuat pada unsur diksi dan rima, dan kesulitan yang paling ringan yaitu dalam menentukan amanat.Menulis puisi naratif, kesulitan
ANALISIS KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN HERBARIUM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR Dea Asri Pujiasti; Citra Kusuma Dewi; Neni Nadiroti Muslihah
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.72 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v1i1.1177

Abstract

In today’s information age, the ability for creativity is one of the competencies that every student must have. However, science learning in elementary schools has not provided many opportunities for students to develop this ability. Therefore, it is necessary to make efforts to improve students' creative abilities, one of which is by using herbarium learning media. The purpose of this study was to analyze the feasibility of herbarium learning media in increasing students' creativity in science learning in elementary schools. The method used in this research is descriptive qualitative. The research instrument consisted of a questionnaire, observation sheets, and interviews. The results of the questionnaire data processing show that the creativity of students when seen in general in science learning using herbarium learning media, as well as from each indicator, and the attitude scale of each individual shows creative interpretation with 70% of students getting the creative category and 30% of students getting the very category creative. Overall, the quality of herbarium learning media is very suitable to be used to support learning in increasing student creativity in science learning in elementary schools.Keyword: Herbarium Learning Media, Student Creativity Ability, Science Learning. Pada era informasi sekarang ini, kemampuan kreativitas merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki setiap siswa. Namun demikian, dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar selama ini belum banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan ini. Oleh karena itu, perlu upaya dalam meningkatkan kemampuan kreativitas siswa salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran herbarium. Adapun tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kelayakan media pembelajaran herbarium dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian terdiri dari angket, lembar observasi, dan wawancara. Hasil pengolahan data angket menunjukkan bahwa kreativitas siswa jika dilihat secara umum pada pembelajaran IPA dengan menggunakan media pembelajaran herbarium, maupun dari masing-masing indikator, dan skala sikap tiap individu menunjukkan interpretasi kreatif dengan 70% siswa mendapat kategori kreatif dan 30% siswa mendapat kategori sangat kreatif. Secara keseluruhan kelayakan media pembelajaran herbarium sangat layak digunakan untuk menunjang pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Kata kunci: Media Pembelajaran Herbarium, Kemampuan Kreativitas Siswa, Pembelajaran IPA.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN CIKONDANG 5 CISOMPET KABUPATEN GARUT Rivan Syahrul Falah
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.563 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v2i1.1665

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbantuan multimedia terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan bentuk desain penelitian yaitu one group pretest dan post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 di SDN Cikondang 5 Kabupaten Garut tahun ajaran 2021/2022 sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas 4 yang berjumlah 30 orang siswa dengan teknik sampling population. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data menggunakan analisis ststistik deskriptif dan uji Gain Ternormalisasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kemampuan awal siswa sebelum memperoleh pembelajaran IPA berbantuan multimedia sebesar 40.83. 2) Hasil belajar siswa kelas IV setelah memperoleh pembelajaran IPA berbantuan multimedia sebesar 84.50. 3) Pembelajaran IPA berbantuan multimedia efektif terhadap hasil belajar siswa.Kata Kunci: Pembelajaran IPA Berbantuan Multimedia. Hasil Belajar
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Studi Korelasional terhadap Siswa Kelas V SDN 3 Lebakagung) Rajji Koswara Adiredja; Eko Fajar Suryaningrat; Silfany Andina
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.06 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v2i1.1589

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena masih terdapat siswa yang kurang mampu dalam menyusun sebuah kata menjadi sebuah karangan/cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN 3 Lebakagung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jumlah populasi yang terdiri dari 24 orang siswa, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, kecerdasan linguistik dan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN 3 Lebakagung keduanya berkategori sedang dengan frekuensi yang sama yaitu sebesar 66.6%.Pengujian korelasi kecerdasan linguistik dan keterampilan menulis karangan narasi diperoleh sebesar 0.630, yang termasuk dalam kategori “Kuat”, dengan koefisien determinasi sebesar 0.630 atau 36.69% pada taraf koefisien 5%.Sehingga terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 3 Lebakagung.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR IPA (Studi Eksperimen terhadap Siswa kelas V SDN 1 Cibunar) Ejen Jenal Mutaqin; Muhammad Nurjamaludin; Nia Alfiyanti
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.87 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v1i2.1463

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pop-up book terhadap minat belajar IPA siswa kelas V . Jenis penelitian ini aalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, peneliti menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 16 orang sebagai kelompok control. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji homogenitas dan Uji t. Hasil posttest siswa kelas VA yang menggunakan media pop-up book yaitu memiliki skor tertinggi dengan rata-rata 80,00 sedangkan kelas VB yang tidak menggunakan media pop-up book. Dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu terdapat lower bernilai positif dengan skor  2.578 dan upper bernilai positif serta memiliki nilai 10.172 atau nilai Sig(2-tailed) = 0,002. Karena lower bernilai positif dan upper bernilai positif atau Sig.(2-tailed) = 0,002 <  α = 0,05 yang berarti Terdapat pengaruh signifikan media pop-up book terhadap minat belajar IPA siswa kelas V.Media Pop-up Book, Minat belajar
Analisis Metode Jari Magic (Jarimatika) dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dan Motivasi Belajar Siswa Eko Fajar Suryaningrat; Neni Nadiroti Muslihah; Lisna Tiawati
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.805 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v1i1.1178

Abstract

This research is motivated because some students still find it difficult to count, especially in multiplication, this has an impact on learning motivation, therefore researchers are interested in this study which aims to improve numeracy skills and student motivation in learning to count through learning with Jarimatika. This study involved 6 students consisting of 3 participants from class III and 3 participants from class IV. This research method uses a qualitative approach with descriptive methods. This data was obtained by means of tests, motivation questionnaires, and interviews. The data analysis technique in this study uses the process of data collection, data reduction, data display, and conclusion / verification. As for the results of the research using Jarimatika in numeracy skills for class III, the learning activities are practicing Jarimatika, printing fingers and arranging puzzles with an average score of 8.77 and for grade IV the learning activities are matching pictures, pasting cards and the circumference of Nusantara with the average score. 8.66. Meanwhile, for the result of learning motivation for class III gets an interpretation value of 3.22 which is classified into the "Good" category, and for class IV gets an interpretation value of 3.36 belonging to the "Very Good" categoryKeywords: Jarimatika, Numeracy Skills, Learning Motivation Penelitian ini dilatar belakangi karena sebagian siswa masih merasa kesulitan dalam hitungan khususnya dalam perkalian hal ini berdampak terhadap motivasi belajar, oleh karena itu peneliti tertarik dalam penelitian ini yang bertujuan meningkatkan kemampuan berhitung dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran berhitung melalui pembelajaran dengan jariamtika. Penelitian ini melibatkan partisipan sebanyak 6 orang siswa yang terdiri dari 3 orang partisipan dari kelas III dan 3 orang partisipan dari kelas IV. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data ini diperoleh dengan tes, angket motivasi, dan wawancara. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan proses pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan /verifikasi. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan jarimatika dalam kemampuan berhitung untuk kelas III kegiatan belajarnya belatih jarimatika, mencetak jari tangan dan menyusun puzzle dengan hasil rata-rata nilai 8.77 dan untuk kelas IV kegiatan belajarnya mencocokan gambar, menempelkan kartu serta keliling nusantata dengan hasil rata-rata nilai 8.66. Sedangkan ntuk hasil motivasi belajar kelas III mendapatkan nilai interpretasi 3.22 tergolong ke dalam kategori “Baik”, dan untuk kelas IV mendapatkan nilai interpretasi 3.36 tergolong ke dalam kategori “Sangat Baik”Kata kunci: Jarimatika, Kemampuan Berhitung, Motivasi Belajar
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Neng Elsa Novianti Ruhiat
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.009 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v2i1.1623

Abstract

The results of observations of science learning in class show that there are still many students who seem to have difficulty reading and understanding what the teacher is saying. Likewise, teachers have not used media that can help students understand learning more easily. Thus, there is a need for innovative changes in learning that are able to help students learn science more easily and interestingly. This study aims to determine: 1) the effect of student learning outcomes in science lessons; and 2) The effect of student learning outcomes in learning using Scrapbook learning media. Experimental method with quantitative and quasi-experimental approach in the form of One Group Pretest-Posttest Design. The research was conducted in the fourth grade of SDN 3 Mekarbakti Garut. The results of the study are as follows: 1) There is an effect of student learning outcomes in science lessons 2) The effect of student learning outcomes after using Scrapbook learning media. The conclusion in this study is that there is a significant effect of learning outcomes on science subjects after using Scrapbook learning media
Penggunaan Multimedia Presentasi pada Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Peserta Didik (Studi Kasus Pada Tema Ekosistem di Kelas 5 SDN 6 Cikondang) De Budi Irwan Taofik; Aceng Ahmad Rodian Susila
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.104 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v2i1.1574

Abstract

The research is aim to know raising student competence in writing using project based learning model based mutimedia presentation. This method research using experiment method with quantitative approach. Design is used experimental formed nonequivalence design group pretest-posttes. Research approach can summarised are:  1) Student writing competence  raise after learning using  projects based learning base mutimedia presentation in Bahasa Indonesia learning to student at  grade five SDN 6 Cikondang and 2) there are different result of writing study in bahasa indonesia at grade five SDN 6 Cikondang between student who use project based learning base mutimedia  presentation and student who don't use it.
Analisis Pembelajaran Jarak Jauh Ditinjau dari Pengalaman Mengajar Guru Selama Pandemi Covid-19 Shendy Avina Julifahni
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.856 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v1i2.1432

Abstract

 Fokus dalam penelitian ini yakni berusaha untuk memaparkan 1) pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ditinjau dari pengalaman mengajar guru 2) efektivitas pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, dimana subjeknya adalah guru kelas tinggi yaitu guru kelas IV, guru kelas V, dan guru kelas VI. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan metode wawancara dan dokumentasi kepada narasumber. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum maksimal, hal ini dikarenakan perencanaan terkait tujuan pembelajaran, serta pemahaman dan pengaplikasian dari model, metode, teknik, media dan alat evaluasi yang dilaksanakan masih terasa konvensional tanpa ada inovasi terkait pembelajaran jarak jauh 2) efektivitas pembelajaran dikatakan belum efektif pelaksanaanya karena beberapa hal seperti a) belum siapnya siswa dalam melaksanakan pembelajaran, b) kurang maksimal penyampaian materi c) faktor ekomomi siswa yang mempengaruhi pada media pembelajaran yang digunakan, serta d) kurangnya respon siswa dan orang tua terkait penyampaian dari guru.

Page 1 of 4 | Total Record : 40