cover
Contact Name
I Nyoman Meirejeki
Contact Email
bhaktipersada@pnb.ac.id
Phone
+62361-701981
Journal Mail Official
bhaktipersada@pnb.ac.id
Editorial Address
Unit Publikasi Ilmiah, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Politeknik Negeri Bali, Kampus Jimbaran, Badung, Bali, Indonesia
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
BHAKTI PERSADA Jurnal Aplikasi IPTEKS (Journal of Applied Sciences and Technology)
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 24774022     EISSN : 25805606     DOI : 10.31940/bp
Fokus Jurnal Bhakti Persada menerbitkan artikel yang membahas mengenai penelitian terapan pengabdian masyarakat di bidang teknologi dan ilmu sosial. Ada beberapa jenis artikel penelitian yang dapat diterima oleh BP yaitu penelitian evaluasi, penelitian dan pengembangan, dan penelitian tindakan berbasis pengabdian kepada masyarakat. Penelitian evaluasi adalah jenis penelitian terapan yang menganalisis informasi yang ada tentang subjek penelitian untuk sampai pada hasil penelitian yang objektif atau mencapai keputusan yang tepat. Jenis penelitian terapan ini sebagian besar diterapkan dalam konteks bisnis, misalnya, sebuah organisasi dapat mengadopsi penelitian evaluasi untuk menentukan cara mengurangi biaya overhead. Penelitian dan pengembangan adalah jenis penelitian terapan yang berfokus pada pengembangan produk dan layanan baru berdasarkan kebutuhan pasar sasaran. Ini berfokus pada pengumpulan informasi tentang kebutuhan pemasaran dan menemukan cara untuk meningkatkan produk yang ada atau membuat produk baru yang memenuhi kebutuhan yang diidentifikasi. Penelitian tindakan adalah jenis penelitian terapan yang bertujuan memberikan solusi praktis untuk masalah bisnis tertentu dengan mengarahkan bisnis ke arah yang benar. Biasanya, penelitian tindakan adalah proses penyelidikan reflektif yang terbatas pada konteks tertentu dan situasional di alam. Ruang Lingkup Meliputi hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pariwisata, bahasa, bisnis dan ekonomi, teknik dan kejuruan, kesehatan, dan lainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2022): Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS" : 9 Documents clear
Analisis Pelacakan Alumni Program Studi Diploma IV Keperawatan Gigi Tahun 2016-2020 Poltekkes Kemenkes Semarang Kharismana Umia Wulandari; Endra Nastiti Donasari; Muh Irfani
Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS Vol. 8 No. 1 (2022): Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M, Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.899 KB) | DOI: 10.31940/bp.v8i1.34-45

Abstract

Poltekkes Kemenkes Semarang (Polkesmar) memiliki salah satu jurusan yaitu Jurusan Kesehatan Gigi dan salah satu program studi Diploma IV Keperawatan Gigi. Polkesmar berusaha menghasilkan tenaga kesehatan yang berdaya saing tinggi dan memiliki sertifikat keahlian sesuai dengan kompetensi yang menjadi ciri masing-masing program studi. Dokumentasi untuk melacak alumni Diploma IV Keperawatan Gigi  Jurusan Kesehatan Gigi Polkesmar belum dilaksanakan secara optimal. Hal ini terjadi karena pelacakan alumni membutuhkan sumberdaya dan sumberdana yang cukup besar. Oleh sebab itu dalam rangka melakukan pelacakan alumni perlu dilakukan suatu kegiatan berupa studi penelusuran alumni Diploma IV Keperawatan Gigi Polkesmar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memetakan status bekerja, lama masa tunggu pekerjaan, tempat kerja dan posisi, apakah merupakan pekerjaan pertama, kesesuaian pekerjaan dengan kompetensi dan tingkat kepuasan dengan pekerjaan sekarang. Selain itu juga dilakukan analisis terhadap layanan akademik dan tanggapan penggunan alumni. Metode yang digunakan dalam pelacakan adalah melalui kuesioner online berbantu SMS Gateway, jejaring media social (Whatsapp Group, Line, email). Data diolah dengan merepresentasikan hasil dalam persentase. Kuesioner layanan akademik dan tanggapan pengguna alumni dianalisis menggunakan skala Likert dan disajikan dalam indeks 1 – 4. Hasil yang didapatkan adalah sebanyak 80% alumni berstatus bekerja dengan masa tunggu mendapatkan pekerjaan 93% kurang dari 3 bulan, sehingga alumni tergolong relatif cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Sebanyak 40% alumni bekerja di klinik swasta dan paling banyak bekerja sebagai perawat gigi. Persentase 99% alumni merasa pekerjaan yang dijalani saat ini sesuai dengan kompetensinya. Umpan balik dari stakeholder pengguna alumni menilai sangat baik kemampuan alumni D IV Keperawatan Gigi Polkesmar.
PEMETAAN OBYEK WISATA SPIRITUAL DI DESA BAKAS BANJARANGKAN-KLUNGKUNG I Made Anom Adiaksa; I Gusti Agung Oka Sudiadnyani; Wayan Hesadijaya Uthavi
Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS Vol. 8 No. 1 (2022): Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M, Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.61 KB) | DOI: 10.31940/bp.v8i1.53-60

Abstract

Bakas adalah desa yang berada di kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Indonesia. Adapun juga letak dan kondisi geografis Desa Bakas kurang lebih 3 km dari kota kecamatan Banjarangkan. Mata pencaharian atau pekerjaan masyarakat Desa Bakas, mulai dari petani, Pegawai Negeri Sipil, hingga menjadi pedagang. Luas wilayah Desa Bakas 2,82 km², dan sebagian besar lahan dimaanfaatkan untuk kegiatan pertanian. Desa Bakas memiliki beberapa objek yang menarik berupa wisata alam dan budaya. SK Pokdarwis dikeluarkan Desa Bakas tahun 2018. Desa Bakas secara topografi ada perbukitan dengan persawa-hannya yang membentang, sekaligus menjadi ikon Desa Bakas. Sisi barat desa merupakan Tukad Melangit yang sekaligus menjadi batas desa. Mata air yang berada di pinggir sungai Desa Bakas ini memiliki potensi besar untuk dapat dikelola secara professional untuk meningkatkan pendapatan desa. Kondisi lingkungan sekitar serta potensi alam yang masih alami sangat mendukung untuk pengembangan ini. Pelaksanaan pengabdian ini telah dilaksanakan dengan beberapa aspek seperti aspek pembangunan, aspek sosial masyarakat dan aspek keberlanjutan program. Aspek pembangunan menyangkut pembangunan penunjang wisata seperti tulisan identitas lokasi, gerbang masuk lokasi, papan penunjuk lokasi serta pengecatan. Aspek social dilihat dari tingkat partisipasi aktif kelompok mitra mencapai 90% dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Aspek keberlanjutan program dimana telah terbentuk kelompok Bungsih Tourism Destination (BTD) yang secara aktif bersama tim pelaksana melakukan perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi. Kelompok ini yang mengelola sekaligus melakukan perawatan dan pengembangan lokasi.
Penerapan Sistem Informasi Administratif Desa Ngijo Kabupaten Malang menggunakan OpenSID Cahya Rahmad; Arwin Datumaya Wahyudi Sumari; Annisa Puspa Kirana; Moch Zawaruddin Abdullah; Septian Enggar Sukmana
Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS Vol. 8 No. 1 (2022): Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M, Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.102 KB) | DOI: 10.31940/bp.v8i1.1-8

Abstract

Administrasi kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Desa Ngijo adalah salah satu desa unggulan yang ada di Kabupaten Malang. Kantor Desa Ngijo yang berada di Kabupaten Malang merupakan salah satu instansi pemerintah yang bergerak di bidang pelayanan masyarakat, namun dalam kinerja pelayanan masyarakat Balai Desa ini memiliki kendala dan permasalahan yaitu belum adanya ketersedian sistem informasi yang dapat menangani administrasi kependudukan. Desa Ngijo sebagai salah satu instansi pemerinatahan, memiliki peran yang penting yaitu sebagai pengelola data kependudukan di tingkat desa. Pengelolaan data kependudukan di Desa Ngijo saat ini masih belum memaksimalkan penggunaan teknologi informasi untuk pengelolaannya, sehingga masih terdapat beberapa kekurangan dan kendala yang dihadapi. Seperti masih terdapat kerangkapan data kependudukan, kesulitan dalam pencarian data, serta pembuatan laporan kependudukan. Sehingga pelayanan kepada masyarakat serta kerja dari perangkat desa menjadi kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi terkomputerisasi yang dapat digunakan untuk mengelola data tersebut. Metode yang digunakan untuk perancangan sistem administrasi kependudukan yaitu dengan metode prototyping. Dengan adanya sistem informasi administrasi kependudukan yang berbasiskan website ini, dapat memudahkan pengelolaan data kependudukan. Hal ini terwujud dalam persepsi dari 98% peserta pelatihan yang menyatakan bahwa sistem ini akan menjadi komponen layanan yang sangat bermanfaat bagi warga desa.
Pengadaan Branding dan Marketing Digital Produk Makanan Industri Rumah Tangga Pawon Noya Healthy Foods Dian Rahmani Putri; Ni Ketut Deniari; I Gede Putra Mas Yusadara; Ni Made Junia Cahyani; Kadek Dwi Santika; Gede Hendri Mahardika Wicaksana
Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS Vol. 8 No. 1 (2022): Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M, Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.008 KB) | DOI: 10.31940/bp.v8i1.9-17

Abstract

Mitra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pengabdian ini adalah industri rumah tangga Pawon Noya Healthy Foods. Fungsi manajemen bisnis yang diimplementasikan ke dalam branding dan metode pemasaran yang baik dapat membantu UMKM dalam mengelola dan menjalankan usahanya. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah belum adanya branding dan label produk serta belum memahami tentang teknologi digital marketing. Permasalahan kedua berkaitan dengan Ilmu Bahasa dan Komunikasi, yaitu yang berkaitan dengan komunikasi pemasaran produk (marketing communication). Tim Pengabdian Masyarakat STIKOM Bali telah melaksanakan kegiatan PKM ke lokasi Mitra UMKM PAWON NOYA Healthy Foods yang berlokasi di Batubulan, Gianyar, Bali. Tujuan dari PKM ini adalah pertama, untuk membantu Mitra dalam membuat branding dan label kemasan untuk produknya serta membantu Mitra dalam melakukan pemasaran dengan teknologi digital marketing dan kedua, komunikasi pemasaran produk. Tim Pengabdian Masyarakat STIKOM Bali mendampingi UMKM selama masa pengabdian untuk mencari solusi yang efektif, efisien dan memiliki nilai tambah dalam mengelola usahanya, selain itu juga membantu UMKM menemukan solusi yang efektif dan efisien serta memiliki nilai tambah dalam mengelola usaha.
Potensi dan Strategi Pengembangan UMKM Pasir Putih Sawangan Depok Fatimah Fatimah; Petrus H. Kuncoro Seno; Elisabeth Y M; Darna
Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS Vol. 8 No. 1 (2022): Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M, Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.393 KB) | DOI: 10.31940/bp.v8i1.18-25

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi UMKM Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Sawangan Kota Depok adalah jenis produk yang dihasilkan cenderung homogen, belum memiliki legalitas usaha, belum memiliki sertifikat halal serta pemasaran terbatas  sekitar wilayah Pasir Putih kota Depok. Akibatnya pertumbuhan usaha lambat dan sulit bersaing dengan produk yang lainnya. Program  pengabdian yang dilakukan Tim Pengabdi Jurusan Akuntansi PNJ, memiliki tujuan untuk menggali potensi dan mengembangkan UMKM yang tergabung dalam kelompok IWAPI melalui peningkatkan pemasaran produk-produk mereka secara daring. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan dan pendampingan, yang bertujuan membantu UMKM dalam membuat dan mengelola akun toko online pada marketplace Shopee dan Tokopedia, serta membantu setiap UMKM membuat atau menampilkan foto-foto produk yang menarik (eye-catching) sehingga dapat menarik perhatian dari calon konsumen untuk masuk ke laman toko online mereka. Pengumpulan data untuk penulisan artikel ini dilakukan melalui wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Sampel ditentukan berdasarkan purposive sampling expert judgment dimana ketua IWAPI Ranting Sawangan menentukan 24 UMKM sebagai peserta pelatihan dan pendampingan. Hasil wawancara diolah dengan menggunakan metode SWOT dengan pendekatan IFAS dan EFAS dan hasilnya UMKM Pasir Putih berada pada kuadran 1 yang artinya harus dilakukan pemasaran secara agresif untuk meningkatkan pertumbuhan usaha. Strategi produk harus dibuat unik dengan ciri khas, penggunaan hampers yang menarik,  strategi harga dengan menetapkan margin yang bersaing, strategi penjualan dilakukan secara daring dan startegi promosi  melalui  pameran atau bazar serta rajin membagikan contoh produk atau sampel kepada konsumen yang datang.
Implementasi Pendekatan Konsep 3A (Attitude, Attention, Action) dalam Mewujudkan Pelayanan Prima Iis Mariam; Nining Latianingsih; Titik Purwinarti; Endah Wartiningsih
Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS Vol. 8 No. 1 (2022): Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M, Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.978 KB) | DOI: 10.31940/bp.v8i1.26-33

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisi bagaimana konsep 3A (Attention, Attitude, Action) dapat meningkatkan pelayanan prima. Manfaat yang diperoleh untuk peserta pengabdian kepada masyarakat adalah dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan menggunakan pelayanan yang prima. Peserta pelatihan adalah para staf administrasi, Guru, Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak di kecamatan Sawangan, kotamadya Depok sebanyak 20 orang.Metode penelitian  yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data memakai, observasi,  diskusi dan studi kasus. Sedangkan evaluasi pelaksanaan menggunakan angket yang berisi pertanyaan tentang konsep 3A dengan konstruktor jawaban merujuk pada skla Likert (sangat tidak setuju, tidak setuju, deskriptif kualitatifsetuju dan sangat setuju. Hasil dan analisis angket  selanjutnya diolah dan  dijelaskan dan menunjukkan bahwa konsep 3A dalam pelayanan telah digunakan para Guru dan Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak dengan baik (setuju 80 %) dan sangat setuju (20%). Hasil ini membuktikan bahwa peserta pengabdian kepada masyarakat setelah mengikuti pelatihan telah menunjukkan perubahan yang baik dalam  perhatian, sikap dan tindakan yang baik  kepada siswa pada waktu pembelajaran berlangsung, kepada orang tua dan masyarakat dalam menyampaikan komunikasi dan informasi.
PENGEMBANGAN POTENSI DESA MENANGA MENJADI DESA WISATA I Made Widiantara; I Gede Iwan Suryadi; Ni Nyoman Sri Astuti; Ni Wayan Wahyu Astuti
Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS Vol. 8 No. 1 (2022): Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M, Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.058 KB) | DOI: 10.31940/bp.v8i1.61-68

Abstract

Desa Menanga sebagai salah satu desa yang terletak di jalur wisata di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem memiliki potensi sumber daya alam dan manusia yang sangat memadai untuk dikembangan menjadi Desa Wisata. Kondisi kontur tanah Desa Menanga yang memiliki kemiringan dan ketinggian yang beragam, sehingga berdampak pula pada areal persawahan. Hal ini menyebabkan beberapa sisi dari areal persawahan dengan kemiringan cukup terjal, sehingga memberikan pemandangan yang eksotis baik ke arah persawahan maupun ke arah Gunung Agung. Program pengabdian bertujuan untuk memen-uhi komponen- komponen yang diperlukam sebagai desa wisata, yaitu 3A (attractions, amenity dan accommodation). Pada program pengabdian ini, fokus kegiatan adalah pengembangan sumber daya manusia (pelaku wisata) dengan metode pelatihan. Pelatihan dilakukan kepada pemilik warung di sepanjang jalan Desa Adat Batusesa, Desa Menanga dengan topik English for Guiding, teknik presentasi/penyajian kuliner serta promosi produk melalui media sosial. Selain itu, dilakukan pemasangan plang nama penanda area di jalur Desa Adat Batusesa yang diharapkan bisa memberikan penanda bahwa jalur tersebut adalah bagian dari Desa Menanga dan menjadi ikonik bagi Desa Menanga. Hasil yang dicapai adalah adanya peningkatan keterampilan anggota UMKM binaan BUMDes Desa Menanga dalam hal English for Guiding, teknik presentasi kuliner, dan promosi produk melalui media social yang dapat dilihat pada google maps. 
Optimalisasi Objek Wisata Edukasi di Dusun Petapan Kabupaten Klungkung Putu Indah Ciptayani; Ni Wayan Dewinta Ayuni; Ni Made Kariati; I Made Anom Adiaksa
Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS Vol. 8 No. 1 (2022): Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M, Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.508 KB) | DOI: 10.31940/bp.v8i1.46-52

Abstract

Dusun Petapan merupakan salah satu dusun di Desa Aan yang terletak di Kabupaten Klungkung. Desa Aan memiliki potensi wisata yang sedang dikembangkan, akan tetapi pengelolaan kawasan belum optimal. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mengoptimalkan objek wisata yang telah ada dengan membangun infrastruktur wisata edukasi. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi sosialisasi, penyiapan lokasi, pengerjaan pembangunan, pemantauan lapangan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini berupa dipasangnya papan penunjuk objek wisata, papan nama objek wisata, wahana permainan edukasi anak-anak dan penataan jalan menuju kawasan wisata. Survey yang dilakukan menunjukkan persepsi masyarakat terhadap objek wisata sebesar 78%, dengan tiga aspek yang masih perlu ditingkatkan yaitu variasi permainan edukasi (75%), papan penunjuk (69%) dan staf (65%).
Inovasi Teknologi Dan Optimalisasi Proses Destilasi Untuk Produksi Arak Tradisional Bali I Gede Nyoman Suta Waisnawa; Ida Ayu Anom Arsani; I Made Rajendra; I Made Sudana
Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS Vol. 8 No. 1 (2022): Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M, Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.596 KB) | DOI: 10.31940/bp.v8i1.69-76

Abstract

Arak merupakan salah satu minuman tradisional mengandung alkohol yang dihasilkan melalui proses destilasi dengan bahan baku nira yang bermanfaat sebagai bahan pencampur produk olahan berupa makanan dan minuman. Kendala dalam produksi arak dengan alat destilasi tradisional atau sederhana mengacu pada aspek waktu dan temperatur proses produksi cukup lama serta kontrol terhadap temperatur pemanasan nira dan pendinginan uap  nira belum bisa dilakukan pengukuran dengan pasti. Temperatur pemanasan nira dan pendinginan uap nira yang kurang tepat dapat memepengaruhi kualitas dan kuantitas hasil distilasi.  Peroses distilasi secara tradisional sangat dipengaruhi juga oleh pengalaman perajin dengan intusisinya memperkirakan proses pemanasan yang terjadi di dalam tungku kesalahan dalam menjaga api pemanas dari pembakaran kayu bakar ini harus ditunggui dan diamati secara terus menerus. Berdasarkan hasil penelitian dan rancang bangun alat distilasi dapat diterapkan sistem kontrol suhu pemanasan nira pada tungku dan suhu pendinginan uap nira dapat diukur dan dikontrol dengan alat pengatur yang disebut thermo kontrol. Penerapan sistem thermo kontrol ini berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas produk hasil distilasi. inovasi teknologi dalam proses produksi arak  untuk  meningkatkan hasil dan kualitas produk. Penerapan inovasi alat destilasi yang dikembangkan terbukti dapat meningkatkan kandungan alkohol sampai dengan 70% dan menurunkan waktu produksi.

Page 1 of 1 | Total Record : 9