cover
Contact Name
M. Miftach Fakhr
Contact Email
fakhri@unm.ac.id
Phone
+62+6282192119493
Journal Mail Official
ptk.pps@unm.ac.id
Editorial Address
https://ojs.unm.ac.id/UJTV/about/contact
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
UNM Journal of Technology and Vocational
ISSN : 25800418     EISSN : 25800434     DOI : -
Core Subject : Education,
Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within vocational education and training. Managing the transition from school/college to work Education-Business partnerships and collaboration Edupreneurship Curriculum Links between education and industry The graduate labour market Work experience and placements The recruitment, induction and development of school leavers and graduates Young person employability and career development Teaching and learning practice in vocational school Vocational education in electronics Vocational education in automotive Vocational behaviour
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022)" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJRAN BERBASIS AUDIO UNTUK SISWA PENDERITA TUNA NETRA DI SLB-A YAPTI MAKASSAR Rimba Saputra; Ahmad Rifqi Asrib; Abdul Muis Mappalotteng
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.69 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis audio untuk siswa penderita tuna netra di SLB-A YAPTI Makassar, (2) Mengetahui kualitas kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Audio Untuk Siswa Penderita Tuna Netra menggunakan pengujian standar ISO/IEC 9126. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (ADDIE), terdiri dari 5 (lima) tahap yaitu, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa penderita tuna netra dan guru di SLB-A YAPTI Makassar. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode pengujian perangkat lunak ISO/IEC 9126 yaitu meliputi aspek functionality, usability, portability dan maintainability. Pada aspek functionality menggunakan test caseoleh dua ahli system, aspek usability menggunakan angket kuisioner, aspek portability menggunakan berbagai jenis smartphone dan aspek maintainability menguji perangkat lunak pada aspek analyzability dan changebility.Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis audio untuk siswa penderita tuna netra. Hasilpengujian aspek functionality sistem dinilai baik karena X mendekati 1, aspek usability memperoleh nilai 65 dalam kategori “sangat tinggi”, aspek portability tidak memiliki error diberbagai jenis smartphone,aspek maintainability menunjukkan sub-karakteristik yang dinilai pada aplikasi dari sisi maintainability sudah baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas perangkat lunak sudah memenuhi kriteria kualitas perangkat lunak.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING, GAYA BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X DI SMK NEGERI 2 PINRANG Nur Syamsinar Munir; Hamsu Abdul Gani; Abdul Muis Mappalotteng
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.714 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan MediaPembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar; 2) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar; 3) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa; 4) Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar; 5) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan model analisis jalur (path analysis). Jumlah populasi sebesar 120 orang. Besar sampel berjumlah 89 orang ditarik secara random proporsional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar; (2) Terdapat pengaruh signifikan Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar; (3) Terdapat pengaruh signifikan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa; (4) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar; (5) Terdapat pengaruh signifikan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAAJR KETERAMPILAN TATA BUSANA SISWA KEALS XII SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DI KOTA MAKASSAR Asra Ali; Hamidah Suryanii; Aisyah Hading
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.638 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar keterampilan tata busana; 2) pengaruh belajar mandiri terhadap hasil belajar keterampilan tata busana; 3) pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar keterampilan tata busana SLB. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Kota Makassar yaitu SLB Negeri 1 Makassar, SLB-B YPPLB Makassar dan SLB YPAC Makassar yang berjumlah 24 siswa. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, dan angket. Pengolahandata menggunakan analisis statistik deskriptif dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajarketerampilan tata busana dengan nilai R Square sebesar 16,9%. 2) kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar keterampilan tata busana dengan nilai R Square sebesar 16,3%. 3) motivasi belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar keterampilan tata busana dengan nilai R Square sebesar 26,4% dan memiliki pengaruh variabel lain sebesar 73,6% yang dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
ANALISIS PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA BERBASIS INDUSTRI DISEKOLAH MENEGAH KEJURUAN Indah Herawati; Husain Syam; Andi Sukainah
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.498 KB)

Abstract

Pangan dan Hortikultura; mengetahui relevansi Kompetensi Keahlian AgribisnisTanaman Pangan dan Hortikultura dengan DU/DI. Metode penelitian ini adalah survei yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Subyek penelitian adalah industri yang bergerak di bidang AgribisnisTanaman Pangan dan Hortikultura dan SMK yang memiliki program kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil penelitian Analisis Profil Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura Berbasis Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan; Aspek Kompetensi Dasar-dasar Budidaya Tanaman merupakan satu-satunya aspek kompetensi yang ketiga belas kompetensi dasarnya diterapkan oleh semua sekolah yang menjadi sampel, Aspek Kompetensi Agribisnis Tanaman Buah merupakan aspek dengan kompetensi dasar terbanyak diantara semua aspek kompetensi yang ada pada Kompetensi Keahlian Tanaman Pangan dan Hortikultura. Aspek Kompetensi Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman merupakan aspek yang memiliki kompetensi dasar paling sedikit diterapkan secara maksimal. Aspek Kompetensi Produk Kreatif dan Kewirausahaan merupakan aspek paling akhir pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura; Relevansi Kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura dengan DU/DI sangat Relevan, untuk PT. East West SeedIndonesia merupakan industri yang memperoleh nilai relevansi terbesar yaitu 24% dan untuk Kelompok Tani Bunga Cap Tanah Merah merupakan industri yang memperoleh nilai relevansi terendah yaitu 13% 
PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MOODLE SELF HOSTED SEBAGAI E-LEARNING MANDIRI SEKOLAH DALAM MENUNJANG MODEL PEMBELAJRAN BLENDED LEARNING DI SMP NEGERI 1 PAJO Rahmatul Rizki; Syahrul Syahrul
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.33 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Portal e-learning berbasis Moodle Self-Hosted sebagai kelas maya untuk berbagai aktivitas seperti pengunggahan dan pengunduhan materi pelajaran, tugas, kuis, serta melakukan presensi dan konferensi video antara guru dan siswa. Sistem ini berbasis website yang terkoneksi dengan Moodle Mobile Apps pada sitem operasi Android dan iOS. Penelitian ini adalah penelitian Researce and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi sistem. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan portal e-learning Moodle Self-Hosted berbasis web dan mobile. (2) Hasil pengujian aplikasi menggunakan standar ISO 25010 pada aspek functional suitability, performance efficiency, compatibility dan portability memiliki berkualitas yang baik. (3) Portal e-learning Moodle Self-Hosted mendapatkan tanggapan yang sangat layak dari pengguna berdasarkan pengujian perangkat lunak menggunakan standar ISO 25010 pada aspek usability.
EFEKTIVITAS E-PORFOLIO VIDEO UNTUK MENINGKATKAN SKILL DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DI SMK KARTIKA XX-I MAKASSAR Novitasari Novitasari; Darlan Sidik; Riana T. Mangesa
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.418 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk melihat efektivitas e-portofolio video untuk meningkatkan skill dan motivasi siswapelajaran desain grafis percetakan.Penilaian ialahsubsistem penting dalam pendidikan. Mengisyaratkan perlunya inovasi sesuai perkembangan  IPTEK. E-Portofolio adalah perangkat lunak untuk menyajikanpenguasaan dan keterampilan siswa secara efektif, karena dapat menyimpan materi, gambar, audio dan video. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian ini adalah pre-experiment design menggunakan the one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket diberikan ke siswa dan guru, dengan angket ini penulis mendapatkan data tentang skill,motivasi siswa dan respon guru.Sampel penelitian kelas XI multimedia sebanyak 20 orang.Hasil penelitian terdapat peningkatan skill dalam bidang fotografi, persentase nilai rata-rata pre test adalah 43,36 % dan post test 85.45 % dari skor ideal 100. Analisis data menggunakan uji-T untuk melihat ketuntasan belajar siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan membuat e-portofolio video. Nilai rata-rata klasikal hasil belajar sebelum perlakuan 15 % dan sesudah perlakuan 90 %, dengan nilai signifikansi (Sig)<0, 05. Respon peserta didik persentase 91% kategori sangat baik. Motivasi siswa dengan persentase 76,14 % kategori baik. Sedangkan respon guru memiliki persentase 96 % menandakan bahwa guru memberikan tanggapan sangat baik pada penilaian e-portofolio video untuk di gunakan pada penilaian mata pelajaran desain grafis percetakan.
PENGARUH KINERJA GURU PRODUKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 2 GOWA Devi Darnita; Muhammad Andi Idkhan; Aisyah Aisyah
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.646 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja guru produktif, tingkat minat belajar, dan tingkat kreativitas serta pengaruh kinerja guru produktif terhadap minat belajar, dan pengaruh kinerja guru produktif terhadap kreativitas siswa. pada Program Studi Tata Busana SMKN 2 Gowa tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional cluster random sampling dengan jumlah sampel 64 responden. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 56,3% kinerja guru dalam kategori tinggi, 68,8% siswa dalam minat belajar sedang, dan 57,8% siswa berada pada tingkat kreativitas sedang. Berdasarkan hasil penelitian, secara parsial kinerjaguru berpengaruh signifikan terhadap minat belajar dengan persentase 28,2%, sedangkan kinerja guru tidak berpengaruh terhadap kreativitas siswa.
SISTEM PEMINJAMAN BARANG DAN PERALATAN LABORATORIUM SMK BERBASIS WEB Laode Muh Zulfardin Syah; Muh Ichsan Ali; Riana T. Mangesa; Darlan Sidik; Abdul Muis Mappalotteng
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.745 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan sistem peminjaman barang dan peralatan laboratorium SMK berbasis web, (2) Mengetahui tingkat kelayakan sistem peminjaman barang dan peralatan di laboratorium SMK Negeri 1 Papalang berbasis web, (3) Mengetahui tanggapan pengguna tentang sistem peminjaman barang dan peralatan di laboratorium SMK Negeri 1 Papalang berbasis web. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Rapid Application Development (RAD). Subjek dalam penelitian ini adalah Wakasek Sarana dan prasarana, kepala kompetensi, dan guru dari SMK Negeri 1 Papalang yang berjumlah 32 orang. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan angket. Data dianalisis menggunakan metode pengujian perangkat lunak ISO/IEC 9126 yaitu meliputi aspek functionality, portability, efficiency, realibility, maintainability, dan usability. Pada aspek functionality menggunakan test case oleh dua ahli sistem, aspek portability menggunakan berbagai jenis sistem operasi dan web browser, aspek efficiency menggunakan GTMetrix untuk uji load halaman web, aspek reliability menggunakan aplikasi WAPT untuk uji performance sistem, aspek maintainability untuk uji perawatan dan aspek usability menggunakan questionnaire. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan sistem peminjaman barang dan peralatan di laboratorium SMK Negeri 1 Papalang berbasis web. Hasil pengujian functionality sistem dinilai baik karena X mendekati 1, aspek portability tidak memiliki error diberbagai jenis sistem operasi dan web browser, aspek efficiency memperoleh waktu muat halaman 788ms dengan skor rata-rata berdasarkan Performance 100%, aspek reliability memperoleh 100% untuk ketahanan, aspek maintainability telah memenuhi ketiga metrik dan aspek usability dilakukan memberikan lembar kuisioner kepada subjek penelitian, penilaian yang diberikan oleh subjek penelitian memperoleh nilai 84,5 dalam kategori “sangat baik” dan layak untuk digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kelayakan perangkat lunak sudah memenuhi kriteria kualitas perangkat lunak.
ANALISIS HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA SISWA SMK NEGERI 2 GOWA Nur Widya Anriyana; Muhammad Ardi; Hamidah Suryani
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.837 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Desain Busana, untuk mengetahui motivasi, sikap, kreativitas, dan dukungan orang tua siswa belajar Desain Busana, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Desain Busana, untuk mengetahui pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar Desain Busana, untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar Desain Busana, untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar Desain Busana, dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, sikap, kreativitas, dan dukungan orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar Desain Busana siswa SMK Negeri 2 Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dan teknikpengambilan sampel menggunakan tabel Krejcie berdasarkan metode Simple Random Sampling, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar DesainBusana berada pada kategori sangat tinggi. Motivasi belajar, sikap, kreativitas, dan dukungan orang tua belajar desain busana berada pada kategori tinggi. Motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Desain Busana. Sikap berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Desain Busana.Kreativitas berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Desain Busana. Dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Desain Busana. Secara bersama-sama motivasi, sikap, kreativitas, dan dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Desain Busana siswa SMK Negeri 2 Gowa.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI 1 LANGGUDU KABUPATEN BIMA Nurbaya Nurbaya; Husain Syam; Patang Patang
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 6, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.84 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah ada pengaruh pengetahuan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. (2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. (3) Apakah ada pengaruh sikap terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. (4) Apakah ada pengaruh keterampilan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. (5) Apakah ada pengaruh pengetahuan, motivasi belajar, sikap, keterampilan secara simultan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. Analisis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis desktiptif dengan Jenis penelitian Ex-post facto kuantitatif melalui pendekatan korelasional menggunakan metode survey dengan populasi seluruh siswa SMK Negeri 1 Langgudu Kabupaten Bima. Sampel penelitian ini terdiri dari 64 responden dari empat Jurusan perikanan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ProporsionalRandom Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket (kuesioner) yang disebarkan secara langsung dan google form untuk menentukan variabel X (pengetahuan, motivasi belajar, sikap, keterampilan) dan variabel Y (kesiapan kerja). Menggunakan teknik analisis data Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif pengetahuan dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 80%. (2) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif motivasi belajar dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 72%. (3) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif sikap dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 72%. (4) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif keterampilan dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 74%. (5) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif kesiapan kerja siswa dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 73%. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis bahwa pengetahuan, motivasi belajar, sikap, keterampilan terhadap kesiapan kerja bersifat positif sebesar 0,716. Pengaruh pengetahuan, motivasi belajar, sikap,keterampilan terhadap kesiapan kerja sebesar 51,3% sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diukur.

Page 1 of 1 | Total Record : 10