cover
Contact Name
Ronald Dwi Nompunu
Contact Email
ronald.dwi@machung.ac.id
Phone
+6281334069671
Journal Mail Official
sainsbertek@machung.ac.id
Editorial Address
Universitas Ma Chung Villa Puncak Tidar N-01, 65151, Malang, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi
Published by Universitas Ma Chung
ISSN : 27971244     EISSN : 2797183X     DOI : https://doi.org/10.33479/sb.v3i1
Jurnal Elektronik Sainsbertek merupakan jurnal Ilmiah yang terbit berkala dua kali per tahun oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ma Chung, bersifat akses terbuka, yang memuat artikel-artikel hasil penelitian dibidang Sains (MIPA) dan Teknologi meliputi bidang Ilmu Farmasi, Kimia, Teknik Industri, Desain Komunikasi Visual, Sistem Informasi dan Teknik Informatika
Articles 81 Documents
RANCANG BANGUN APLIKASI IDENTIFIKASI BURUNG DILINDUNGI MELALUI CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN) Danny Gunawan
Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi Vol. 1 No. 1 (2020): September - Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakIndonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Salah satufauna yang dilindungi yaitu fauna burung. Di Indonesia terdapat1.777 spesies burung dimana beberapa dari spesies tersebutadalah spesies endemik Indonesia. Perburuan dan perdaganganilegal diduga menjadi penyebab utama kepunahan beberapaspesies langka sehingga oleh negara spesies tersebutdimasukkan dalam kategori dilindungi negara. Terdapat 532spesies burung yang dilindungi negara pada tahun 2018.Penyebaran informasi yang baik dapat menjadi salah satu carauntuk membatasi ruang gerak perdagangan ilegal spesiesspesiestersebut. Dalam penelitian ini akan dirancang dandikembangkan sebuah prototipe aplikasi berbasis perangkatbergerak. Aplikasi ini ditujukan untuk mengenali spesies-spesiesburung dilindungi negara menggunakan Convolutional NeuralNetwork (CNN) dengan arsitektur LeNet dan AlexNet. Padaarsitektur yang sudah dirancang menggunakan fungsi optimasiAdam dan Nadam. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan,aplikasi yang dirancang dapat bekerja dengan baik dengantingkat akurasi mencapai 92.65% dalam waktu 17 menit. Datasetyang digunakan pada penelitian ini berjumlah 2.925 citra burungdilindungi dimana 80% dari data tersebut digunakan untukproses training dan sisanya 20% digunakan untuk validation.Kata kunci: Burung, Dilindungi, AlexNet, LeNet, Adam, Nadam AbstractIndonesia has a diversity of flora and fauna. One of endangeredfauna is the bird fauna. In Indonesia there are 1,777 species ofbirds with several species being Indonesian endemic species.Because of the beauty of these birds, poaching and trade happenso birds are endangered and then a lot of their status becomeprotected by the state. Therefore, the author designed anapplication based on mobile devices that can recognize the birdwhich protected by the State. This application aims to beconsideration to help bird lovers for maintaining birds that statusis protected. In this study using the Convolutional NeuralNetwork (CNN) method with LeNet and AlexNet architecture.The optimization function used is Adam and Nadam. Based onthe results of the discussion obtained the level of accuracy usingthe LeNet architecture and the Nadam optimization function of99.83% in the training process and 92.65% in the testing process.The training process takes 17 minutes. The dataset used was2,925 bird images protected with 80% scenarios for training and20% for validation.Keywords: Bird, Protected, AlexNet, LeNet, Adam, Nadam
RANCANG BANGUN APLIKASI KLASIFIKASI TINGKAT KEMATANGAN SANGRAI KOPI MELALUI CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN CNN (CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK ) BERBASIS ANDROID Edward Hendryawan Michael; Kestrilia Rega Prilianti; Mochamad Subianto
Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi Vol. 1 No. 1 (2020): September - Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakProses sangrai kopi merupakan proses yang penting, bahkansecara persentase proses sangrai berpengaruh sebesar hingga 30%dalam sumbangan aroma dan rasa. Namun selama ini prosessangrai kopi hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang sudahahli dalam menyangrai kopi sehingga dapat menentukan tingkatkematangan kopi yang benar dan tepat. Selain itu dalammenentukan tingkat kematangan sangrai kopi masih banyakberdasarkan pendapat subjektif seseorang. Di Indonesia sendiritingkat kematangan sangrai kopi dikategorikan ke dalam tigatingkatan yaitu light roast, medium roast, dan dark roast. Makadari itu penulis, merancang sebuah aplikasi yang mampumengklasifikasikan tingkat kematangan sangrai kopi. Aplikasi inibertujuan untuk dapat membantu standarisasi dalam menentukantingkat kematangan sangrai kopi bagi orang-orang yang mencobamelakukan sangrai kopi secara mandiri. Aplikasi ini dibentukdalam bentuk aplikasi pada perangkat mobile android untukmemudahkan pengguna sehingga dapat digunakan kapanpundisaat yang diinginkan. Pada penelitian ini dilakukan percobaanmenggunakan kombinasi arsitektur CNN antara LeNet5,AlexNet, MiniVGGNet dengan fungsi optimasi ADAM, SGD,dan NADAM. Penelitian ini berhasil menghasilkan model denganakurasi tertinggi hingga 98% menggunakan kombinasi antaraLeNet5 dengan fungsi optimasi ADAM. Model inilah yangdigunakan sebagai opsi standar pada aplikasi ketika melakukanklasifikasi sangrai kopi.Kata kunci: sangrai, kopi, android, LeNet5, AlexNet,MiniVGGNet, ADAM, SGD, NADAMAbstractThe process of roasting coffee is an important process, even thepercentage of roasting process influences up to 30% in thecontirbution of aroma and taste. But so far the process of roastingcoffee can only be done by someone who is an expert at roastingcoffee so that it can determine the correct and appropiate level ofroasted coffee. In determining the level of roasted coffee is still alot based on someone’s subjective opinion. In Indonesia the levelof roasted coffee is categorized into three levels, light roast,medium roast, and dark roast. Therefore the author, designed anapplication that is able to classify the level of roasted coffee. Thisapplication aims to be able to hel standradize in determining thelevel of roasted coffee for people who are tryin to do coffeeroasting independently. This application was formed in form ofan application o nan androiud mobile device to facilitate the useso that it can be used whenever desired. In this reasearch wasconducted using combination of CNN architecture betweenLeNet5, AlexNet, MiniVGGMNet with ADAM, SGD, and NADAMoptimization functions. This research succeeded in producing amodel with highest accuracy 98% using a combination of LeNet5with ADAM optimization functions. This model is used as adefault option in application when classifying roasted coffee.Keywords: roast, coffee, android, LeNet5, AlexNet, MiniVGGNet,ADAM, SGD, NADAM
RANCANG BANGUN APLIKASI PRESENSI DENGAN MEDIA SUARA MENGGUNAKAN MFCC DAN ANN BERBASIS ANDROID Asterik Rafael Winoto
Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi Vol. 1 No. 1 (2020): September - Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Suara manusia memiliki keragaman masing-masing di tiap individu sehingga dapat digunakan sebagai media presensi. Dengan teknologi Mel-Frequency Cepstral Coefficient dan Artificial Neural Network berbasis Android diharapkan dapat membuat sebuah presensi suara yang mudah, aman, dan murah. Dataset dikumpulkan dari 6 pegawai toko Jersey Bike Malang dengan 50 data suara per pegawai sepanjang 3 detik. Data suara diproses oleh MFCC untuk memperoleh nilai koefisien Cepstral dan digunakan sebagai Input ANN. Uji coba arsitektur model di lakukan beberapa kali hingga didapatkan 5 model terbaik yang selanjutnya digunakan untuk uji coba akurasi terhadap tambahan suara Noise. Hasil dari uji coba dipilih 1 model arsitektur yang memiliki akurasi Testing tertinggi yaitu dengan 5 Hidden Layer dengan jumlah Node sebanyak 1000 dan 180 sesuai dengan urutan Layer dengan 10 data Noise yang menghasilkan persentase akurasi Train sebesar 91.6 % dan persentase akurasi Test sebesar 91.6% Kata kunci: Presensi, Mel-Frequency Cepstral Coefficient, Artificial Neural Network, Android. Abstract Human voice has a diversity of each in each individual so that it can be used as a presence media. With Android-Based MelFrequency Cepstral Coefficient technology and Artificial Neural Networks, it is expected to produce easy, safe, and inexpensive sounds. The dataset was collected from 6 Jersey Bike Malang shop employees with 50 voice data per employee for 3 seconds. Voice data is processed by the MFCC to obtain the Cepstral coefficient and is used as ANN Input. Model architectural trials were carried out several times to obtain the 5 best models which will then be used for additional sound verification verification trials. The results of testing select 1 architectural model that has the highest accuracy of Testing, namely 5 Hidden Layers with the number of Nodes as many as 1000 and 180 in accordance with the order of the Layer with 10 Noise data, which results in a Train accuracy percentage of 91.6% and can be tested correctly amounted to 91.6%. Keywords: Presence, Mel-Frequency Cepstral Coefficient, Artificial Neural Networks, Android.
ANALISIS SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) DAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) ALTERNATIF UNTUK DETEKSI KANKER SERVIKS Octaviani Intan Riadi
Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi Vol. 1 No. 1 (2020): September - Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang banyak memakan korban jiwa. Pada kaum wanita, kanker payudara dan kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak dijumpai. Tingginya angka korban jiwa pada kanker payudara dan kanker serviks salah satunya disebabkan oleh keterlambatannya penanganan kanker. Banyak penderita kanker yang tidak menganggap serius terhadap gejala yang ditemui dan akhirnya penanganan yang diberikan menjadi terlambat. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa metode pendeteksian kanker dengan cara mereduksi jumlah atribut menggunakan PCA dan SVM yang paling optimal. Penelitian ini menggunakan library python untuk membantu proses analisis menggunakan PCA dan SVM. Dataset akan diolah dengan menggunakan metode normalisasi MinMaxScaling dan standarisasi. Yang selanjutnya akan digunakan perhitungan sensitivitas dan spesifisitas untuk mencari seberapa akurat model yang dihasilkan SVM. Dengan menggunakan 3 kernel yaitu radial basis function (RBF), sigmoid dan polynomial didapatkan bahwa menggunakan PCA dapat mereduksi dengan baik variabelvariabel yang sudah ada. Hasil pada kernel RBF didapatkan akurasi tertinggi 97.76% di model jumlah PC 30 hingga 31, pada kernel polynomial didapatkan 99.25% di model jumlah PC 21 dan pada kernel sigmoid didapatkan 99,25% di model jumlah PC 13 hingga 14 dan beberapa model PC lainnya. Dari hasil yang didapatkan penggunaan PCA dapat membantu meningkatkan akurasi pada beberapa kernel dalam studi kasus kanker serviks. Kata kunci: MinMaxScaling, Principal Component Analysis, Standarisasi, Support Vector Machine. Abstract Cancer is a disease that takes many lives. In women, breast cancer and cervical cancer are one of the most common types of cancer. The high number of fatalities in breast cancer and cervical cancer is one of them caused by the delay in handling cancer. Many cancer sufferers do not take seriously the symptoms that are found and finally the treatment given is too late. Therefore this study aims to analyze cancer detection methods by reducing the number of attributes using the most optimal PCA and SVM. This research uses the python library to help the analysis process using PCA and SVM. The dataset will be processed using the MinMaxScaling normalization method and standardization. The next calculation will be used sensitivity and specificity to find how accurate the model produced by SVM. By using 3 kernels, namely radial basis function (RBF), sigmoid and polynomial, it is found that using PCA can reduce well existing variables. The results in the RBF kernel obtained the highest accuracy of 97.76% in the PC number model 30 to 31, the polynomial kernel obtained 99.25% in the PC number 21 model and the sigmoid kernel obtained 99.25% in the PC number 13 to 14 model and several other PC models. From the results obtained using PCA can help improve accuracy in some kernels in cervical cancer case studies. Keywords: MinMaxScaling, Principal Component Analysis, Standardization, Support Vector Machine
PERANCANGAN VIDEO FEATURE PERJALANAN BIJI KOPI SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGOLAHAN KOPI Septian Evan Prasetya; Sultan Arif Rahmadianto; Didit Prasetyo Nugroho
Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi Vol. 1 No. 1 (2020): September - Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakKopi adalah salah satu hal yang menjadi daya tarik Indonesia dimata negara lain. Cita rasa yang unik dan beragam membuat kopiIndonesia bisa sukses mendunia. Tidak hanya itu, budaya danbisnis kopi di Indonesia sendiri mengalami peningkatan yangcukup signifikan. Namun ada efek negatif dari munculnyafenomena ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa seni dan kualitas kopidi Indonesia mulai menurun karena adanya persaingan bisnisyang sangat tinggi. Hal ini membuat para pengusaha lebihmengutamakan kuantitas dibandingkan kualitas untuk bertahan.Selain itu, banyak orang yang memulai usaha kopi tanpa dasarpemahaman yang benar mengenai kopi. Tujuan dari perancanganini adalah membuat video feature yang menceritakan prosespengolahan dari kopi mulai dari tahap penanaman hinggapenyajian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalamperancangan ini adalah metode kualitatif deskriptif. Kemudiandalam perancangan akan digunakan metode perancangan video.Dari perancangan ini diharapkan masyarakat bisa lebihmemahami tentang proses pengolahan kopi serta memaknai kopisebagai suatu minuman yang memiliki kualitas dan seni yangtinggi Hasil akhir dari perancangan ini adalah sebuah videofeature berdurasi 05:08 menit, lima buah video teaser dengandurasi kurang lebih 15-30 detik, serta satu set buku foto essaiPerjalanan Biji Kopi.Kata kunci: Kopi, Video, FeatureAbstractIndonesian coffee is very popular in other countries. Theuniqueness and the diversity of its taste make Indonesian coffeesuch a worldwide success. Not only that, but the coffee cultureand coffee business in Indonesia also experienced a significantincrease as well. However, there are some negative effects thatemerged from this phenomenon. In fact, the quality of coffee inIndonesia has begun to decrease due to high coffee businesscompetition. This makes coffee entrepreneurs prioritize thequantity over the quality of coffee to survive. Moreover, manypeople start a coffee business without proper knowledge aboutcoffee itself. The main purpose of this design is to make a featurevideo about the coffee process, from harvesting to the brewingstage. The data collecting method used in this design is aqualitative descriptive method. And the design method used inthis design is the video production method. From this design,Hopefully, the society can understand the process of coffeemaking, and interpret coffee as an art. The final result of thisdesign is a feature video with a duration of 05:08 minutes, fiveseries of teaser video with a duration of approximately 15-30seconds, and one set of Perjalanan Biji Kopi photo essay book.Keywords: Feature, Video, Coffee
PERANCANGAN VISUAL BRANDING LE JAUNE PATISSERIE UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS Eugenia Caroline; Sultan Arif Rahmadianto; Bintang Pramudya P P
Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi Vol. 1 No. 1 (2020): September - Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakSemakin berkembangnya teknologi digital, industri makanan danminuman juga semakin berkembang di Indonesia. Teknologidapat dijadikan sebagai media penjualan dan promosi yangmempermudah usaha-usaha kecil yang ingin memperkenalkanusahanya kepada calon konsumen. Perkembangan ini juga berartisemakin meningkatnya persaingan antar produk yang satu denganyang lain. Le Jaune Patisserie merupakan salah satu industrimakanan minuman yang menjual produk dessert yang cukupunik, tetapi perusahaan ini masih kurang dikenali oleh masyarakatkota Malang karena kurangnya promosi yang dilakukan. Olehkarena itu, dibutuhkannya sesuatu yang dapat menarik minatkonsumen. Perancangan ini dilakukan dengan metode kualitatif.Hasil dari perancangan ini adalah membuat logo, buku CIS yangberguna sebagai panduan dalam mengaplikasikan logo danelemen visual lainnya untuk menjaga konsistensi brand. Selainitu juga dirancang media promosi digital berupa feeds Instagramdan box packaging yang berguna untuk melindungi produk dansebagai media promosi secara tidak langsung.Kata Kunci: logo, branding, media promosi, digital, dessertAbstractThe development of digital technology has affected thedevelopment of the food and beverage industry in Indonesia.Technology can be used as a medium for sales and promotion tofacilitate certain small businesses in introducing their businessesto potential customers. This evolution also means that there is anincrease in competition between one product to another. Le JaunePatisserie is one of food beverage industry which offers uniquedessert products, but is still unknown by Malang society due tothe lack of promotion. Therefore, this company needs somethingthat able to attract customers’ interest. This project is done byqualitative methods and has purposes to create a logo, CIS bookused as a guide in applying the logo and other visual elements tomaintain brand consistency. Furthermore, there are also thepromotional media design in form of Instagram feeds andpackaging box that are used to protect the products and as anindirect promotional media.Keywords: logo, branding, promotional media, digital, dessert
PERANCANGA ULANG TATA LETAK FASILITAS DI PT GOLDFINDO INTIKAYU PRATAMA MENGGUNAKAN ANALISIS LEAN MANUFACTURING Cornelia Agda Santoso; Sunday Alexander Theophilus Noya
Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi Vol. 1 No. 1 (2020): September - Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak PT Goldfindo Intikayu Pratama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri furniture. Meningkatnya pesanan oleh buyer dari tahun ke tahun serta sering terjadi waste di lantai produksi menyebabkan perusahaan ingin memberikan perbaikan terhadap lantai produksi. Salah satu cara yang ditempuh adalah melakukan perancangan ulang tata letak fasilitas. Perbaikan pada PT Goldfindo Intikayu Pratama dilakukan dengan menggunakan analisis lean manufacturing setelah itu dilanjutkan menggunakan aplikasi BLOCPLAN untuk menata ulang tata letak fasilitas perusahaan. Penggunaan analisis lean manufacturing bertujuan untuk mengetahui waste yang terjadi dalam lantai produksi. Tools yang digunakan dalam analisis waste tersebut adalah Value Stream Mapping dan Process Activity Mapping. Dari kedua tools tersebut menghasilkan alur produksi yang memiliki zero waste. Rancangan hasil perbaikan dari analisis lean anufacturing digunakan sebagai acuan untuk diproses dalam aplikasi BLOCPLAN. Hasil dari perbaikan menggunakan analisis lean manufacturing menunjukkan bahwa penggunaan analisis tersebut dapat mengurangi waste yang terjadi di lantai produksi. Prosentase penurunan jarak perpindahan setelah perbaikan adalah sebesar 29,2% sedangkan untuk prosesntase penurunan waktu proses didapatkan sebesar 61,20%. Setelah dilakukan pengolahan data menggunakan BLOCPLAN maka didapatkan hasil penataan ulang tata letak fasilitas dengan urutan yang memiliki jarak perpindahan lebih pendek. Kata Kunci : Lean Manufacturing, waste, BLOCPLAN, Tata Letak Fasilitas Abstract PT Goldfindo Intikayu Pratama is a company engaged in the furniture industry. The increased orders by buyers from year to year and frequent waste in the production floor cause companies to improve the production floor. One way that can be taken is to redesign the layout of the facilities. The improvements at PT Goldfindo Intikayu Pratama were done by using lean manufacturing analysis then continued by using BLOCPLAN application to reorganize the layout of the company's facilities. Lean manufacturing analysis aims to determine the waste that occurs in the production floor. The tools used in the waste analysis are Value Stream Mapping and Process Activity Mapping. Both of these tools produce a zero-waste production flow .The results of lean manufacturing analysis is used as a reference for following processes in the BLOCPLAN application. The results of redesign using lean manufacturing analysis explains that the analysis can reduce waste that occurs on the production floor. The reduction percentage of the displacement distance after the redesign is 29.2% while for the reduction process time is obtained by 61.20%. After processing the data using BLOCPLAN, the results of the facility layout rearrangement are obtained in a order with shorter displacement distance. Keywords : Lean Manufacturing, waste, BLOCPLAN, facility layout
SINTESIS NANOPARTIKEL EMAS DENGAN REDUKTOR EKSTRAK BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA) UNTUK DEGRADASI FOTOKATALITIK RHODAMIN B Ignatius Eric Santoso
Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi Vol. 1 No. 1 (2020): September - Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Nanopartikel Emas sedang menjadi penelitian yang lagi dikembangkan. Banyak penelitian mengenai sintesis nanopartikel emas. Penelitian ini melakukan sintesis nanomaterial emas menggunakan reduktor alami yaitu antosianin. Antosianin ini diambil dari ekstrak bunga rosella. Nanopartikel emas memiliki banyak aplikasi sebagai fotokatalisis, dan juga sebagai sensor peroksida. Sintesis nanopartikel emas menggunakan reduktor ekstrak bunga rosella dilakukan dengan mengekstrak bunga rosella dengan cara maserasi. Proses ekstraksi didapatkan larutan berwarna merah dan di lakukan uji FTIR untuk mengkonfirmasi adanya kandungan antosianin. Larutan hasil ekstraksi dicampur dengan HAuCl4 dan Na sitrat lalu disintesis menggunakan microwave dengan lama waktu 5 menit. Hasil sintesis didapatkan larutan berwarna merah keunguan yang menunjukkan nanopartikel emas sudah terbentuk. Hasil nanopartikel emas di karakterisasi menggunakan PSA dan Spektrofotometer UV-Vis. Nanopartikel emas dilakukan uji degradasi fotokatalitik Rhodamin B dan uji kemampuan sebagai sensor peroksida. Hasilnya nanopartikel emas yang didapat tidak berpotensi untuk degradasi fotokatalitik Rhodamin B, akan tetapi berpotensi sebagai sensor peroksida karena terjadi penurunan sebesar 80,2 %. Kata Kunci: Nanopartikel Emas, Fotodegradasi, Bunga Rosella, Sensor Peroksida Abstract Gold nanoparticles are being developed. Lots of research on the synthesis of gold nanoparticles. This research carried out the synthesis of gold nanomaterials using a natural reducing agent, anthocyanin. Anthocyanin is taken from rosella flower extract. Gold nanoparticles have many applications as photocatalysis, and also as peroxide sensors. Synthesis of gold nanoparticles using a rosella flower extract reductor is done by extracting rosella flowers by maceration. Extraction rocess obtained a red solution and carried out FTIR test to confirm the presence of anthocyanin content. The extracted solution was mixed with HAuCl4 and Na citrate and then synthesized using a microwave with a duration of 5 minutes. The synthesis results obtained purplish red solution that indicates gold nanoparticles have formed. The results of gold nanoparticles were characterized using PSA and UV-Vis spectrophotometers. Gold nanoparticles were tested for photocatalytic degradation of Rhodamin B and tested for ability as a peroxide sensor. The result is that the gold nanoparticles obtained do not have the potential for the photocatalytic degradation of Rhodamin B, but have the potential as a peroxide sensor due to a decrease of 80.2%. Keywords: Gold Nanoparticles, Photodegradation, Rosella Flowers, Peroxide Sensor
PERANCANGAN VIDEO MUSIK UNTUK MEMPERKENALKAN KEMBALI BAND CCCC KEPADA MASYARAKAT INDONESIA Mahabodhi
Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi Vol. 1 No. 1 (2020): September - Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPada tahun 1970-an kota Malang dianggap sebagai barometermusik rock Indonesia. Hingga saat ini kota Malang tetapmemberikan kontribusi terhadap industri musik di Indonesiadengan melahirkan penyanyi dan musisi di Kota Malang.Sangat disayangkan pendengar industri musik rock diIndonesia maupun di Kota Malang mengalami penurunandikarenakan kurang adanya support terhadap musik rock.Namun patut diketahui bahwa terdapat band rock di KotaMalang yang masih eksis dan berjuang di jalur indie yaituCCCC. Tujuan perancangan ini adalah membuat video musikband CCCC dengan judul lagu “Revolusi” yang menceritakansebuah perubahan terbaik adalah perubahan dari diri sendiriuntuk mempopulerkan lagi band CCCC kepada masyarakatIndonesia juga sebagai penutup di album Paradoxa. Metodepengumpulan data yang digunakan dalam perancangan iniadalah metode kualitatif dan menggunakan metodeperancangan video serta menganalisa data dengan 5W + 1H.Dari perancangan ini diharapkan dapat mempopulerkan bandCCCC kepada masyarakat Indonesia serta menambahkaneksistensi industri musik rock di Indonesia khususnya KotaMalang. Perancangan ini menghasilkan 1 video musik yangberdurasi 5 menit, 2 video teaser berdurasi 8-15 detik, dan 1set box merchendise yang berisikan CD-Album, Kalendar,dan T-shirt band CCCC.Kata kunci : Video, Video Musik, Musik rock, bandAbstracIn the 1970s, Malang was considered as a barometer ofIndonesian rock music. Until now, Malang continuescontributing to the music industry in Indonesia by makingsome singers and musicians from Malang. Unfortunately, thelisteners of the rock music industry in Indonesia and Malanghave experienced a decline due to lack of support for rockmusic. But it should be known that there is a rock band inMalang that still exists and fights on the indie track, theCCCC. The purpose of this design is to make the CCCCband's music video with the title song "Revolution" whichtells of the best change is a change from oneself to popularizethe CCCC band to the Indonesian people as well as the coveron the Paradoxa album. Data collection methods used in thisdesign are qualitative methods and use video design methodsand analyze data with 5W+1H. From this design it isexpected to popularize the CCCC band to the people ofIndonesia and add the existence of the rock music industry inIndonesia, especially in Malang. This design produced 1music video with 5 minutes of duration, and 1 set ofmerchandise box containing CD-Album, Calendar andCCCC band T-shirt.Keywords: Video, Music Video, Rock music, Band
PERANCANGAN ANIMASI 3D DONGENG ANAK SI KANCIL DAN BUAYA Valentino Christian W; Sultan Arif Rahmadianto; Ayyub Anshari Sukmaraga
Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi Vol. 1 No. 1 (2020): September - Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakDongeng yakni sebuah produk budaya yang telah mengalamiberbagai macam perubahan terhadap media penyampaiannya.Bahkan dongeng menjadi dilupakan oleh anak-anak di jamansekarang. Agar dongeng tetap disukai anak – anak jaman sekarang,maka diperlukannya pengemasan cerita dongeng yang sesuaidengan minat anak jaman sekarang yaitu dengan dilakukannyapembuatan animasi 3D dongeng Si Kancil dan Buaya yang dapatdinikmati melalui smartphone. Cerita Si Kancil dan Buayamenjadi pilihan dongeng peneliti karena cerita ini sudah ada lamadi Jawa dan dulunya cerita Si Kancil dan Buaya sering dijadikansebagai pengajaran untuk anak-anak. Dalam pengemasan 3D inidiharapkan dongeng tetap dapat dinikmati oleh anak-anak jamansekarang. Metode penulisan yang dipakai dalam perancangan iniadalah analisis kualitatif naturalistik. Perancangan animasi daridongeng "Si Kancil dan Buaya" dengan menggunakan AdobePhotoshop dan Adobe Illustrator dianimasikan dengan softwareBlender 2.8. Perancangan animasi ini juga meliputi pembuatankonsep karakter, storyboard, background, proses animasi yangmeliputi rigging, rendering, dan compositing. Hasil dariperancangan ini adalah animasi pendek Si Kancil dan Buayadengan durasi 3-4 menit. Terdapat media pendukung berupa CDcase, botol minum, T-shirt, trailer, danvideo perkenalanKata Kunci: dongeng, perancangan, animasi 3DAbstractFairytale is a cultural product that has undergone various changesto the delivery media. Even fairy tales are forgotten by childrentoday. In order for fairy tales to be liked by children today, it isnecessary to package fairy tales in accordance with the interestsof today's children, namely by making 3D animation of fairy talesof the hare and crocodiles that can be enjoyed throughsmartphones. The story of The Mouse Deer andCrocodile is a fairy choice for researchers because this story hasbeen around a long time in Java and the story of The Mouse Deerand Crocodile is often used as teaching for children. In this 3Dpackaging it is hoped that fairy tales can still be enjoyed bychildren today. The writing method used in this design is anaturalistic qualitative analysis. The animation design of the fairytale "The Mouse Deer and Crocodile" using Adobe Photoshop andAdobe Illustrator is animated with Blender 2.8. The design of thisanimation also includes the creation of character concepts,storyboards, backgrounds, animation processes that includerigging, rendering, and compositing. The result of this design is ashort animation of the Mouse Deer and Crocodile with a durationof 3-4 minutes. There are supporting media in the form of CDcases, drinking bottles, T-shirts, trailers, and introductory videosKeywords: fairy tales, design, 3D animation