cover
Contact Name
Amir Hamzah
Contact Email
limas.pgmi@gmail.com
Phone
+6282377854150
Journal Mail Official
limaspgmi_uin@radenfatah.ac.id
Editorial Address
Gedung K Lantai 1 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembag. Jalan KH.Zaenal Abidin Fikri, Palembang Sumatera Selatan, Indonesia
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : -     EISSN : 28071824     DOI : https://doi.org/10.19109/limaspgmi.v2i2
Core Subject : Education,
Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian dan studi kasus yang berfokus pada pendidikan dasar. Ruang lingkup Limas PGMI adalah: 1. Pengembangan Kurikulum di Pendidikan Dasar (MI/SD) 2. Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan Muatan Lokal di Pendidikan Dasar (MI/SD) 3. Media dan Teknologi Pembelajaran pada Pendidikan Dasar (MI/SD) 4. Kompetensi Calon Guru, Guru dan Dosen di Pendidikan Dasar (MI/SD) 5. Penilaian di Pendidikan Dasar (MI/SD) 6. Pengembangan Pendidikan Dasar (MI/SD) 7. TIK Untuk Pendidikan Dasar
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah" : 6 Documents clear
Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran IPA Materi Tata Surya di SD/MI Anna Fadilatul Mahmudah; Fitrohtun Fina Indriani; Muhmimmatul Aliyah; Luluk Sulthoniyah
Limas PGMI Vol 4 No 1 (2023): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v4i1.14909

Abstract

Jurnal ini mengulas terkait pemanfaatan media youtube dalam pembelajaran IPA materi tata surya kelas VI di SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk mendorong guru untuk menggunakan media youtube dalam pembelajaran IPA materi tata surya. Metode yang dipakai yaitu metode kepustakaan atau library research. Menggunakan berbagai literatur yang sudah dipilih dan dianalisis sebagai pengumpulan data. Pengumpulan data pada penelitian ini berasal dari jurnal-jurnal tentang media pemanfaatan media youtube dalam pembelajaran IPA materi tata surya. Hasil penelitian ini adalah penerapan, pemanfaatan, hambatan media youtube dalam pembelajaran IPA materi tata surya. Dalam penerapan media youtube guru menyesuaikan dengan apa yang sudah ada di buku pelajaran, media youtube dapat menarik perhatian dan juga semangat belajar peserta didik. Kemudian hambatan dalam pemmanfaatan media youtube ini adalah ketersedian perangkat media yang kurang memadahi, relevansi konten, masalah teknik terkait proses pengunduhan video yang memerlukan waktu yang cukup lama, guru kesulitan mengatur waktu pada saat proses pembelajaran, serta perbedaan karakter dari peserta didik.
Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Puja Hidayati; Safrizal Safrizal; Fadriati Fadriati
Limas PGMI Vol 4 No 1 (2023): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v4i1.15855

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah minat belajar matematika siswa kurang yang berakibat turunnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja faktor penyebab dari turunnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika, lalu media apa yang digunakan oleh guru untuk membantu penyampaian materi kepada siswa. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. informan di dalam penelitian ini adalah guru kelas V SD yang berjumlah 1 orang, siswa kelas V SD yang berjumlah 1 orang, dan orang tua, yang dipilih peneliti malui teknik purposive sampling. Instrument di dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan dalam penelitian yang dilaksanakan peneliti menggunakan alat bantu yang berupa kamera. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada saat penelitian berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun data dan informasi yang telah diperoleh lalu dilakukan analisis yaitu dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa turunnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh kurangnya minat belajar mata pelajaran matematika pada siswa.
Pengaruh Penerapan Metode Make A Match Berbantuan Media Kartu Domino Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kota Palembang Faisal Faisal; Yulia Tri Samiha; Nurlaeli Nurlaeli; Ahmad Syarifuddin
Limas PGMI Vol 4 No 1 (2023): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v4i1.18135

Abstract

Penelitian ini merupakan tindak lanjut dari pengembangan bahan ajar yang telah dikembangkan lebih lanjut di MI Quraniah 8 Palembang pada tema 2 kenampakan tumbuhan dan hewan subtema 3 kenampakan tumbuhan pada pelajaran 1 yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif untuk melihat tindak lanjut dari bahan ajar yang telah dikemukakan terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas III. Minat belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan, mulai dari skor ratarata 88,25, skor maksimal 93, hingga skor minimal 83, sedangkan kelas kontrol menunjukkan skor rata-rata 80,00, skor minimal 72, dan skor maksimal 90. Sehingga dapat dituliskan bahwa ada peningkatan yang signifikan minat belajar siswa yang menggunakan metode make a match berbantuan media kartu domino dan siswa yang tidak menggunakan kartu domino. Hasil belajar siswa sesuai dengan hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5% (α = 0,05). Dengan pengujian terima H_0 jika t_(hitung ≤ ) t_tabel dan tolak H_0 jika t_hitung≥t_tabel dengan derajat bebas (dk)=(n_1+n_2- 2). Hasil uji hipotesis adalah 3,422 > 2,024 thitung > ttabel, artinya dapat diartikan bahwa ada pengaruh penerapan metode make a match berbantuan media kartu domino pada mata pelajaran tematik kelas IIIA MI Qur’aniyah 8 terhadap minat dan hasil belajar siswa.
Penanaman Pendidikan Karakter Religius Melalui Lima Palembang Pada Anak Usia SD Sebagai Upaya Pencegahan “Lost Generation” Khairil Candra Wijaya; Al Ihawana; Siti Fatimah; Ines Tasya Jadiddah
Limas PGMI Vol 4 No 1 (2023): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v4i1.18233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui Implementasi lima pelambang adat semende dalam menumbuhkan karater pada anak usia SD di desa batu surau kec semende darat tengah Kab Muara Enim (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penanaman pendidikan karakter melalui lima pelambang adat semende pada anak usia SD di Desa Batu Surau Kec. Semende Darat Tengah Kab. Muara Enim. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif teknik pengumpulan data penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa :(1) penanaman lima pelambang adat semende dalam menumbuhkan karakter religius pada anak usia SD Desa Batu Surau sebagai upaya pencegahan lost generation dilakukan dengan melalui tiga tahapan yaitu pendahuluan, inti, dan penutup, dengan adanya penanaman lima pelambang adat semende dapat menanamkan pendidikan karakter religius dan mencegah terjadinya lost generation. Faktor yang mempengaruhi penanaman pendidikan karakter religius di desa batu surau sebagai upaya pencegahan lost generation faktor pendukung dan dan pengahambat adalah (1) masih adanya Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) yang aktip, penamaman nilai-nilai lima pelambang adat sebagai pedoman atau nasehat yang erat dalam keluarga,banyaknya anak SD yang melanjutkan ke pondok pesantren sedangkan faktor penghambat adalah: adanya HAM di sekolah, pengaruh sosial handphone, dan kurangnya dorongan orang tua kepada anak dalam belajar.
Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Tematik Kelas V di Sekolah Dasar Desi Nur Safitri; Maryamah Maryamah; Agra Dwi Saputra; Tutut Handayani; Nurlaeli Nurlaeli; Achmad Fadil
Limas PGMI Vol 4 No 1 (2023): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v4i1.18359

Abstract

Penelitian ini membahas tentang gaya belajar peserta didik yang mana setiap peserta didik pasti memiliki gaya belajar yang berbeda didalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gaya belajar yang tampak pada peserta didik saat proses pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar Negeri 138 OKU. Jenis penelitian ini deskrptif kualitatif, Desain penelitian yang digunakan yaitu field research. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam proses pembelajaran tematik ini bisa dikatakan berjalan dengan lancar dan kondusif serta terarah dikarenakan guru memiliki pedoman pembelajaran dan juga memahami gaya belajar peserta didik yang mana terdapat tiga gaya belajar yang tampak pada peserta didik kelas V seperti: Visual dimana peserta didik dengan gaya belajar ini cendrung lebih mudah mengingat objek yang dilihat daripada didengar lalu untuk Auditorial peserta didik dengan gaya belajar ini cendrung lebih mudah belajar dengan mendengarkan dan Kinestetik peserta didik dengan gaya belajar ini lebih cenderung menyukai bila guru memberikan materi sambil praktik. Visual sebanyak 34%, Auditorialal sebanyak 34% dan Kinestetik sebanyak 31%. Maka dapat disimpulkan bahwa gaya belajar yang dominan di kelas V adalah gaya belajar Visual dan Auditorial yaitu sebanyak 34% dan sisanya Kinestetik sebanyak 31%.
Analisis Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Guru dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi dan Transisi Studi Multisitus SD 107 dan SD 184 Palembang karen diva; Tutut Handayani; Tastin Tastin; Miftahul Husni
Limas PGMI Vol 4 No 1 (2023): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v4i1.18391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan dalam pembelajaran pada new normal kelas II di SD Negeri 1 Ulak Pianggu, (2) pelaksanaan dalam pembelajaran pada new normal kelas II di SD Negeri 1 Ulak Pianggu, (3) evaluasi guru dalam pembelajaran pada new normal kelas II di SD Negeri 1 Ulak Pianggu. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan Miles & Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran pada new normal sudah cukup baik, dalam perencanaannya Guru sudah menyusun dan membuat perangkat pembelajaran seperti Silabus, RPP, Prota, Prosem, materi ajar, dan rincian minggu efektif sesuai kurikulum yang diterapkan yaitu K-13. (2) Pelaksanaan pembelajaran pada new normal sudah baik, dalam pembelajarannya sudah kembali normal seperti biasa, kegiatan pembelajarannya berjalan dengan baik, guru menyampaikan materi secara teratur berdasarkan RPP yang dibuat, dimana guru telah melakukan tiga tahap pembelajaran secara baik yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup menggunakan metode pembelajaran yaitu metode ceramah, penugasan, tanya jawab dan diskusi. (3) Evaluasi guru dalam pembelajaran new normal sudah cukup baik, dalam pengevaluasiannya guru menggunakan dua jenis evaluasi yaitu: tes dan nontes. Tes yang digunakan yaitu tes formatif dengan melakukan penilaian tengah semester (PTS) dan tes sumatif dengan melakukan penilaian akhir semester (PAS) dilaksanakan secara tertulis berupa soal sedangkan nontes yaitu melakukan penilaian pengamatan sistematis terhadap sikap, minat dan keterampilan siswa pada pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 6