cover
Contact Name
Firmansyah
Contact Email
firmanyk@gamail.com
Phone
+6282277629282
Journal Mail Official
pendalasabdimas@gmail.com
Editorial Address
Jl. Rambutan Dusun Caru, Desa Pendem, Kec. Junrejo, Kode Pos 65321, Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota batu,
Jawa timur
INDONESIA
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28077334     DOI : https://doi.org/10.47006/pendalas
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (ISSN: Proses; E-ISSN:2807-7334) adalah jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, dan hasil riset penelitian kebijakan publik. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Islam dan Multikultural Jawa Timur. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat menerima artikel hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, hasil riset penelitian kebijakan publik dari para ahli dan para peneliti dari berbagai disiplin ilmu yang terkait dengan Aim and Scope jurnal. Jurnal ini terbit satu tahun 3 kali yakni: Januari, May, September.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS" : 12 Documents clear
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA MAN MODEL BANDA ACEH Yusrina Asda
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS
Publisher : Yayasan Pendidikan Islam dan Multikultural

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.091 KB) | DOI: 10.47006/pendalas.v2i3.129

Abstract

Salah satu pembaharuan dalam pendidikan Islam adalah model pembelajaran yang diterapkan. Proses pembelajaran yang bersifat konvensional saat ini masih banyak digunakan, padahal sudah tidak sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi yang ada. Guru sebagai orang yang bertanggung jawab langsung terhadap mutu pendidikan, harus didukung dengan kemampuan, ketrampilan dan keahlian yang memadai. Guru juga harus menerapkan model pembelajaran yang cocok pada proses pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran melalui hasil penelitian tindakan kelas. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dengan menggunakan model kooperatif jigsaw. Bagaimana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran Sejarah Kebudayaah Islam? Hasil penelitian menunjukkan pertama, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kedua, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Ketiga, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dikategorikan efektif dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran PAI.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA III MAKANAN SEHAT MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN 067249 MEDAN MARELAN hafsani pasaribu
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS
Publisher : Yayasan Pendidikan Islam dan Multikultural

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.29 KB) | DOI: 10.47006/pendalas.v2i3.130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media Audio visual berbentuk video pada pelajaran IPA materi Sistem Pencernaan Manusia. (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media Audio visual berbentuk video pada pelajaran IPA materi Sistem Pencernaan Manusia. (3) Apakah proses penerapan media Audio visual berbentuk video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Sistem Pencernaan Manusia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD NEGERI 067249 Medan Marelan tahun ajaran 2021 / 2022 yang berjumlah 27 orang yaitu 12 0rang perempuan dan 15 orang laki – laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Dalam penelitian kolaboratif yang melakukan tindakan adalah guru itu sendiri sedangkan yang diminta melakukan pengamatan terhadap berlangsungnya proses tindakan adalah kolaborator. Alat pengumpul datanya adalah tes uraian. Analisis data yang digunakan adalah pelaksanaan pembelajaran ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukan: (1) Hasil dari pra-siklus atau tes kemampuan awal terhadap pemahaman siswa tentang materi sistem pencernaan pada manusia maka peneliti mendapati jika siswa yang mendapatkan nilai tuntas ada 4 siswa dengan persentase14,8 % dengan nilai rata-rata 55,7; (2) Selanjutnya, Pada siklus I siswa yang memiliki nilai tuntas 10 siswa ( 37%) sedangkan siswa yang memiliki nilai tidak tuntas 17 siswa (63%) dengan nilai rata-rata siswa 69,3, maka guru kolaborator menyarankan supaya peneliti melakukan siklus II dengan berbagai perbaikan diberbagai aspek; (3) pada siklus II lebih meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Setelah dilakukannya evaluasi pada sisklus I nilai siswa sudah banyak yang meningkat namun masih ada 3 siswa yang belum tuntas. Pada siklus II siswa yang memiliki nilai tuntas 24 siswa (88,9%) sedangkan siswa yang memiliki nilai tidak tuntas 3 siswa (11,1%) dengan nilai rata-rata siswa (85,6). Pada siklus II ini setelah dilakukan evaluasi memang masih terdapat kekurangan dan ada hal yang perlu dilakukan secara tekni akan tetapi dikerenakan presentase hasil belajar siswa sudah mencapai 88,9 % dan sudah melampaui target dari indikator kerja dalam penilaian yaitu 70% maka guru kolaborator menyarankan supaya peneliti tidak melakukan penelitian pada siklus berikutnya.
ANALISIS METODE DEMONSTRASI PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 067249 MEDAN MARELAN Olgi Gerieska; Ismala Dewi
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS
Publisher : Yayasan Pendidikan Islam dan Multikultural

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.471 KB) | DOI: 10.47006/pendalas.v2i3.154

Abstract

Abstrak: Pembelajaran IPA sekolah dasar memiliki tujuan yaitu agar siswa dapat menguasai pengetahuan, fakta dan konsep serta mampu menimbulkan sikap ilmiah sehingga mampu berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang gaya menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 067249 Medan Marelan. (2) Mendeskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang gaya menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 067249 Medan Marelan. (3) Mendeskripsikan dampak pelaksanaan pembelajaran pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang gaya menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 067249 Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu Sumber data primer diantaranya adalah kepala sekolah, guru-guru,siswa, dan orangtua siswa. Dan data sekunder diantaranya sumber data tertulis, foto, inventaris, serta lainnya yangdiperlukan untuk mendukung penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah wawancara, observasi langsung dan analisis dokumen. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran IPA tentang gaya menggunakan metode demonstrasi di SD Negeri 067249 Medan Marelandengan tahap persiapan, pelaksanaan, dan penutup sudah sangat merujuk kepada referensi utama dari teori pembelajaran demonstrasi. (2) Kendala pelaksanaan IPA materi gaya menggunakan metode demonstrasi di SD Negeri 067249 Medan Marelan terdapat di persiapan pelaksanaan pembelajaran dikarenakan faktor belum adanya pengalaman penerapan metode demontrasi di SD Negeri 067249 Medan Marelan sebelumnya. (3) Dampak pembelajaran IPA materi gaya di SD Negeri 067249 Medan Marelan diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran Pendidikan melalui analisis data yang dipaparkan, maka dapat dikatakan hasil dari pelaksanaan pembelajaran IPA materi gaya menggunakan metode demonstrasi di SD Negeri 067249 Medan Marelan berhasil membuat siswa mengetahui dan memahami materi gaya dengan baik sehingga siswa dapat mengaplikasikan pengetahuannya pada kehidupan sehari-hari.
ANALISIS K ESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 067249 MEDAN MARELAN T. P. 2021/2022 Olgi Gerieska; Retno Pratiwi
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS
Publisher : Yayasan Pendidikan Islam dan Multikultural

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.044 KB) | DOI: 10.47006/pendalas.v2i3.156

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk-bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. (2) Mendeskripsikan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 siswa dari 28 kelas VI SD Negeri 067249 Medan Marelan T. P. 2021/2022. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 siswa dari 28 kelas VI SD Negeri 067249 Medan Marelan T. P. 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bentuk-bentuk kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah (1) Kesalahan membaca soal yang dilakukan subyek penelitian dengan indikator kesalahan yang ditemukan dalam penelitian yaitu tidak membaca kata-kata atau simbol dengan benar. (2) Kesalahan memahami soal yang dilakukan subyek penelitian dengan indikator kesalahan yang ditemukan dalam penelitian yaitu: tidak membaca kata-kata atau simbol dengan benar, tidak menuliskan apa yang diketahui, tidak menuliskan apa yang ditanyakan. (3) Kesalahan menghitung soal yang dilakukan subyek penelitian dengan indikator kesalahan yang ditemukan dalam penelitian yaitu subyek salah dalam memilih operasi yang digunakan untuk menyelesaikan soal. (4) Kesalahan keterampilan proses yang dilakukan subyek penelitian dengan indikator kesalahan yang ditemukan dalam penelitian yaitu: salah dalam menggunakan kaidah atau aturan matematika yang benar, tidak memproses lebih lanjut solusi dari penyelesaian soal, kesalahan dalam melakukan perhitungan. (5) Kesalahan penulisan jawaban yang dilakukan subyek penelitian dengan indikator kesalahan yang ditemukan dalam penelitian yaitu suyek salah dalam menuliskan satuan atau simbol dengan benar.
PELATIHAN GURU AGAMA BERBASIS LITERASI DIGITAL KEPENDIDIKAN DI MTS AL-IHSANIYAH SARANG BURUNG MUARO JAMBI Muhammad Sobri; Supian; Sulhi M. Daud; Sahrizal Vahlepi
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS
Publisher : Yayasan Pendidikan Islam dan Multikultural

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.274 KB) | DOI: 10.47006/pendalas.v2i3.160

Abstract

Era digital mengarahkan pendidikan semakin efektif dan efisien. Pandemi covid yang mewabah melumpuhkan berbagai aspek kehidupan diantaranya pendidikan sehingga mengharuskan Pendidik dan peserta didik mampu menggunakan digital dengan optimal. Guru profesional adalah guru yang memiliki kompetensi dalam menguasai materi dan konten pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahami isi pembelajaran dengan penggunaan teknologi komunikasi. Selain itu juga dapat membimbing peserta didik untuk memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan oleh standar pendidikan nasional. Berangkat dari hal tersebut maka guru Agama pada MTS Al-IHSANIYAH sarang burung Muaro Jambi penting untuk menguasai literasi digital karena guru memiliki posisi penting dan merupakan aktor utama dalam organisasi mikro pendidikan dan guru dapat menjalankan tugasnya di era teknologi atau era revolusi 4.0 ini. Metode Pelaksanaan Pendampingan dan pelatihan Agama Berbasis Literasi Digital Kependidikan Di Mts Al-Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi Adalah dengan dengan metode persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Dalam Pendampingan dan pelatihan kepada guru Pendidikan Agama Islam MTS Al-IHSANIYAH sarang burung Muaro Jambi dalam mengoptimalkan proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 dan pasca covid ini sangat antusias diikuti oleh tenaga pendidik dan kependidikan sebagai upaya menambah pemahaman tentang literasi digital agar bisa berkembang dan dapat menjalankan proses pembelajaran dengan optimal sehingga dapat meningkatkan hasil pembelajaran pada peserta didik.
PANDANGAN FILOSOFIS TENTANG PERILAKU BULLYING PADA SISWA DI SEKOLAH Adena Nurasiah Siregar
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS
Publisher : Yayasan Pendidikan Islam dan Multikultural

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.529 KB) | DOI: 10.47006/pendalas.v2i3.165

Abstract

Abstract: Anyone who is in the educational environment who is the spearhead of the formation of the character of this nation. Likewise, it is a homework for the government as a Stake Holder in education how to improve the world of education which is the printer of superior human resources who are the next generation of development of this country in a better direction. In this article, we will discuss the philosophical views of bullying behavior in schools. This discussion is expected to find a concrete effort to stop bullying by means of a philosophical approach, as well as how to deal with the consequences caused by this bullying case on victims who have been affected by bullying. This research uses a narrative-philosophical qualitative approach. The data in this study analyzed bullying behavior in schools. what are some of its supporting and inhibiting factors and philosophical views. The source of data in this study comes from book documents and expert scientific studies. As for the findings are; Bullying in schools has actually existed for a long time in the form of physical, verbal and psychological violence, violence that hurts someone physically such as hitting, slapping, yelling, asking for forced goods etc., causing sufferers, disabilities and even to the point of pecking. Bullying in verbal forms such as ridicule, insults, or gossiping and others, bullying in psychological forms such as bullying, ostracizing, discriminating and others. The perpetrators of this bullying are not only students who feel stronger or more senior, but in fact many are done by teachers who they do not realize that their treatment causes suffering to students. To overcome this, counseling guidance is needed. Keywords: bullying behavior at school, philosophical views Abstrak: Siapa saja yang berada di lingkungan pendidikan yang merupakan ujung tombak pembentukan karakter bangsa ini. Begitu juga merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah sebagai Stake Holder dalam pendidikan bagaimanakah membenahi dunia pendidikan yang merupakan pencetak sumber daya manusia unggul yang merupakan generasi penerus pembangunan negeri ini ke arah yang lebih baik. Dalam artikel pembahasan ini akan dikupas tentang pandangan filosofis perilaku bullying di sekolah. pembahasan ini nanti diharapkan akan ditemukan sebuah upaya konkrit untuk menghentikan bullying dengan cara pendekatan filosofis, serta bagaimana menangani akibat yang ditimbulkan dari kasus bullying ini terhadap korban yang sudah terkena bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis naratif-filosofis. Data dalam penelitian ini menganalisis perilaku bullying di sekolah. apa saja faktor pendukung dan penghambatnya serta pandangan filosofisnya. Sumber data pada penelitian ini berasal dari dokumen dokumen buku dan kajian-kajian ilmiah pakar. Adapun temuannya adalah; Bullying di sekolah sebenarnya sudah lama ada dalam bentuk kekerasan fisik, verbal dan psikologis, kekerasan yang menyakiti seseorang secara fisik seperti memukul, menampar, menjitak, meminta paksa barang dsb, sehingga menimbulkan penderitaa, kecacatan bahkan sampai kematin. Bullying dalam bentu verbal seperti ejekan, penghinaan, atau menggosipkan dan lain-lain, bullying dalam bentuk psikologis sepeti intimidasi, mengucilkan, mendiskriminasikan dan lain-lain. Pelaku bullying ini bukan hanya siswa yang merasa lebih kuat atau lebih senior, tapi kenyataannya banyak dilakukan oleh guru–guru yang mereka tidak menyadari bahwa perlakuannya menimbulkan penderitaan bagi siswa. Untuk mengatasi ini bimbingan konseling sangat dibutuhkan. Kata kunci: Perilaku Bullying, Pandangan Filosofis
PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR TUNAS HARAPAN ISLAM Tiasari Siregar; Adena Nurasiah Siregar; Khairunnisa Rizka; Sartika Eka Fitri Lubis
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS
Publisher : Yayasan Pendidikan Islam dan Multikultural

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.447 KB) | DOI: 10.47006/pendalas.v2i3.166

Abstract

Abstract: Education is a series of very complex processes and involves many aspects related to education which aims to change human attitudes and behavior in a civilized direction. The purpose of this study was to determine the educational background on the initial reading ability of the first graders of SD Tunas Harapan Islam. This type of research used a qualitative approach. Primary data collection techniques were carried out by observation and interviews. While the secondary data collection is done by studying literature and documentation. Data analysis techniques through data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate: 1) The teacher's efforts as facilitators in improving the initial reading ability of grade 1 students at SD Tunas Harapan Islam by: (a) providing facilities in the form of learning guide books to read volumes 1-7, (b) providing motivation in the form of praise to students, (c) providing assistance in the form of recognizing letters using the blackboard, providing reading learning guide books to students, and (d) providing direction to students and parents of students. 2) The efforts of the teacher as an innovator in improving the initial reading ability of grade 1 students by: (a) providing assistance in the form of reading learning guidance to students who have problems in reading by providing special time for reading lessons conducted after school, (b) implementing strategies groups in learning, providing classical and sorogan methods in learning, (c) utilizing appropriate learning media, and (d) providing new ways of learning. Keywords: Educational Background, Beginning Reading Ability, Students, Elementary School Abstrak: Pendidikan merupakan serangkaian proses yang sangat kompleks dan melibatkan banyak aspek yang berkaitan pendidikan yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku manusia ke arah yang beradab. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui latar belakang pendidikan terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Tunas Harapan Islam. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data primerdilakukan dengan observasi dan wawancara. Sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisi data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaansiswa kelas 1 di SD Tunas Harapan Islam dengan cara: (a) memberikan fasilitas berupa buku panduan belajar membaca jilid 1-7, (b) memberikan motivasi berupa pujian kepada peserta didik, (c) memberikan bantuan berupa pengenalan huruf-huruf dengan menggunakan papan tulis, memberikan buku panduan belajar membaca kepada peserta didik, dan (d)memberikan arahan kepada peserta didik dan orang tua peserta didik. 2) Upaya guru sebagai inovator dalammeningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 dengan cara: (a) memberikan bantuan berupa bimbingan belajar membaca kepada siswa yang mengalami masalah dalam membaca dengan memberikan waktu khusus untuk lesmembaca yang dilakukan sepulang sekolah, (b) menerapkan setrategi kelompok dalam pembelajaran, memberikanmetode klasikal dan sorogan dalam pembelajaran, (c) memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai, dan (d) memberikan cara- cara baru dalam pembelajaran.
PEMBIAYAAN DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Arenibi Maruhawa
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS
Publisher : Yayasan Pendidikan Islam dan Multikultural

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.963 KB) | DOI: 10.47006/pendalas.v2i3.167

Abstract

Abstrak: Pembiayaan pendidikan merupakan bagian dari pelaksanaan mutu pendidikan yang dilakukan pada lembaga pendidikan atau satuan pendidikan yang memprogramkan lembaganya untuk menjadi lembaga yang bermutu. Namun tarik menarik kepentingan dalam memberiikan pembiayaan sering dialami oleh lembaga pendidikan sehingga lembaga pendidikan berpangku tangan untuk menunggu para donator untuk mendapatkan pembiayaan demi menciptakan lembaga pendidikan yang bermutu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang dilakukan melalui pengkajian kritis dan mendalam pada bahan-bahan pustaka yang dianggap relevan oleh karena itu pemaparan dan penjelasan dari fenomena yang akan dibahas merupakan hasil studi kepustakaan yang di konfersikan terhadap realitas yang di temukan di lapangan.
ANALISIS PERENCANAAN ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA PENDIDIKAN Helfinasyam Batubara
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS
Publisher : Yayasan Pendidikan Islam dan Multikultural

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.745 KB) | DOI: 10.47006/pendalas.v2i3.169

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian dalam mengkaji perencanaan anggaran pendapatan belanja pendidikan yang ada di lembaga pendidikan atau satuan-satuan pendidikan, baik dari tingkat kebijakan (pemerintah) hingga kepada pelaksana di sekolah. Penelitian ini nantinya akan menemukan sebuah gambaran dan solusi terhadap permasalahan perencanaan anggaran belanja dan pendapatan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen studi dokumen ini bisa juga disebut sebagai studi pustaka, yakni serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Studi dokumen dalam penelitian ini mengkaji literatur-literatur yang berkaitan dengan fokus penelitian mengenai konstruksi dan konsensus dalam kebenaran sejarah.
MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI AJANG EKSISTENSI DIRI (Studi Kasus pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara) Tria Fricila; Abdul Rasyid; Aulia Kamal
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS
Publisher : Yayasan Pendidikan Islam dan Multikultural

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/pendalas.v2i3.183

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri mahasiswa ilmu komunikasi yang menggunakan sosial media instagram yang mengunggah foto dan video di media sosial. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus dimana peneliti akan memberikan pemaparan atau gambaran umum mengenai konsep diri pengguna sosial media instagram yang mengunggah foto dan video di instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Dramaturgi. Pada penelitian ini, peneliti melibatkan 16 informan yang dipilih sesuai dengan tujuan dan kebutuhan penelitian yang menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini juga, peneliti melakukan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data dan menggunakan teknik analisis data kualitatif, untuk menyajikan, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari hasil wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada ke 16 informan tersebut ditemukan bahwa konsep diri yang terbentuk cenderung positif. Pada saat proses observasi, peneliti juga merasakan hal yang sama dengan informan-informan tersebut. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa konsep diri mahasiswa pengguna sosial media instagram di Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara merupakan konsep diri yang dominan positif.

Page 1 of 2 | Total Record : 12