cover
Contact Name
Vina Iasha
Contact Email
Jatuwahyuwicaksono@ymail.com
Phone
+6285693117020
Journal Mail Official
jpd@unj.ac.id
Editorial Address
Gedung Muhammad Hatta Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Dasar Lantai 4 Jalan Rawamangun Muka Jakarta 13220 . Email : jpd@unj.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN : 20867433     EISSN : 25495801     DOI : https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Core Subject : Education,
1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary education.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2019): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar" : 15 Documents clear
Pengembangan PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MAHASISWA PGSD DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN RESITASI BERBANTUAN YOU TUBE Ratih Purnamasari
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 10 No 2 (2019): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.109 KB) | DOI: 10.21009/jpd.v10i2.11758

Abstract

This study aims to find out how the situation of the learning process by using the tube-assisted recitation method and knowing the ability of students to create learning media through you tube assisted recitation learning methods can develop. This research is a descriptive qualitative study. The subjects of this study were 5th semester students, PGSD FKIP Pakuan University. The instruments used were observation, interviews and documentation. The results showed that you tube assisted recitation method can improve student independence, motivation to display the best, creativity and self-confidence of students in making learning media in elementary school. But there needs to be an emphasis on the importance of involving IT and the importance of including a reference list.
PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA MATERI POKOK KENAMPAKAN ALAM PADA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA UNTUK KELAS V DI SD NEGERI 1 TAMBAN KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG Eka Yuliana Sari; Tinto Eko Prasetyoko
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 10 No 2 (2019): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.704 KB) | DOI: 10.21009/jpd.v10i2.11902

Abstract

“Media diorama adalah media yang menggambarkan suatu kejadian baik yang mempunyai nilai sejarah atau tidak yang disajikan dalam bentuk mini atau kecil” (Kustandi dan Sutjipto, 2011, hal.58). Media diorama ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada tema benda-benda disekitar kita materi pokok kenampakan alam. Pada penelitian ini yang digunakan adalah tema benda-benda disekitar kita materi pokok kenampakan alam yang memuat berbagai macam pengetahuan tentang kenampakan alam. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1.) Untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran diorama materi pokok kenampakan alam pada Tema benda-benda di sekitar kita untuk Kelas V di SD Negeri 1 Tamban. (2.) Untuk mendeskripsikan tingkat validitas media pembelajaran diorama materi pokok kenampakan alam pada Tema benda-benda di sekitar kita untuk Kelas V di SD Negeri 1 Tamban yang dikembangkan. (3.) Untuk mendeskripsikan hasil belajar dari penggunaan media pembelajaran diorama materi pokok kenampakan alam pada Tema benda-benda di sekitar kita untuk Kelas V di SD Negeri 1 Tamban yang dikembangkan. dalam penelitian pengembangan ini, peneliti mengacu pada model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif, yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) Media yang selesai dibuat kemudian divalidasi oleh dosen ahli media, dosen ahli materi dan dosen ahli RPP. Kualitas media yang telah dikembangkan adalah baik dengan tingkat kevalidan 75-100%. (2) Kemenarikan media pembelajaran ini dilihat dari hasil implementasi media dilihat dari hasil perolehan penilaian angket siswa dengan perolehan presentase 99%. (3) Keefektifan hasil belajar siswa pada pretest yang tuntas 6 siswa dan jumlah siswa yang tuntas pada posttest adalah 14 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa nilai posttest lebih baik dari nilai pretest. Jadi ada perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan media diorama yang telah dikembangkan.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK SEKOLAH DASAR chrisnaji Banindra Yudha; Octaviany Widyaningsi; Devita Cahyani Nugrahen
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 10 No 2 (2019): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.624 KB) | DOI: 10.21009/jpd.v10i2.12065

Abstract

TujuandaripenelitianiniuntukmengembangkanmodelBlendedLearningTipeStationRotation untukpembelajarantematikdiSekolahDasar.Metodepenelitiandanpengembangan mengacu pada model pengembangan Dick, Carey, & Carey danmengadaptasimodelpembelajaranBlendedLearningdariStake&Horn.StudipendahuluanyangdilakukandengancarakajianreferensiilmiahdanwawancaraditemukandatabahwapenerapanmodelBlendedLearninguntuksekolahdasar(SD)diIndonesiabelum adahasilpenelitiannyadanguruSDyangdiwawancaraibelum adayangmenerapkannyasehinggaperlu untuk pengembangan modelpembelajaran yang mengacu pada kurikulum yangsedangdigunakan.Validasimodelpembelajaranyangdikembangkandilakukanolehahlidesainpembelajarandangurukelas.Ujicobadilakukandengan3tahap:ujicoba1kelas,ujicoba3kelas,danujicobadiperluas(9kelas).Hasilujicobamenyatakanbahwamodelpembelajaranyangdikembangkandinyatakanefektifdilihatdarivalidasikomponenmodelpembelajaran yang mencakup:sistem sosial,prinsip reaksi,sistem pendukung,sertadampakinstruksionaldandampakpengiring.Hasilbelajardari209siswadiketahuirata-rataketuntasanKKM untuk9kelassebesar98%dantingkatmotivasibelajarnyamencapai77%dengankategori“tinggi”;dengandemikianmodelpembelajaraninilayakuntukdiujicobakandilapangan
PELAKSANAA PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MAKASSAR Andriani; Mahani Mokhtar
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 10 No 2 (2019): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.308 KB) | DOI: 10.21009/jpd.v10i2.12140

Abstract

Krisis keuangan yang melanda Indonesia pada 1996-1999 membawa dampak banyaknya siswa putus sekolah dasar. Kenaikan harga bahan bakar minyak pada 2004 ditakutkan membawa akibat yang sama. Untuk memberikan dukungan kepada keluarga miskin, mulai pada tahun 2005 pemerintah Indonesia membuat program dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama. Kebijakan ini kemudian diikuti oleh program pendidikan gratis yang diprogramkan oleh berbagai pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kabupaten. Penelitian ini menganalisis pelaksanaan pembiayaan pendidikan khususnya mengenai biaya operasional di sekolah dasar di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus dan menerapkan analisis tematik. Penelitian dilakukan melalui pengumpulan data di lapangan dengan meminta tanggapan dari pejabat pemerintah di tingkat daerah, anggota DPRD, penggiat LSM dan responden di tingkat sekolah serta menafsirkan pelaksanaan/ penerapan pembiayaan pendidikan di sekolah dasar melalui wawancara, dokumen dan observasi. Temuan penelitian ini menemukan bahwa masih terdapat pungutan terhadap orang tua siswa, biaya operasional sekolah ternyata belum mencukupi untuk memenuhi semua keperluan pembelajaran di sekolah, serta indikasi kurangnya transparansi antara kepala sekolah dengan guru-guru serta orang tua siswa. Selanjutnya didapati bahwa sekolah yang menjadi sampel, ternyata kurang melibatkan komite sekolah dan tidak adanya pegawai administrasi di sekolah dasar. Oleh karena itu penelitian ini menyarankan masih perlu penambahan biaya operasional sekolah, perlunya transparansi dan perlunya perbaikan penggunaan dana di sekolah serta perlunya pengadaan pegawai administrasi di sekolah dasar.
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HEALTHY LIFESTYLE MELALUI PROGRAM LITERASI HIDUP SEHAT Edwita; Uswatun Hasanah
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 10 No 2 (2019): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.217 KB) | DOI: 10.21009/jpd.v10i2.12814

Abstract

Abstract: Healthy lifestyle is a behavior related to the efforts or activities of a person to maintain and improve their health. This behavior is very important to be instilled since elementary school age. This research aims to improve healthy lifestyle through a healthy living literacy program. This research method in the form of classroom action research, planning procedures, implementation, observation and reflection. The subject of the research development was the first grade students of SDN Rawamangun 05, East Jakarta. The study was conducted in two cycles with the result that the first cycle was 71.35% and the second cycle was 95.88%. It can be concluded that the healthy living literacy program can improve healthy lifestyle in class I students of SDN Rawamangun 05, East Jakarta. Keywords : healthy lifestyle , healthy life literacy program
LITERASI MATEMATIKA, GAYA KOGNITIF DENGAN HIGH ORDER THINKING SKILL: STUDI KORELASIONAL Uswatun Hasanah; Edwita; Ahmad Januar
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 10 No 2 (2019): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.833 KB) | DOI: 10.21009/jpd.v10i2.12816

Abstract

Literasi Matematika merupakan suatu kemampuan menganalisis, memberi suatu alasan serta dapat mengkomunikasikan solusi yang kreatif dari suatu permasalahan dalam berbagai situasi dan konteks dalam kehidupan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi Matematika dan gaya kognitif dengan High order thinking skill Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik statistik regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada korelasi positif antara (1) literasi Matematika dengan High order thinking skill (2) gaya kognitif dengan High order thinking skill (3) literasi Matematika dan gaya kognitif dengan High order thinking skill Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara literasi Matematika dan gaya kognitif dengan High order thinking skill
PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARA THINK PAIR SHARE DAN SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS LESSON STUDY DI SEKOLAH DASAR Heri Setiawan; Styo Mahendra Wasita Aji; Abdul Aziz
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 10 No 2 (2019): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.163 KB) | DOI: 10.21009/jpd.v10i2.12913

Abstract

Abstrak : Pembelajaran merupakan upaya untuk mencipatakan kondisi yang kondusif agar siswabelajar. Perubahan kurikulum yang ada di Indonesia memberikan paradigma baru perkembanganpembelajaran. Pembelajaran pada sekolah dasar sekarang menggunkan pola pengorganisasian isipembelajaran tematik terpadu pada semua jenjang kelas di seolah dasar. Guna memperkuatpelaksanaan pembelajaran dapat dimanfaatkan berbagai model pembelajaran diantaranya modelthink-pair-share dan snowball trhowing serta pendekatan lesson study.Tujuan dari artikel ini yaitumengkaji tentang pemanfaatan model pembelajaran think-pair-share dan snowball throwing padapembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar dan pengembangan pembelajarannya dengan berbasispada lesson study. Model-model pembelajaran dan lesson study dapat dimanfaatkan untukmeningkatkan kualitas pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA KUALITAS PENDIDIKAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS putri karisa
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 10 No 2 (2019): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.3 KB) | DOI: 10.21009/jpd.v10i2.13002

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Tidak hanya mengerti secara teoritis, untuk menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif dibutuhkan pula sumber daya manusia (SDM) yang dituntut untuk praktis dalam penggunaan teknologi dan keahlian khusus, termasuk bagi para penyandang disabilitas. Menurut data statistik yang dilansir oleh Biro Pusat Statistik bahwa terdapat kurang lebih 1.500.000 anak berkebutuhan khusus atau 0,7 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat 317.016 anak berkebutuhan khusus yang berada dalam usia sekolah, sedangkan yang telah memperoleh layanan pendidikan kurang lebih 60.000 anak. Sebagai tenaga pengajar, guru memberikan pengaruh signifikan terhadap keberhasilan belajar siswa salah satunya penerapan komunikasi. Melalui metode penelitian kualititatif, artikel ini akan membuktikan penerapan komunikasi terapeutik pada siswa disabilitas dapat berpengaruh terhadap keberhasilan belajarnya. Kata Kunci : Disabilitas, komunikasi terapeutik, dan keberhasilan belajar.
PENERAPAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK CALON GURU SD Harlinda Syofyan; Trisia Lusiana Amir
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 10 No 2 (2019): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.692 KB) | DOI: 10.21009/jpd.v10i2.13203

Abstract

Literacy is a complex process, which involves the formation of prior knowledge, culture, and experience to develop new knowledge and deeper understanding. Science literacy is the ability to understand science, communicate science, and apply the ability of science to solve problems. To improve the ability of scientific literacy in addition to requiring student motivation, teachers also need to consider learning strategies that are appropriate to the conditions and potential of students which in the learning process focuses on providing direct experience and the application of the nature of science. Science literacy exists to shape mindsets, behavior, and build human character to care and be responsible for himself, society, and the universe. Literacy learning in schools is carried out to achieve certain goals, but with the development of literacy times it is intended that students are able to achieve certain competencies, so as prospective school teachers who will face 21st century education, 21st century competencies that must be mastered are high-level understanding competencies, competencies critical thinking, collaborative and communicating competencies, and creative thinking competencies. The simulation method is used in the application of scientific literacy using the STL (Science Technology Literacy) method which consists of several stages, namely the contact, curriculum, elaboration, decision making, nexus, and evaluation stages. The results obtained are that the application of the simulation results obtained an average student assessment reached 82.3% with a total of students getting a very good grade of 60% and the rest good at 40%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK Maria Christina Sri Sunarsih
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 10 No 2 (2019): JPD- Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.668 KB) | DOI: 10.21009/jpd.v10i2.13310

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik tema makanan sehat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berlangsung dengan baik yang ditunjukkan oleh nilai pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 77,50 dan pada siklus II mendapatkan nilai 80,66. Penerapan model pemebelajaran kooperatiftipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa. Ketuntasan klasikal pada siklus I memperoleh 77,50% dan siklus II sebesar 80,66%. Berdasarkan hasil penelitian denga metode kooperatif model NHT dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kelas V-b SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya tahun pelajaran 2019-2020, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran tematik. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Kooperatif model Number Head Together.

Page 1 of 2 | Total Record : 15