cover
Contact Name
Fandi Fatoni
Contact Email
fandifatoni@gmail.com
Phone
+6281334243777
Journal Mail Official
jurnalpengabdian.insnusa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jambangan Indah 1 Kav.7 No.18, Jambangan, Kec. Jambangan, Kota SBY, Jawa Timur 60232
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Published by Inspirasi Nusantara
ISSN : -     EISSN : 27755290     DOI : -
The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Inspirasi particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Student Community Services; 2. Economics science; 3. Technology; 4. Art and Humanities; 5. Education for Sustainable Development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 30 Documents
Rebranding dan Peningkatan Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan “Maden” Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Jombang Sri Abidah Suryaningsih; Abdul Hafidz; Ahmad Ajib Ridlwan; Muhammad Farid Ilhamuddin; Khusnul Fikriyah
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): February
Publisher : Inspirasi Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.055 KB)

Abstract

Mitra dalam kegiatan ini yaitu produsen air minum dalam kemasan pondok pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra dalam kegiatan ini adalah kualitas produk belum memiliki keunggulan khusus yang dapat disejajarkan dengan brand air kemasan yang berskala Nasional. Selain itu, produk belum memiliki standart SNI, Surat Ijin Edar dari BPOM serta pemasaran yang dilakukan bersifat tradisional. Pola marketing mengandalkan rekomendasi klien (dari mulut ke mulut). Jenis air mineral yang ditawarkan tidak variatif belum memenuhi kebutuhan pasar. Promosi yang digencarkan belum mempertimbangkan mix marketing serta produk belum dibranding secara maksimal. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk dan penerapan mix marketing. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalah mitra menggunakan model pemberdayaan Asset-based community development (ABCD). Kegiatan PKM dengan pola ABCD ini dilakukan melalui tahapan yaitu persiapan/pemetaan Asset, perencanaan Aksi, pelaksanaan Aksi, dan evaluasi. Hasil kegiatan ini adalah rebranding produk, meliputi: desain kemasan, logo/motto, harga, kelengkapan fitur dan atribut produk;  strategi pemasaran; dan peningkatan kualitas produk.
Edukasi Perbankan Syariah Dan Pengenalan Profesi Bankir Secara Daring Kepada Generasi Milineal Isrofiatun Ika Saputri; Moh. Nurul Qomar; Rafika Anissa Maulina; Riz Zuliana
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): February
Publisher : Inspirasi Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.874 KB)

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi. Meskipun dalam keadaan pandemic virus corona kegiatan ini harus tetap berjalan. Pengabdian kepada masyarakat ini tidak secara spesifik bermitra dengan institusi tertentu, namun tim pengabdi membidik masyarakat Kabupaten Kudus sebagai objek pengabdiannya. Tim pengabdi melihat fenomena tingginya minat kaum milenial untuk menjadi bankir, namun di sisi lain minimnya pengetahuan masyarakat terhadap bank syariah. Sehingga secara spesifik sasaran dari program pengabdian ini adalah masyarakat umum, terutama generasi milineal yang tertarik bekerja di lembaga keuangan. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk daring, yaitu edukasi bank syariah melaui akun Instagram selama 2 bulan  dan diakhiri dengan seminar daring yang bertajuk” Bincang Inspiratif: Sukses Berkarir Sebagai Bankir Di Era New Normal. Hasil program pengabdian ini adalah mampu menjaring follower sebesar 493 dengan begitu diharapkan pemahaman tentang bank syariah, selain itu diketahui bahwa profesi banker, baik di bank konvensional maupun bank syariah masih dinilai sebagai profesi yang menjanjikan di Kabupaten Kudus.  
Sistem Pengelolaan dan Pengolahan Limbah Pasar Tradisional Terpadu Guna Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Sumput, Driyorejo, Kab. Gresik Ahmad Hudaifah; Irvan Adhin Cholilie; Bambang Tutuko
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): February
Publisher : Inspirasi Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.054 KB)

Abstract

Limbah adalah permasalahan yang sering dihadapi oleh masyarakat terutama di negara berkembang seperti Indonesia yang belum membangun sistem pengelolaan limbah rumah tangga dengan baik. Sering dengan peningkatan urbanisasi penduduk menuju pusat aktivitas ekonomi seperti daerah perkotaan, pedesaan, dan kawasan perindustrian. Sebagian besar, tata kelola persampahan oleh masyarakat dilakukan dengan cara dibakar, dibuang ke sungai atau dikirim menuju tempat penampungan sampah. Tujuan utama dari kegiatan dan program pengabdian masyarakat adalah membantu dan memberikan rekomendasi penyelesaian permasalahan sampah di lokasi pasar Sumput Kabupaten Gresik. Analisa kegiatan pendampingan merekomendasikan suatu metode pengelolaan limbah secara terpadu. Berdasarkan skema dari sistem yang dikembangkan, maka potensi pendapatan mampu diperoleh dengan pengelolaan limbah baik di pasar maupun rumah tangga. Modal permulaan untuk melaksanakan operasionaliasi waste to income (sampah-pendapatan) diperoleh dengan penggalangan dana wakaf tunai produktif. Partisipasi pembiayaan sosial tersebut berasal dari masyarakat umum atau donasi/hibah dari lembaga pemerintah dan CSR Perusahaan. Penghimpunan dana tersebut akan diwujudkan kedalam bentuk Koperasi Simpan Pinjam Wakaf berlandaskan prinsip dan akad syariah. Proposal skemanya adalah dengan mengintegrasikan Bank Sampah Desa Sumput Kabupaten Gresik dengan Unit Pengelola Tanaman Produktif.
Peran Zakat, Infaq, dan Shodaqoh dalam Mengurangi Beban Ekonomi Masyarakat Terdampak COVID 19 Tony Seno Aji; Lucky Rachmawati; Hendry Cahyono; Rachma Indrarini; Sri Abidah Suryaningsih; Ahmad Ajib Ridlwan
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): February
Publisher : Inspirasi Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.88 KB)

Abstract

Wabah covid 19 menyebabkan banyak dampak negatif bagi masyarakat. Tidak hanya dalam hal kesehatan namun juga dalam perekonomian. Banyak masyarakat yang terkena PHK dan penurunan pendapatan. Seorang muslim seharusnya memiliki peranan yang besar untuk membatu sesama muslim lainnya untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat seperti dengan zakat, infaq dan shadaqah. Akan tetapi masyarakat banyak yang tidak mengetahui perbedaan antara zakat, infaq dan shadaqah. Metode yang digunakan pada PKM ini adalah pembagian sembako kepada masyarakat yang terdampak wabah covid 19 dengan akad shadaqah. Hasil dari PKM ini adalah banyak masyarakat terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokok dan masyarakat mengetahui aplikasi dari akad shadaqah.
Manajemen Diri: Upaya Percepatan Profesionalisme Guru Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di Kecamatan Sukodono Sidoarjo Dewie Tri Wijayati; Jun Surjanti; Hujjatullah Fazlurrahman; Hafid Kholidi Hadi; Achmad Kautsar
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): February
Publisher : Inspirasi Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.121 KB)

Abstract

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui pembekalan tentang manajemen diri, untuk mengelola dirinya melalui fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengkoordinasi, dan mengendalikan serta mengevaluasi diri sendiri. Metode PKM ini adalah pelatihan profesionalisme guru dalam memanajemen diri. Pelatihan ini diikuti 70 orang guru dari Yayasan Al Qusaeni. Hasil kegiatan PKM ini dapat meningkatkan profesionalisme. Dari sisi sarana dan prasarana: pengadaan konsumsi, panitia, ketersediaan perlengkapan (LCD, Papan tulis, seminar kit, dll) dan gedung baik. Pemateri dinilai sangat baik dan guru sangat tertarik dan selain itu guru juga tertarik pada mater yang dibahas karena merka merasa sangat bermanfaat untuk pengembangan karier mereka. Guru mengharapkan ada keberlanjutan kegiatan peningkatan profesionalisme guru untuk pengembangan karier merekan. Saran mereka: durasi waktunya ditambah, materi diperjelas, materi lebih luwes, fasilitas/sarana dan prasana ditingkatkan. Kegiatan ini menurut guru dapat meningkatkan karier mereka di masa yang akan datang. Sarana dan prasarana kegiatan dari sisi pengadaan konsumsi, panitia, ketersediaan perlengkapan (LCD, Papan tulis, seminar kit, dll) dan gedung baik. Pemateri juga dinilai sangat baik dan guru sangat tertarik dan selain itu guru juga tertarik pada mater yang dibahas karena merka merasa sangat bermanfaat untuk pengembangan karier mereka. Berdasarkan data di atas menunjukkan bahwa guru mampu meningkatkan profesionalisme dari modul yang dikerjakan. Saran secara umum, guru mengharapkan ada keberlanjutan kegiatan peningkatan profesionalisme guru untuk pengembangan karier mereka.
Edukasi Perilaku Konsumsi Produk Pangan “Halalan Thoyyiba” Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 Ahmad Ajib Ridlwan; Moch. Khoirul Anwar; Hendry Cahyono; A'rasy Fahrullah; Ach. Yasin
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): February
Publisher : Inspirasi Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.393 KB)

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini berbasis pada kebutuhan dan keinginan jamaah masjid Baitul Makmur 1 Ketintang Surabaya untuk meningkatkan pemahaman dan perilaku konsumsi produk pangan halal. PKM ini bertujuan untuk transfer pengetahuan kepada jamah terkait perilaku konsumsi produk pangan halal. Solusi yang ditawarkan adalah sosialisasi terkait dengan produk pangan halal dan sehat dalam rangka menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dariCovid-19.
Pendampingan Usaha Ekonomi bagi Masyarakat dalam Pembuatan Keripik Pepaya di Desa Pungpungan Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro Sahri Sahri; Ita Aristia Sa’ida; Ainu Zuhriyah; Nawafila Februyani
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): February
Publisher : Inspirasi Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.034 KB)

Abstract

Desa pungpungan merupakan desa yang memiliki berbagai macam tanaman buah, salah satunya adalah buah pepaya. Buah pepaya yang ditanam oleh masyarakat desa pungpungan berada disekitar samping kanan kiri rumah dan ada juga diperkebunan khusus pepaya yang berada di pinggiran sawah. Keripik pepaya merupakan makanan ringan atau camilan yang mudah dibawa kemana-mana dan memilik kandungan zat yang mampu melancarkan pencernaan. Dalam pelaksanaan pengabdian masayrakat ini dilakukan dengan menggunakan beberpa metode atau langkah, yaitu dengan melakukan pemberian atau penyuluhan tentang manfaat dan berbagai macam bahan olehan buah pepaya, kedua, melaukan demosntrasi dan pelatihan pembuatan keripik pepaya, ketiga, pelatihan pengemasan bungkus keripik pepaya dan keempat evaluasi. Dalam pengabdian masayrakat ini para peserta menerima dan antusias dalam mengikuti pendampingan pengolan keripik pepaya. Selain itu juga, masyarakta memiliki motivasi untuk memiliki home industri keripik pepaya dan mampu mendesaian dalam pengemasan penjualan keripik pepaya.
Alat Pelindung Diri (APD) untuk Membantu Tenaga Medis dalam Menangani Pasien Covid-19 di Jawa Timur Nurhasan; Sujarwanto; Suprapto; Agus Hariyanto
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): February
Publisher : Inspirasi Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.853 KB)

Abstract

Penambahan pasien Covid-19 di berbagai Rumah Sakit di Indonesia menyebabkan kesibukan yang luar biasa kepada seluruh tenaga medis. Penambahan tersebut juga berdampak pula pada kelangkaan akan peralatan medis, dimana peralatan tersebut sangat diperlukan oleah pihak RS untuk menangani pasien setiap harinya. Banyak Rumah Sakit mengeluh terhadap keterbatasan peralatan medis yang dibutuhkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim PKM menawarkan solusi dengan memberikan berbagai kebutuhan peralatan medis diantaranya Apron medis berbahan Non Woven Polyprophylene Spoundbond, kantong plastik High Density Polyethylene (HDPE), dan sepatu boot medis ke berberapa Rumah Ssakit di Jawa Timur yang menangani pasien Covid-19. Tahap akhir kegiatan ini adalah untuk melakukan pendistribusian alat medis berupa apron, kantong plastik HDPE, dan sepatu boot medis ke beberapa Rumah Sakit di Jawa Timur yang bekerjasama dengan tim Unesa Crisis Centre.
Community Based Cooperative melalui Pengembangan Desa Wisata Mangrove (Bakau Mangrove Center) Berbasis Edu Eco Wisata di Desa Banyu Urip, Ujung Pangkah, Gresik Paramita Setyaningrum; Ahmad Hudaifah; Rizky Noviasri; Fandi Angga Prasetya; Irvan Adhin Cholilie
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : Inspirasi Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1148.995 KB)

Abstract

Indonesia has many mangrove forest areas, including the Muara Gembong Bekasi Mangrove Forest, Karimun Jawa Mangrove Forest, Yogyakarta Kulon Progo Mangrove Forest, BJBR (Bee Jay Bakau Resort) Probolinggo. In some areas, many mangrove forests have been built, including the Wonorejo Mangrove Forest in Surabaya and Banyu Urip Mangrove Center (BMC) in Ujung Pangkah Gresik. Community service program will create a concept model for the development of the Mangrove Mangrove Center with a tourist area model approach and the concept of sustainable Eco Edu Wisata (sustainability development). In addition, the development of the BMC area will involve a lot of the community (Community Based Tourism). The goal to be achieved is to help develop BMC areas that are environmentally friendly, beneficial for education, and involve the role of the surrounding community. The proposed BMC Tourism Area development strategy is divided into several parts, namely the Infrastructure Development Plan, Introduction to the Development Plan, Tourists Enjoying the Nuance, Revisiting Tourists. The infrastructure development plan is divided into several activities, including: Development of Areas around Tourism, Development of Typical Products, Development of Attractions or Annual Events, Area Processing. The BMC area is known for its mangrove forests and Green Shell fishermen. Making the concept of a tourist area will make mangroves and Green Shells as BMC's advantages.
Manajemen Diri: Upaya Percepatan Profesionalisme Guru Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar Di Kecamatan Sukodono Sidoarjo Dewie Tri Wijayati; Jun Surjanti; Hujjatullah Fazlurrahman; Hafid Kholidi Hadi; Achmad Kautsar
Inspirasi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : Inspirasi Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.507 KB)

Abstract

Teacher professionalism through Professional Development. In order to fulfill the establishment of professional mental formation of course begins with the name of self-building, to create self-confidence teachers should be given briefing about self-management, to manage himself through the management function,that is to create, organize, coordinate, and control and build themselves. This PKM method is training of teacher professionalism in self management. The training was attended by 70 teachers from the Al Qusaeni Foundation. PKM results seacra general PKM activities can improve professionalism. In terms of facilities and infrastructure: the procurement of consumption, committee, style of equipment (LCD, Whiteboard, seminar kit, etc.) and building is useful

Page 1 of 3 | Total Record : 30