cover
Contact Name
BAMBANG AFRIADI
Contact Email
gad.pasca.unj@gmail.com
Phone
+6285692038195
Journal Mail Official
gad.pasca.unj@gmail.com
Editorial Address
Jalan Siswa Raya, Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda, RT/RW 004/007, No 26. Kota Tangerang. Kode Pos 15123
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 29622174     DOI : https://doi.org/10.21009/perduli
Gedung Moh. Hatta Lantai 5 Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Jl. Rawamangun Muka Jakarta 13220Phone: 085220746777 Email: journal.perduli@unj.ac.id
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 34 Documents
Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Kartun Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa MI Mohamad Syarif Sumantri; Vina Iyasha; Irmawanti
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 01 (2020): Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1036.559 KB) | DOI: 10.21009/perduli.v1i01.17349

Abstract

Media pembelajaran berbasis kartun sangat dibutuhkan untuk menjelaskan materi-materi seperti konsep perkalian. Siswa sering merasa kesulitan dalam memahami masalah yang terdapat pada materi tersebut. Media pembelajaran matematika berbasis kartun diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan pemahaman siswa, selain itu media pembelajaran ini juga dapat digunakan dirumah secara mandiri oleh siswa. Metode yang digunakan adalah focus grup discussion (FGD). Langkah-langkah yang dapat dilakukan 1) melakukan sosialisasi tentang pentingnya media pembelajaran yang menarik yang bagi siswa salah satunya adalah media pembelajaran berbasis kartun 2) memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis kartun, 3) Penggunaan media pembelajaran berbasis kartun di sekolah dasar. Kesimpuan dari kegitn ini menunkukan rsposn positif dari peserta pelatihn yaitu efektifitas media pembelajaran kartun yang dapat menarik minat belajar peserta didik sebesar 81% dan kepuasaan peserta terhadap jalaannya pelatihan menunjukan cukup puas (80%).
Pelatihan Keterampilan Pembuatan Batik Versi Milenia Bagi Perempuan Nadiroh; Uswatun Hasanah; cholilawati
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 01 (2020): Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1207.37 KB) | DOI: 10.21009/perduli.v1i01.17590

Abstract

Dalam rangka memperkuat kapasitas laki-laki dan perempuan marjinal korban bencana di sukabumi dalam penguatan home industry batik jumputan dan disain fashion alam versi milenial, butuh kepeduliah dari akademisi untuk bisa berkolaborasi dengan Kelurahan yang terkena dampak bencana atau sekitarnya, dengan perguruan tinggi Islam setempat dan Pengurus PKK di Kabupaten Sukabumi Secara operasional produk dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah kain jumputan dengan menggunakan zat warna alam. Adapun materi pelatihan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah keterampilan pembuatan pola batik jumputan berkarakter alam, di sampuing itu juga penyuluhan tentang pentingnya pelestarian lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan: ”Esensi pembangunan berkelanjutan adalah keselarasan hubungan sesama manusia, dengan manusia dan lingkungan. Penyuluhan materi lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan disampaikan secara terencana untuk mewujudkan suasana pendampingan kepada 60 orang laki-laki dan perempuan yang rentan akibat korban bencana longsor. Masyarakat telah aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Mendorong perubahan sikap yang membuka jalan bagi keberlanjutan dalam konteks lingkungan, keberlanjutan pembangunan yang adil bagi generasi sekarang maupun yang akan datang. Dalam proses pelaksanaan pelatihan ini telah dilakuka penilaian proses berupa: antusiasme, kerjasama rasa ingin tahu, ikut serta memberikan ide, disiplin, gagasan baru kreatifitas, minat, kemampuan mengemukakan pendapat, dan motivasi. Produk fashion karakter alam versi milenial telah dipromosikan untuk masyarakat sekitar dan masyarakat pengunjung atau wisatawan lokal dan manca negara, berupa kain jumputan yang didisain versi milenial dan tas limbah plastik versi milenial. Pada tahun 2020 di desiminasikan melalui penelitian di NTB.
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Ekowisata Pasir Putih Kawasan Goa Janji Desa Mallari Kabupaten Bone Sulawesi Selatan Sirwanti Azizul Marwah; Emmi Azis; Dian Riani Said
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 01 (2020): Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1300.676 KB) | DOI: 10.21009/perduli.v1i01.17713

Abstract

Program KKN-PPM dalam bentuk pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk memberi solusi sekaligus mengedukasi mitra dalam 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang eduwisata yang berpotensi pada pengembangan ekowisata (2) meningkatkan kemampuan mahasiswa dan masyarakat dalam pengolahan pangan 3) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan offset sederhana. Metode kegiatan KKN-PPM ini adalah metode persuasif dan edukatif dalam bentuk pelatihan dan pendampingan secara intensif ke Ibu PKK sampai menghasilkan produk olahan perikanan dan pertanian serta pelatihan pembuatan produk offset sederhana dan keterampilan berbahasa dalam memnadu wisatawan kepada Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS). Tahapannya terdiri dari 1) persiapan dan pembekalan mahasiswa KKN-PPM, 2) Penyuluhan dan pelatihan kepada mitra, 3) pendampingan dan evaluasi. Program ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan ,pelatihan dan pendampingan hingga menghasilakan beberapa produk inovasi dengan tetap menonjolkan ciri khas Desa. Untuk Olahan Pangan terdiri dari Amplang Massifa (Mallari Aneka Rasa), Abon ikan Maraasa (Mallari Aneka Rasa) , Mr. Bolkit (Mallari Bolu Ungkit). Untuk Offset sederhana menghasilkan Sablon baju dan gelas karakter. Semua produk inovasi program KKN-PPM yang dihasilkan mampu menjadi produk khas dan dapat dijadikan oleh-oleh wisata serta dapat dimasukkan dalam Aplikasi Visit Malllari yang dapat diakses oleh semua pengguna android
Bimbingan Teknis Guru-Guru SLB Dalam Merancang Perangkat Pembelajaran Integrasi Lingkungan Irah Kasirah Irah; Nadiroh; Hafid Abbas
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 01 (2020): Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (863.273 KB) | DOI: 10.21009/perduli.v1i01.17839

Abstract

Masalah yang terdapat di lapangan yaitu kebingungan guru dalam memahami, merancang dan melaksanakan pembelajaran integrasi lingkungan. Guru kurang memperhatikan aspek lingkungan dalam pembelajaran. Dikarenakan keterbatasan pemahaman guru tentang pembelajaran integrasi lingkungan sehingga dibutuhkan bimbingan teknis guru tentang model inovatif pembelajaran integrasi lingkungan.Program workshop ini diharapkan dapat membantu guru dalam memahami, merancang dan melaksanakan pembelajaran integrasi lingkungan. Lokasi kegiatan dilaksanakan di SLB N 7 Jakarta Timur. Metode kegiatan dilaksanakan melalui survey, diskusi dan workshop karena adanya pandemi diadakan melalui platform Whats App dan Zoom. Data yang dikumpulkan selama program ini menunjukkan bahwa tahapan-tahapan kegiatan mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan baru tentang model inovatif pembelajaran integrasi lingkungan. Luaran dalam kegiatan berupa perangkat pembelajaran pembelajaran integrasi lingkungan. Implikasi hasil kegiatan ini diharapkan bahwa dengan program ini dapat dijadikan sebagai cara untuk menambah pengetahuan guru tentang model inovatif pembelajaran integrasi lingkungan.
Pemahaman Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa Ditujukan Untuk Team Pengajar Ramdan Pelana; Nadya Dwi Oktafiranda; Rizka Antoni
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1 No 01 (2020): Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (981.493 KB) | DOI: 10.21009/perduli.v1i01.17871

Abstract

Proses belajar mengajar, ada dua unsur yang sangat penting yaitu metode mengajar dan media pengajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan, pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pengajaran yang sesuai, meskipun masih ada aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan pengajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pengajaran belangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu faktor utama yang mempengarungi berjalannya pembelajaran adaptif dengan baik adalah guru yang mempersiapkan metode mengajar dengan menyetarakan kebutuhan siswanya. Tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran adaptif yakni kurangnya sosialisasi tentang pemahaman pelaksanaan pendidikan pendidikan jasmani adaptif di sekolah luar biasa. Sehingga menjadi pendorong dalam pengabdian masyarakat ini untuk memberikan Pemahaman pelaksanaan Pendidikan Jasmani Adaptif di sekolah luar biasa ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pembelajaran Penjas Adaptif bagi guru khusunya guru pendidikan jasmani adaptif di sekolah luar biasa, melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai perwujudan pengabdian kepada masyarakat, memberikan pengetahuan tentang pentingnya pemahaman pembelajaran adaptif di sekolah luar biasa. Meningkatkan keterampilan dan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Sosialisasi ini akan di laksanakan di kabupaten bandung barat, yaitu sekolah luar biasa bina mulya jatijajar.
Penerjemahan Ke Dalam Bahasa Prancis Teks Dokumentasi Di Museum M.H. Thamrin Evi Rosyani Dewi; Ninuk Lustyantie; Fathurrahman Nur Isnan
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2 No 01 (2021): Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1056.147 KB) | DOI: 10.21009/perduli.v2i01.23420

Abstract

Museum sebagai destinasi wisata tidak hanya memberikan nilai hiburan tetapi juga memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjungnya. Indonesia sebagai salah satu negara yang telah banyak mengalami peristiwa bersejarah menyimpan beragam peninggalan serta kisah peristiwa yang diabadikan di dalam Museum. Salah satu di antara beragam kisah pahlawan perjuangan di Indonesia, Mohammad Hoesni Thamrin menjadi salah satu tokoh pejuang dari kaum betawi yang memiliki andil besar dalam perkembangan kota Jakarta. Kisah dan peninggalan dari Mohammad Hoesni Thamrin diabadikan di Museum MH Thamrin. Namun sayangnya jumlah pengunjung Museum MH Thamrin mengalami penurunan, meskipun jumlah pengunjung wisatawan di Indonesia meningkat. Oleh Sebab itu Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis melakukan kegiatan peningkatan mutu pelayanan Museum M.H. Thamrin dengan menambah kekayaan bahasa koleksi-koleksi pada Museum M.H. Thamrin. Kegiatan ini berfokus untuk menerjemahkan teks dokumentasi pada museum M.H. Thamrin ke dalam bahasa Prancis. Selain untuk menambah nilai estetika, penambahan opsi kebahasaan ini dapat mempermudah wisatawan asing berbahasa Prancis ketika berkunjung ke Museum M.H Thamrin. Selama pelaksanaan, tim akan menerjemahkan teks ke dalam bahasa Prancis menggunakan metode dari Munday (2010) dan mengombinasikannya dengan metode dari Newmark (1998). Dengan melakukan kedua metode tersebut akan menghasilkan terjemahan teks yang jelas dan komunikatif sehingga mempermudah wisatawan asing berbahasa Prancis dalam memahami objek yang ada di Museum MH Thamrin. Hasil terjemahan tersebut kemudian akan dikelola oleh pihak museum yang kemudian akan diaplikasikan sebagai bahasa tambahan pada diorama koleksi Museum M.H. Thamrin.
Pola Batik Jumputan dengan Ecoprinting dalam Penguatan Kapasitas Pada Buruh Migran Indonesia di Taiwan Melalui Media Sosial Nadiroh Nadiroh; Uswatun Hasanah; Cholilawati
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2 No 01 (2021): Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1391.873 KB) | DOI: 10.21009/perduli.v2i01.23443

Abstract

Dalam memperkuat kapasitas laki-laki dan perempuan agar dapat mengembangkan home industri batik jumputan dan disain fashion alam versi milenial melalui ekoprinting dari daun mangga. Secara operasional produk yang dihasilkan adalah kain jumputan dengan menggunakan zat warna alam. Materi yang telah disosialisasikan adalah keterampilan pembuatan pola batik jumputan berkarakter alam, pembangunan manusia Indonesia, melalui platform Virtual Youtube dan Zoom Meeting kepada PMI. Mereka berpotensi aktif untuk merancang keterampilan pembuatan pola batik jumputan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bersifat teori dan praktek yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat khususnya PMI (Pekerja Migrant Indonesia di Taiwan) agar mereka mempunyai bekal supaya tidak terjebak menjadi korban eksploitasi dan sebagai salah satu upaya pencegahan human trafficking melalui gender mainstreaming dan affirmative action kapada PMI di Taiwan. Aspek yang dikembangan yaitu Gender Mainstreaming, Affirmative Action, Kearifan Lokal, dan Kewirausahaan. Luaran berupa produk fashion karakter alam versi milenial berbasis kearifan lokal dan budaya Indonesia berupa masker, topi, dan busana ekoprinting dari daun mangga. Kemampuan seseorang untuk membiasakan hidup mandiri dengan dapat membuka usaha mandiri dengan bekal keterampilan dari pendampingan pelatihan pola batik jumputan melalui media sosial youtube dan platform lainnya. Dengan demikian maka kemampuan diri masyarakat dalam mempelajari wawasan baru bahkan tak jarang bahkan berkaitan dengan disiplin ilmu yang bersebarangan dengan basis kompetensi masyarakat itu sendiri. Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa kemampuan seseorang untuk membiasakan butuh latihan yang berulang dan dukungan lingkungan.
Pendampingan Penguatan Pendidikan Karakter Dimasa Pandemi Covid-19 bagi Guru Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Bekasi Raharjo; Maiwan; Yuyus Kardiman
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2 No 01 (2021): Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1239.301 KB) | DOI: 10.21009/perduli.v2i01.23722

Abstract

Salah satu tantangan pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19 adalah bagaimana penanaman nilai-nilai karakter yang sesuai dengan nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur Pancasila dapat terus ditanamkan dan diinternalisasikan sejak usia dini. Kenyataan menunjukkan masih ada anak-anak usia dini yang merupakan masa emas atau “golden age” ini belum terlayani dengan baik dalam mendapatkan pendidikan yang berkualitas, dengan berbagai keterbatasannya. Sehingga perlu ada upaya penanaman nilai-nilai karakter yang berbasis kelas, kultur sekolah, maupun di keluarga dan masyarakat agar anak-anak usia dini menjadi siswa yang cerdas dan berkarakter sesuai nilai-nilai agama dan nilai luhur Pancasila. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai agama dan nilai luhur Pancasila, serta pembelajaran yang partisipatif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu berupa pendampingan peningkatan kapasitas guru secara daring seperti melalui aplikasi whatshapp, dan zoom meeting. Kegiatan melalui zoom meeting dilaksanakan mulai hari Rabu, 6 Oktober 2021 pukul 09.30 -13.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 33 guru Taman Kanak-Kanak dari wilayah Kabupaten Bekasi dengan menghadirkan narasumber dosen PAUD dari UNJ ibu Indah Juniasih, M.Pd., Raharjo, S.Pd., M.Si., dan Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd. Luaran dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya kapasitas guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama dan nilai luhur Pancasila baik dalam kelas, sebagai budaya sekolah, ekstrakurikuler maupun di masyarakat, guru memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam membuat merancang pelaksanaan pembelajaran yang berkarakter bagi anak usia dini.
Pelatihan Multimedia Interaktif Berbasis TPACK bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Kecamtan Klapa Nunggal Kabupaten Bogor Jawa Barat Herlina Usman; Miftahulkhairah Anwar; Linda Zakiah; Antonia Junianty Laratmase
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2 No 01 (2021): Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1823.179 KB) | DOI: 10.21009/perduli.v2i01.23896

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pelatihan kepada Guru-guru Sekolah Dasar di Kecamtan Klapa Nunggal Kabupaten Bogor Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan pemanfaatan pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Technological Pedagogical and conten Knowledge [TPACK]. Dengan menggunakan Multimedia interaktif berbasis TPACK diharapkan seorang guru dapat mengajar dan berkreasi dengan melibatkan level kognitif hierarki berpikir tinggi yang di canamkan dari Taksonomi Bloom yaitu; knowledge (Recall or locate information), Comprehension (Understand learned fact), Application (Apply what has been learned to new situation), Analysis (Take apart information to examine different parts), synthesi (Create or invent something: bring together more than one idea) and Evaluation (Consider evidence to support conclusions). Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan pelatihan dan lokakarya ini adalah berbasis ICT dikarenakan masih dalam kondisi pandemic covid 19. Materi pengabdian meliputi materi yang berkaitan dengan pembuatan Multimedia interaktif berbasis TPACK untuk penggunaan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Khalayak sasaran Pengabdian kepada Masyarakat Guru-guru Sekolah Dasar Kecamtan Klapa Nunggal Kabupaten Bogor Jawa Barat. Hasil dari pelatihan pembuatan Multimedia interaktif berbasis TPACK bagi guru sekolah dasar yaitu menghasilkan media pembelajaran sebagai implementasi dari materi pengabdian pada masyarakat. Hasil dari program peltihan ini, 1) Guru mempunyai wawasan dan pemahaman tentang penggunaan Multimedia Interaktif dalam proses pembelajaran. 2) Guru mampu membuat perangkat pembelajaran meliputi Rancangan pembelajaran, Bahan Ajar Lembar kerja peserta didik, Media pembelajaran dan evaluasi. 3) Guru mampu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Multimedia interaktif dalam proses pembelajaran. 4) Guru mampu mendisain kelas dengan penerapan penggunaan Multimedia Interaktif berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge [TPACK].
ICT Literacy for Indonesian Workers in Singapore Mutia Delina; Bambang Iswanto; Lipur Sugiyanta; Faisal Madani; Surano Muhasyah; Muhammad Ilham Fauzi; Ahmad Fauzan
PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2 No 01 (2021): Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1333.937 KB) | DOI: 10.21009/perduli.v2i01.23955

Abstract

Information and communication technology (ICT) has become an essential aspect of modern life. Everybody has to deal with ICT, especially for work. In Asia, ICT skills involve five main aspects: software development, ICT project management, enterprise architecture design, network and system administration, and information system and network security. Every year Indonesia sends workers to Singapore. In contrast, most of those workers are skilled workers for the household which their job responsibilities are taking care of the house, babysitting, taking care of the elderly and drivers. However, some of them have ICT skills, and some others do not have them. Therefore, Universitas Negeri Jakarta conducted a webinar on "the success key of digital technology utilization" to enhance the Indonesia Worker's comprehension of ICT literacy, which was participated by 210 Indonesian workers in Singapore. The webinar was divided into three parts, pre-test, speaker presentation, and post-test. The results showed that there was an increment of participant comprehension on ICT literacy after the webinar.

Page 1 of 4 | Total Record : 34