cover
Contact Name
Fatkhurahman
Contact Email
fatkhurahmanq8@gmail.com
Phone
+6285265497158
Journal Mail Official
idelwaldelmi@unilak.ac.id
Editorial Address
Jln. Suka Karya No 125 , Pekanbaru, Riau 28299
Location
,
INDONESIA
Jurnal Bisnis Kompetitif
ISSN : -     EISSN : 28295277     DOI : https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i3.1194
Core Subject : Social,
Jurnal Bisnis Kompetif diterbitkan oleh Komunitas Manajemen Kompetitif. Jurnal ini diterbitkan tiga kali pada bulan Maret, Juli dan Nopember. Ini berisi artikel-artikel seperti karya ilmiah (riset dan non-penelitian), studi analitis, aplikasi teoritis dan ulasan masalah bisnis. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas serta penyebarannya dengan ilmu di kalangan intelektual, praktisi, mahasiswa dan pemerhati masalah bisnis.
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2022)" : 23 Documents clear
PENGARUH PENGARUH HARGA CABAI RAWIT, HARGA BAWANG MERAH, DAN HARGA DAGING SAPI TERHADAP INFLASI Tenti Herawati Adi Saputri; Muhammad Reza Al Malik; Rachma Rizkiyah Arliati; Reynaldi Tomasoa; Dwiriyadi Dwiriyadi; Thuzahra Ananda Adifati
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.559 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.970

Abstract

Penelitian ini bertujuan Menganalisis pengaruh kenaikan Harga Cabai Rawit, Harga Bawang Merah, dan Harga Daging Sapi terhadap inflasi pada tahun 2018 – 2020. Metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode analisis validitas reabilitas dan uji regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 25, pengujian dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik, seperti uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji F (simultan), dan uji t (parsial). Hasil Uji autokorelasi menunjukan pengaruh harga cabai rawit, harga bawang merah, harga daging sapi terhadap inflasi tidak mengandung autokorelasi.
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA KOPERASI UNIT DESA “BANGUN DESA” KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR Panca Adi Cahyono; Wandi Nur Ikhsan
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.578 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.971

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja karyawan pada Koperasi Unit Desa “Bangun Desa”. Sample dalam penelitian ini adalah karyawan Koperasi Unit Desa “Bangun Desa” yang berjumlah 39 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel total atau teknik sensus. Sedangkan variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah motivasi dan prestasi kerja. Analisis data menggunakan metode regresi linear sederhana dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, heteroskedastisitas, uji t dan uji R2. Pengujian tersebut dilakukan guna mengetahui hubungan antara variabel bebas (indipenden variabel) dengan variabel terikat (dependen variabel). Kesimpulan akhir penelitian ini adalah pada variabel motivasi berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan pada Koperasi Unit Desa “Bangun Desa” dapat dilihat dengan hasil R-Square (koefisien determinasi) sebesar 55,8% sedangkan sisahnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel dalam penelitian ini. Hasil uji t dapat diperoleh dari data olahan yakni t hitung 6,837 sedangkan t tabel 2,026 berarti t hitung > t tabel dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Secara parsial variabel motivasi berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan pada Koperasi Unit Desa “Bangun Desa”. Hasil persamaan regresi linear sederhana adalah Y = 18,652 + 0,644X.
ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA KANTOR CAMAT RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU Warnadi Warnadi; Muhklas Adi Putra
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.228 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.973

Abstract

Pemerintah sebagai penyedia layanan publik bertanggung jawab dan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Permasalahan pada Kantor Camat Rengat Kabupaten Indragiri Hulu yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah Pelayanan yang diberikan secara umum belum memuaskan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan kepuasan masyarakat menunjukkan pelayanannya pada kualitas yang cukup baik dikarenakan kinerja pelayanan pada Kantor Camat Rengat secara keseluruhan berada pada kategori yang cukup memuaskan bagi masyarakat sebagai penerima layanan. Dan Kantor Camat Rengat Kabupaten Indragiri Hulu juga dipandang perlu untuk terus selalu melakukan peningkatan pelayanan agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang berkualitas.
PENGARUH INOVASI DAN KREATIFITAS TERHADAP KINERJA USAHA PELAKU UMKM KULINER DI KOTA PEKANBARU Nurul Sukriani
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.002 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.998

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi dan kreatifitas terhadap Kinerja Usaha Pelaku UMKM Kuliner di Kota Pekanbaru. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Sumber data menggunakan primer dan sekunder berupa angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM bidang Kuliner di kotaPekanbaru. Untuk populasi dan sampel karena jumlah populasi tidak diketahui secara pasti, maka menggunakan rumus dengan metode Wibisono dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 97 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara Inovasi dan Kreatifitas terhadap Kinerja Usaha Pelaku UMKM Kuliner di Kota Pekanbaru. Secara parsial juga ditemukan pengaruh Inovasi dan Kreatifitas terhadap Kinerja Usaha Pelaku UMKM Kuliner di Kota Pekanbaru.
ANALISIS PERSEPSI PROMOSI GRATIS ONGKOS KIRIM (ONGKIR) SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Nurul Istikomah; Budi Hartono
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.294 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.1011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengaruh promosi gratis ongkos kirim Shopee terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan wawancara. Responden dipilih dengan menggunakan metode Snowball Sampling. Penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dalam proses analisis data. Penelitian ini menjawab bahwa promosi gratis ongkos kirim Shopee berpengaruh terhadap keputusan pembelian dimana persepsi pembeli dengan adanya promo gratis ongkos kirim dapat lebih menghemat pengeluaran sehingga lebih antusias untuk membeli atau bertransaksi dengan aplikasi tersebut. Hasil penelitian ini juga mendukung teori Kotler dan Armstrong bahwa promosi dan harga mempengaruhi keputusan pembelian yang didukung oleh indikator-indikator seperti periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas, keterjangkauan harga, harga sesuai produk, harga sesuai manfaat. , harga yang terjangkau. mampu bersaing dengan perusahaan lain sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian sesuai dengan indikator pilihan produk, merek, dan lain-lain
DIMENSI E-COMMERCE DALAM MEMBENTUK CUSTOMER SATISFACTION MILENIAL LAZADA Rina Sundari
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.486 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.1038

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dimensi e-commerce dalam membentuk customer satisfaction milenial lazada. Lazada masuk peringkat 5 (lima) besar e-commerce yang banyak dikunjungi customer indonesia versi kompas.com. Responden dalam penelitian ini berjumlah 39 orang. Teknik penarikan sampelnya adalah judgment random sampling. Peneliti hanya mengambil mahasiswa yang pernah berbelanja Lazada. Peneliti menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif untuk menjawab semua pertanyaan di kuesioner yang bersifat tertutup. Hasil penelitian menunjukkan untuk variable e-commerce dengan dimensi perdagangan dengan system pertukaran data pernyataan data penjual jelas via aplikasi Lazada mempunyai nilai yang tinggi. Dibandingkan dimensi kualitas pelayanan pernyataan Kemampuan penjual dalam melayani konsumen dimensi biaya dan kemudahan.
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KUALITAS PELAYANAN, KINERJA PEGAWAI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN PADANG PARIAMAN Ilham Hakim; Anne Putri
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.155 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.1050

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, kualitas pelayanan, kinerja pegawai dan pengalaman kerja terhadap kepuasan masyarakat pada pegawai PDAM Kabupaten Padang Pariaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada PDAM Kabupaten Padang Pariaman. Sampel yang digunakan sebanyak 176 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. (3) Kinerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. (4) Pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. (4) Komitmen organisasi, kualitas pelayanan, kinerja pegawai dan pengalaman kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada PDAM Kabupaten Padang Pariaman
PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL, STRES KERJA, PROMOSI JABATAN DAN SKILLS TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN Yandrizon Yandrizon; Anne Putri
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.75 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.1056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial, stres kerja, promosi, dan keterampilan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompensasi finansial yang dirasakan kurang mendukung dalam melaksanakan pekerjaan, penerimaan stres kerja masih rendah, kesadaran kehadiran di tempat kerja masih rendah, kepatuhan terhadap aturan dan perilaku etis masih dilanggar, dan karyawan kinerja yang masih labil dan cenderung rendah pada pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi dan wawancara. Responden penelitian ini adalah 38 pegawai pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman. Metode pengambilan sampel menggunakan metode total sampling dimana seluruh populasi dalam penelitian ini digunakan sebagai sampel penelitian. Pengujian hipotesis dihitung menggunakan program IBM Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 24.0. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa secara parsial kompensasi finansial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, promosi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, keterampilan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan kompensasi finansial, stres kerja, promosi jabatan dan keterampilan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman
PENGARUH SIKAP, NORMA DAN PRILAKU KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI PADA UD CAHAYA CAMILAN SINGARAJA Putu Nik Mawarni
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.73 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.1061

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap, norma dan perilaku konsumen terhadap niat beli pada UD Cahaya Snack Singaraja. Prosedur pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji kelayakan model (goodness of fit). Hasil review menunjukkan bahwa sikap berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada UD Cahaya Cmilan Singaraja. Dari hasil pengujian dengan uji T menunjukkan bahwa sikap berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Norma subyektif berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan pada UD Cahaya Snack Singaraja. Dari hasil pengujian dengan uji T menunjukkan bahwa norma subjektif berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Perilaku konsumen berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan pada UD Cahaya Snack Singaraja. Dari hasil pengujian dengan uji T menunjukkan bahwa perilaku konsumen berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Dilihat dari uji-f diperoleh F-hitung > F-tabel sebesar 31,673, hal ini menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif dan perilaku konsumen berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan dengan tingkat sig. besar. 0,000 < 0,050.
PENGARUH REMUNERASI, INTEGRITAS DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA ANGGOTA SATUAN LALU LINTAS POLRES PASAMAN BARAT Andra Efendi; Anne Putri
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.434 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.1062

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh remunerasi, integritas, dan kepuasan kerja baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap kinerja anggota Satlantas Polres Pasaman Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah anggota Satlantas Polres Pasaman Barat yang berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sensus karena jumlah anggota hanya 35 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Uji validitas instrumen penelitian dan uji reliabilitas. Teknik analisis data terdiri dari uji deskripsi data, uji asumsi klasik, analisis jalur dan uji hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa remunerasi, integritas, dan kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja anggota Satlantas Polres Pasaman Barat secara parsial maupun bersama-sama.

Page 1 of 3 | Total Record : 23