cover
Contact Name
Uswatunnisah
Contact Email
uswatunnisah225@gmail.com
Phone
+6285242886819
Journal Mail Official
jurnalvenus173@gmail.com
Editorial Address
Jln Tentara Pelajar No. 173
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Venus
ISSN : 23384611     EISSN : 27980995     DOI : https://doi.org/10.48192/vns.v8i2
Jurnal ini menampilkan berbagai pokok pembahasan yang berwujud ringkasan hasil penelitian dan artikel ilmiah yang mempunyai keterkaitan di bidang kemaritiman dan kependidikan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2021): September" : 7 Documents clear
Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran: Tantangan Dan Peluang Bagi Taruna Dan Pengajar Supardi Temmu
JURNAL VENUS Vol 9 No 2 (2021): September
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9298.781 KB)

Abstract

Penyebaran COVID-19 menjadi ancaman bagi umat manusia, karena pandemi ini memaksa banyak kegiatan global ditutup, termasuk kegiatan pendidikan. Untuk mengurangi penyebaran virus, institusi pendidikan terpaksa beralih ke E-learning menggunakan platform pendidikan yang tersedia, meskipun ada tantangan yang dihadapi transformasi mendadak ini. Untuk lebih mendalami potensi tantangan yangdihadapi kegiatan pembelajaran, fokus kajian ini adalah pada e-learning dari perspektif taruna dan pengajar dalam menggunakan dan mengimplementasikan sistem Elearning di perguruan tinggi negeri selamamasa pandemi COVID-19. Penelitian ini menyasar masyarakat yang meliputi taruna dan staf pengajar pada Program Studi Teknika di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Pendekatan deskriptif-analitis diterapkandan hasilnya dianalisis dengan metode statistik. Ada dua jenis angket yang dirancang dan disebarkan, yaitu angket siswa dan angket pengajar. Empat dimensi telah disorot untuk mencapai hasil yang diharapkan, yaitu sejauh mana penggunaan elearning selama pandemi COVID-19, kelebihan, kekurangan dan hambatan penerapan E-learning di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Dengan menganalisis hasil, kami mencapai hasil yang menggembirakan yang menyoroti beberapa masalah, tantangan, dan keuntungan menggunakan sistem e-learning daripada pendidikan tradisional dipendidikan tinggi pada umumnya dan selama masa darurat.
Efektifitas Penerapan CBA (Computer Based Assessment) Terhadap Peaksanaan Ujian Keahlian Pelaut (Studi Kasus PUKP 05 Semarang dan PUKP 07 Makassar). Adnan Adnan; Haerani Asri; Agustina Setyaningsih; Eva Susanti
JURNAL VENUS Vol 9 No 2 (2021): September
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9228.429 KB) | DOI: 10.48192/vns.v9i02.439

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penerapan Computer Based Assesment (CBA) pada PUKP 05 Semarang dan PUKP 07 Makassar, (2) Efektitifitas penerapan Computer Based Assesment (CBA) terhadap PUKP 05 Semarang dan PUKP 07 Makassar.Penelitian dilaksankan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang dan PoliteknikIlmu Pelayaran Makassar dengan jumlah populasi yang berasal PUKP 05 Semarang sebanyak 378 peserta dan yang berasal dari PUKP 07 Makassar sebanyak 229 peserta. Penarikan sampel menggunakan rumus Taro Yamane sehingga sampel penelitian untuk PUKP 05 Semarang sejumlah 194 peserta dan untuk PUKP 07 Makassar sejumlah 145 peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Computer Based Assesment (CBA) pada PUKP 05 Semarang dan PUKP 07 Makassar berjalan dengan baik. Hal tersebut terbukti dari tingginya tanggapan responden terkait indikator-indikator yang membangun variabel penelitian. Selanjutnya dari hasil wawancara menunjukkan bahwa dengan diterapkannya Computer Based Assesment (CBA) pada PUKP 05 Semarang dan PUKP 07 Makassar memberi kemudahan bagi peserta ujian pada saat pelaksanaan Ujian Keahlian Pelaut (UKP). Selain kemudahan dalam proses ujian, penerapanComputer Based Assesment (CBA) juga dapat menghemat waktu dan biaya operasional pelaksanaan Ujian Keahlian Pelaut (UKP). Dengan demikian maka efektifitas penerapan Computer Based Assesment (CBA)pada PUKP 05 Semarang dan PUKP 07 Makassar berada pada kategori tinggi.
Persiapan Ruang Muat Pada Kapal Curah Guna Menunjang Keberhasilan Dalam Proses Pemuatan di MV. C. UTOPIA Endang Lestari; Subehana Rachman; Achmad Adham Rais
JURNAL VENUS Vol 9 No 2 (2021): September
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9299.261 KB) | DOI: 10.48192/vns.v9i02.440

Abstract

Pencucian palka yang kurang baik oleh anak buah kapal terhadap ruang muat mengakibatkan kendala pada proses pemuatan karena dianggap kondisinya tidak layak untuk dimuat, sehingga terjadi penundaan pemuatan yang dapat merugikan perusahaan. Tujuan penelitian adalah mengetahui cara mempersiapkan ruang muat dengan baik sehingga proses pemuatan kargo dapat berjalan dengan lancar dantidak terjadi tertundanya proses pemuatan kargo yang dapat merugikan perusahaan pelayaran. Penelitian ini dilaksanakan di kapal MV. C. Utopia, milik perusahan pelayaran Chang Myung Shipping Co. Ltd, selama kurang lebih 12 (dua belas) bulan, terhitung sejak bulan 22 Juli 2017 sampai 17 Juli 2018. Sumber data yang diperoleh merupakan data primer yang langsung diperoleh dari tempat penelitian dengan caraobservasi, wawancara langsung kepada petugas atau karyawan serta literatur-literatur yang berkaitan dengan judul skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebersihan ruang muat yang kurang optimal di MV. C. Utopia diakibatkan kurangnya peralatan yang memadai untuk melakukan perawatan dan pencucian ruang muat keterlambatan datangnya peralatan yang di butuhkan untuk melaksanakan perawatan dan pencucian ruang muat. Hal tersebutlah yang sering menyebabkan terhambatnya proses pemuatan karena kurang bersihnya ruang muat saat dilaksanakan pengecekan oleh surveyor.
Analisis Tidak Normalnya Proses Purifikasi Pada Fuel Oil Purifier Di Kapal MT. GAS MELAWI Paris J.M. Senda; Tasdik Tona; Jordan Michael Lewar
JURNAL VENUS Vol 9 No 2 (2021): September
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9228.354 KB) | DOI: 10.48192/vns.v9i02.441

Abstract

Tujun penelelitian adalah mengetahui proses purifikasi yang tidak normal pada purifier mitsubishi selfjector SJ10F/FH. Penelitian ini dilaksanakan di MT. GAS MELAWI mulai tanggal 12 Desember 2017 sampai tanggal 20 Desember 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gravity disc yang tidak sesuai serta pilot valve yang macet akan mengganggu jalannya proses purifikasiatau pemisahan bahan bakar yang akan dipakai diatas kapal. Hal ini mengakibatkan fuel oil purifier selalu mengalami masalah tidak normal lalu mengakibatkan peluberan apabila berlangsung secara terus menerus hal ini akan menyebabkan kerugian baik dari segi materi maupun jumlah bahan bakar yang ikut terbuang.
Analisis Menurunnya Produksi Air Tawar Pada Fresh Water Generator Di Kapal MT. BULL KALIMANTAN Iswansyah Iswansyah; Mahadir Sirman; Sultan Ma’arif
JURNAL VENUS Vol 9 No 2 (2021): September
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9262.022 KB) | DOI: 10.48192/vns.v9i02.442

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui hal-hal yang menyebabkan menurunnya kapasitas produksi Fresh Water Generator di kapal. Penelitian dilaksanakan di MT. Bull Kalimantan milik perusahaan PT. Buana Lintas Lautan selama 12 bulan yakni dari tanggal 03 Agustus 2018 sampai 06 Agustus 2019. Sumber data yang diperoleh adalah data yang didapatkan langsung dari tempat penelitian dengan metode observasi dan juga metode kepustakaan berupa dokumen-dokumen, instruction manual book serta buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan penyebab adanya gangguan penyerahan panas pada Fresh Water Generator dikarenakan adanya scale atau kerak-kerak yang melengket pada evaporator shell tube, sehingga terjadi penurunan penyerahan panas dimana mengakibatkan jumlah air tawar yang dihasilkan mengalami penurunan dari kondisi normal.
Analisis Penerapan International Code of Signals di PSV. Surf Perdana Welem Ada; Abdoellah Jabier; Muh. Syarif Hidayat
JURNAL VENUS Vol 9 No 2 (2021): September
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9301.993 KB) | DOI: 10.48192/vns.v9i02.443

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui penerapan International Code of Signals di PSV. Surf Perdana. Penelitian dilaksanakan di PSV. Surf Perdana milik perusahaan PT. Surf Marine Indonesia selama kurang lebih 12 bulan mulai tanggal 09 Agustus 2018 sampai tanggal 09 Agustus 2019. Sumber data yang diperoleh adalah data yang diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi langsung dengan semua Officer di atas kapal, metode kepustakaan seperti dokumen-dokumen serta buku-buku yang mempunyai hubungan dengan judul skripsi. Hasil penelitian menunjukkan Isyarat Signal masih diterapkan dengan benar sesuai International Code of Signal oleh para officer di atas kapal PSV. Surf Perdana di karenakan para Officer di kapal ini sangat berkompeten.
Pengaruh Idle Time Terhadap Produktivitas Bongkar-Muat Petikemas di PT. PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA Trisnowati Rahayu; Indah Ayu; Hasiah Hasiah
JURNAL VENUS Vol 9 No 2 (2021): September
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9300.996 KB) | DOI: 10.48192/vns.v9i02.444

Abstract

Pada penelitian ini di fokuskan pada pengaruh Idle Time terhadap Produktivitas bongkar-muat menjadi perhatian dalam operasional pelabuhan. Idle Time (IT) adalah waktu tidak efektif atau tidak produktif atau terbuang selama Kapal berada di tambatan disebabkan pengaruh cuaca dan peralatan bongkar muat yang rusak. Indikator produktivitas/kinerja bongkar muat dibagi menjadi 2 yaitu: (1) Box Crane Per Hour (BCH) yaitu banyaknya box petikemas yang dilaksanakan oleh satu buah crane dalam waktu satu jam. (2) Box Ship Per Hour (BSH) yaitu banyaknya box petikemas yang mampu dibongkar/muat oleh pihak terminal terhadap satu buah kapal dalam waktu satu jam. Jenis Penelitian jenis penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu analisis berdasarkan perhitungan obyektif untuk memecahkan persoalan yang sifatnya dapat diukur, karena penulis mencari pengaruh antara Idle Time (IT) terhadap produktivitas bongkar muat petikemas di Terminal nilam & Mirah PT. Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh idle time terhadap produktivitas bongkar-muat petikemas sebesar -0,346 dengan probabilitas sebesar 0,737, serta menunjukkan bahwa probabilitas > significant alpha (5% atau 0,05). Hal ini berarti dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan Idle time terhadap produktivitas bongkar-muat petikemas di Terminal Petikemas PT. Pelabuhan Tanjung Perak- Surabaya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7