cover
Contact Name
Laksono Budiarto
Contact Email
laksono.budiarto@um.ac.id
Phone
+62895384660796
Journal Mail Official
jmipap.journal@um.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Malang Jl. Semarang no 5 Malang Jawa Timur 65115
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP)
ISSN : -     EISSN : 27980634     DOI : https://doi.org/10.17977/um067
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) is a publication that focuses on education, particularly in the areas of mathematics and natural sciences. The journal publishes articles, research papers, and other relevant manuscripts related to the teaching and learning of these subjects. It provides a platform for educators, researchers, and scholars to share their ideas, insights, and innovative teaching methods that can enhance the teaching and learning experience of students in mathematics and natural sciences. JMIPAP aims to contribute to the improvement of the quality of education in these fields by providing a space for the exchange of knowledge and ideas among its readers and contributors.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 5 (2021)" : 8 Documents clear
RETRACTED : Pengembangan tes penjelasan ilmiah materi sistem ekskresi manusia untuk siswa SMP/MTs kelas VIII Isna Istikhanif Farida; Muntholib Muntholib; A. M. Setiawan
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 5 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.67 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i5p322–333

Abstract

Following a rigorous, carefully concerns and considered review of the article published in Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (Journal of Mathematics, Science, and Instruction) to article entitle "Pengembangan tes penjelasan ilmiah materi sistem ekskresi manusia untuk siswa SMP/MTs kelas VIII" Vol. 1 No. 5 (2021)   This paper has been found to be in violation of the Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (Journal of Mathematics, Science, and Instruction) publication principles and has been retracted. The article contained redundant material, the editor investigated and found that the paper published in AIP Conference Proceedings 2215, 020013 (2020)   The document and its content has been removed from Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (Journal of Mathematics, Science, and Instruction) and reasnable effort should be made to remove all references to this article.
Pengaruh levels of inquiry-interactive demonstration terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII SMP pada materi tekanan zat Itsna Yunida Al Husna; Susilowati Susilowati; Erni Yulianti
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 5 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1009.825 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i5p334–340

Abstract

Berdasarkan pengamatan pembelajaran IPA SMP di Malang masih melibatkan peran guru yang dominan. Siswa tidak memiliki pemahaman yang mendalam mengenai suatu materi karena tidak memiliki pengalaman secara langsung dalam proses mencari tahu. Hal ini menyebabkan kemampuan berpikir tingkat tinggi cenderung rendah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Levels of Inquiry-Interactive Demonstration dibandingkan dengan Levels of Inquiry-Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan teknik posttest only control group design. Kelas eksperimen menggunakan Levels of Inquiry-Interactive Demonstration dan kelas kontrol menggunakan Levels of Inquiry-Discovery Learning. Instrumen penelitian terdiri atas 20 soal pilihan ganda kemampuan berpikir tingkat tinggi yang valid dengan tingkat reliabilitas 0,872. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang belajar dengan Levels of Inquiry-Interactive Demonstration lebih tinggi dibandingkan Levels of Inquiry-Discovery Learning.
Analisis kebutuhan pengembangan formative feedback berbantuan komputer dengan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gelombang siswa SMP kelas VIII Jesisca Pratiwi; Sentot Kusairi; Erti Hamimi
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 5 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (917.041 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i5p341–346

Abstract

Penilaian merupakan suatu proses mengumpulkan dan mengolah suatu data atau informasi untuk mengukur suatu pencapaian dari proses dan hasil belajar. Penilaian dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, tanpa adanya penilaian guru tidak dapat mengetahui pencapaian belajar siswa dan tidak dapat mengetahui kesulitan belajar siswa pada suatu materi. Salah satu jenis penilaian pembelajaran yaitu penilaian formative. Penilaian formative memiliki peranan penting dalam mengevaluasi, membentuk kompetensi dan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran melalui balikan yang diberikan. Pelaksanaan penilaian formative sering dianggap kurang efektif karena membutuhkan waktu dan perhatian tiap individu yang relatif lama serta feedback atau balikan tidak dapat diterima secara langsung oleh peserta didik. Penggunaan formatif feedback lebih efektif apabila dilakukan dengan bantuan komputer, selain itu penggunaan media dapat meningkatkan minat belajar siswa yang dapat mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan formative feedback berbantuan komputer dengan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gelombang untuk siswa SMP kelas VIII yang layak dan valid digunakan sebagai media belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan metode dengan menggunakan studi literatur. Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat membantu guru dalam proses penilaian hasil belajar siswa dan membantu siswa dalam memahami materi serta memudahkan dalam mengaplikasikan pada soal.
Pengembangan bahan ajar ipa terpadu dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa SMP/MTs kelas VIII Kirara Lena Siswanti; Safwatun Nida; Sugiyanto Sugiyanto
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 5 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1052.546 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i5p347–355

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan bahan ajar IPA terpadu dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa SMP/MTs kelas VIII yang valid dan layak. Pengembangan bahan ajar berupa buku siswa dan buku guru. Bahan ajar yang dikembangkan melalui tahap validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli bahan ajar. Uji keterbacaan dilakukan oleh guru dan siswa. Data yang diperoleh yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari perhitungan skor hasil validasi dan uji keterbacaan, sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar yang diberikan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan sudah valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA terpadu dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi zat aditif dan zat adiktif.
Pengembangan bahan ajar dengan model learning cycle 5e pada materi suhu dan kalor untuk siswa SMP kelas VII Lailatul Nuronia; Parno Parno; Novida Pratiwi
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 5 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1137.971 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i5p356–362

Abstract

Keterbatasan bahan ajar dan kurangnya informasi dalam buku teks pelajaran kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh pemerintah dapat dijadikan sebagai peluang untuk mengembangkan bahan ajar. Salah satunya materi suhu dan kalor. Model Learning Cycle 5E dalam bahan ajar merupakan salah satu model yang mampu menampilkan pendekatan saintifik sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4-D tanpa tahap disseminate . Hasil analisis bahan ajar menunjukkan nilai 89,43 persen yang masuk dalam kategori valid.
Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar ipa berbasis pbl terintegrasi stem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi gerak lurus Alifia Asterina Putri; Parno Parno; Yessi Affriyenni
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 5 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.583 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i5p363–366

Abstract

Bahan ajar ialah salah satu sarana belajar yang bisa digunakan siswa untuk belajar secara mandiri. Tetapi model pembelajaran yang menggunakan permasalahan nyata, menyisipkan aspek STEM, dan menggunakan strategi belajar mandiri belum banyak dikembangkan. Dilihat dari berbagai penelitian masih banyak siswa dengan kemampuan berpikir kritisnya masih rendah dan kesulitan untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan permasalahan nyata. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan dari bahan ajar dengan PBL-STEM pada materi gerak lurus sehingga layak digunakan sebagai peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Penelitian yang dilakukan menerapkan model pengembangan 4-D dengan tujuan menjelaskan kenaikan kemampuan berpikir kritis melalui bahan ajar IPA berbasis PBL-STEM. Hasil validasi ahli materi menyimpulkan bahwa bahan ajar memiliki persentase kelayakan rata-rata 96 persen, dan validasi ahli media menunjukkan persentase rerata kelayakan 90 persen. Hasil uji keterbacaan oleh guru menyimpulkan jika bahan ajar memiliki persentase keterbacaan rata-rata sebesar 100 persen dan hasil keterbacaan oleh 15 siswa memiliki persentase keterbacaan rata-rata sebesar 100 persen. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar IPA dengan PBL-STEM diperoleh hasil sangat layak sehingga berpeluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Analisis kebutuhan pengembangan edukit ipa terintegrasi mobile application pada tema getaran dan gelombang untuk melatih keterampilan problem solving siswa Dzakiyya Alya Maharani; Erni Yulianti; Sugiyanto Sugiyanto
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 5 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (822.318 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i5p367–372

Abstract

Tujuan dari analisis kebutuhan ini adalah memberikan kajian terkait media pembelajaran yang dapat melatih keterampilan pemecahan masalah siswa, yaitu dengan menggunakan edukit IPA yang terintegrasi Mobile Application pada tema getaran dan gelombang. Tuntutan pembelajaran yang terdapat dalam kurikulum 2013 adalah memindahkan fokus pendidikan dari menghafal fakta dan pengetahuan teoritis kepada siswa untuk dapat mencapai kompetensi menjadi kegiatan penemuan konsep oleh siswa. Proses pembelajaran terdiri dari lima pengalaman belajar utama yaitu mengamati, bertanya, bereksperimen, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Praktikum di laboratorium yang dilaksanakan dengan efektif, dapat menjadi sumber belajar siswa untuk memahami sains, selain itu kegiatan laboratorium juga merupakan proses dari pemecahan masalah. Kegiatan laboratorium di mana siswa dilibatkan langsung dalam pemecahan masalah dapat meningkatkan kreatifitas berpikirnya. Alat praktikum yang tersedia di laboratorium cukup besar sehingga kurang efisien dalam penggunaannya, maka inovasi yang diberikan adalah menggunakan alternatif lain yaitu Edukit. Edukit atau microscale adalah bentuk sederhana dari alat praktikum yang biasanya tersedia di laboratorium. Edukit ini nantinya akan dilengkapi dengan buku panduan yang menjelaskan prosedur percobaan, kemudian di dalam buku panduan disertasi barcode yang akan terhubung dengan mobile application. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature dan studi kasus terhadap pihak-pihak yang bersangkutan.
Analisis Perencanaan Bahan Ajar IPA Berbasis PjBL-STEM pada Materi Tekanan Zat dan Penerapannya sebagai Peluang Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Lutviyah Dwi Nurfadhilah; Parno Parno; Sugiyanto Sugiyanto
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 5 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.619 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i5p373–376

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis perencanaan bahan ajar IPA dengan model pembelajaran PjBL-STEM pada materi tekanan zat dan penerapannya untuk kelas VIII SMP/MTs. Model penelitian merupakan penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan four-D oleh Thiagarajan (1974). Salah satu tahapan yang dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar yaitu tahap perancangan (design). Pada tahap design terdapat penentuan desain bahan ajar dan penyusunan draf awal bahan ajar, sehingga pengembang melakukan pengembangan bahan ajar berupa buku cetak.

Page 1 of 1 | Total Record : 8