cover
Contact Name
Ahmad Faridh Ricky Fahmy
Contact Email
ahmad.faridh.rf@uingusdur.ac.id
Phone
+6285848378756
Journal Mail Official
circle@uingusdur.ac.id
Editorial Address
Kampus II Jl. Pahlawan, Rowolaku, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia.
Location
Kota pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 27766268     EISSN : 27771008     DOI : https://doi.org/10.28918/circle.v3i01
Core Subject : Education,
Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even student. We recommend a qualitative research, an action research, research and development (RnD), experiment and quantitative research. This journal managed and published by Mathematic Education Department (Tadris Matematika), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023" : 8 Documents clear
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Fungsi Kuadrat Menurut Teori Kastolan Dewi Azizah; Aprilia Rahmawati
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.161 KB) | DOI: 10.28918/circle.v3i01.6546

Abstract

Salah satu kendala dalam pembelajaran matematika adalah siswa kesulitan dalam memecahkan soal-soal matematika, khususnya soal cerita. Ini adalah salah satu alasan mengapa siswa membuat kesalahan saat memecahkan masalah matematika. Tujuan artikel ini adalah menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal cerita fungsi kuadrat menurut teori Kastolan dan mengetahui faktor penyebabnya. Kualitatif adalah jenis penelitian ini. Kelas X MIPA 5 SMA N 1 Wiradesa sebagai subjek penelitian. Tes dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Menurut teori Kastolan, tiga jenis kesalahan siswa yaitu kesalahan konseptual, prosedural, dan teknis. Kesalahan konseptual memiliki kesalahan tertinggi sebesar 26,26%, diikuti oleh kesalahan prosedural sebesar 11,11 dan kesalahan teknis sebesar 2,02%. Kesalahan tersebut dikarenakan siswa kurang memahami tujuan soal sehingga penggunaan rumus salah, siswa kurang memahami konsep fungsi pangkat sehingga hanya setengah langkah dalam menjawab soal, tidak teliti dan tergesa-gesa, dan siswa tidak mengecek kembali hasil jawabannya.
Eksplorasi Kuliner Mie Ongklok melalui Buku Ajar Berbasis PBL terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Muhamad Riza Mahendra; Nadia Rizki Ardelia; Adi Satrio Ardiansyah; Heni Lilia Dewi
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.392 KB) | DOI: 10.28918/circle.v3i01.6820

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berbasis Problem Based Learning bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aritmetika sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan 4D (Four-D) yang termodifikasi dengan menggunakan tiga tahap saja, yaitu: 1) tahap pendefinisian (define); 2) tahap perancangan (design), dan; 3) tahap pengembangan (develop). Kuesioner digunakan sebagai teknik pengumpulan data serta analisis data menggunakan deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor kelayakan buku ajar dari ahli materi dan ahli praktisi masing-masing sebesar 95,90% dan 92,12% sehingga kriteria buku ajar sangat layak, skor keterbacaan dari pengguna sebesar 85,50% sehingga kriteria buku ajar mudah dipahami, dan skor respon siswa SMP sebesar 91,67% menunjukkan buku ajar mendapat respon yang sangat baik. Dengan demikian buku ajar berbasis Problem Based Learning bernuansa etnomatematika sangat layak untuk diimplementasikan dalam kelas sasaran
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Model Learning Cycle 5E pada Materi Matriks Yulianti Kartika Sari; Syutaridho; Feli Ramury
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.201 KB) | DOI: 10.28918/circle.v3i01.6824

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model Learning Cycle 5E pada materi matriks untuk siswa SMA Kelas XI yang memiliki kualitas valid, praktis, serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik berdasarkan persentase kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian, yaitu Lembar penilaian LKPD untuk validator ahli materi dan ahli media, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar peserta didik. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 32 siswa di SMA Negeri 1 Sungai Lilin. Hasil penelitian yaitu: 1) penilaian kriteria kevalidan LKPD dari ahli materi sebesar 88,66% dengan kriteria “sangat valid” dan ahli media sebesar 84% dengan kriteria “Sangat valid” sehingga LKPD dinyatakan layak untuk diuji cobakan; 2) penilaian LKPD untuk kriteria kepraktisan memperoleh persentase sebesar 81,77% dengan kriteria “sangat praktis”; 3) penilaian LKPD dengan kriteria memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik dilihat berdasarkan persentase kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥75 dengan persentase ketuntasan sebesar 81,25% dengan kriteria “sangat efek potensial” sehingga LKPD dinyatakan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik berdasarkan persentase kriteria ketuntasan minimal.
Analisis Komparasi Buku Teks Matematika Indonesia dan Singapura pada Topik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dinda Dewi Kaerudin; Herani Tri Lestiana; Yandi Heryandi
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (889.162 KB) | DOI: 10.28918/circle.v3i01.6873

Abstract

Buku teks dapat mempengaruhi proses belajar peserta didik. Setiap kurikulum yang berlaku memiliki buku teks sebagai bahan ajar utama. Beberapa sekolah SPK di Indonesia mengadaptasi kurikulum yang diterapkan di Singapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan konten materi dan penyajian materi pada buku teks matematika Indonesia dan Singapura pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Perbandingan ini menggunakan buku teks matematika kurikulum 2013 kelas VIII Semester 1 dan buku teks Discovering Mathematics 2A (2nd Edition). Berdasarkan hasil analisis, kedua buku teks tersebut memiliki persamaan dan perbedaan masing-masing dalam setiap aspek dan komponen yang dianalisis. Pada cara penyajian materi, buku teks matematika Indonesia cenderung monoton dalam satu halaman secara padat diisikan oleh tulisan namun dalam pemilihan warna bervariasi. Sedangkan dalam buku teks Singapura, cara penyajian materi memanfaatkan tata letak yang bervariasi dengan menambahkan spot kecil (bubble) walaupun dalam pemilihan warna tidak terlalu bervariasi. Kelebihan buku teks Indonesia yaitu pemanfaatan masalah kontekstual saat memperkenalkan sebuah konsep, sedangkan pada buku teks Singapura masalah kontekstual hanya disajikan dalam latihan soal. Di sisi lain, buku teks Singapura memiliki kelebihan dalam hal integrasi pemanfaatan teknologi dan antisipasi miskonsepsi peserta didik.
Aplikasi Zyra sebagai Media Belajar Bangun Ruang Sisi Datar Nanda Meilia Andini; Juwita Rini
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (891.583 KB) | DOI: 10.28918/circle.v3i01.6925

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan aplikasi Zyra berbasis android mobile game dan terintegrasi Augmented Reality sebagai media belajar bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE, menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, angket, dan tes, serta menggunakan teknik deskriptif kualitatif sebagai teknik analisis data. Penelitian yang berlangsung selama kurang lebih empat bulan ini menghasilkan sebuah produk aplikasi pembelajaran yang dinyatakan valid dengan skor 83,5% dan 79,5, praktis dengan skor sebesar 83%, dan efektif dengan skor sebesar 86,66% berdasarkan hasil uji pre-test dan post-test.
Eksplorasi Etnomatematika Masjid Agung Al-Muhtaram Kajen Kabupaten Pekalongan dalam Pembelajaran Matematika Musbaiti Musbaiti; Rizqi Miftahurrahmah; Zulfa Nabila; Ahmad Faridh Ricky Fahmy
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.931 KB) | DOI: 10.28918/circle.v3i01.6928

Abstract

Kurangnya pemahaman yang komprehensif berkaitan dengan pelajaran matematika sehingga Etnomatematika hadir dalam rangka menjembatani antara peserta didik dan kebudayaan sehingga matematika mudah dipaham. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara matematika dengan budaya, khususnya pada penerapan rumus ataupun konsep matematika matematika yang terkandung didalam alat-alat dan arsitektur yang ada di Masjid Agung Al-Muhtaram Kajen, Kabupaten Pekalonga. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dengan metode pengumpulan data, yaitu observasi oleh tiga observer dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat etnomatematika pada masjid seperti konsep bangun datar pada bedug, keramik, kentongan, dll, barisan aritmatika seperti pada pemasangan paku ang ada di kulit sapi pada bedug , dan himpunan jaring-jaring lingkaran diatas kulit sapi pada bedug dengan 2 garis yang berdampingan tetapi tidak sejajar(zigzag).
Peningkatan Epistemic Curiosity dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 7 berbantuan Video Etnomatematika Agriat Barata; Helti Ligia Mampouw; Sri Mulyani
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.531 KB) | DOI: 10.28918/circle.v3i01.6932

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan epistemic curiosity dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 7 berbantuan video etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, kuisioner dan observasi dengan analisis kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran: (1) jumlah siswa ysng tuntas pada siklus 2 melebihi ketuntasan klasikal 75% yaitu sebesar 90,6 %, (2) rata – rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus 2 mencapai 78,31, (3) proporsi ketuntasan meningkat pada siklus 2 menjadi 90,6%, (4) Nilai rata – rata kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat secara signifikan menjadi 78,31% dan (5) terdapat peningkatan epistemic curiosity secara signifikan pada akhir siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdampak pada peningkatan epistemic curiosity dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Pengembangan Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Strategi REACT untuk Mengembangkan Kecakapan Numerasi dan Disposisi Matematis Peserta Didik Burhanudin Burhanudin; Santika Lya Diah Pramesti; Nevita Falasyifa
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.845 KB) | DOI: 10.28918/circle.v3i01.6942

Abstract

pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi REACT yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran Matematika materi Statistika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan dilakukan menggunakan langkah-langkah Four-D dengan penyederhanaan menjadi tiga tahap yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Validitas produk ditentukan berdasarkan penilaian ahli. Kepraktisan produk ditentukan berdasarkan respon peserta didik dan hasil pengamatan rekan guru terhadap penerapan pembelajaran di kelas. Efektifitas produk ditentukan berdasarkan ketercapaian hasil belajar serta tingkat disposisi matematis peserta didik. Hasil penelitian menjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan: (1) memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi dengan skor rata-rata 4,65; (2) bersifat praktis dengan skor rata-rata hasil respon peserta didik sebesar 4,63 dan skor rata-rata hasil pengamatan rekan guru sebesar 4,52; dan (3) efektif ditunjukkan dengan skor rata-rata penilaian hasil belajar sebesar 81, persentase ketuntasan sebesar 78% dan skor rata-rata disposisi matematis sebesar 4,29.

Page 1 of 1 | Total Record : 8