cover
Contact Name
Achmad Rozi
Contact Email
info@amalinsani.org
Phone
+6281394487174
Journal Mail Official
info@amalinsani.org
Editorial Address
Jl, Ir. Sutami Link. Krenceng Kebonsari, Citangkil, Kota Cilegon, Banten
Location
Kota cilegon,
Banten
INDONESIA
Prosiding Amal Insani Foundation
Published by Amal Insani Foundation
ISSN : -     EISSN : 29620074     DOI : https://doi.org/10.56721/prosalif
Prosiding Amal Insani ini merupakan luaran artikel yang telah memenuhi syarat dan ketentuan dalam kegiatan Call for Paper yang diselenggarakan oleh Amal Insani Foundation dalam kegiatan Seminar Nasional
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 57 Documents
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KURSUS DAN PELATIHAN BISNIS DI ERA DIGITAL Nisrina Ratu Cantika; Sholih Sholih
Prosiding Amal Insani Foundation Vol. 1 (2022)
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya pandemi COVID-19 ini, berdampak pada seluruh bidang, seperti bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, bahkan hingga pendidikan. Akibat pandemi ini, seluruh kegiatan dihentikan sementara waktu, atau lebih tepatnya kegiatan belajar dan bekerja hanya dari rumah saja. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh pembelajaran daring terhadap pendidikan kursus dan pelatihan bisnis di era digital. Metode yang digunakan pada artikel ini yaitu studi literatur. Studi literatur didapatkan dari berbagai sumber, baik melalui jurnal-jurnal, maupun internet. Pengaruh pembelajaran daring terhadap efektivitas pendidikan kursus dan pelatihan bisnis di era digital sangat membantu untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang bisnis. Walaupun hanya melalui pembelajaran daring kita tetap bisa melakukan pembelajaran kursus dan pelatihan bisnis, skill dan kemampuan kita di bidang bisnis pun akan meningkat jika kita mengikuti Kursus dan Pelatihan secara sungguh-sungguh.
IDENTIFIKASI PERMASALAHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SECARA DARING PADA MATERI DINAMIKA GERAK DI MAN 1 TANJUNG JABUNG BARAT Asmita Asmita; Dela Yulianti; Dwi Agus Kurniawan; Maison Maison
Prosiding Amal Insani Foundation Vol. 1 (2022)
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh siswa terhadap pembelajaran fisika secara daring pada materi dinamika gerak di MAN 1 Tanjung Jabung Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix method, sampel seluruh kelas X MIA sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data pada kuesioner di analisis menggunakan statistik deskriptif dan wawancara dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat dua permasalahan yang dialami oleh siswa terhadap pembelajaran fisika secara daring pada materi dinamika gerak di MAN 1 Tanjung Jabung Barat yaitu kesulitan mengingat materi fisika yang terdiri banyak rumus dan persamaan fisika dan kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan/soal fisika. Dari beberapa permasalahan ini perlu ditangani dengan baik agar tidak berdampak pada rendahnya hasil belajar melalui penerapan strategi pembelajaran yang menarik, inovatif, dan kreatif guna membangkitkan motivasi dan semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran terutama pembelajaran fisika
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG MANDIRI MELALUI MERDEKA BELAJAR Mutrofah Mutrofah
Prosiding Amal Insani Foundation Vol. 1 (2022)
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter melalui merdeka belajar merupakan sebuah rancangan dimana seperti pintu besar yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia apalagi jika diterapkan sedini mungkin melalui program pendidikan anak usia dini, proses pembelajaran dilakukan dengan tanpa paksaan dan tuntutan anak usia dini seperti ujian pemahaman dan sebagainya ang pastinya akan sangat menyenangkan karna dilakukan secara sukaela yang tentunya membuat capaian perkembangan anak akan lebih bermakna. Tujuan dari kajian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pembelajaran Yang Mandiri, Sesuai Minat Bakat Melalui Merdeka Belajar. Teknik yang digunakan dalam kajian ini adalah studi literatur, yaitu dengan cara meneliti dan memahami buku-buku, artikel dokumen atau sumber tertulis lainnya yang relevan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa merdeka belajar efektif untuk membangun karakter anak, karna memberikan kesempatan bermain tanpa tekanan kepada anak. Memberikan ruang bermain bagi anak agar karakternya bisa ditanamkan dengan baik
ANALISIS FAKTOR KESULITAN PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMAN 1 LINGSAR SELAMA MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI ERA MERDEKA BELAJAR Atika Wahyuni; Zulkipli Hamdani; Maison Maison; Dwi Agus Kurniawan
Prosiding Amal Insani Foundation Vol. 1 (2022)
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sejak tahun 2020 akibat adanya wabah Covid-19, sistem pendidikan yang awalnya dilakukan secara langsung (tatap muka) kemudian dialihkan ke pembelajaran secara online atau dalam jaringan (daring). Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui faktor kesulitan peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Lingsar selama mengikuti pembelajaran daring. Metode penelitian ini memanfaatkan data kualiatatif dan dijabarkan secara deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 46 peserta didik kelas X MIPA. Prosedur pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan observasi kegiatan pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor kesulitan peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Lingsar selama mengikuti pembelajaran daring disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternel. Faktor internal meliputi kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran secara daring dan kurangnya pemahaman terhadap materi yang dijelaskan. Sedangkan faktor eksternal yaitu fasilitas dan jaringan internet yang tidak memadai, kondisi lingkungan sekitar yang tidak kondusif (ribut), dan cara mengajar guru yang monoton.
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KERAGAMAN BUDAYA DALAM NOVEL “NEGERI 5 MENARA” Arini Noor Izzati; Liliana Muliastuti; Zainal Rafli
Prosiding Amal Insani Foundation Vol. 1 (2022)
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai pendidikan karakter melalui keragaman budaya yang dikaji menggunakan novel berjudul Negeri 5 Menara. Metode penelitian menggunakan analisis isi. Metode penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif. Data diambil dari teks wacana dalam novel. Prosedur analisis isi kualitatif melalui pengembangan kategori induktif dan penerapan kategori deduktif. Pengecekan keabsahan data penelitian ini dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, triangulasi, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian disimpulkan ada empat nilai pendidikan karakter utama antara lain ketuhanan, moral, sosial dan estetika. Sosial budaya yang tercemin dari nilai pendidikan karakter tersebut terkait erat dengan kepatuhan pada normal sosial dan agama, menghormati tradisi dan adat istiadat, keragaman Bahasa, dan potensi daerah. Jadi, kajian ini memperjelas konsep pemertahanan tatanan sosial dan penerimaan perubahan zaman dan kehidupan.
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN APLIKASI XRECORDER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS SMA PGRI MEGALUH) Ahmad Saikhu Wahid
Prosiding Amal Insani Foundation Vol. 1 (2022)
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di masa pandemic Covid-19 saat ini mengharuskan lembaga pendidikan khususnya tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) melakukan pembelajaran online. Hal ini menimbulkan permasalahan baru di dunia pendidikan karena dalam praktiknya pembelajaran online atau daring (dalam jaringan) membutuhkan berbagai perangkat yang dapat menunjang, seperti personal computer, laptop, atau handpone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan keefektifan penggunaan aplikasi XRecorder sebagai media pembelajaran di masa pandemic Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data pada menggunkan wawancara dan penelusuran online. Subyek penelitian dalam penelitian adalah guru mata pelajaran Ekonomi di SMA PGRI Megaluh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi XRecorder cukup mudah untuk diunduh dan digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di masa pandemi Covid-19, namun kurang efektif karena untuk materi pembelajaran tertentu masih harus menggunakan aplikasi lain, yang sesuai
STRATEGI HUMAS DALAM MEMAJUKAN SEKOLAH (Studi Kasus Pada Sekolah Swasta di Kabupaten Jombang) Kustomo Kustomo
Prosiding Amal Insani Foundation Vol. 1 (2022)
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji keberhasilan hubungan sekolah swasta di Kabupaten Jombang dengan masyarakat dalam mewujudkan kemajuan sekolah, yang meliputi: kiat-kiat kepala sekolah dan komite sekolah menggalang hubungan sekolah dengan masyarakat, bentuk, bidang, cara, tujuan, manfaat, serta faktor pendukung dan penghambat hubungan tersebut. Penelitian yang berpendekatan kualitatif ini menggunakan metode pengumpulan data: wawancara mendalam, pengamatan berperan serta dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa banyak kiat yang efektif dilakukan oleh kepala sekolah dan komite sekolah dapat memberikan manfaat diantaranya: memperbesar dorongan untuk mawas diri, memperoleh bantuan atau dukungan moral, material maupun finansial dari masyarakat, mudah memanfaatkan narasumber dan media pendidikan yang ada di masyarakat, memperoleh life skill dan pengalaman hidup bermasyarakat. Keberhasilan hubungan tersebut karena didukung faktor-faktor: (1) prestasi akademik dan non akademik peserta didik yang baik; (2) motivasi warga sekolah untuk maju dan memandang pentingnya hubungan dengan masyarakat; (3) dukungan orang tua / wali peserta didik dan komite sekolah yang baik; (4) adanya dukungan dari mitra media massa Jawa Pos, Republika dan JTV; serta (5) adanya teknologi komunikasi dan informasi jaringan internet. Selain itu, ada beberapa faktor penghambat hubungan tersebut, antara lain : (1) keterbatasan waktu dan tenaga; (2) padatnya kegiatan di sekolah dan di asrama; serta (3) proses perijinan yayasan yang menaungi sekolah swasta dengan pemerintah.
PENGGUNAAN BUKU AJAR ELEKTRONIK (E-BOOK) BERBASIS FLIPBOOK GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING DI ERA DIGITAL Erfiani Humairah
Prosiding Amal Insani Foundation Vol. 1 (2022)
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi mengakibatkan satuan pendidikan dari tingkat anak usia dini hingga tingkat perguruan tinggi, beralih memilih pembelajaran jarak jauh melalui online sebagai salah satu alternative untuk mencegah penyebaran virus Corona. Pembelajaran secara online (daring) pada masa pandemic Covid-19 menjadi budaya belajar baru bagi siswa maupun bagi para guru. Pada abad ke 21 dibutuhkan keterampilan kusus untuk menghadapi perkembangan zaman. Dengan adanya media yang tepat, menarik dan flexible dalam penggunaannya akan membuat aktifitas dalam membaca bukan lagi suatu hal yang membosankan, salah satunya dengan menggunakan media buku ajar yang berbentuk elektronik (e-book) guna mendukung peroses pembelajaran. Salah satu aplikasi pembuat e-book yang gartis yaitu Hayzine Flipbooks, aplikasi ini dapat diakses melalui online. Dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan pengaksesan yang terdapat pada banyak komponen elektronik baik PC, laptop, bahkan mobile phone
PENGEMBANGAN MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH TERPADU DALAM MEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER SISWA Siti Nurasiah; Anis Zohriah; Shobri Shobri
Prosiding Amal Insani Foundation Vol. 1 (2022)
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum SMA Terpadu Al Qudwah Lebak Banten meliputi perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum dan evaluasi kurikulm SMA Terpadu Al Qudwah Lebak Banten dan untuk mengetahui kurikulum di SMA Terpadu Al Qudwah Lebak Banten dalam membentuk pendidikan karakter siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif tepatnya adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan, guru dan siswa. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik pengolahan data menggunakan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Kurikulum yang digunakan di SMA Terpadu Al Qudwah Lebak Banten merupakan perpaduan antara kurikulum Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dengan Kurikulum Kekhasan sekolah terpadu Al Qudwah juga Kurikulum kekhasan Jaringan Sekolah Islam terpadu. Usaha pembentukan karakter siswa di SMA Terpadu Al Qudwah Lebak Banten dengan pembiasaan, pembinaan, pengembangan diri secara terus menerus dinilai telah sukses dilaksanakan dan berhasil dengan baik
PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELEGENCE DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI Nita Amelia; Nova Mulya Dava S; Muhammad Minan Chusni
Prosiding Amal Insani Foundation Vol. 1 (2022)
Publisher : Amal Insani Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi COVID-19 saat ini sudah mulai menginjak tahun 3. Diamana adanya wabah ini pada tahun sebelumnya hingga saat ini sudah mulai mengubah kehidupan manusia, dimulai dengan tidak bisanya kita bertemu dengan orang banyak. Apalagi pembelajaran pun sama halnya banyak sekali perubahan. Dengan adanya wabah penyakit ini seluruh anak sekolah hingga mahasiswa kuliah diharuskan melakukan pembelajaran dirumah yaitu dengan daring. Pendidik diharuskan sudah mulai paham akan penggunakaan digital pada masa pandemi saat ini. Dengan memanfaatkan AI para pendidik dipermudah dalam hal pembelajaran daring saat ini. AI bisa diartikan dengan dua suku kata yaitu Artifical yang artinya buatan, sedangkan Intellegence artinya kecerdasan. AI merupakan sistem komputer (mesin) yang mempunyai kecerdasan layaknya insan. Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi kecerdasan manusia, dimodelkan dengan mesin dan diprogram untuk berpikir seperti manusia. Salah satu pemanfaatan AI dalam pembelajaran pandemi saat ini seperti Google Meet, Zomm, Google Classrom, Labolatorium Onilne, dan masih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pendidik dalam pembelajaran daring dan pemanfaatan AI dalam mempermudah pengerjaan pembelajaran ataupun tugas pendidik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan cara data diperoleh melalui pencermatan terhadap literatur terkait berupa artikel buku, dokumen, juga pencermatan terhadap literatur online

Filter by Year

2022 2023