cover
Contact Name
Rahmat Sulaiman
Contact Email
rahmatsulaiman@atmaluhur.ac.id
Phone
+6285314412010
Journal Mail Official
lppm@atmaluhur.ac.id
Editorial Address
Jalan Jendral Sudirman, Selindung Baru, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia
Location
Kota pangkal pinang,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi)
ISSN : 27458725     EISSN : 27458725     DOI : -
Jurnal ABDIMASTEK adalah Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Teknologi yang diterbitkan 2 kali dalam setahun, yaitu pada Bulan April dan Oktober. Artikel yang dimuat pada Jurnal ABDIMASTEK adalah artikel yang berkaitan tentang Teknologi (Teknologi Pangan, Teknologi Industri.dll), Peningkatan Kualitas SDM, dan Kewirausahaan yang telah dipertimbangkan dan disetujui oleh Dewan Editor.
Articles 52 Documents
PENYULUHAN PENTINGNYA PEMBUATAN LABEL PRODUK UMKM DESA MAJAU KECAMATAN SAKETI Rizky Eka Prasetya; Yuwono Yuwono; Ravindra Safitra Hidayat; Elizabeth Elizabeth; Yugi Setyarko
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 4, No 1 (2023): Volume 4, Nomor 1, Mei 2023
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Label produk merupakan bagian penting bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) karena membantu memperkuat identitas dan membedakan produk mereka dari produk pesaing. Label produk juga membantu pelanggan memahami spesifikasi dan kualitas produk yang mereka beli. Ini bisa mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dan meningkatkan citra produk UMKM. Kegiatan penyuluhan pembuatan label produk UMKM Desa Majau Kecamatan Saketi dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para pelaku UMKM tentang pentingnya membuat label produk bagi keberlangsungan dan peningkatan usaha mereka. Berdasarkan kegiatan penyuluhan, pemerolehan hasil data statistik pre dan post test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan dalam tingkat pengetahuan dan kesadaran para pelaku UMKM tentang pentingnya membuat label produk. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi ini berhasil dalam membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya dan memperkuat informasi produk mereka. kegiatan tersebut berhasil meningkatkan pengetahuan dan minat para pelaku UMKM Desa Majau dalam hal pembuatan label produk. Hal ini terbukti dari hasil data statistik yang menunjukkan bahwa jumlah responden yang mengetahui pentingnya label produk bagi UMKM meningkat setelah mengikuti kegiatan sosialisasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus meneruskan kegiatan sosialisasi ini agar para pelaku UMKM dapat terus berkembang dan memperluas pasar produk mereka
PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ONLINE, VISUAL GAMBAR PRODUK & CARA MENGATUR BEBAN KERJA KARYAWAN DI KECAMATAN CIMAHI SELATAN Harya Gusdevi; Agus Rahmat Hermawanto; Rina Indrayani; Muchammad Nasser
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 1, No 1 (2020): APRIL 2020
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UMKM merupakan singkatan dari usaha mikro, kecil dan menengah. Usaha ini merupakan sumber pendapatan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Peluang dalam bisnis kuliner memang cukup menjanjikan. Dalam membuka, menjalankan dan mengelola sebuah bisnis, bisa dilakukan oleh siapa saja. Contohnya ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa dan lain sebagainya. UMKM di kecamatan Cimahi Selatan sudah memproduksi hasil usaha secara baik di bidang kuliner. Salah satu contoh seperti UPPKS Aster dan UMKM Keripik Ubi Balado merupakan UMKM yang berada di Cimindi Timur RT 01 RW 23 Cimahi Selatan. Melihat dari tingkat keuntungan yang bisa diraih, sehingga mengharuskan adanya suatu kreativitas dan inovasi dalam usaha ini, karena kompetisi dunia kuliner semakin ketat. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi yaitu dilakukannya suatu pelatihan
PELATIHAN DESAIN GRAFIS BAGI SISWA SEBAGAI PENGEMBANGAN PENGETAHUAN DI BIDANG MULTIMEDIA Delpiah Wahyuningsih; Parlia Romadiana; Chandra Kirana
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 1, No 1 (2020): APRIL 2020
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan desain grafis ini memberikan pengetahuan, meningkatkan kompetensi dan pelatihan untuk siswa-siswi SMKN 1 Pangkalpinang dalam pemahaman secara teori penggunaan warna, maksud dan tujuan dari desain serta mempraktekkan pembuatan desain untuk di terapkan ke masyarakat. Pengabdian ini menerapkan metode Praktikum langsung terhadap siswa-siswi dalam pembuatan desain dengan desain bertema keamanan lalu lintas. Hasil dari pengabdian ini yaitu siswa-siswi mengetahui penggunaan adobe illustrator yang sebelumnya belum pernah mereka lakukan, mampu membuat desain berupa spanduk dan banner yang bertema keamanan lalu lintas. Untuk mencapai lulusan pada jurusan Multimedia mampu membuat desain grafis dari berbagai software, salah satunya penggunaan adobe illustrator. Pelatihan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas sepuluh jurusan multimedia sebanyak satu kelas yang berjumlah 37 orang dan pelatihan ini dilakukan selama dua hari.
Pelatihan Penilaian Siswa Sekolah berbasis Web Bagi Siswa Dan Guru Sekolah di Pangkalpinang Agus Dendi Rachmatsyah; Burham Isnanto; Seno Hadi Saputro; Ellya Helmud; Benny Wijaya
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 1, No 2 (2020): VOLUME 1. NO 2. NOVEMBER 2020
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan Ilmu dan Teknologi semakin lama semakin pesat terutama di bidang Teknologi Informasi, salah satunya teknologi internet. Dalam bidang pendidikan sudah cukup mengenal dalam pemanfaatan teknologi internet ini dengan baik. Teknologi Informasi memegang peranan penting dalam membantu pihak sekolah untuk mentransmisikan ilmu pengetahuan dan keahliannya melalui sebuah sistem informasi. Seperti layanan penilaian siswa berbasis web. Pada level pendidikan Sekolah belum banyak sekolah yang mengenal dalam memanfaatkan teknologi informasi. Teknologi ini belum dimanfaatkan sebagai media database, salah satu contohnya adalah database dalam penilaian. Pegelolaan data nilai ini masih bersifat manual, dalam pemrosesan datanya masih terlihat lamban dan dibutuhkan ketelitian dalam pengimputan sehingga banyak menyita waktu. Dengan adanya hal tersebut maka harus dibuat suatu pengembangan sistem untuk lebih mengefisiensikan waktu sehingga data yang di proses lebih akurat. Pada Pengabdian ini penulis menggunakan pengembangan sistem dengan tahapan-tahapan dari Sistem Development Life Cycle (SDLC), yaitu Perencanaan, Analisis, Perancangan, Pemrogrman, Pengujian dan Pemeliharaan.Untuk bahasa pemrogramannya menggunakan PhP dan MySQL. Kata kunci: Teknologi, Informasi, Php, My SQL
SOSIALISASI SISTEM MANAJEMEN ASET DESA BERBASIS WEB PADA KANTOR DESA AIR BARA Laurentinus Laurentinus; anisah anisah; Fitriyani Fitriyani
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 1, No 2 (2020): VOLUME 1. NO 2. NOVEMBER 2020
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desa Air Bara adalah desa  yang berada di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Saat ini, untuk pengolahan data mengenai pengelolaan asset desa masih dilakukan secara manual dibantu dengan software aplikasi word dan excel. Belum adanya pemanfaatan database manajemen sistem untuk pengolahan data yang berkaitan dengan aset desa ini. Sehingga pada saat ingin membuat laporan yang berkaitan dengan aset desa ini membutuhkan waktu yang relatif lama (dalam hitungan hari). Sehingga sosialisasi sistem manajemen arsip ini menjadi prioritas kami tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk menyampaikan pemanfaatan jika sudah menggunakan sistem berbasis web untuk manajemen aset yang ada di desa Air Bara ini. Kegiatan PKM ini dilakukan bersama dengan mahasiswa. Hasil dari PKM adalah sebuah sistem manajemen aset desa yang sudah dianalisis, dirancang dan akan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan yang ada di Desa Air Bara. Sosialisasi ini dilakukan bagi perangkat desa yang ada di desa Air Bara.  Kata kunci: pengelolaan, asset, desa, aplikasi, word, excell
PELATIHAN MENJADI TEKNISI YANG CEPAT DAN HANDAL BAGI SISWA SMK Fitriyani Fitriyani; Ari Amir Alkodri; Sarwindah Sarwindah; Marini Marini
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 2, No 1 (2021): VOLUME 2. NO 1. APRIL 2021
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengetahuan tentang macam-macam perangkat komputer beserta fungsi masing-masing, teknik merakit komputer, cara instalasi windows serta perangkat pendukung, mengenal kerusakan pada komputer serta cara memperbaikinya merupakan hal yang cukup penting bagi siswa SMK. Karena bukan hanya bisa mengoperasikan komputer, siswa SMK juga harus memiliki keahlian mengenal dan memperbaiki perangkat komputer. Masih banyak siswa SMK jurusan multimedia khususnya hanya menggunakan software pendukung tetapi pada saat komputer terjadi kerusakan, mereka tidak bisa memperbaiki dan harus diperbaiki ke tukang servis komputer. Hasil dari pelatihan ini, siswa SMK menjadi handal dan cepat untuk menjadi teknisi komputer dan juga bisa menjadi lading usaha apabila mereka lulus sekolah. Pelatihan ini dihadiri oleh 8 peserta yaitu 5 siswa SMKN 1 Simpang Katis dan 3 siswa SMKN 1 Koba. Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu 9-11 Februari 2021.
Rancang Bangun dan Implementasi Sistem Antrian Customer Pada PT. Infomedia Solusi Humanika Rika Rosnelly; Dian Maya Sari; Cindy Paramitha
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 2, No 1 (2021): VOLUME 2. NO 1. APRIL 2021
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The service process carried out at the customer care center is currently still using a manual service system. Therefore, the researcher tries to implement a customer queuing system at the care center to simplify the service process. In this final result the researcher will use the ATMega 16 microcontroller minimum system module for the design and manufacture of a minimum system to simplify the customer queuing service process at the care center. Microcontroller programming is widely used for service system display functions on seven segment displays as well as print out queue no. The process begins with the visitor pressing the push button which then the system will issue a print out of the visitor queue no. If the customer care servant presses the push button in the system used by the customer service, it is used for seven segment displays. Then the data from the push button results will be sent by the microcontroller to print out the queue no on the printer, and then enter the data into the Personal Computer. After that the waiter at the customer care presses the button then the data is sent by the microcontroller to be output on the seven segment display.
PElATIHAN KETERAMPILAN SPEADSHEET PADA PELAKU INDUSTRI RUMAHAN PADA BUMDES DI DESA TERU Rahmat Sulaiman; Tri Sugihartono; Agustina Mardeka Raya
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 2, No 2 (2021): VOLUME 2. NO 2. OKTOBER 2021
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

BUMDES merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa. Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat. Badan Usaha Milik Desa pada  Desa Teru bertujuan untuk membangun kreatifitas masyarakat yang ada di Desa Teru, termasuk dalam penggunaan Teknologi yang ada. Selain itu BUMDES juga mempunyai andil dalam pengembangan sumber daya manusia yang ada di Desa Teru tersebut. Sehingga BUMDES Desa Teru melakukan pelatihan MS.Excel  Spreadsheet kepada pelaku BUMDES Desa Teru sebagai bekal dan pondasi dalam mengolah angka yang akan digunakan sebagai dasar untuk laporan keuangan pada industri kreatis BUMDES Desa Teru. Pelatihan ini dilaksanakan dalam waktu Dua Hari pada Kantor Desa Teru. Tujuan dari Kegiatan pelatihan Spreadsheet ini adalah untuk memberikan pengetahuan dasar kepada Pelaku Industri Kreatif Rumahan BUMDES Desa Teru agar mengerti mengolah angka secara otomatis yang nantinya akan digunakan sebagai laporan keuangan mereka. Dari beberapa peserta pelatihan mereka cukup antusias terhadap acara ini dan menganjurkan untuk dibuatkan acara serupa sebagai tindak lanjut terhadap acara ini.
PENDAMPINGAN PENGGUNAAN E-VOTING UNTUK MEMILIH FUNGSIONARIS MAJELIS SINODE XXI GPIB Yohanes Setiawan Japriadi; Ellya Helmud; Lukas Tommy; Dian Novianto; Franli Chandra Thian; Cindy Aprilia
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 3, No 1 (2022): Volume 3, Nomor 1, Mei 2022
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

GPIB setiap 5 tahun mengadakan persidangan sinode untuk memilih fungsionaris Majelis Sinode. Pemilihan fungsionaris Majelis Sinode XXI GPIB di tahun 2021 akan dilaksanakan secara daring dikarenakan pandemi Covid-19 dan efisiensi biaya. Sebelum pendampingan ini dilaksanakan, telah dikembangkan sebuah aplikasi e-voting untuk mendukung pelaksanaan pemilihan tersebut. Simulasi penggunaan dari aplikasi tersebut kemudian dilakukan kepada peserta dan panitia pemilihan sebelum pemilihan yang sebenarnya diadakan. Proses pendampingan yang dilakukan meliputi briefing penggunaan aplikasi kepada peserta dan panitia sebelum pemilihan dilakukan dan monitoring saat proses pemilihan berlangsung serta penghapusan data pemilihan setelah pemilihan selesai. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, diketahui bahwa aplikasi e-voting dapat membuat proses pemilihan menjadi cepat dan meminimalkan biaya yang dikeluarkan serta aman dari resiko penyebaran virus Covid-19. Selain itu, pendampingan yang dilakukan membuat peserta dan panitia pemilihan menjadi lebih terampil dalam menggunakan fitur-fitur yang ada pada aplikasi e-voting sesuai dengan peran masing-masing.
Penguatan Usaha Masyarakat Melalui Peningkatan Teknologi dan strategi Pemasaran Usaha Kembang Tahu di Desa Jurung Kabupaten Bangka Zizi Zeleansi; Nurul Janah; Dhiti Wahyuni; Baiq Desy Aniska Prayanti
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 3, No 2 (2022): Volume 3, Nomor 2, November 2022
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  kembang tahu yang berkembang di Desa Jurung, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung perlu dilakukan pembinaan lebih lanjut. Pembinaan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai strategi kewirausahaan yakni pengemasan produk, labelling, dan strategi pemasaran produk UMKM kembang tahu di Desa Jurung.  Adapun metode pelaksanaan kegiatan ini dengan menyelenggarakan pelatihan pengemasan produk dengan impulse sealer, promosi produk menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram serta bimbingan desain labelling produk menggunakan software canva. Hasil yang diperoleh dari pembinaan UMKM kembang tahu di Desa Jurung yaitu memaksimalkan kegiatan produksi kembang tahu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan media digital sehingga produk UMKM dikenal oleh semua lapisan masyarakat, baik  lokal maupun internasional.