cover
Contact Name
Dody Prayitno
Contact Email
dodytrisakti@gmail.com
Phone
+62819814887
Journal Mail Official
teknosain@kocenin.com
Editorial Address
Jl. garuda No.1 RT 03 RW 022 Kel. Pengasinan, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi 17115
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
METRIK SERIAL TEKNOLOGI DAN SAINS
ISSN : -     EISSN : 27742989     DOI : https://doi.org/10.51616/teksi
Tujuan dari jurnal adalah menerbitkan makalah ilmiah uang dihasilkan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan masyarakat umum dari semua disiplin ilmu (multidisiplin/lintas bidang ilmu) dengan memakai bahasa indonesia yang baku.
Articles 51 Documents
OPTIMALISASI BUKAAN JENDELA KANTOR ASEAN SECRETARIAT DALAM UPAYA MEMINIMALISIR PENYEBARAN COVID-19 Thifal Indri Maulidina; Agus Budi Purnomo; Nuzuliar Rahmah
METRIK SERIAL TEKNOLOGI DAN SAINS (E) ISSN: 2774-2989 Vol. 1 No. 1 (2020): Metrik Serial Teknologi dan Sains
Publisher : Konsorsium Cendekiawan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51616/teksi.v1i1.110

Abstract

Dunia saat ini sedang meghadapi bencana penyakit Corona Virus Disease-2019 atau COVID -19 yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Perancangan kantor ASEAN Secretariat perlu memerhatikan usaha untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 yang bersifat airborne atau melayang di udara. Hal yang menjadi dasar penelitian ini, dikarenakan ruangan kantor sebagian besar memiliki ruangan tertutup yang bisa memicu penyebaran virus apabila memiliki ventilasi yang buruk. Maka dari itu, untuk memutus rantai penyebaran selain dengan mematuhi protokol kesehatan, diperlukan strategi desain secara pasif pada bukaan jendela demi menciptakan ventilasi yang baik. Salah satu variabel utama yang digunakan untuk mengukur kinerja sistem bukaan jendela ialah Window to Wall Ratio (WWR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain bukaan jendela pada Kantor ASEAN Secretariat dalam upaya meminimalisir penyebaran COVID-19. Metode yang digunakan yaitu desriptif kuantitatif yang menjelaskan suatu objek penelitian yaitu Kantor ASEAN Secretariat dengan studi observasi berupa teori yang menjadi rujukan, serta studi simulasi untuk mendapatkan data berupa angka.
DESAIN BUKAAN JENDELA PADA KANTOR ASEAN SECRETARIAT UNTUK MENGURANGI TRANSMISI PENYAKIT MELALUI UDARA Putri Balqis; Agus Budi Purnomo; Moh. Ali Topan
METRIK SERIAL TEKNOLOGI DAN SAINS (E) ISSN: 2774-2989 Vol. 1 No. 1 (2020): Metrik Serial Teknologi dan Sains
Publisher : Konsorsium Cendekiawan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51616/teksi.v1i1.112

Abstract

Pada saat ini polutan biologis yang memiliki potensi berbahaya pada lingkungan tempat tinggal, kantor, sekolah, dan sistem transportasi menjadi permasalahan global yang mendesak. Kualitas udara yang tercemar pada bangunan perkantoran berpengaruh terhadap tingkat produktivitas penghuni bangunannya . Beberapa inovasi baru yang efisien sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan ini. Dalam perkembangannya, bukaan jendela yang baik memiliki peran penting terhadap sistem tata cahaya dan tata udara pada bagian dalam bangunannya. Pemilihan rasio bukaan jendela juga memiliki kaitan yang erat dengan tingkat kinerja energi dalam bangunan sehingga, pemilihan bentuk dan rasio jendela harus di desain secara teliti untuk dapat memberikan kenyamanan thermal dan visual bagi pengguna bangunannya. Desain bukaan jendela yang akan digunakan pada penelitian ini merupakan hasil desain pribadi tugas akhir pada bangunan kantor ASEAN Secretariat (ASEC) yang terletak di Jakarta Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan respon desain terhadap polutan biologis pada bangunan perkantoran. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan nilai rasio bukaan jendela yang memiliki nilai optimal pada bagian fasad bangunan khususnya pada bangunan kantor ASEC. Respon desain yang dihasilkan berupa beberapa alternatif desain bentuk, rasio, dan hal-hal yang berkaitan dengan bukaan jendela yang diharapkan dapat memperbaiki sistem tata kualitas udara dan cahaya pada ruang kantor.
EFFECT OF HEAT TREATMENT ON THE CORROSION RATE OF S45C STEEL Dody Prayitno; Joko Riyono; Daisman P. B. Aji; Anisa D. I
METRIK SERIAL TEKNOLOGI DAN SAINS (E) ISSN: 2774-2989 Vol. 1 No. 1 (2020): Metrik Serial Teknologi dan Sains
Publisher : Konsorsium Cendekiawan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51616/teksi.v1i1.113

Abstract

Parts of North Jakarta are at risk of tidal floods as heavy rainfall hits Jakarta. The Jakarta Regional Disaster Mitigation Agency (BPBD) recorded an increase in water level at the Pasar Ikan floodgate in North Jakarta to 210 centimeters. The floods inundated homes and vehicles such as cars. The parts of car such as S45C steel shaft will corrode when it is in seawater. For a good performance in application a S45C steel should be heat treated (hardening and/or annealing). The aim of this research is to investigate the effect of heat treatment on the corrosion rate of S45C steel in the sea water. A S45C steel plate was cut and machined into some smaller pieces of plates for the experimental samples. The samples were hardened and annealed. Then the samples were immersed in solution of NaCl (5%) and the corrosion rate was obtained by using the weight loss method. Next the corrosion rate data were analysed by MATLAB software. The results show that in hardening process. increasing temperature of heating from 800 oC to 900 oC does not affect the corrosion rate. The annealing effect is reducing corrosion rate yet increasing time of exposure does not affect the corrosion rate.
PENGARUH KUAT ARUS PENGELASAN GTAW TERHADAP LAJU KOROSI BAJA KARBON RENDAH Dody Prayitno; Imam Akbar Fikri
METRIK SERIAL TEKNOLOGI DAN SAINS (E) ISSN: 2774-2989 Vol. 1 No. 1 (2020): Metrik Serial Teknologi dan Sains
Publisher : Konsorsium Cendekiawan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51616/teksi.v1i1.114

Abstract

Kotak alat perkakas dibuat dari baja karbon rendah tebal 0,8 mm dengan pengelasan GTAW. Kotak itu berlokasi di daerah rawan banjir rob, sehingga sering terendam di dalam air laut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kuat arus listrik pengelasan GTAW terhadap laju korosi baja karbon rendah. Metode penelitian dimulai dengan mengelas sampel memakai GTAW dengan kuat arus listrik yang bervariasi 25 ampere, 30 ampere dan 35 ampere. Sampel kemudian di uji korosi dengan metode rendam, adapun laju korosi dihitung dengan menggunakan metode kehilangan berat. Pengujian korosi mengikuti standar ASTM G1. Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa peningkatan kuat arus listrik dari 25 Ampere hingga ke 35 Ampere tidak mempengaruhi laju korosi baja karbon rendah.
LAJU KEAUSAN SEPATU REM KOMPOSIT PADA KERETA LISTRIK PT MRT JAKARTA Bill Anry Gultom; Syahbuddin
METRIK SERIAL TEKNOLOGI DAN SAINS (E) ISSN: 2774-2989 Vol. 1 No. 1 (2020): Metrik Serial Teknologi dan Sains
Publisher : Konsorsium Cendekiawan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51616/teksi.v1i1.115

Abstract

Sepatu rem berbahan komposit yang digunakan pada kereta MRT Jakarta merupakan produk baru untuk perkeretaapian di Indonesia. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui laju keausan (wear rate) material sepatu rem tersebut. Pengujian keausan ini akan dilakukan dengan metode pin on disk. Pengujian ini akan dilakukan menurut standar ASTM. Sebelum pengujian, terlebih dahulu akan dilakukan pembuatan specimen, penimbangan sebelum dan sesudah pengujian untuk mengetahui pengurangan berat spesimen. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan kecepatan putaran piringan (disk) yaitu 308 rpm, 400 rpm, dan 493 rpm
GAMBARAN USG ASKARIASIS INTRALUMINAL PADA PASIEN ANAK ANAK: LAPORAN KASUS Fitriani; Gando Sari; Nursama Heru Apriantoro; Epit Rahmayati; Untung Dimas Prayogi; Dody Haikal
METRIK SERIAL TEKNOLOGI DAN SAINS (E) ISSN: 2774-2989 Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Konsorsium Cendekiawan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Askariasis adalah penyakit yang disebabkan oleh ascaris lumbricoides atau biasa disebut dengan cacing gelang. Cacing gelang adalah parasite yang hidup dan berkembang biak di dalam usus manusia. Frekuensi tertinggi penyakit ini diderita oleh anak-anak, usia 10 tahun kebawah lebih rentan terserang askariasis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sonopattern dari askaris pada pemeriksaann ultrasound dengan scan potongan tranversal dan potongan longitudinal. Penelitan ini dilakukan selama tiga bulan pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2020 di RSUD Banten dengan jumlah kasus sebanyak 2 orang pasien anak-anak berumur 5 tahun dan 8 tahun dengan metode studi secara retrospektif, peneliti menanyakan keadaan yang dirasakan oleh pasien, dan memeriksakan pasien tersebut melalui pemeriksaan ultrasound menggunakan alat USG Aloka tipe Prosound F 75, tranduser convex dengan frekuensi rendah automatis serta tranducer linier dengan frekuensi 5 MHz. Kasus USG Askaris intraluminal merupakan kasus yang sangat jarang ditemui oleh peneliti. Hasil penelitian didapatkan pada kasus pertama anak berusia 5 tahun didapatkan gambaran askaris intraluminal dengan gambaran bayangan tubuler panjang bergerak didalam usus di daerah suprapubic, serta adanya adanya ileus obstruksi dengan gambaran dilatasi usus-usus dengan dinding menebal, peristaltik meningkat tidak jelas tanda-tanda obstruksi, dengan sonopatern askaris tampak 3 lapisan echogenic, pada kasus kedua anak berusia 8 tahun didapatkan gambaran askaris intraluminal di daerah paraumbilikal kiri dengan gambaran tampak bayangan tubular berkelok-kelok intra luminal, dengan sonopatern askaris tampak 2 lapisan dan 3 lapisan echogenic.
PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMERIKSAAN MATERIAL VOLUME POT DENGAN MENGGUNAKAN MACHINE CHECKER PADA BAGIAN INCOMING INSPECTION DI PT. YAMAHA MUSIC MANUFACTURING INDONESIA Muhammad Lukman; Devianita Emra
METRIK SERIAL TEKNOLOGI DAN SAINS (E) ISSN: 2774-2989 Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Konsorsium Cendekiawan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Yamaha Music Manufacturing Indonesia (YMMI) merupakan perusahaan manufaktur asal Jepang yang bergerak dalam bidang penghasil alat musik, yang memproduksi alat musik gitar elektrik maupun akustik. PT. YMMI tengah menghadapi suatu permasalahan yang berhubungan dengan produk yang diluar standar mutu yang telah ditetapkan, adapun kendala yang masih di hadapi PT. YMMI yaitu banyaknya temuan cacat fungsi suara pada material volume pot di Departemen Electric Guitar (EG), yaitu sebesar 0,034 DPU (Defect Per Unit), sehingga masalah tersebut dapat menurunkan tingkat produktifitas. Diperlukan suatu cara yang dapat mengurangi jumlah temuan material volume pot pada cacat fungsi suara di Departemen EG. Adapun cara yang dilakukan adalah melakukan implementasi perbaikan dengan menerapkan PDCA (Plan-Do-Check-Action), yang akan dilakukan terlebih dahulu yaitu melakukan pengumpulan data dengan observasi lapangan selama 25 hari kerja, menentukan prioritas utama masalah dengan diagram pareto, kemudian dilakukan analisa penyebab cacat dengan focus group discussion dan diagram sebab akibat. Tahapan 5W1H yang akan memudahkan penelitian dalam menemukan solusi perbaikan. Proses pengolahan data dalam pemecahan masalah akan lebih mudah dengan adanya dukungan QC 7 Tools. Hasil evaluasi dari implementasi perbaikan ini adalah menurunnya temuan cacat fungsi suara dari 0,034 DPU menjadi 0,002, serta menurunnya cacat fungsi suara dominan yaitu suara noise dari 0,021 DPU menjadi 0 dan suara error 0,009 DPU menjadi 0,002. Dan terjadi peningkatan kapabilitas proses dari 0,71 menjadi 1,02. Setelah dilakukan implementasi perbaikan faktor mesin, metode, manusia dan material serta memperbaiki work instruction pemeriksaan material volume pot.
DESAIN DAN FABRIKASI ALAT PENUKAR KALOR (HEAT EXCHANGER) TIPE SHELL AND TUBE Gun Aprianto; Bary Septian; Paul David Rey; Amiral Aziz
METRIK SERIAL TEKNOLOGI DAN SAINS (E) ISSN: 2774-2989 Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Konsorsium Cendekiawan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Heat Exchanger adalah alat untuk proses berpindahnya suatu energi (kalor), menggunakan media fluida baik gas,panas, maupun dingin, dari suatu daerah ke daerah lain karna adanya perbedaan temperatur dan suhu. Tujuan Penelitian adalah merancang thermal dan mekanikal suatu alat penukar kalor (heat exchanger) dengan media kerja oli dan air, memfabrikasi dan merakit komponen – komponen menjadi suatu alat penukar kalor, serta pengujian alat penukar kalor (heat exchanger) tipe shell and tube meliputi kecepatan aliran fluida, efektivitas alat penukar kalor, serta laju perpindahan panas. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain melakukan perhitungan untuk komponen utama, membuat gambar kerja, pemilihan bahan untuk membuat alat uji, percobaan fungsi kerja alat dan pengambilan data untuk membandingkan hasil perhitungan terhadap hasil kerja alat. Kemudian alat ini dapat digunakan untuk praktikum mahasiswa di laboratorium Teknik Mesin Universitas Islam As-syafi’iyah. Alat penukar kalor ini menggunakan fluida oli pada sisi tube dan fluida air pada sisi shell, selain itu memiliki jumlah tube sebanyak 166 pcs dengan diameter 15,875 mm x 1 meter. Dengan diameter dalam shell sebesar 300 mm dengan menggunakan one pass shell. Suhu yang digunakan untuk merancang alat penukar kalor sebesar 600C pada suhu panas masuk dan 350C pada suhu keluar. Pada pengujian alat penukar kalor ini menggunakan 5 variasi kecepatan pada sisi shell dan kecepatan pada sisi tube konstan.
SISTEM PEMANTAUAN KETINGGIAN SAMPAH PADA TEMPAT PENAMPUNGAN DI BEBERAPA PINTU AIR Tantra Prabudiyatama; Engelin Shintadewi Julian; Rudy S. Wahyudi
METRIK SERIAL TEKNOLOGI DAN SAINS (E) ISSN: 2774-2989 Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Konsorsium Cendekiawan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sampah pada saluran air seperti sungai dan kanal yang tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan banjir. Dewasa ini pembersihan dan pemantauan ketinggian sampah pada pintu air dilakukan oleh petugas secara manual. Pada makalah ini disampaikan hasil pembuatan prototipe sistem pembersih dan pemantau ketinggian sampah pada tempat penampungan yang bertujuan untuk mengurangi penumpukan sampah pada saluran air. Prototipe berbentuk sebuah ruangan tertutup yang terdiri dari pintu masuk, sensor inframerah untuk mendeteksi sampah, sistem lifter untuk mengangkat sampah, sistem pendorong untuk mendorong sampah ke tempat penampungan, sensor ultrasonik untuk mendeteksi ketinggian sampah yang dapat dipantau menggunakan aplikasi Blynk pada smartphone Android. Aplikasi Android tersebut akan menunjukkan level ketinggian sampah di tempat penampungan dan indikator LED sebagai penanda. Sistem pemantauan ketinggian sampah bekerja dengan baik karena sensor inframerah dapat mendeteksi benda antara lain styrofoam, botol plastik, daun, ranting pohon, dan kemasan plastik. Ketika level sampah 0% LED hijau menyala menandakan tempat penampungan kosong. Level sampah 10% - 50% LED biru menyala menandakan tempat penampungan terisi sampah. Level sampah 60% - 90% LED kuning menyala menandakan penampungan sampah hampir penuh. Dan saat level sampah 100% LED merah menyala menandakan tempat penampungan sampah sudah penuh dan muncul notifikasi “PENAMPUNGAN PENUH”.
PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PRODUKSI BETON BANTALAN JALAN REL DI PT. ABC Darsini Darsini; Ekopramuda Triwardana
METRIK SERIAL TEKNOLOGI DAN SAINS (E) ISSN: 2774-2989 Vol. 2 No. 2 (2021)
Publisher : Konsorsium Cendekiawan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. ABC tercatat di Bursa Efek dengan kode emiten WTON. Tujuan dari penelitian ini adanah menganalisis produk hasil produksi, supaya memenuhi standar produksi yang ditentukan. Karena Kualitas produk yang dihasilkan harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan dalam segi mutu produk maupun dari segi visual PT. ABC, telah menetapkan batas produk cacat yang masih dapat ditolelir oleh perusahaan yaitu sebesar 0,5%, maka perlu dilakukan tindakan preventif untuk dapat meminimalkan produk cacat yang dihasilkaMetode yang digunakan adanak dengan peta kendali control (Control Chart) yang kemudian di analisis dengan menggunakan diagram fishbhone, Tujuannya adalah menguraikan permasalahan yang menjadi penyebab produk cacat dan dapat dilakukan tindakan perbaikannya. Hasil dari penelitian ini adalah, dengan dilakukannya improvement dan peningkatan konsistensi pengendalian kualitas, dapat menekan jumlah produk cacat yang awalnya nilai produk cacat diangka 0,05% pada tahun 2018 menjadi 0,00% atau hampir menjadi tidak ada produk cacat yang timbul di tahun 2019.