cover
Contact Name
-
Contact Email
perpussttmandala@gmail.com
Phone
+628978654259
Journal Mail Official
imashdt@gmail.com
Editorial Address
Jl. Seekarno-hatta No.597 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Isu Teknologi
ISSN : 19794819     EISSN : 25991930     DOI : -
Jurnal Isu Teknologi Merupakan jurnal yang membahas tentang isu - isu teknologi saat ini. terutama yang berkaitan dengan teknik informatika, teknik sipil,teknik elektro,dan teknik mesin.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Isu Teknologi" : 13 Documents clear
DAFTAR ISI DAN KATA PENGANTAR Daftar Isi Kata Pengantar
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ISU TEKNOLOGISekolah Tinggi Teknologi MandalaJl.Soekarno Hatta 597 Bandung 40286Tlp/Fax : 022-7301738 / 022-7304854p-ISSN : 1979 – 4819e-ISSN : 2599 – 1930Website : www.sttmandalabdg.ac.idE-mail : pmb@sttmandalabdg.ac.id
PENGARUH PEDAGANG KAKI LIMA DI BADAN JALAN TERHADAP KECEPATAN DAN KAPASITAS JALAN Hetty Fadriani; Ahmad Iskandar Syah
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jalan Terusan H. Ibrahim Adjie merupakan jalan kolektor primer, termasuk ke dalam tipe jalan 2 lajur 2 arah tak terbagi (2/2Undivided/UD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberadaan PKL pasar di badan jalan terhadap kecepatan kendaraan dan kapasitas jalan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi kausal-komparatif. Survei dilaksanakan selama tiga hari berturut- turut di hari kerja (Senin-Rabu) pada pukul 06.00-09.00 WIB dan pada pukul 12.00-15.00 WIB. Kecepatan kendaraan pada saat ruas jalan terganggu PKL di badan jalan 2,1 km/jam atau lebih rendah dari kecepatan pada saat ruas jalan tidak terganggu PKL di badan jalan 30,14 km/jam. Pada saat ruas jalan terganggu oleh aktifitas pasar dan PKL di badan jalan, volume kendaraan yang melintas sebesar 1634 skr/jam dan kapasitas jalan sebesar 1186 skr/jam dengan nilai V/C sebesar 1,38. Sedangkan saat ruas jalan tak terganggu aktifitas PKL di badan jalan, volume kendaraan yang terjadi 1401 skr/jam dan kapasitas sebesar 2321 skr/jam dengan V/C sebesar 0,60. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu keberadaan PKL di badan jalan menurunkan kecepatan kendaraan sebesar 93% dan penurunan kapasitas sebesar 49%.
PENGAJUAN PENAWARAN KONSULTAN PERENCANA MENGGUNAKAN LPSE PADA PROYEK PEMBANGUNAN / RENOVASI KANTOR PENGADILAN NEGERI CIREBON Nurcaweda Riztria Adinda; Faya Nabasa br Lingga
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semakin berkembangnya bidang konstruksi di Indonesia, pemerintah membuat sebuah sistem berbasis teknologi informasi yang mempermudah pelaksanaan pengadaan barang dan jasa konstruksi. Sistem elektronik dalam pengadaan barang dan jasa yang dapat disebut dengan Layanan Pengadaan Secara Elektronik. Layanan ini dapat membantu dalam mempercepat pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, juga dapat mengurangi tingkat ketidak-sehatan dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di bidang konstruksi. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui tahapan pengajuan penawaran oleh konsultan perencana menggunakan LPSE, untuk mengetahui proses pengajuan penawaran menggunakan LPSE, dan untuk mengetahui dokumen apa saja yang diperlukan dalam proses pengajuan penawaran menggunakan LPSE. Sistem yang dimiliki LPSE dapat dilihat dengan mengakses LPSE dengan alamat https://lpse.lkpp.go.id/eproc4. Tahapan pengajuan penawaran dimulai dengan adanya pengumuman kualifikasi, lalu mendownload dokumen kualifikasi, lalu mengikuti penjelasan dokumen kualifikasi secara online dan terakhir mengirim data kualifikasi menggunakan Layanan Pengadaan Secara Elektronik. mengklik nama tender yang diminati, lalu mendownload dokumen kualifikasi yang tersedia di kolom informasi tender, berikut dengan penjelasan dokumen kualifikasi, lalu terakhir mengirim data kualifikasi dengan cara mengklik kolom Identitas Perusahaan. Dokumen yang dibutuhkan adalah Akta Pendirian, Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional, KTP direksi dan pengurus, Data Personil Tenaga Ahli, Data Fasilitas / Peralatan / Perelngkapan yang mendukung, Daftar Pengalapan, NPWP Perusahaan dan SKKP.
ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DUA TITIK PERTEMUAN RUAS JALAN ARTERI A.H.NASUTION Andrew Ghea Mahardika
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jalan A.H Nasution Bandung adalah jalan arteri primer dan panjang jalan ± 5KM, ruas jalan ini sering terjadi kemacetan terutama di jam sibuk pagi dan sore, jalan macet terdepat di sekitaran simpangan pasir impun dan di simpangan sindanglaya karena kedua lokasi tersebut sangat berdekatan hanya berjarak antara 300 meter, Semakin banyak simpangan pada suatu jaringan jalan, maka akan semakin besar ketertundaan yang terjadi. dalam mengoptimalkan fungsi jaringan jalan dengan menggunakan Parameter kinerja simpang tak bersinyal mencakup: kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian. Dengan melihat permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini penulis mencoba mengkaji dengan melihat volume arus lalulintas(Q), derajat kejenuhan (DS), Tundaan lalulintas simpang (DTi), Tundaan lalulintas jalan utama (DMa), Tundaan lalulintas jalan minor (DMi), Tundaan geometrik simpang (DG), Tundaan simpang (D), Peluang Antian (QP%) sesuai dengan MKJI Pada analisis tundaan, tundaan lalulintas di simpang (DTi), tundaan lalulintas di jalan major (DMA), dan tundaan lalulintas di jalan minor (DMI) melebihi nilai tundaan dari nilai batas MKJI 1997 yaitu diatas 35 detik/smp. kondisi ini dapat diidentifikasikan cukup parah, sehingga simpang perlu ditingkatkan kinerjanya dengan salah satunya memasang sinyal lalulintas untuk kedua simpang. Peluang antrian pada jam puncak kedua simpang melampaui 35% (nilai batas yang diberikan MKJI)
SISTEM KUNCI OTOMATIS MENGGUNAKAN RFID CARD BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO R3 Givy Devira Ramady; Rendi Juliana
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan kita untuk melakukan pekerjaan dengan lebih mudah, cepat, serta memiliki nilai efisiensi yang tinggi. Era revolusi Industri 4.0 semakin mempertegas peran teknologi dengan memaksimalkan pemanfaatan internet sebagai media komunikasi serta control terhadap perangkat penunjang produktifitas manusia saat ini. Salah satu implementasi pemanfaatan teknologi tersebut adalah sistem kunci pintu otomatis pada rumah menggunakan RFID Card. RFID (Radio Frequency Identification) merupakan proses pengidentifikasian suatu objek secara otomastis dengan frekuensi radio. Ada dua komponen penting dalam sistem RFID yaitu kartu (Tag) dan pembaca (Reader). RFID dapat dipergunakan untuk menjalankan dua fungsi sekaligus yaitu identifikasi dan sekuriti[1]. Melalui teknologi ini, pemilik rumah cukup menggunakan sebuah kartu untuk memiliki akses masuk ke dalam rumahnya. Hal ini tentu saja lebih efisien dan aman apabila dibandingkan dengan menggunakan kunci konvensional.
PENGEMBANGAN PROTOTIPE SISTEM KONTROL PADA TRANSMITER PELURU KENDALI Syafruddin R; Hetty Fadriani; Decy Nataliana
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan Negara berkembang untuk membuat sistem kontrol sangatlah terbatas, khususnya di militer menjadi sangat urgen bagi Negara. Dengan alasan itu peneliti mencoba meneliti dengan judul Pengembangan Prototipe Sistem Kontrol Pada Transmiter Peluru Kendali. Sebagai peneliti, tujuan dan harapannya dari yang sederhana ini bisa menjadi prototipe dan setelah uji ketahanan, selanjutnya bisa dijadikan produksi massal. Dimana tahapan metode penelitian ini Pengembangan Prototipe Sistem Kontrol Pada Transmiter Peluru Kendali melalui pengolahan citra [6,7,8], hasilnya dikirim melalui radio. Disini peneliti menggunakan software visual studio 2010 untuk membuat software application dan mengolah citra video camera 25 frames/s s/d 100 frames/s yaitu usb camera dan diharapkan juga mampu mengolah camera video yang lebih cepat yaitu 350 frame/second seperti flir high speed camera atau Panasonic high speed camera yang lebih dikenal dengan nama forensic camera. Di samping penulis memakai framework 4.0 standard dalam membuat program, penulis juga memakai open CV librari, serta untuk kebutuhan atribut, word dan exel processing pada dashboard, penulis gunakan e-iceblue protocol serta GemBox Software. Dengan cara mengolah image bmp dari camera, sinyal ini di kirim melalui radio. Dalam pengolahan sinyal banyak cara dan bahasa yang bisa dipakai, dari hasil pengalaman penulis, pertama dengan bahasa C++ dari hasil yang didapat cukup lambat, selanjutnya bahasa C#, hasilnya cukup cepat, dari informasi bidang IT terutama Microsoft windows memakai visual basic, dari info itu semua , untuk itu penulis memakai bahasa C#,karena bahasa ini sudah pernah penulis pakai untuk pengembangan dan penelitian yang lain, selanjutnya karena akan di pakai di militer, tentu standar militer juga merupkan perhatian khusus dalam pengolahan serta pengiriman sinyal. Sedangkan untuk validasi sinyal dan format yang dikirim dilakukan test simulasi penerimaan sinyal dengan software aplikasi yang sama. Secara keseluruhan penelitian ialah Pengembangan Prototipe Sistem Kontrol Pada Transmiter Peluru Kendali yang merupakan software aplikasi sinyal kontrol real time selanjutnya dikirim melalui radio.
PENGEMBANGAN PROTOTIPE SISTEM KONTROL PADA RESEIPER PELURU KENDALI Ganjar Kurniawan Sukandi; Syafruddin R; Decy Nataliana
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan Negara berkembang untuk membuat sistem kontrol sangatlah terbatas, khususnya di militer menjadi sangat urgence bagi Indonesia. Dengan alasan itu peneliti mencoba meneliti dengan judul Pengembangan Prototipe Sistem Kontrol pada Receiver Kontrol Peluru Kendali. Sebagai peneliti, tujuan dan harapannya dari yang sederhana ini bisa menjadi prototipe dan setelah uji ketahanan selanjutnya bisa dijadikan produksi massal. Dimana tahapan metode penelitian ini membuat Pengembangan Prototipe Sistem Kontrol pada Receiver Kontrol Peluru Kendali, sinyal kontrol diterima melalui radio untuk diolah . Disini peneliti menggunakan software ccodevision untuk membuat software application dalam pengolahan nya, sinyal dari radio selanjutnya di gabung dengan sinyal position optical encoder, hasil dari sini sudah merupakan sinyal command untuk geared dc servomotor, selanjutnya untuk mendapatkan gerak yang lebih halus dan presisi, berhenti di posisi yang sudah diperintahkan maka sebagai feedback di inputkan dari encoder geared dc servomotor , selanjutnya sinyal di perkuat dengan amplifier, untuk mendrive rangkaian driver power amplifier motor dc2,3,5. Dalam hal ini pengolahan sinyal memakai mpu ATMEGA8535, dengan beberapa pertimbangan,diantaranya : dimensi fisik yang cukup kecil dimana diameter luar casing 120mm, diameter dalam 116mm, dengan pertimbangan ini dimeter PCB harus 110mm atau dimensi bujur sangkar PCB 80mm, pin I/O mencukupi kebutuhan, tersedia fitur lain yang dibutuhkan seperti jumlah interrupt, jumlah timer /PWM pulse wide modulation. Secara keseluruhan Pengembangan Prototipe Sistem Kontrol pada Receiver Kontrol Peluru Kendali(Receiver Kontrol Rudal) yang merupakan software dan hardware aplikasi sinyal kontrol real time untuk menggerakan fin (sirip).
TURBIN MAGNET PERMANEN SEBAGAI PENGGERAK ALTERNATIF GENERATOR YANG BEBAS ENERGI Yakob Liklikwatil; Hamdani Setiawan; Syafruddin R; Rahmad Hidayat; Givy Devira Ramady
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggerak generator listrik, dengan energi bahan bakar seperti genset adalah terbatas, akan habis dimasa depan, karna itu ketergantungan padanya harus dikurangi atau diganti. Munculnya magnet Neodymium dengan kekuatan magnetik yang besar bisa menjadi turbin pemutar generator solusi yang tepat menggantikan tenaga bahan bakar. Dalam riset melalui metoda perancangan dan eksperimen, bahwa untuk memutar turbin maka nosel harus merupakan sistem kemagnetan yang kuat; pada lingkaran luar roda terpasang sejumlah besar magnet dengan kutub yang berlawanan dengan kutub magnet nosel guna menghasilkan gaya tarik-menarik dan torsi putar pada poros turbin, yang besarnya bergantung pada kekuatan magnetiknya dan diameter roda. Hasil percobaan dan Analisa menjelaskan bahwa nosel kehilangan gaya tarik sehingga roda mengalami perlambatan dan berhenti, tidak dapat berputar secara kontinu dengan nosel yang diam. Simpulan: roda mengalami perlambatan dan kemudian berhenti berputar disebabkan karna Pertama, nosel kehilangan gaya tarik terhadap magnet roda ketika magnet terakhir pada roda melewati nosel maka sisi kutub magnet tersebut mengalami gaya tarik balik oleh magnet nosel. Kedua, Nosel merupakan sistem yang statis (diam, tidak bergerak). Semakin besar kuat magnetik dan semakin besar diameter roda turbin maka torsi putar dan putaran yang akan dihasilkan akan semakin besar. Solusi : Agar roda turbin bisa berputar secara bebas, konstan dan kontinu yaitu pengaruh sisi kutub magnet harus dihindari dengan teknik nosel dinamis yang dapat bergerak menjauh-mendekati magnet roda sesuai dengan pergerakan roda; Cara lain adalah menggunakan multi roda dengan susunan magnet setiap roda berbeda jarak tunda satu atau dua lubang secara berurutan terhadap noselnya. Selain itu Turbin diposisikan vertikal dimana roda berputar secara horizontal adalah solusi yang tepat untuk menghindari pengaruh gaya berat dan perbedaan ketinggian setiap titik dilingkaran roda sehingga roda bisa berputar melebihi 300 rpm.
PENGEMBANGAN APLIKASI E LEARNING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN Ninik Sri Lestari; Herlina .
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem e-learning dengan berbagai macam keunggulan yang saat ini mencuri perhatian ke berbagai pihak, terutama kalangan akademik, telah membuka cakrawala baru dalam proses pembelajaran di bidang pendidikan. Dan itu adalah alternatif yang cocok untuk diterapkan dalam kerangka pemahaman kita tentang bahan ajar dalam komunikasi massa sekarang. Penyampaian informasi, komunikasi, pendidikan dan pelatihan online. Ini tidak berarti e-learning menggantikan model pembelajaran konseptual di kelas, tetapi hanya memperkuat model pembelajaran melalui pengembangan teknologi pendidikan. Penelitian dilakukan dengan mengamati secara langsung sehingga kita mendapatkan hasil analisis sistem yang perlu dibuat. Sebuah studi literatur juga dilakukan untuk mencari sumber lain yang dapat menjadi dasar dan referensi dalam membuat aplikasi e-learning. Sistem e-learning dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySQL. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi e-learning telah dirancang dan diimplementasikan dengan fasilitas yang meliputi materi pengunduhan, tugas, kuis dan mengunggah materi.
PENGARUH MODIFIKASI PULI TRANSMISI OTOMATIS TERHADAP DAYA SEPEDA MOTOR MATIC 125 CC Muchammad Chusnul Azhari; Nur Bagus Muhamad Rizal
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Performa dari mesin matic yang lambat berakselerasi dan kurang bertenaga. Alasan inilah yang mendasari penulis untuk meneliti dengan judul “Pengaruh Modifikasi Puli Transmisi Otomatis Terhadap Daya Sepeda Motor Matic 125 cc”. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh modiikasi puli ini terhadap torsi dan daya sepeda motor matic 125 cc. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen sungguhan yaitu untuk membandingkan dua sampel puli yang telah dimodifikasi dengan puli standar. Penelitian dilakukan dengan modifikasi pada bagian puli tidak tetap atau puli geser dan puli tetap dengan merubah sudut kemiringan puli dengan proses masining (bubut) dan mengaplikasikan modifikasi jalur roller pada puli geser dengan menakik ujung seluncuran roller. Pengujian dilakukan dengan cara pengukuran terhadap tiga sampel puli uji dengan alat daynotest yaitu untuk mendapatkan nilai torsi dan daya pada setiap RPM nya. Dari hasil pengukuran didapatkan bahwa pada putaran yang sama di 3750 RPM puli standar sudut 140 menghasilkan daya sebesar 8,8 hp dan torsi 14,76 Nm, puli sudut 14,50 menghasilkan daya sebesar 9,7 hp dan torsi 16,36 Nm, Dan puli sudut 13,50 menghasilkan daya 10,1 hp dan torsi 17,11 Nm. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan sudut puli sangat mempengaruhi torsi dan daya yang dihasilkan.Supaya tidak terjadi slip pada v-belt, modifikasi sudut puli disarankan tidak lebih dari 0,50.

Page 1 of 2 | Total Record : 13