cover
Contact Name
-
Contact Email
perpussttmandala@gmail.com
Phone
+628978654259
Journal Mail Official
imashdt@gmail.com
Editorial Address
Jl. Seekarno-hatta No.597 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Isu Teknologi
ISSN : 19794819     EISSN : 25991930     DOI : -
Jurnal Isu Teknologi Merupakan jurnal yang membahas tentang isu - isu teknologi saat ini. terutama yang berkaitan dengan teknik informatika, teknik sipil,teknik elektro,dan teknik mesin.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Isu Teknologi" : 12 Documents clear
RANCANG BANGUN E-SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) PADA PERUSAHAAN KACANG TANAH BERBASIS WEBSITE Hermawaty .; Robin Siswanto; Purwadi Budi Santoso; Givy Devira Ramady
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PD HNS merupakan salah satu penyedia layanan barang hasil bumi yang memiliki tenaga pekerja yang cukup baik, hanya saja manajemen data jual beli & stok yang ada pada PD HNS masih dilakukan secara manual berupa pembukuan.Tanggungan terjadinya kesalahan dalam manajemen data jual beli & stok yang disebabkan kesalahan manusia masih saja terjadi,contohnya kesalahan penulisan jumlah stok barang yang ada, sehingga berakibat menurunkan kualitas pelayanan & aktivitas perdagangan. Dengan dirancangnya sistem Electronic Supply Chain Management dapat membantu proses manajemen data tersebut, sehingga pelayanan administrasi maupun perdagangannya dari PD.HNS ini lebih baik dan dapat memperbaiki kekurangan yang ada. Perancangan ESCM dilakukan dengan metode Supply Chain Management (SCM). Ada beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu meliputi Inisiasi Perancangan, Pemodelan Bisnis, Sistem Teknologi Saat Ini, Perancangan Arsitektur Data, Perancangan Arsitektur Aplikasi, Perancangan Arsitektur Teknologi, dan Rencana Implementasi. Hasil dari perancangan ESCM dangan metode SCM menghasilkan 3 proses bisnis. Yaitu Arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi yang menghasilkan usulan perancangannya berupa blueprint. Arsitektur ESCM juga dapat meminimalisir kesalahan data, sehingga data menjadi lebih akurat serta pelayanan antar unit akan terintegrasi.
PERANCANGAN APLIKASI PENGELOLAAN JASA LAUNDRY BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL Ninik Sri Lestari; Ahmad Sujana; Moch. Ismail Hasan
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bisnis binatu (Laundry) atau bisa kita sebut dengan jasa cuci kini berkembang dengan baik karena menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dicari pada saat ini, pengelolaan data konsumen dan data bahan baku di Papa Laundry masih dilakukan secara manual dan belum terkomputerisasi. Dengan adanya aplikasi pengelolaan jasa laundry bertujuan untuk proses pengelolaan dan pendataan konsumen serta bahan baku. Dalam menganalisis dan merancang program aplikasi ini penulis menggunakan metode Action Research dan menggunakan alat analisis seperti analisis dokumen, analisis prosedur yang berjalan. Metodologi yang digunakan untuk membangun sistem ini menggunakan sistem SDLC dimana kegiatannya dapat meliputi projek planning phase, analysis phase, design phase, implementation phase, support phase. Dan untuk pengujian aplikasi ini menggunakan teknik pengujian black box. Pembangunan aplikasi pengelolaan jasa laundry ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan basis data MySQL. Dengan adanya aplikasi ini bisa mempermudah penginputan dan pengelolaan data konsumen, pegawai, supplier dan bahan baku. Dengan adanya aplikasi ini bisa membuat nota transaksi secara terstruktur dan menghasilkan laporan yang akurat. Saran yang mungkin bermanfaat untuk pengembangan program ini seperti Menambahankan fitur delivery order, Desain tampilan interface dapat dikembangkan lagi sehingga dapat lebih menarik lagi.
PEMBUATAN WEBSITE PEMERINTAHAN KABUPATEN MAMBERAMO TENGAH MENGGUNAKAN PHP Raden Roro Isni Anisah Puspowati Harori; Erlis Yigibalom; Ridwan v; Rizal Dzulkarnaen; Herawati .
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan website di Kabupaten Mamberamo Tengah Papua. Kabupaten Mamberamo Tengah adalah wilayah yang ada di Papua yang memiliki keindahan alam, kabupaten Mamberamo ingin wilayahnya dikenal masyarakat Indonesia secara luas bahkan dunia, serta ingin masyarakat setempat mendapatkan pelayanan yang terbaik dan efisien, karena belum adanya alat yang memadai untuk mencapai harapan yang diungkapkan tadi, maka penulis bermaksud membuat website. Website ini dibuat bertujuan untuk mempermudah masyarakat Mamberamo Tengah papua khususnya dalam mendapatkan informasi dan pelayanan dari pemerintah kabupaten, dan masyarakat indonesia dan dunia umumnya agar dapat mengenal daerah, budaya dan segala hal yang ada di Kabupaten Mamberamo Tengah. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode pengembangan system informasi yaitu waterfall dan metode pemrograman yaitu pemrograman berorientasi objek. Alat pemrograman yang digunakan adalah Bahasa pemrograman PHP.
EVALUASI KINERJA JALAN ARTERI PRIMER AKIBAT AKTIVITAS TERMINAL BAYANGAN Hetty Fadriani; Novalita .; Andrew Ghea Mahardika; Ika Sartika; Asep Suhana
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terminal bayangan Cileunyi berada di ruas jalan Raya Cipacing yang merupakan jalan arteri primer. Aktivitas terminal bayangan berupa pejalan kaki, kendaraan parkir dan berhenti, menaikkan dan menurunkan penumpang di sisi jalan menjadi bagian aktivitas hambatan samping yang menyebabkan kemacetan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja jalan arteri primer akibat adanya aktivitas terminal bayangan dengan menghitung kecepatan kendaraan, kapasitas jalan, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan jalan. Perhitungan menggunakan PKJI 2014. Hasil yang didapat bahwa aktivitas terminal bayangan tertinggi terjadi pada siang hari dengan hambatan samping sangat tinggi, kecepatan kendaraan jauh di bawah kecepatan rencana 60 km/jam, kapasitas jalan turun, derajat kejenuhan rata-rata diatas 0,85 dengan tingkat pelayanan jalan F. Hasil simulasi tanpa adanya aktivitas terminal bayangan menunjukkan kapasitas jalan meningkat 27%, kecepatan kendaraan meningkat, derajat kejenuhan rata-rata berada di bawah 0,85 dengan tingkat pelayanan yang semakin baik.
PENGAWASAN PEKERJAAN STRUKTUR PADA PROYEK HEAD QUARTER OFFICE CV. BIENSI FESYENINDO – BANDUNG Nurcaweda Riztria Adinda; Syahrizal Abdul Malik Ibrahim
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, kita dituntut untuk semakin kompeten pada keahlian kita masing-masing. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut sangat terasa di semua yang termasuk dibidang Teknik Sipil khususnya pengawasan pada proses sebuah pembangunan. Pada pengawasan suatu proyek, perlu menentukan dan mengatur tahapan kerja setiap jenis pekerjaan, schedule yang telah di perhitungkan sehingga dapat di persiapkan dengan matang. Hal ini menyangkut dengan penentuan rencana kerja yang tersusun berdasarkan kebutuhan material dan volume pekerjaan. Semuanya ini berguna untuk mengetahui jumlah penggunaan tenaga kerja dan peralatan-peralatan yang akan dipergunakan.
TINJAUAN TERHADAP PENANGANAN JALAN AKIBAT RENDAHNYATINGKAT STABILITAS TANAH Samun Haris; Faya Nabasa
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beberapa daerah di Pulau Jawa, khususnya Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi terdapatkondisi geografis berbentuk lereng dan tidak stabil, hal ini dapat menimbulkan terjadinyapergerakan lahan, salah satunya adalah ruas jalan Jampang Tengah-Kiara Dua. Jalantersebut dapat menggunakan bronjong sebagai penahan pergerakan lahan. Tujuan daripenelitian iniadalah menghitung kekuatan struktur bronjong kawat dan melakukan estimasivolume kebutuhanbahan dari bronjong kawat. Metode penelitan yang digunakan dalampenelitian ini adalah deskriptif. Analisis yang dilakukan adalah analisis hasil data observasi,pembuatan desain ukuran bronjong menggunakan AUTO-Cad, stabilitas bronjong danestimasi kebutuhan bahan. Desain bronjong yang digunakan adalah Bentuk I, Tipe A dengandimensi 2.0× 1.0 × 1.0 meter. Hasil perhitungan stabilitas terhadap guling diperoleh Fglsebesar 4.7052, nilai tersebut lebih besar dari1.5, maka desain struktur bronjong amanterhadap gaya guling. Hasil perhitungan stabilitas terhadap geser diperoleh Fgs sebesar2.1653, nilai tersebut lebih besar dari 1.5, maka desain struktur bronjong aman terhadapgaya geser. Hasil perhitungan didapatkan tegangan maksimum dengan nilai 16.8304 ton/m2lebih kecil dibandingkan tegangan izin dengan nilai 89.6 ton/m2, daya dukung tanah untukstruktur bronjong sebagai perkuatan tebing aman. Setelah itu didapatkan estimasi volumebahan untuk struktur bronjong sebesar 44,710 kg kawat, 5,600 m3 batu dan 420 m cerucuk.
ANALISIS PERUBAHAN KUAT MEDAN LISTRIK TERHADAP JARAK PADA BUSBAR GITET 500kV Anung .; Yusuf Bahtiar; Herawati Ys; Rahmad Hidayat
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perubahan kuat medan listrik terhadap jarakpada busbar GITET 500kV. Penelitian dilakukan dibawah busbar out door dengan isolasiudara dalam keadaan cuaca cerah. Data diperoleh dari pengukuran secara langsungmenggunakan alat ukur Holaday EMF HI 3604 Tipe. Nilai ambang batas paparan medanlistrik sesuai SNI, ICNIRP, IRPA/INIRP dan WHO adalah 10kV/m untuk masyarakat pekerja.Jarak andongan terendah konduktor busbar ke permukaan tanah 15,56m. Dilakukanpengukuran dan perhitungan kuat medan listrik melintang dari fasa T, S, dan R. Ketinggiantitik uji 0,2m sampai 2m dari permukaaan tanah. Dari hasil pengukuran kuat medan listrikdiperoleh nilai terbesar medan listrik adalah 19,2kV/m di ketinggian 2m sedangkan nilaiterkecil adalah 2,9kV/m di ketinggian 0,2m sedangkan dalam perhitungan kuat medan listriknilai terbesar adalah 551,16kV/m di ketinggian 15,4m dan nilai terkecil adalah 5,54kV/m diketinggian 0 m. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi titik uji/ukur, maka semakinbesar pula kuat medan listriknya.
RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING PINTU RUMAH DAN KONTROL LAMPU BERBASIS TELEGRAM Givy Devira Ramady; Cecep Rizki Apriandi; Ganjar Kurniawan Sukandi; Rifan Budi Resmana; Sabar Santoso
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era baru kehidupan yang serba modern ini banyak sekali inovasi yang dilakukan olehberbagai macam elemen masyarakat salah satunya yaitu dibidang Internet of Things(IoT). Sistem monitoring pintu rumah dan kontrol lampu dengan telegram adalah salahsatu dari IoT project yang dapat memberikan manfaat bagi penggunanya untukmengontrol rumah dari jarak jauh menggunakan sistem cloud. Berdasarkan hasilpengujian,telegram dapat mengontrol sistem monitoring pintu rumah dan kontrol lampudengan menghubungkan dengan NodeMCU menggunakan internet setelah disetingsedemikian rupa. Power supply dengan daya 5 Watt mampu menyuplai beban sebesar1,336 Watt terdiri dari ESP8266 dan Relay sehingga sistem dapat bekerja dengan baik.
RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING KAPASITAS DAN KADAR pH AIR PADA TOREN BERBASIS ARDUINO NANO Syafruddin R; Dika Surya Permana; Yakob Liklikwatil; Dwiyanto .; Givy Devira Ramady
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat, kebutuhan akan efektifitas dan efisiensisangat diutamakan. Hal tersebut telah mendorong manusia untuk berkreasi danberinovasi dalam bidang teknologi untuk menciptakan suatu alat yang lebih efisien danefektif. Pengisian air pada toren menggunakan sistem manual sering menimbulkanpemborosan air dan tidak terkontrol jika penggunanya lalai mematikan pompa air.Berdasarkan hal tersebut maka dirasa perlu dibuat sebuah alat yang berfungsi untukmengetahui kapasitas air pada toren dan mencegah pemborosan air yang akanditimbulkan oleh pengguna saat lalai mematikan pompa air dilengkapi pendeteksi pH airsehingga dapat mengetahui kadar pH air. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yangdibangun mempu bekerja secara baik dan optimal dengan mendapatkan hasil tingkatkesalahan (Error) pada pH meter sensor sebesar 3,13% lalu tingkat akurasi pH sensor96,87%.
ANALISIS KEKUATAN SAMBUNGAN LAS PADA KOMPONEN LIFTING LUG PANSER Dadang Jatnika; Nanda Kesuma
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk mendukung mobilitas terutama pada saat pemindahan Panser dari darat ke Kapal lautdan sebaliknya, ataupun pemindahan menggunakan helikopter diperlukan alat bantu angkat(lifting lug) yang menempel pada Panser, sehingga perlu dilakukan analisis terhadapkekuatan las lifting lug tersebut agar dapat diketahui kemampuan kekuatan las dalammenahan beban dari Panser itu. Saat ini dalam pelaksanaan proses pemindahan tersebutselalu terganggu oleh rasa kekhawatiran akan kekuatan las pada lifting lug dari pihakasuransi karena Panser yang akan dipindahkan tersebut mempunyai nilai yang cukup mahaldan apabila ternyata tidak kuat maka akan menggangu rencana yang telah ditetapkan. Darihasil analisis dan perhitungan maka dapat diketahui tegangan geser maksimum yang terjadipada sambungan las lifting lug adalah 114,59 N/mm2, harga ini lebih kecil dari tegangangeser yang diijinkan (?ijin = 289,6 N/mm2), sehingga dapat disimpulkan bahwa sambunganlas pada lifting lug dapat beroperasi dengan aman dengan faktor keamanan sebesar 2,53.

Page 1 of 2 | Total Record : 12