cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalijar@gmail.com
Phone
+6285229198163
Journal Mail Official
jurnalijar@gmail.com
Editorial Address
Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta, Indonesia 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
IJAR : Indonesian Journal of Action Research
ISSN : 29857333     EISSN : 29856078     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and theoretical research covering all aspects of Islamic Education in Southeast Asia. Deradicalization of Islamic Education Philosophy of Islamic Education Islamic Education Policy Gender and Islamic Education Comparison of Islamic Education Islamic Education and Science Nusantara Islamic Education Pesantren Education Islamic Education and Social Transformation Leadership of Islamic Education Figure of Islamic Education Islamic Education Management Curriculum of Islamic Education Innovation of Islamic Education Madrasah Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022)" : 21 Documents clear
Pembelajaran Fisika Model SOUTING Untuk Meningkatkan Efisiensi Belajar Siswa Arif Alfatah
Indonesian Journal of Action Research Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/ijar.2022.12-01

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran SOUTING pada siswa kelas XI MIA 3 MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, yang dalam pelaksanaan dan pengamatannya dilakukan secara bersamaan. Artinya pengamatan dilakukan pada saat proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI MIA 3, yang berjumlah 29 orang siswa. Penelitian ini menggunakan analisis diskriptif, yaitu membandingkan hasil belajar (nilai tes Ulangan Harian) antar bab materi fisika dengan indikator kinerja sebelum dan sesudah diberi tindakan, juga menampilkan hasil pengamatan efektifitas pembelajaran. Nilai hasil tes ulangan harian di analisis dengan progam aplikasi ANABUT yang mencakup analisi rerata KKM, persentase ketuntasan belajar, analisis butir soal, dan daya serap soal.. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian terjadi kenaikan persentase efisiensi belajar siswa setelah setelah diterapkan model SOUTING, dengan peningkatan efisiensi belajar siswa sebesar 9% untuk siklus 1 dan 22% untuk siklus 2. Penelitian lebih lanjut akan lebih baik jika instrumen-instrumen pengukuran ditingkatkan jumlahnya dan membahas materi bab yang sama atau ada kemiripan.
Analisis Butir Soal dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas X SMA Berbeasis HOTS Herni Purwaningsih
Indonesian Journal of Action Research Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/ijar.2022.12-02

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan soal HOTS dalam buku Bahasa Indonesia Kelas X SMA Terbitan Erlangga. Metode – Studi analisis ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data adalah buku Bahasa Indonesia kelas X SMA terbitan Erlangga. Data penelitian berupa soal pilihan ganda sejumlah 20 nomor yang ada pada setiap bab. Teknik analisis data yang digunakan pemilihan kategori dan data, penyajian data, serta pembuatan kesimpulan. Teknik uji validitas data dengan triangulasi teori. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan soal HOTS dalam buku ini memperlihatkan sebaran ranah kognitif yang bervariasi. Dari 340 soal dengan asumsi 17 x 20 nomor setiap babnya 182 soal dalam buku ini sudah termasuk kriteria soal HOTS. Namun demikian sebaran soal ranah kognitif (C5) dan (C6) masih sedikit. Ranah kognitif (C4) masih dominan dalam sebaran soal HOTS
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas V Isnaini Badaruddin
Indonesian Journal of Action Research Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/ijar.2022.12-03

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas V A MIN 1 Gunungkidul Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan realistik. Metode – Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V A MIN 1 Gunungkidul Yogyakarta yang berjumlah 15 siswa dan guru kelas V A. Obyek penelitian adalah hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan menggunakan pembelajaran matematika realistik. Untuk menguji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas konstrak dengan menggunakan pendapat ahli (experts jugdement). Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan pendekatan matematika realistik adalah 67,00 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 78,33 pada siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar hanya 54,29% meningkat menjadi 75,68% pada siklus II.
Peningkatan Keterbukaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VIII MTsN 4 Sleman Endang Vironika Hartati
Indonesian Journal of Action Research Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/ijar.2022.12-04

Abstract

Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa kelas VIII MTs N 4 Sleman melalui layanan bimbingan kelompok. Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 4 Sleman Yogyakarta sejumlah 144 siswa, sampel diambil sebanyak 10 siswa yang mengalami keterbukaan diri rendah dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data keterbukaan diri dalam penelitian ini menggunakan angket yang telah diuji cobakan pada 36 siswa di luar subyek penelitian dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis menggunakan t-test. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti atau layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan keterbukaan diri siswa kelas VIII MTsN 4 Sleman. Dari hasil t-test diketahui thitung=8.034 dengan nilai p=.000 < 0.05 berarti ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan keterbukaan diri siswa kelas VIII MTsN 4 Sleman. Diharapkan guru pembimbing dapat memberikan layanan bimbingan kelompok terhadap keterbukaan diri siswa.
Upaya Peningkatan Motivasi Literasi Guru Melalui Penggunaan Buku Jurnal Literasi di MtsN 7 Bantul Tahun 2022 Tutik Husniati
Indonesian Journal of Action Research Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/ijar.2022.12-05

Abstract

Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi guru MTsN 7 Bantul dalam literasi melalui penggunaan buku jurnal literasi. Metode – Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan madrasah yaitu sebuah penelitian yang dilakukan oleh kepala madrasah terhadap guru-guru di madrasahnya sendiri. Penelitian Tindakan Madrasah (PTM) dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu; perencanaan tindakan (action plan), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini yaitu guru-guru MtsN 7 Bantul yang berjumlah 39 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan skor guru pada tiap siklus dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku jurnal literasi dapat meningkatkan motivasi literasi guru di MTsN 7 Bantul pada tahun 2022. Selanjutnya, melihat hasil sumbangsih buku jurnal literasi dalam meningkatkan motivasi literasi guru, disarankan kepada para kepala madrasah bahwa dengan tipikalnya tersebut mampu meningkatkan motivasi literasi guru secara umum. Kepala madrasah yang menggunakan buku pantauan literasi lebih mungkin untuk memiliki guru yang berhasil dari pada kepala madrasah yang tidak menggunakan.
Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Materi Vektor Melalui Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X Lina Mutiasih
Indonesian Journal of Action Research Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/ijar.2022.12-07

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika materi vektor dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X MIPA 3 MAN 1 Bantul. Metode – Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin di capai. Setiap siklus terdiri dari dua (2) kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Sedangkan indikator keberhasilan, sekurang-kurangnya 75%, peserta didik dapat memahami materi Vektor, ketuntasan belajarnya mencapai 80%, peserta didik memperoleh nilai > 75, memiliki aktivitas siswa meningkat sekurang-kurangnya 75%. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model pembelajaran dengan menerapkan problem based learning dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika peserta didik kelas X MIPA3 semester I di MAN 1 Bantul Tahun Pelajaran 2022-2023 yang dibuktikan dengan rata-rata persentase aktivitas pada siklus I sebesr 76,87%, sedangkan rata-rata persentase aktivitas pada siklus II sebesr 81,46%. Sedangkan untuk hasil belajar fisika juga mengalami peningkatan. Persentase siklus I dari pretest besarnya ketuntasan 28,17% dan postest dengan ketuntasan 75,00. Adapun Persentase siklus II dari pretest ketuntasan sebesar 66,67% dan posttest ketuntasan sebesar 100% dengan nilai rata-rata 81,00.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Madrasah Aliyah dalam Menyusun DUPAK Kenaikan Pangkat dengan Pendampingan Individu Khoiriyatun Khoiriyatun
Indonesian Journal of Action Research Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/ijar.2022.12-09

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun DUPAK kenaikan pangkat melalui pendampingan individu di MAN 1 Bantul. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan madrasah dengan populasi dalam penelitian yaitu guru PNS MAN 1 Bantul yang berjumlah 43 orang. Adapun sampel yang diambil adalah 15 orang guru. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu 9 bulan, dari bulan Maret – November 2022. Penelitian ini dilakukan menggunakan model spiral atau siklus yang menurut Kemmis dan Taggart meliputi empat komponen, yaitu; perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Adapun indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan skor rata-rata pada tiap siklus dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80%. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh faktor penyebab banyak guru PNS di MAN 1 Bantul tidak naik pangkat lebih dari 4 tahun antara lain, sikap apatis setelah mencapai golongan IVa, tidak ada motivasi dan semangat, kurangnya unsur pengembangan diri, sudah melakukan pengembangan diri namun tidak menyusun laporan, terkendala dalam membuat PI/KI, merasa nilainya belum cukup, kesulitan menyusun dan mengumpulkan berkas. Adapun pendampingan individu ternyata dapat meningkatkan kemampuan guru MAN 1 Bantul menyusun DUPAK kenaikan pangkat.
Strategi Supervisi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran RA dan MI Oleh Pengawas Kemenag Kabupaten Bantul Samsudin Samsudin
Indonesian Journal of Action Research Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/ijar.2022.12-08

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi supervisi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) oleh pengawas madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 (tiga) orang pengawas madrasah dasar RA dan MI jenjang jabatan Pengawas Madya Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data triangulasi. Triangulasi yang digunakan yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan model craswell yang terdiri atas enam tahapan yakni mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, analisis mendetail, memberi kode, narasi deskripsi, dan menginterpretasikan data. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa kegiatan supervisi telah dilakukan secara terorganisir dan diatur secara menyeluruh dengan pengaturan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut. Selain itu juga terdapat kepercayaan yang terbuka terhadap kualitas dan pelaksanaan tenaga pengajar. Hal inilah yang mendorong Kepala sekolah untuk secara konsisten menilai program-program pembinaan keilmuan dalam menjaga kepercayaan dan meningkatkan kualitas kinerja guru dalam meningkatkan pembelajaran.
Pengembangan Modul Matematika pada Materi Teorema Pythagoras dengan Pendekatan Problem Based Learning Nur Idiah Asmarawati
Indonesian Journal of Action Research Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/ijar.2022.12-10

Abstract

Tujuan – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning pada materi Teorema Pythagoras yang valid, praktis dan efektif untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Metode – Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk adalah research and development dengan Model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini menggunakan survei validitas, survei respon siswa, dan keefektifan modul. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor pada uji validitas, modul pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning ditempatkan pada kategori valid dengan persentase 89,58 untuk substansi dan 77,14 untuk media. Sementara itu, jawaban siswa termasuk modul pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning dengan 78,30 persen kategori praktis. Hasil belajar setelah pembelajaran kelas eksperimen mendapat nilai 54,691, lebih tinggi dari nilai setelah pembelajaran kelas referensi 46,356. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning sudah efektif.
Pembelajaran Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pancasila dan Kewarganegaraan Peserta Didik Kelas VII Awang Nakulanang
Indonesian Journal of Action Research Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/ijar.2022.12-11

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan penerapan pembelajaran model kooperatif tipe think pair share (TPS) di kelas VII A di MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Metode – Penelitian ini merupkan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang model penelitian tindakannya terdiri dari empat tahapan (perencanaan, aksi, pengamatan, dan refleksi). Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII A yang bejumlah 32 peserta didik dan guru mata pelajaran PPKn kelas VII A MTs Mu’allimin. Teknik Pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data secara induktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama setelah dilakukan tindakan oleh peneliti kemudian diadakan post-test yang menunjukkan sebanyak 13 peserta didik dinyatakan tuntas dan 19 peserta didik dinyatakan belum tuntas yang artinya masih diperlukan tindakan pada siklus selanjutnya. Pada siklus kedua setelah dilakukan tindakan oleh peneliti menunjukkan sebanyak 29 peserta didik tuntas dan 3 peserta didik tidak tuntas Prosentase ketuntasan peserta didik dari siklus pertama ke siklus kedua mengalami peningkatan yaitu sebesar 41% menjadi 91% setelah dilakukan penerapan pembelajaran TPS pada mata pelajaran PPKn.

Page 1 of 3 | Total Record : 21