cover
Contact Name
Muh. Nadzirin Anshari Nur
Contact Email
nadzirin@uho.ac.id
Phone
+6281342713802
Journal Mail Official
manajemen.rekayasa@uho.ac.id
Editorial Address
Jl. Mayjend S. Parman, Kendari Sulawesi Tenggara
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management)
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 26853752     DOI : http://dx.doi.org/10.33772/jmr.v5i2
Perancangan dan Pengukuran Kerja Manajemen Rekayasa Teknik Sipil Manajemen Rekayasa Teknik Elektro Manajemen Rekayasa Teknik Kelautan Manajemen Rekayasa Teknik Arsitektur Manajemen Rekayasa Teknik Mesin Manajemen Rekayasa Teknik Informatika Penelitian Operasional Analisis Ekonomi Teknik Rekayasa Fasilitas dan Manajemen Energi Rekayasa Kualitas dan Keandalan Rekayasa Operasi dan Manajemen Operasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sistem Informasi Rekayasa Perancangan dan Manufaktur Perancangan dan Pengembangan Produk Perancangan dan Rekayasa Sistem
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol.2 N0.2 Oktober 2020" : 5 Documents clear
KOMBINASI ANALISIS TEKNIS DAN ALGORITMA GRADIENT BOOSTING UNTUK MEMPREDIKSI INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DANU SALAM; Mustarum Musaruddin; Hasmina Tari Mokui
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol.2 N0.2 Oktober 2020
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v2i2.12564

Abstract

Saham merupakan surat berharga yang dapat diperdagangkan. Fluktuasi harga saham dapat dimanfaatkan oleh trader untuk mendapatkan keuntungan. Untuk melihat pergerakan harga saham dapat dilihat dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Pada penelitian ini bertujuan untuk memperediksi indeks harga saham gabungan dengan mengkombinasikan antara analisa tehnikal dan menggukan algoritma gradient boosting. Hasil eksperimen didapatkan perbedaan akurasi antara model dengan kombinasi dan tanpa kombinasi. Akurasi model kombinasi sebesar 86,79% dan RMSE sebesar 0,78, dibandingkan dengan model tanpa kombinasi akurasinya 74.60% dan RMSE 1,05%. Sedangkan dari F-test didapatkan, P-value sebesar 0. Nilai P<0,05 memiliki nilaisignifikansi penerimaan sehingga model yang diusulkan dapat diterima.Kata kunci: IHSG, Saham, Kombinasi, Analisa Tehnikal, Algoritma Gradient Boosting, Akurasi, Root Mean Squared Error (RMSE), P-Value
ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN TERHADAP KENYAMANAN PENGGUNA JALAN (Studi Kasus Jalan Lakidende Kabupaten Konawe) Israh Israh; Adris Ade Putra; Sitti Nurjannah Ahmad
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol.2 N0.2 Oktober 2020
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v2i2.16054

Abstract

Kerusakan jalan yang terjadi di beberapa ruas jalan menimbulkan kerugian yang sangat besar terutama bagi pengguna jalan seperti kenyamanan, waktu tempuh yang lama, kemacetan, kecelakaan, dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat dan jenis kerusakan jalan dengan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index), dan metode Bina Marga, mengetahui kenyamanan pengguna jalan dengan menggunakan metode Analisis Odds Ratio. Penelitian ini mengambil lokasi pada ruas Jalan Lakidende Kabupaten Konawe yang masing-masing jalan terbagi atas 26 segmen yang ditinjau menurut tingkat kerusakannya. Pengumpulan data primer dilakukan dengan survey aktual lapangan yaitu berupa data luas kerusakan jalan, volume lalu lintas dan pengguna jalan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Jenis-jenis kerusakan yang ada pada Jalan Lakidende Kabupaten Konawe  (STA O+000–1+300) yaitu Kerusakan Amblas 708,13 M2 (27,2 %), Lubang 128,88 M2 (4,9 %), Kulit Buaya 263,14 M2 (10,1 %). Dan kerusakan didominasi pada kerusakan Amblas, Dengan menggunakan Metode PCI nilai rata-rata penilaian kondisi jalan yang diperoleh adalah sebesar 26,3 yang menunjukan kondisi Buruk dan Nilai Prioritas Kondisi Jalan. penilaian kondisi jalan menurut Metode Bina Marga adalah sebesar 3 yang menunjukan kondisi ruas Jalan Lakidende Kabupaten Konawe dimasukkan kedalam program peningkatan jalan, dimana kenyamanan pengguna jalan yang melalui jalan Lakidende Kabupaten Konawe dengan menggunakan analisis Odds Ratio di peroleh ketidak nyamanan sebesar 5,66 kali lipat di banding pengguna jalan yang tidak melalui jalan Lakidende Kabupaten Konawe. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat kerusakan jalan maka semakin tinggi ketidak nymanan pengguna jalan, sebaliknya semakin rendah tingkat kerusakan jalan maka semakin rendah ketidak nyamanan pengguna jalan.Kata kunci : Kerusakan Jalan, pavement condition index (PCI), Bina Marga, Kenyamanan pengguna jalan
ANALISA PENGENDALIAN WAKTU DAN BIAYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PERPUSTAK{BIBLIOGRAPHY}AAN MODERN PROVINSI SULAWESI TENGGARA (TAHAP II) ANALYSIS OF TIME CONTROL AND COST IN THE DEVELOPMENT PROJECT OF MODERN LIBRARY PROVINCE OF SOUTH SULAWESI (STAGE II) Admin Hardiana; Minson Simatupang; Abdul Kadir
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol.2 N0.2 Oktober 2020
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v2i2.16040

Abstract

Analisa pengendalian waktu dan biaya proyek sebaiknya dilakukan pada masa perencanaan dengan menggunakan analisis metode-metode ilmiah sehingga pada saat pelaksanaan pekerjaan selesai tepat waktu. Penelitian ini menganalisis masalah waktu dan biaya dengan studi kasus "Pembangunan Gedung Perpustakaan Modern Tahap II" dimana pada pembangunan tahap I mengalami keterlambatan disebabkan jadwal pelaksanaan atau time schedule yang digunakan tidak dianalisis sesuai dengan metode lintasan kritis sehingga jumlah sumber daya tidak diperhitungkan dengan cermat disamping itu pada pembangunan di tahap II ini, konsultan perencana hanya membuat gambar rencana kerja, perhitungan biaya pelaksanaan dan spesifikasi teknis. Untuk menghindari keterlambatan pekerjaan seperti pada pembangunan tahap I maka peneliti mencoba melakukan analisis pengendalian waktu dan biaya proyek pada masa perencanaan dengan menggunakan metode jalur kritis dan metode percepatan dimana analisis dimulai dengan mengidentifikasi pekerjaan yang berada pada jalur kritis yang dianalisis dengan Critical Path Method (CPM) untuk mendapatkan cost slope dengan data yang diperoleh dari konsultan perencana kemudian dilakukan percepatan dengan menggunakan metode crash project sehingga diperoleh percepatan waktu dan optimalisasi biaya proyek. Dalam penelitian ini penulis melakukan crashing project 3 simulasi yaitu penambahan 1 jam, 2 jam dan 4 jam kerja sehingga diperoleh hasil analisis yaitu untuk penambahan 1 jam diperoleh pengurangan biaya Rp 88.339.543,70 dari total biaya Rp 29.342.351.124,70 menjadi Rp 29.254.011.581,00 dengan pengurangan waktu 28 hari dari waktu normal 300 hari menjadi 272 hari. Penambahan 2 jam diperoleh pengurangan biaya Rp 114.425.012,25 dari total biaya pekerjaan Rp 29.342.351.124,70 menjadi Rp. 29.227.926.112,45 dengan pengurangan waktu pekerjaan 51 hari dari waktu normal 300 hari menjadi 249 hari. Penambahan 4 jam diperoleh  pengurangan  biaya Rp. 172.809.017,82 dari total biaya  pekerjaan  Rp 29.342.351.124,70  menjadi Rp. 29.169.542.106,88  dengan pengurangan durasi pekerjaan waktu 87 hari dari waktu normal 300 hari menjadi 213 hari. Dalam penelitian ini direkomendasikan sebaiknya percepatan pekerjaan dilaksanakan dengan tambahan waktu kerja maksimal 2 jam yang bertujuan untuk menghindari faktor kelelahan tenaga kerja karena berdampak pada hasil produktifitas dan efektifitas.Kata Kunci:  CPM, Crashing project waktu dan biaya 
ANALISIS PEMILIHAN MODA TAXI BANDARA DAN MOBIL RENTAL DI BANDAR UDARA HALUOLEO KENDARI DENGAN BINOMIAL LOGIT MODEL Achmad Fadly; La Ode Muhamad Magribi; Sitti Nurjannah Ahmad
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol.2 N0.2 Oktober 2020
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v2i2.16052

Abstract

Model pemilihan moda bertujuan untuk mengetahui probabilitas terpilihnya suatu moda (dalam hal ini adalah moda taxi bandara dan mobil sewa). Proses ini dilakukan untuk mengetahui atribut dan variabel-variabel yang mempengaruhi preferensi pelaku perjalanan untuk pemilihan moda. Penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik pelaku perjalanan moda transportasi umum taxi bandara dan mobil rental bandara, Mendapatkan model pemilihan moda yang dapat menjelaskan probabilitas pelaku perjalanan dalam memilih moda transportasi umum taxi bandara dan mobil rental bandara, Menguji sensitivitas pelaku perjalanan dalam penentuan pemilihan moda apabila dilakukan perubahan terhadap atribut perjalanan seperti: cost, passenger, time, Membandingan sensitivitas antara model kurva logit biner dan model probit biner.Analisis data menggunakan menggunakan metode stated preference, Penyajian data ini diselesaikan dengan Program SPSS 23. Hasil analisis data di dapatkan model utilitas pemilihan moda UTB-MR = -0,054 - 0,00005439 X1 - 0,430 X2 - 0,076  X3, Model tersebut mempunyai nilai R2 sebesar yaitu 0,569 atau 56,9%. Hasil yang diperoleh dari analisa sensitifitas fungsi utilitas model logit biner dan probit biner bahwa dari ketiga atribut yang dianalisa hasilnya adalah Atribut biaya (Cost), jumlah penumpang (Passenger)dan waktu (Time) memperlihatkan arah kemiringan garis yang negatif, Dari hasil perbandingan sensitifitas antara model logit biner dan probit biner terlihat bahwa kurva probit biner lebih sensitif dibanding kurva logit binerKata Kunci: Pemilihan Moda,Binomial Logit Model, Stated Preference, Sensifitas  
ANALISIS PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN KINERJA JEMBATAN PADA RUAS JALAN PROVINSI SABANDARA – KONAWEHA HULU KABUPATEN KONAWE, SULAWESI TENGGARA La Ode Kasad; Abdul Kadir; Hasmina Tari Mokui
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol.2 N0.2 Oktober 2020
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v2i2.16053

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk dan pusat-pusat kegiatan berdampak pada peningkatan jumlah pergerakan kendaraan antar wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara, sehingga membutuhkan peningkatan serta penambahan sarana  yang memadai. Pada prespektif yang lain, keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemerintah Daerah menyebabkan pekerjaan penanganan jembatan lebih diarahkan pada kegiatan pemeliharaan jembatan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penentuan skala prioritas penanganan kinerja jembatan sesuai kondisi existing di ruas jalan provinsi Sabandara-Konaweha Hulu, Sulawesi Tenggara. Adapun kriteria-kriteria yang dianalisis dalam penentuan prioritas penanganan yaitu kondisi kerusakan  jembatan, kondisi lalu lintas, dan kondisi Pengembangan wilayah kawasan strategis. Dalam penelitian ini responden yang dipakai adalah responden expert sebanyak 10 responden. Metode yang digunakan dalam penilaian kriteria jembatan, kondisi kerusakan jembatan serta penentuan skala prioritas terhadap penentuan jenis penanganan jembatan adalah gabungan dari AHP dan BMS.Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa kriteria kondisi jembatan merupakan kriteria yang paling dominan, sedangkan kriteria pengembangan wilayah merupakan kriteria paling rendah. Berdasarkan hasil analisis kondisi kerusakan pada 48 unit jembatan sepanjang ruas Sabandara – Konaweha Hulu  diperoleh bahwa terdapat 2 unit jembatan baru dengan kondisi sangat baik, 11 unit jembatan dalam kondisi baik, 14 unit jembatan memiliki kerusakan ringan, 20 unit jembatan mengalami kerusakan sedang, serta 1 unit jembatan mengalami kerusakan berat. Penentuan prioritas penangan kerusakan jembatan tersebut dikelompokan sesuai tingkat kerusakan dengan mendahulukan pada jenis jembatan yang mengalami kerusakan berat yang memperoleh nilai poin  5 berupa penggantian bangunan baru.   Kata Kunci : BMS, AHP, Penanganan Jembatan. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5