cover
Contact Name
Nurul Arifiyanti
Contact Email
nurularifiyanti@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpafip@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta, 55281, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
ISSN : 23026804     EISSN : 25794531     DOI : 10.21831
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Anak" : 9 Documents clear
Analisis kemampuan menggambar sederhana guru paud mulyodadi, bantul Prayitno Prayitno; Sudaryanti Sudaryanti; Harun Harun; Amir Syamsudin; Joko Pamungkas
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i2.67521

Abstract

Kegiatan menggambar di PAUD adalah kegiatan yang sering dilakukan sebagai media bermain sekaligus belajar anak-anak. Kemampuan menggambar sederhana bagi guru-guru PAUD merupakan salah satu keterampilan yang mendasar. Keterampilan tersebut untuk membekali guru saat proses pembelajaran, baik untuk memberikan tutorial menggambar ataupun hanya untuk menstimulasi anak didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan menggambar sederhana guru PAUD. Metode dalam penelitian ini adalah qualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 37 guru PAUD di Kalurahan Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi karya gambar. Teknis analisis data pada penelitian ini yaitu karya gambar dianalisis menggunakan instrumen atau penilaian karya gambar, kemudian disajikan dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil dari penelitian ini terdapat 17 guru memiliki kategori terampil atau sekitar 46%, 15 guru memiliki kategori cukup terampil atau sekitar 41%, dan 5 guru memiliki kategori kurang terampil atau sekitar 13% dari 37 guru PAUD.
Penerapan pembelajaran numerasi di TK IT Bhakti Insani Sulistiyaningsih Sulistiyaningsih
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i2.57318

Abstract

Keterampilan numerasi anak usia dini penting distimulasi untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan anak bukan hanya menginterprestasikan angka dan ketrampilan operasi bilangan tetapi terkait dengan kemampuan pemecahan masalah dan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran numerasi di TK IT Bhakti Insani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan  teori dari Miles dan Huberman yaitu aktifitas dalam analisis kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pelaksanaan pembelajaran numerasi sudah sesuai dengan tahapan pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, 2) faktor pendukung diantaranya: penerapan kurikulum merdeka, pembelajaran dengan metode proyek, tersedianya media loosepart di kelas, guru-guru yang update dengan ilmu kebaruan, serta dukungan para stakeholder. 3) faktor penghambat adalah keterbatasan waktu dalam pelaksanan pembelajaran numerasi.
Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di TK ABA Ngoro-oro Hajar Widihastutik; Suwarti Suwarti; Alief Waliyati
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i2.57479

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di TK ABA Ngoro-oro. Permasalahan utama penelitian ini adalah bagaimana realisasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di TK ABA Ngoro-oro?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di TK ABA Ngoro-oro telah dilaksanakan dengan mengambil tema besar “Aku Cinta Indonesia” dengan topik Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indeonesia. Projek penguatan profil pelajar Pancasila ini berdiri sendiri tidak terintegrasi dalam kegiatan intrakurikuler. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan topik Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dalam mewujudkan pembentukan karakter peserta didik. Karakater peserta didik yang muncul sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang meliputi enam dimensi yaitu beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis.dan kreatif. Keenam dimensi profil pelajar Pancasila saling berkaitan dan tidak bisa dipisah-pisahkan.
Praktik unplugged coding berbasis daily lives dalam meningkatkan computational thinking pada anak usia dini Qonitah Faizatul Fitriyah; Lutfiana Rahmadhania Saputri; Havida Inaya Aljawad
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i2.57349

Abstract

Skill computational thinking lebih baik distimulasi sejak usia dini, namun beberapa kasus di Indonesia masih belum mencerminkan serta menggambarkan kegiatan yang dapat digunakan guru untuk mengembangkan computational thinking pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kemampuan computational thinking pada anak melalui kegiatan unplugged coding berbasis daily lives. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian ini melaporkan bahwa terdapat empat aspek yang dapat terlihat dalam kegiatan unplugged coding, yaitu 1) anak terbiasa dengan instruksi dan arahan, 2) anak mampu mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi, 3) anak terbiasa menceritakan kembali, 4) anak mampu membagi tugas (modularitas) secara mandiri dan diskusi dengan reman sebaya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa skill computational thinking pada anak usia 5-6 tahun berkembang dengan mengimplementasikan kegiatan unplugged coding berbasis daily lives.
Peran orang tua terhadap pengasuhan anak pada keluarga ldm (long distance marriage) Adharina Dian Pertiwi; Siti Khotijah; Rina Pujiati Pertiwi; Wulan Ariyanti; Seviana Andriani Mening; Siti Nur Hazizah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i2.60867

Abstract

Pola asuh merupakan bentuk perlakukan orang tua kepada seorang anak dan akan memberi pengaruh terhadap kehidupan anak di masa depan. Pemberian pola asuh bukanlah perkara mudah, terlebih jika dari pasangan tersebut sepakat menjalani hubungan long distance marriage atau pernikahan jarak jauh, menyebabkan pasangan suami istri berpisah rumah dalam beberapa waktu dan akan saling bertemu jika telah menemukan waktu yang tepat. Adapun penelitian dilakukan melalui jenis penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Fokus pembahasan menggunakan tiga sampel yaitu orang tua di kota Samarinda untuk mengetahui bagaimana peranannya dalam memberi pengasuhan kepada anak berusia nol hingga enam tahun. Dari ketiga sampel memiliki latar belakang hubungan long distance marriage serupa yaitu dilandasi faktor pekerjaan, sehingga hanya salah satu orang tua saja yang secara fisik mendampingi proses pertumbuhan dan perkembangan seorang anak dengan menerapkan dua pola asuh berbeda, seperti penerapan pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter sesuai keinginan maisng-masing orang tua.
Estetika pada pojok baca anak usia dini Heri Hidayat; Maudina Nurhayati Yuniar
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i2.46093

Abstract

Pojok baca merupakan salah satu sarana yang penting dalam perkembangan bahasa anak khususnya pada kemampuan membaca dan menulis.  Pojok baca memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan minat baca anak. Namun dalam kenyataannya, kondisi dan penataan pojok baca tersebut masih kurang memadai dan kurang diminati oleh anak-anak. Pengelolaan pojok baca yang baik dan kreatif merupakan kunci dari pojok baca yang nyaman dan menyenangkan bagi anak. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif berdasarkan sumber data berupa artikel, skripsi, buku yang relevan dan sumber data lainnya. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pengelolaan yang baik dan penerapan nilai-nilai estetika dalam pojok baca anak sangatlah penting. Pojok baca yang dikelola dengan baik dengan memperhatikan meliputi desain, dekorasi, peralatan yang digunakan dengan menerapkan nilai- nilai estetika, prinsip-prinsip dalam estetika dan teori-teori estetika yang mendukung selain dapat membuat anak merasa nyaman dan menyenangkan juga dapat mempengaruhi peningkatan minat baca pada anak tersebut.
Hubungan penggunaan gadget dengan kemampuan berempati anak Lutfia Nurafifah; Tuti Hayati; Heri Hidayat
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i2.46932

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gadget pada anak usia 4-5 tahun di Rw 10 Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, kemampuan empati anak usia 4-5 tahun di Rw 10 Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dan hubungan penggunaan gadget dengan kemampuan empati anak usia 4-5 tahun di Rw 10 Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasioner. Subjek penelitian ini berjumlah 10 anak. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling acak sistematis, artinya penentuan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan bercakap-cakap terstruktur kepada anak usia dini umur 4-5 di RW 10 Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan gadget anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,30 yang termasuk ke dalam kategori tinggi, karena berada pada interval 3,5 - 4,5. Kemampuan berempati anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,35 yang termasuk kategori tinggi, karena berada pada interval 3,5-4,5. Ada korelasi yang searah sangat kuat antara penggunaan gadget dan kemampuan berempati anak usia dini dengan koefisien korelasi sebesar 0,872. Berdasarkan interpretasi nilai r product moment diketahui rhitung 0,872 rtabel 0,632 yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Penggunaan gadget juga memiliki pengaruh sebesar 76% terhadap kemampuan berempati anak usia dini dan sisanya 24% lagi dipengaruhi oleh faktor lain di luar penggunaan gadget.
Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Kemantren Gedongtengen Yogyakarta
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i2.56583

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di Kemantren Gedongtengen Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode ex post facto. Subjek penelitian terdiri dari orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan melalui tiga tahapan yaitu: analisis outer model, analisis inner model, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian anak yaitu nilai t-statistik 8,882 1,96 dan p-value = 0,000 0,05 artinya adalah pola asuh orang tua memengaruhi kemandirian anak.
Identifikasi penggunaan media digital terhadap perkembangan motorik halus anak di TK Trimardisunu Demak Lailis Saadah; Rina Windiarti
Jurnal Pendidikan Anak Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v12i2.65069

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permainan digital terhadap kemampuan motorik halus anak di TK Trimardisunu Demak. Lokasi penelitian dilakukan di TK Trimardisunu Demak. Dalam penelitian mengenai Identifikasi Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Digital. Sumber datanya yaitu: Kepala Sekolah, Guru serta orang tua murid di TK Trimardisunu. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Triangulasi sumber merupakan teknik untuk menguji kredibilitas data dengan cara melakukan pengecekan data yang didapatkan dari beberapa sumber. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa media digital mampu memberikan dampak pada kemampuan motorik halus peserta didik di TK Trimardisunu Demak. Media digital menjadi salah satu alternatif kegiatan belajar dan bermain yang menyenangkan serta sesuai dengan perkembangan zaman karena melibatkan TIK. Hanya saja dalam penggunaannya perlu pendampingan baik dari orang tua maupun guru dan diarahkan untuk membuka permainan edukatif yang dapat meningkatkan perkembangannya termasuk salah satunya adalah kemampuan motorik halus.

Page 1 of 1 | Total Record : 9