cover
Contact Name
Sabaruddin
Contact Email
sabaruddin.iaim@gmail.com
Phone
+6281356581770
Journal Mail Official
prosidingsentikjar@gmail.com
Editorial Address
JL. Sultan Hasanuddin No. 20, Sinjai Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia.
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIAD
ISSN : -     EISSN : 28300238     DOI : https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0
Core Subject : Economy, Education,
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai terbit 1 kali setahun sejak 2022, diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Ahmad Dahlan. Prosiding ini merupakan media publikasi onlina hasil-hasil seminar nasional maupun internasional, khususnya yang di dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Ahmad Dahlan. Prosiding ini diharapkan sebagai media bagi staf, dosen, peneliti, praktisi, guru, mahasiswa dan masyarakat luas yang memiliki perhatian terhadap ilmu pendidikan. Redaksi menerima naskah berupa hasil penelitian, studi pustaka, pengamatan atau pendapat atas suatu masalah yang timbul dalam kaitannya dengan ilmu pendidikan dan belum pernah diterbitkan oleh jurnal lain. Redaksi berhak memperbaiki atau mempersingkat tanpa merubah isi. Artikel dimuat setelah melalui tahap seleksi. Fokus Inovasi dalam pendidikan dan pembelajaran Scope 1. Pendidikan dan pembelajaran 2. Inovasi pembelajaran 3. Evaluasi pembelajaran 4. Kearifan lokal dalam pembelajaran 5. Strategi pembelajaran 6. Kurikulum dan kebijakan sekolah 7. Managemen pendidikan 8. PTK dan PTS
Articles 30 Documents
Memahami Al-Qur’an Melalui Pendekatan Ilmu Balagah Amran AR; Takdir; Sardiyanah; Nur Fauziyah Rahmat4; Muharrika
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai Vol 1 (2022): Volume 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/sentikjar.v1i0.823

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci agama Islam berbahasa Arab, maka memahaminya di butuhkan berbagai referensi keilmuan seperti Tafsir, hadis dan Bahasa Arab itu sendiri. Bahasa Arab memiliki beberapa kajian keilmuan seperti Nahwu, Sharaf dan Ilmu Balagah, ketiga keilmuan bahasa Arab ini sangat penting dipahami dengan baik ketika seseorang ingin mempelajari isi dari kandungan al-Qur’an. Kekeliruan memahami ayat al-Qur’an sering terjadi karena minimnya referensi keilmuan yang digunakan. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai metode memahami Al-Qur’an dengan baik dan menyeluruh melalui berbagai referensi keilmuan, salah satunya ilmu Balagah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui berbagai bacaan baik Buku, artikel, jurnal, maupun dari bacaan di internet yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan penetapan potong tangan bagi pencuri dapat dipahami melalui ilmu Balagah bahwa tidaklah serta merta memotong seluruh tangan pelaku pencurian, sebab yang dimaksud tangan disini bukan keseluruhan tetapi bagian kecil dai tangan tersebut
Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan Terintegrasi di Perguruan Tinggi Tetteng Basti
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai Vol 1 (2022): Volume 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/sentikjar.v1i0.824

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk mengkaji gambaran model pendidikan karakter kewirausahan terintegrasi di Perguruan Tinggi. Metode pengumpulan data dalam studi ini adalah studi literatur. Hasil studi literatur ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter kewirausahaan yang terintegrasi merupakan model ideal di terapkan di Perguruan Tinggi. Model ini adalah mengintegrasikan karakter kewirausahaan ke dalam seluruh matakuliah, mengintegrasikan karakter kewirausahan melalui Pendidikan karakter kewirausahaan yang terpadu dalam kegiatan ekstra kurikuler, mengintegrasikan karakter kewirausahaan melalui pengembangan diri mahasiswa, dan mengintegrasikan Pendidikan karakter kewirausahaan ke dalam bahan/buku ajar. Pendidikan ikarater ikewirausahaan iterintegrasi isemacam iini bertujuan iuntuk membentuk ipribadi imahasiswa isecara iutuh i(holistik) idan iwujud dalam ikehidupan isehari-hari. Model pendidikan karakter kewirausahaan ini adalah sejalan idengan ikonsep ikewirausahaan iatau entrepreneurship itu isendiri iyaitu bahwa kewirausahaan bukan ihanya ditujukan kepada seorang pengusaha iatau ibussines iman semata, itetapi juga kesemua iorang idengan ijiwa idan imental entrepreneur. Konstribusi studi ini adalah dapat menjadi acuan dalam pengembangan Pendidikan kewirausahaan di Perguruan Tinggi.
Efektivitas Penerapan Media Alat Peraga Papan Statistika terhadap Pembelajaran Matematika Danial Danial; Nur Azmy; Jamaluddin; Syarifuddin; Fitriani
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai Vol 1 (2022): Volume 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/sentikjar.v1i0.825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media alat peraga papan statistika terhadap pembelajaran Matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperiment dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Pondok Pesantren Darul Ihsan Salohe, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah sampling jenuh. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh (Pre Test) dengan rata rata nilai (Mean) 66,14 dan standard deviasi 9,907. Sedangkan untuk nilai (Post Test) pembelajaran dengan bantuan alat peraga papan statistika diperoleh skor dengan rata-rata nilai (Mean) 72,57 dan standard deviasi 2,992. Dan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji paired sampel T Test diperoleh Nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media alat peraga papan statistika efektif terhadap pembelajaran matematika
Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Remaja Usia 12-18 tahun di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Setiani Evi; Nur Afiah; Muji Rahayu; Salam Haryanto
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai Vol 1 (2022): Volume 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/sentikjar.v1i0.826

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penggunaan aplikasi Tiktok terhadap perilaku remaja Usia 12-18 Tahun di Desa Bumimulyo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Indonesia. Subyek penelitian pada penelitian kualitatif ini adalah remaja usia 12-18 tahun di Desa Bumimulyo dengan jumlah populasi sebanyak 100 orang dengan sampel berjumlah 25 orang. Prosedur penelitian menghasilkan data berupa angka dan pengamatan perilaku remaja usia 12-18 tahun di Desa Bumimulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi penyebaran angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis (uji T dan uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang sangat signifikan antara aplikasi Tiktok terhadap perilaku remaja usia 12-18 tahun. Hal ini sesuai dengan perhitungan penelitian dengan menggunakan program SPSS vesi 25 yang menggunakan uji hipotesis diperoleh nilai thitung > t tabel yaitu 5,388 > 0,396. Maka terdapat pengaruh aplikasi Tiktok terhadap perilaku remaja usia 12-18 tahun.
Pola Rumah Moderasi Beragama Pada Pendidikan Guru Sekolah Minggu Buddha Terhadap Pandemi Covid-19 Lampung Damana I Ketut
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai Vol 1 (2022): Volume 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/sentikjar.v1i0.827

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah lemahnya pola rumah moderasi bergama oleh guru sekolah Minggu dari dampak Covid-19. Jenis penelitiannya kualitatif deskriptif dengan enam informan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, obeservasi serta dengan instrumen, berupa pedoman wawancara, observasi serta dukumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari masalah yang diteliti dalam konteknya yaitu; faktor-faktor kelengkapan rumah moderasi beragama, kendala program kerja rumah moderasi, respon kesesuaian antara program kerja terhadap dampak Covid-19 dengan moderasi beragama
Penggunaan JQuiz Pada Aplikasi Hot Potatoes Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris Pelajar Pemula Di Desa Kompang Kecamatan Sinjai Tengah Khaerunnisa Khaerunnisa; Harmilawati; Yunitasari; Andi Batari Muyassara; Atmaranie Dewi Purnama
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai Vol 1 (2022): Volume 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/sentikjar.v1i0.828

Abstract

Evaluasi Pembelajaran adalah salah satu proses untuk menentukan tingkat pencapaian dari suatu pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur perkembangan pelajar pemula. Salah satu cara untuk mengevaluasi Pelajar Pemula dengan memanfaatkan JQuiz yang ada pada aplikasi Hot Potatoes. Aplikasi ini dibuat khusus untuk membuat soal-soal evaluasi pembelajaran. Salah satu bagian dari aplikasi Hot Potatoes adalah JQuiz yang bentuk soalnya terdiri dari pilihan ganda, short answer, Hybrid dan Multi-Select. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penggunaan JQuiz pada aplikasi Hot Potatoes sebagai media evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris Pelajar Pemula serta untuk mengetahui perspektif Pelajar Pemula terhadap media evaluasi pembelajaran yang digunakan di Desa Kompang Kecamatan Sinjai Tengah. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (verification). Adapaun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelajar pemula menganggap dengan adanya JQuiz ini memberikan perspektif baru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Selain itu, penggunaan aplikasi ini memberikan kemudahan dan antusiasme yang tinggi dikalangan pelajar pemula dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran.
Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Leny Lince
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai Vol 1 (2022): Volume 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/sentikjar.v1i0.829

Abstract

Kurikulum merupakan sebuah wadah yang akan menentukan arah pendidikan. Untuk pelaksanaan pembelajaran Kurikulum merdeka menekankan tercapainya kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. SMKN 1 Tana Toraja merupakan sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum merdeka dalam pembelajaran.. Implementasi Kurikulum merdeka diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, karena kurikulum ini pada dasarnya berpusat pada siswa. Guru hanya sebagai fasilitator dan mediator serta motivator bagi siswa, agar siswa semangat dalam belajar dan mendapat hasil baik. Metode penelitian yang di gunakan adalah Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif dan mengambil latarbelakang di SMKN 1 Tana Toraja. Subjek dalam penelitian ini adalah Waka Kurikulum, Guru dan siswa, Pembelajaran yang baik adalah bersifat menyeluruh dalam melaksanakannya dan mencakup berbagai aspek, baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik, sehingga dalam pengukuran peningkatan dari hasil keberhasilannya selain dilihat dari segi kuantitas juga dari kualitas yang telah dilakukan di sekolah-sekolah apa yang ingin dicapai melalui inovasi pendidikan tersebut, yaitu usaha untuk mengubah proses pembelajaran, perubahan dalam situasi belajar yang menyangkut kurikulum, peningkatan fasilitas belajar mengajar serta peningkatan mutu profesional guru.Mengacu pada pendapat tersebut, maka penerapan merdeka dalam pembelajaran, yang mana pembelajaran yang aktif harus ditandai adanya rangkaian terencana yang melibatkan siswa secara langsung, komprehensif, baik fisik, mental maupun emosi. Hal ini sering diabadikan oleh guru, karena guru lebih mementingkan pada pencapaian tujuan dan target kurikulum. Salah satu upaya guru dalam menciptakan suasana aktif, efektif dan menyenangkan dan pembelajaran harus berpusat pada siswa, sehingga dalam proses pembelajaran yakni dengan menggunakan metode-metode yang tepat dan alat media. Hal ini dapat membantu guru dalam menggerakkan, menjelaskan gambaran ide dari suatu materi yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum merdeka dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sudah berjalan dengan semestinya dan mengalami peningkatan selama persemesternya.
Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Harga Diri Rusmin Lisnawati; Marnia
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai Vol 1 (2022): Volume 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/sentikjar.v1i0.830

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) meningkatkan hasil belajar siswa materi harga diri melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas III SDN Matabaho. 2) meningkatkan aktivitas mengajar guru pada materi harga diri melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas III SDN Matabaho. 3) meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi harga diri melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas III SDN Matabaho. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes siklus I adalah 62,5 dan nilai rata-rata hasil tes siklus II adalah 78. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I 66,67% menjadi 86,67% pada siklus II. Persentase aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan 1 (satu) sebesar 66,67% dan pertemuan 2 (dua) sebesar 73,33%, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 100%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 (satu) sebesar 60% dan pertemuan 2 (dua) sebesar 73,33%, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 100%. Disimpulkan bahwa hasil belajar PKn materi harga diri pada siswa kelas III SD Negeri Matabaho dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran CTL.
Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mahasiswa Prodi PGMI Hasmiati Hasmiati; Mawaddah Warahma; Nurhasanah; Muhammad Kadir; Andi Fathul Asdar
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai Vol 1 (2022): Volume 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/sentikjar.v1i0.831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan google classroom pada prodi PGMI, Sesuai dengan permasalahan yang akan dikaji, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjawab persoalan penelitian ini, yakni metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Data yang ditemukan dianalisis dengan langkah-langkah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan google classroom berdampak positif dan negatif, namun secara umum lebih bersifat negatif. Persepsi mahasiswa ini berdasarkan wawasan, pengalaman, asumsi, pandangan yang bersifat evaluatif, spesifik dan relevan serta dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Sehingga faktor-faktor tersebut membuat pandangan individu, tidak sama satu sama lain dan akan mempengaruhi individu lain dalam memberikan gambaran pada objek tertentu.
Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Masa Pandemic Covid-19 di SD Inpres Balaroa Kota Palu Naima Naima; Andi Anirah
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai Vol 1 (2022): Volume 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/sentikjar.v1i0.832

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemic covid-19 di SD Inpres Balaroa Kota Palu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SD Inpres Balaroa dengan pendekatan fenomenologis yang menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena di lapangan serta menggunakan landasan filosofis interdisipliner, yaitu pendekatan pedagogis, sosiologis dan psikologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan Teknik trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI pada masa pandemi covid 19 yakni membuat modul pembelajaran PAI, membuat video pembelajaran PAI kemudian dibagikan kepada peserta didik untuk dipelajari, membuat sentra-sentra belajar, dan menggunakan metode blanded learning.

Page 1 of 3 | Total Record : 30