cover
Contact Name
Lintang Ronggowulan
Contact Email
lintang_ronggowulan@satff.uns.ac.id
Phone
+6281282291037
Journal Mail Official
s1pendidikangeografifkip@unit.uns.ac.id
Editorial Address
Jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57126
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Geadidaktika
ISSN : -     EISSN : 2774339X     DOI : -
The GEADIDAKTIKA Journal is a multidisciplinary journal covering all fields of education and science related to geography, demography and the environment. The purpose of writing this journal are to reveal facts, problems and problem solving that can be used as input for Government, institutions, society and individual. The subject matter of the journal includes the following and related issues: 1. Geography Education, including classroom action research results, experimental research, development research and survey research related to geography education in elementary, junior high, high school and university. 2. Population education, including classroom action research results, experimental research, research development and survey research related to population education in elementary, junior high, high school and university. 3. Environmental education, including classroom action research results, experimental research, development research and survey research related to environmental education in elementary, junior high, high school and university. 4. The phenomenon of the lithosphere and its interaction with the population 5. The phenomenon of hydrosphere and its interaction with the population 6. The phenomenon of the atmosphere and its interaction with the population 7. The phenomenon of anthroposphere and its interaction with environmental elements 8. Interaction between society, development and implication for sustainable development 9. Sustainable use of land, water, energy and biological resources in development 10. Social and cultural contexts of sustainable development 11. Role of education and public awareness in sustainable development 12. Impacts of population growth and human activity on food and other essential resources for development 13. Sustainable land use, water, energy and biological resources in development Distribution, growth, population composition and demographic-related issues 14. Development and application of sustainability indicators GEADIDAKTIKA journal welcomes scientific research papers, review papers and discussion papers dealing with environmental sustainability issues from such fields as the biological sciences, agriculture, geology, meteorology, energy, food sciences, soil and water sciences, geography, education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023" : 10 Documents clear
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Konsep Dasar Geografi Menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Pada Kelas 10 (Fase E) Di SMA Negeri 5 Surakarta Surya Tri Handoko; Muhammad Farchan Hamidi
GEADIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v3i2.78772

Abstract

Pembelajaran Jigsaw adalah sebuah metode pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh ahli psikologi sosial, Elliot Aronson, pada tahun 1971.Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman, retensi informasi, serta meminimalkan persaingan antar siswa. Pembelajaran Jigsaw sering digunakan dalam pendidikan untuk mempromosikan pembelajaran kolaboratif dan membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi konsep dasar geografi melalui metode Jigsaw pada siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, analisis dokumen, dan tes. Peningkatan pemahaman materi konsep dasar geografi dilihat dari hasil tes pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada setiap siklus. Siswa yang mencapai nilai ketuntasan pada kondisi 40% pada siklus I, dan meningkat menjadi 89% pada siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi pada siklus I yaitu 64, dan meningkat menjadi 81 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode JigSaw dapat meningkatkan hasil belajar mteri konsep dasar geografi pada siswa kelas X E5 di SMAN 5 Surakarta
Pemanfaatan Citra GeoEye-1 Untuk Kajian Kualitas Permukiman dan Kondisi Sosial Ekonomi di Kecamatan Demak Kabupaten Demak Tahun 2020 Muhammad Fuad Ma'sum; Mohammad Gamal Rindarjono; Rahning Utomowati
GEADIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v3i2.75137

Abstract

Jumlah dan kepadatan penduduk yang bervariasi serta distribusi yang tidak merata pada setiap wilayah permukiman dapat menyebabkan kesenjangan sosial di masyarakat. Sebagian besar wilayah di Kecamatan Demak adalah lahan basah berupa sawah, sementara lahan permukiman yang sempit tetap memiliki konsentrasi jumlah penduduk yang tergolong tinggi sampai saat ini. Wilayah permukiman ini merupakan tempat terkonsentrasinya kegiatan ekonomi di Kabupaten Demak dengan bangunan dan perumahan elit. Kenampakan lahan perkotaan yang rumit dapat memerlukan data pengindraan jauh berupa citra GeoEye-1 untuk mempermudah kajian pada wilayah permukiman. Sehingga penelitian ini berjutuan untuk mengetahui tingkat ketelitian citra GeoEye-1 untuk pemetaan kualitas permukiman, menganalisis kualitas permukiman dan sosial ekonomi, dan mengetahui hubungan antara keduanya di Kecamatan Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan keruangan. Penelitian dilakukan pada tiga desa yang tersebar di Kecamatan Demak yaitu Bintoro, Mangunjiwan, dan Karangmlati. Pengumpulan data dilakukan melalui interpretasi citra, observasi, kusioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik confussion matrix, skoring, dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat ketelitian Citra GeoEye-1 untuk identifikasi kualitas permukiman adalah 94%, (2) Kualitas permukiman di Kecamatan Demak terdiri dari 80% kelas baik dan 20% kelas sedang, (3) Kondisi sosial ekonomi masyarakat di Kecamatan Demak terbagi dalam tiga klasifikasi, yaitu 20% kondisi baik, 71% kondisi sedang, dan 9% kondisi buruk. (4) Kondisi sosial ekonomi dan tingkat kualitas permukiman terbukti memiliki hubungan yang signifikan, tingkat hubungan yang kuat dan bersifat searah. Dengan ini masyarakat di Kecamatan Demak diharapkan mampu meningkatkan kondisi sosial ekonomi sehingga nantinya akan berdampak pada meningkatnya kualitas permukiman.
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Game Based Learning Untuk Kelas X-E7 Sman 5 Surakarta Semester Ganjil Tahun 2023/2024 M. Syarif Hidayat; Muhammad Farchan Hamidi
GEADIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v3i2.78775

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Game Based Learning (GBL) terhadap hasil belajar geografi materi BAB I pengantar ilmu geografi pada kelas X-E7 SMA Negeri 5 Surakarta.Penelitian ini menggunakan game teka-teki silang pada laman bernama wordwall. Peserta didik secara berkelompok menjawab soal yang ada pada game teka-teki silang dengan materi yang sudah diajarkan oleh guru dan di bantu media pembelajaran berupa buku bacaan, power point, maupun video pembelajaran.Hasil dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran Game Based Learning (GBL) lebih efektif dibandingkan dengan model ceramah pada pembelajaran geografi materi pengantar ilmu geografi. (2) model pembelajaran Game Based Learning (GBL) telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. (3) refleksi dan tindak lanjut yang tepat dapat berpengaruh secara signifikan pada hasil belajar peserta didik.
Analisis Potensi Pengembangan Objek Wisata di Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali Ayu Dwi Setyanto; Moh. Gamal Rindarjono; Rita Noviani
GEADIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v3i2.75304

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui potensi objek wisata di Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali  Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini memaparkan keseluruhan objek wisata Desa Kemasan dengan atraksi berupa 4 situs unggulan sebagai daya tarik yang dimilikinya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan untuk menganalisis potensi yang dimiliki, wawancara untuk menggali informasi mengenai upaya pengelolaan, serta dokumentasi. Hasil penelitian terkait potensi wisata Desa Kemasan yang dinilai berdasarkan parameter 4A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Aktivitas) menunjukkan kelas potensial. Objek wisata Desa Kemasan telah mengupayakan pengoptimalan usaha dalam rangka pengelolaan objek wisata yang meliputi aspek Sumber Daya Manusia (SDM), keuangan, fasilitas sarana dan prasarana, dan pemilihan lokasi wisata.
Partisipasi Masyarakat Pekerja dalam Pengembangan Wisata Arung Jeram Sungai Elo di Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang Revita Natali Kurniawan; Ahmad Ahmad; Gentur Adi Tjahjono
GEADIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v3i2.71670

Abstract

ABSTRAKPariwisata merupakan perjalanan yang dilakukan ke suatu tujuan dan kemudian kembali ke tempat tinggalnya. Kabupaten Magelang memiliki berbagai obyek wisata, salah satunya yaitu Arung Jeram  Sungai Elo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat pekerja dalam pengembangan wisata arung jeram Sungai Elo dan pengembangan wisata arung jeram Sungai Elo. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, pendekatan survey dengan populasi yaitu seluruh pekerja di obyek wisata arung jeram Sungai Elo. Pengambilan sampel menggunakan teknik kluster pada partisipasi masyarakat pekerja dan teknik purposive pada pengembangan wisata arung jeram Sungai Elo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuisioner. Teknik analisis menggunakan skoring dan deskriptif. Hasil penelitian yaitu partisipasi masyarakat pekerja pemandu wisata dan karyawan cukup aktif, sedangkan sopir kurang aktif. Pengembangan wisata arung jeram Sungai Elo daya tarik berupa keindahan Sungai Elo, kerja bakti masyarakat pekerja, kebiasaan masyarakat sekitar memancing ikan dan mandi di Sungai Elo. Fasilitas lengkap dan memadai. Infrastruktur jumlah dan persebarannya masih kurang, terutama di Desa Bumirejo dan Rambeanak. Transportasi mobil angkutan berjumlah 124 dan perahu karet berjumlah 250. Keramahan masyarakat pekerja sangat ramah.Kata Kunci : Partisipasi  Masyarakat Pekerja, Wisata, Arung Jeram.
Analisis Urban Heat Island di Kabupaten Sragen Tahun 2020 Nanang Putro Wahyu Aji
GEADIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v3i2.76852

Abstract

Di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Sragen, pembangunan infrastruktur dan aktivitas manusia yang terus meningkat. Tidak diragukan lagi, pembangunan akan mengubah tanah yang tidak terbangun menjadi tanah yang dibangun. Suhu permukaan dapat turun atau meningkat sebagai akibat dari perubahan tutupan lahan, yang juga berdampak pada suhu udara sekitar yang meningkat.Penelitian ini menggunakan citra satelit Landsat 8 tahun 2020. Nilai suhu permukaan didapatkan dari pengolahan saluran termal citra satelit Landsat 8 yang dibantu menggunakan perangkat lunak pengolah citra ArcGIS 10.6Hasil dari penelitian ini bisa didapatkan UHI di Kabupaten Sragen tahun 2020 memiliki ambang batas 27,3°C. Daerah terdampak UHI Pada tahun 2020 seluas 31.514,72 Hektare.
Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Mengatasi Miskonsepsi Materi Mitigasi Bencana Kelas XI IPS 3 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023 Anita Wahyu Widyawati; Eny Wiji Lestari; Diani Marhaenita
GEADIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v3i2.74783

Abstract

Tingginya miskonsepsi materi mitigasi bencana peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Surakarta semester 2 tahun ajaran 2022/2023, maka dilakukan penelitian tindakan kelas melalui penggunaan model Problem Based Learning diharapkan akan mengurangi miskonsepsi peserta didik dalam pemahaman materi mitigasi bencana. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus dengan penggunaan teknik pengumpulan data dengan tes dan pengamatan. Dalam upaya mengatasi miskonsepsi peserta didik dapat dilihat dari tes kognitif peserta didik. Rata-rata nilai kognitif siklus 1 yaitu 77,80 dengan peserta didik yang mencapai KKM yaitu 77,14 %. Rata-rata nilai kognitif siklus 2 yaitu 77,40 dengan peserta didik yang mencapai KKM yaitu 77,14 %. Rata-rata nilai kognitif siklus 3 yaitu 90,63 dengan peserta didik yang mencapai KKM yaitu 94,29 %.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMAIT Ibnu Abbas Kabupaten Klaten (Materi Pokok Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan) Shalahuddin Jundi Robbani; Pipit Wijayanti; Rita Noviani
GEADIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v3i2.67994

Abstract

AbstractThis study aims to determine 1) the level of ability of Problem Based Learning (PBL) learning model in improving Geography learning motivation in class X IPS 1 SMAIT Ibnu Abbas Klaten. 2) the level of ability of Problem Based Learning (PBL) learning model in improving Geography learning outcomes in class X IPS 1 SMAIT Ibnu Abbas Klaten. The method used was classroom action research method which was carried out as many as 2 cycles. The research subjects were students of class X IPS 1 SMAIT Ibnu Abbas Klaten as many as 30 students. Data collection instruments are tests, observation, documentation and interviews. The results showed: 1) The application of PBL learning model is proven to increase the learning motivation of students of class X IPS 1 SMAIT Ibnu Abbas Klaten on Basic Competency 3.7. Hydrosphere Dynamics and its Impact on Life. This is indicated based on the results of observations of cycle I to cycle II increased 30% from 70% to 100%. 2) The application of PBL learning model is proven to improve the learning outcomes of students of class X IPS 1 SMAIT Ibnu Abbas Klaten on Basic Competency 3.7. Hydrosphere Dynamics and its Impact on Life. This is shown based on the test results of cycle I to cycle II from 20 students who have completed (66.67%) to 25 students (83.33%), an increase of 16.67%. Keywords: Learning Model, PBL, Learning Motivation, Learning Outcomes
Pengaruh Penggunaan Platform Google Classroom Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Geografi Di Masa Pandemi Zahro Fatim Khasanah; Sugiyanto Sugiyanto; Singgih Prihadi
GEADIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v3i2.76899

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan platform pembelajaran google classroom berbantuan quizizz dengan yang menggunakan platform pembelajaran google classroom pada pembelajaran geografi di masa pandemi, (2) mengetahui perbedaan tingkat efektifitas antara penggunaan platform pembelajaran google classroom berbantuan quizizz dengan penggunaan platform pembelajaran google classroom pada pembelajaran geografi di masa pandemi. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan n-gain score. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, terdapat perbedaan yang siginifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan platform google classroom berbantuan quizizz dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan platform google classroom ketika pembelajaran daring. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan platform google classroom berbantuan quizizz sebesar 89 > rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan platform google classroom sebesar 81,647. Kedua, terdapat berbedaan tingkat efektivitas antara penggunaan platform google classroom berbantuan quizizz dengan penggunaan platform google classroom ketika pembelajaran daring. Kelompok yang menggunakan platform google classroom berbantuan quizizz memperoleh rata-rata nilai n-gain score sebesar 61,6129% dengan kategori tafsiran “Cukup Efektif”, sedangkan kelompok yang menggunakan platform google classroom memperoleh rata-rata nilai n-gain score 40,029% dengan kategori tafsiran “Kurang Efektif” digunakan ketika pembelajaran daring pada mata pelajaran geografi di masa pandemi.
Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata pelajaran Geografi Di SMA Negeri 8 Surakarta Inelsa Rafika Novitasari; Setya Nugraha; Singgih Prihadi
GEADIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023
Publisher : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/gea.v3i2.77267

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia, karena pendidikan tidak hanya didapatkan di bangku sekolah saja, tetapi juga dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Adanya pendemi covid-19 yang mengharuskan segala kegiatan aktifitas yang dilakukan diluar rumah harus dibatasi, tidak terkecuali kegiatan sekolah atau belajar mengajar. Adanya perubahan proses pembelajaran yang terhitung tiba-tiba mengakibatkan pengajar maupun peserta didik harus membiasakan dengan adanya perubahan tersebut. Hal tersebut tentu tidak mudah untuk dilakukan sehingga terdapat hambatan yang dirasakan oleh pengajar maupun peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang terjadi selama proses pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Sampel yang digunakan yaitu seluruh warga sekolah SMA Negeri 8 Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data interaktif. Hasil menunjukan hambatan yang dialami oleh warga sekolah yaitu keterbatasan kuota internet, jaringan internet kurang stabil, keadaan lingkungan yang kurang kondusif, kapasitas perangkat penunjang pembelajaran yang minim dan penyamapaian materi yang diberikan oleh guru kepada peserta didik.Kata Kunci: Hambatan, Pembelajaran, Pandemi Covid-19

Page 1 of 1 | Total Record : 10