cover
Contact Name
Anita Nurgufriani
Contact Email
jurnalbahasatsb@gmail.com
Phone
+6285338894705
Journal Mail Official
jurnalbahasatsb@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Taman Siswa No. 1 Palibelo, Bima, NTB 84173
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880316     EISSN : 26850133     DOI : https://doi.org/10.37630/jpb
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, seperti: Pendidikan bahasa Indonesia; Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA); Pengajaran dan pembelajaran; Bahasa dalam pendidikan; Linguistik; Pengembangan kurikulum bahasa; Tes bahasa; Sastra dalam dunia pendidikan dan pengajarannya.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA" : 8 Documents clear
Pre-Questioning Strategy On Reading Comprehension Achievement At The Fourth Semester Of English Program Study STKIP Taman Siswa Bima Waliyudin; annisah
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study was conducted to investigate the effect of Pre-questioning on Reading Comprehension Achievement of the Fourth Semester Students at English Program Study STKIP Taman Siswa Bima. The aimed of this study were to investigate the effects of pre-questioning students’ on the reading comprehension achievement of the Fourth Semester Students at English Program Study STKIP Taman Siswa Bima 2017/2018. The forms of questions were in multiple choice and essay, multiple choice used for reading comprehension tests and essay used for Pre-questioning tests. The method used in this study was experimental design. The data were processed and analyzed according to these steps: taking the data, checking, scoring, tabulating using SPSS program and taking the conclusion based on the statistic result. The result of this study shows that “the Pre-questioning has a significant effect on the students’ reading comprehension achievement.
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas I SDN 35 Nungga Kota Bima Mulyadi; Ratna Nurhadayani
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan berbahasa sangat berperan dalam proses pembelajaran pada semua bidang studi atau mata pelajaran. Adapun keterampilan berbahasa yang dimaksud adalah keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Salah satu keterampilan berbahasa yang menjadi topik di dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca. Penulis memfokuskan keterampilan membaca permulaan karena berdasarkan hasil observasi dan penelitian yang dilakukan pada kelas I di SDN 35 Nungga Kota Bima kemampuan membaca permulaan siswa kelas I belum menunjukkan peningkatan, untuk itu penulis melakukan penelitian terhadap kemampuan membaca permulaan melalui media Flashcard terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia bagi siswa kelas I SDN 35 Nungga Kota Bima. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan khusus kelas I pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siklus pertama 90% sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan sebesar 100%. Berdasarkan data tersebut maka pembelajaran dengan menggunakan media flashcard mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa SDN 35 Nungga Kota Bima. Siswa yang berada pada kategori baik sekali pada Siklus I sebanyak 10 siswa atau sebesar 50% dan yang berada pada kategori baik sebanyak 8 siswa atau sebesar 40% siswa. Pada Siklus II mengalami peningkatan siswa yang berada pada kategori baik sekali sebnayak 18 siswa atau 90% dan yang berada pada kategiri baik sebanyak 2 siswa atau sebesar 10%.
Pengembangan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Prezi Ika Irawati
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi Prezi yang layak untuk mahasiswa semester VI di SKIP Taman Siswa Bima. Selain itu untuk mengetahui efektifitas media prezi dalam meningkatkan motivasi. Dimana sebelumnya yang hanya menggunakan media power point dan ceramah. sehingga membuat pembelajaran pada mata kuliah English Morphology materi tentang Bound Phonem (Fonem Terikat) lebih khususnya Affixes (Imbuhan) tentang Prefixes (Awalan) dan Suffixes (Akhiran) menjadi membosankan dan tidak menarik bagi mahasiswa. Penelitian pengembangan ini dikembangkan berdasarkan teori pengembangan Lee & Owens. Prosedurnya meliputi: (1) Penilaian atau Analisis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu Penilaian Kebutuhan dan Analisis Depan-Akhir, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasannya aplikasi pembelajaran interaktif Prezi layak digunakan. Hal itu ituberdasarkan hasil penilaian ahli media sebesar 95,00% (layak digunakan); ahli materi sebesar 90,00% (layak digunakan). Selain itu, hasil angket penilaian mahasiswa sebesar 87,00% dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar.
The Use Of RAP (Read Ask Paraphrase) Strategy To Increase Students’ Reading Comprehension Of The Eight Grade Students Of SMAN 3 Kota Bima In Academic Year 2017/2018 Fitri Ningsi; Indri Raodatul Jannah
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of the study is to increase students’ reading comprehension at eight grade of SMA N 3 Kota Bima in academic year 2017/2018 through RAP (read ask paraphrase) strategy. The research designed was Classroom Action Research which has four procedures, namely: Planning, Implementing, Observing, and Reflecting. The subjects in this research were the eight grade which has 30 students consisting of 13 males and 17 females students. The researcher used two kinds of research instruments, namely: Observation sheet and Speaking test. This research applied in two cycles. The data shown that both of teacher and students activities were in active level the students’ speaking skill, based on the result observation data gained mean score class of first cycle were 73 and total of students were fulfil the criteria of individual only 17 from 30 students, so that, precentage of learning result were 56%. It means that the research was unsuccessful because the target of the success in this study was 85% among the whole member of the students. So, the researcher should arrange for the second cycle, after doing improvement in second cycle the result of observation data gained mean score of the class were 86 and total of students were fulfill the criteria of individual 27 from 30 students, so that, percentage of learning result were 90%. It means that the application of the RAP is suitable to increase students’ speaking skill.
An Annotated Translation Of “Techniques And Principles In Language Teaching” (Teaching Techniques In English As A Second Language) Sholihin
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study is an annotated translation. The object of the study is a book which is entitled techniques and principles in language teaching by Diana Larsen – freeman. The problems of this study are: (1) “what are the difficulties encountered by the researcher when translating techniques and principles in language teaching into Indonesian, and (2) ‘how are those difficulties solved in the translation?”. The purposes of this study are: (1) to attain factual information concerning the problems faced the researcher in translating the source text; and (2) to give plausible solutions to the difficulties. In conducting this annotated translation, the researcher answers the questions that emerge in the introspective and retrospective study. The result of the study covered two main points. First, finding revealed that from the twenty five most difficult problems, eight were in the form of grammatical structures, and seventeen
Implementasi Model Reciprocal Teaching dalam Pengajaran Mata Kuliah Reading Citra Prasiska Puspita Tohamba; Nur Rizky Alfiany
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan mengimplementasikan model pembelajaran Reciprocal teaching pada pengajaran mata kuliah Basic Reading akan meningkatkan keterampilan membaca teks berbahasa Inggris pembelajar. Penelitian dikaji menggunakan desain penelitian Quasi Experiment sebagai penelitian awal atau preliminari untuk mendapatkan hasil mengenai pengaruh yang akan didapatkan dari model pembelajaran tersebut atau bahkan dikembangkan unttuk proses pengajaran mata kuliah Reading selanjutnya. Kemudian alasan yang mendasari pelaksanaan penelitian ini adalah pemahaman akan pentingnya menguasai keterampilan membaca teks berbahasa Inggris bagi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Kendari khususnya bagi mereka yang baru saja memasuki dunia perkuliahan dan mungkin saja masih belum menguasai bahasa Inggris dengan baik. Selain itu, peningkatan kemampuan berpikir kritis atau metakognitif menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Oleh karena itu, proses pendidikan mereka harus dibenahi sejak dini dengan memilihkan model pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan mengimplementasikan Reciprocal teaching dalam pengajaran mata kuliah Basic Reading. Hasil penelitian ini menunjukkan Uji t digunakan untuk membandingkan (membedakan) apakah kedua data (variabel ) yakni nilai posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol sama atau berbeda. Dan ditemukan thitung 3.928 > ttabel 1.671 dengan df=58 pada derajat signifikansi 0.05 sehingga disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Reciprocal teaching dapat meningkatkan keterampilan membaca teks berbahasa Inggris secara bertahap.
Pelestarian Tokoh Lokal Masyarkat Bima Melalui Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Teks Drama Sri Hardiningsih; Muh. Rijalul Akbar
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai kekayaan budaya, tokoh-tokoh setempat mencerminkan identitas masyarakat. Pengetahuan kelokalan tersebut dapat direvitalisasi untuk meningkatan kompetensi mahasiswa dalam menyediakan bahan ajar berbasis lingkungan agar mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Adapun rumusan maslah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan mahasiswa Prodi PGSD STKIP Taman Siswa Bima dalam menulis teks drama dengan memanfaatkan tokoh lokal Dana Mbojo? Penelitian ini menggunakan teori tentng tokoh lokal dan menulis teks drama. Adapun metode penelitian ini adalah desktiptif kuantitatif. Lebih lanjut, hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan tokoh-tokoh dana Mbojo dalam menulis naskah drama. Berdasarkan hasil angket yang disebarkan pada mahasiswa yang berjumlah 18 pernyataan, “5 W 1 H” hasil analisis angket respon mahasiswa dalam menulis teks drama menunjukan kemampuan menulis teks drama cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan: Berdasarkan hasil tes yang dinilai dari instrumen penelitian, mahasiswa mampu menulis teks drama dengan cukup baik, hal ini ditunjukkan dalam hasil dimana 77% dengan skor nilai 59-69 dengan jumlah 11 mahasiswa mampu menulis teks drama dengan acuan data tokoh lokal. Sedangkan 23% dengan skor nilai 70-80 dengan jumlah 4 mahasiswa mampu menulis teks drama dengan baik, dengan acuan yang sama.
Optimalisasi Metode Demonstrasi Melalui Penerapan Pendekatan Scientific Berbasis Talular dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Teks Procedure Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Kendari Jafar
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris secara umum dan meningkatkan kemampuan writing (menulis) procedure text melalui optimalisasi metode Demonstrasi melalui penerapan pendekatan scientific berbasis TALULAR (Teaching and Learning Using Locally Available Resources) pada siswa kelas X1 SMA Negeri 9 Kendari secara khusus. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research (CRA) dua siklus serta empat langkah penerapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X1 yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan writing, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang digunakan adalah kuantitatif sederhana berupa penghitungan hasil tes berupa nilai rata-rata dan persentase jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan. Analisis data kualitatif berupa catatan lapangan yang digunakan untuk menganalisis data kualitatif yang diperoleh dari kegiatan observasi, kuesioner dan data pendukung lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan writing (menulis) teks procedure setelah dilakukan perlakuan dengan mengoptimalkan penggunaan metode Demonstrasi melalui penerapan pendekatan scientific. Pada kondisi pra siklus, nilai rata-rata siswa 49,31 dengan ketuntasan 16,67%. Pada siklus 1 terjadi peningkatan kemampuan menulis menjadi 72,05 dengan ketuntasan 80,56% dan pada siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 75,87 dengan ketuntasan sebanyak 33 siswa atau 91,67%. Dengan demikian, metode Demonstasi dengan pendekatan scientific dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan writing procedure text pada siswa kelas X1 SMA Negeri 9 Kendari Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016.

Page 1 of 1 | Total Record : 8