cover
Contact Name
Ali Sadikin
Contact Email
alisadikin@unja.ac.id
Phone
+6281256137743
Journal Mail Official
biodik@unja.ac.id
Editorial Address
https://online-journal.unja.ac.id/biodik/issue/archive
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Published by Universitas Jambi
ISSN : -     EISSN : 25800922     DOI : https://doi.org/10.22437/
Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology education and utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and opinion, in addition to critical examinations of biology research and teaching. Through the coverage of policy and curriculum developments, the latest results of research into the teaching, learning and assessment of biology are brought to the fore. Special emphasize are as follow: 1. Research on Learning Biology/Science (Biology learning materials at all education levels, learning planning, learning models, biology teaching skills).). 2. Pure Research of Biology developed or studied to the sources, materials, or instructional media Biology/Science(Biology learning materials at all education levels and application in society, learning media, application of information technology for biology learning). 3. Curriculum of Biology Education at all education levels (learning design, competency analysis, syllabus and learning planning) 4. Class Action Research (CAR) and Lesson Study (material analysis, methods, student needs, student personality, student problems) 5. Other Qualitative Research, Quantitative, Research & Development and Mixedof Biology Education. 6. The school management and Biology/science laboratory management. 7. Biology/Science Learning Evaluation 8. Teacher Professional Issues/Trends in Biology Education. 9. Another study for the scope of Biology Education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 3 (2019): Desember 2019" : 8 Documents clear
Pengembangan Magic Disc pada Bahan Taksonomi Hewan Untuk Siswa SMA: Development of Magic Disc on Animal Taxonomy Material For Student of Senior High School Andreo Satria; Afreni Hamidah; Upik Yelianti
BIODIK Vol. 5 No. 3 (2019): Desember 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v5i3.4721

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Majalah Biologi Sebagai Media Pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa untuk ujicoba kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari angket validasi ahli media pembelajaran, validasi materi, dan ujicoba kelompok kecil. Jenis data dalam penellitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari angket yang berisi tentang saran untuk perbaikan media sedangkan data kuantitatif diperoleh dari instrument angket tertutup. Hasil pengembangan produk yang sudah dikembangkan divallidasi oleh ahli media dengan persentase 78,75% dengan kategori baik dilakukan 3 kali revisi sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 82,5% dengan kategori sangat baik dengan 2 kali revisi. Pada ujicoba kelompok kecil dilaksanakan kepada siswa kelas X SMA N 7 Kota Jambi yang memperoleh tanggapan 81,80% yang tergolong kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa majalah biologi sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan protista ini layak digunakan pada proses pembelajaran.
Validasi Ahli pada Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (BIOMAP): Expert Validation on The Development Biology Pocketbook Based on Mind Map (BIOMAP) Ade Suryanda; Eka Putri Azrai; Anita Julita
BIODIK Vol. 5 No. 3 (2019): Desember 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v5i3.6879

Abstract

The development of additional learning resources in the form of biology pocketbook based on mind map (Biomap) was carried out by referring to the ADDIE development model, then being tested for its feasibility by media experts, materials, languages, teachers and students. The method of data collection uses a feasibility questionnaire adapted from the Badan Standar Nasional Pendidikan or BSNP. Data analysis was carried out by changing the total score of the test results in the form of percentages then converted into qualitative data using guidelines for interpreting product feasibility. The data obtained is used as a reference for product improvement. The results of the assessment conducted by linguists obtained an average score of 87.5%, media experts amounted to 86.1%, material experts amounted to 87.55%, trials to teachers amounted to 82.5%, trials for small group students amounted to 86,17% and a large group of 89%. The overall average score is 86.47%. Based on the interpretation of scores, the products developed obtained a category very feasible to use as an additional learning resource. Abstrak. : Pengembangan sumber belajar tambahan berupa buku saku biologi berbasis mind map (Biomap) dilakukan dengan merujuk model pengembangan ADDIE, selanjutnya diuji kelayakannya oleh para ahli media, materi, bahasa, guru serta siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan buku saku biologi berbasis mind map (BIOMAP) bahan belajar mandiri berdasarkan pandangan ahli. Metode pengumpulan data menggunakan angket uji kelayakan yang diadaptasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan atau BSNP. Analisis data dilakukan dengan mengubah skor total hasil uji ke dalam bentuk persentase selanjutnya diubah menjadi data kualitatif menggunakan pedoman interpretasi kelayakan produk. Data yang diperoleh digunakan sebagai rujukan untuk perbaikan produk. Hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli bahasa memperoleh skor rerata 87,5%, ahli media sebesar 86,1%, ahli materi sebesar 87,55%, uji coba kepada guru sebesar 82,5%, uji coba kepada peserta didik kelompok kecil sebesar 86,17% dan kelompok besar sebesar 89%. Rerata skor secara keseluruhan sebesar 86,47%. Berdasarkan interpretasi skor, produk yang dikembangkan memperoleh kategori sangat layak digunakan sebagai sumber belajar pendukung.
Pengembangan Buku Ajar Alga pada Mata Kuliah Taksonomi Monera dan Protista Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi: Development of Algae Textbooks in Monera and Protista Taxonomy Subjects for Biology Education Students Harlis Harlis; Retni. S Budiarti
BIODIK Vol. 5 No. 3 (2019): Desember 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v5i3.7722

Abstract

Alga merupakan salah satu materi yang terdapat dalam mata kuliah Taksonomi Monera dan Protista. Pada materi alga terdapat berbagai kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Oleh karena itu, materi alga pada mata kuliah ini dianggap paling sulit oleh sebagian besar mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Biologi. Ada beberapa alasan materi alga yang diajarkan dianggap sulit. Pertama, kompetensi ataupun sub bagian pokok dari materi alga paling banyak dibandingkan materi lainnya pada mata kuliah Taksonomi Monera dan Protista. Kedua masih kurangnya buku ajar yang dapat dijadikan pegangan mahasiswa maupun dosen dalam proses pembelajaran. Ketiga, buku ajar yang ada merupakan terbitan yang sudah sangat lama, dan konten isi perlu dilakukan dengan penyesuaian kurikulum. Hal ini menyebabkan mahasiswa kurang terlatih dalam membangun pengetahuan mengenai alga, serta proses pembelajaran sering terjadinya kesalahan dalam memahami materi sehingga waktu perkuliahan tidak efisien.Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan Buku Ajar Alga pada Mata Kuliah Taksonomi Monera dan Protista Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi yang layak digunakan bagi mahasiswa Pendidikan Biologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan). Langkah–langkah dalam memgembangkan buku ajar Alga ini dilakukan dengan mengikuti model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Uji kelayakan meliputi tingkat kevalidan dan kepraktisan terhadap buku ajar yang dikembangkan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini adalah instrumen kevalidan dan kepraktisan. Data dalam penelitian ini berupa data Kuantitatif dan kualitatif. Data pertama berupa hasil validasi buku ajar meliputi aspek materi dan media. Data kedua diperoleh pada pelaksanaan ujicoba. Pada ujicoba ini diambil data berupa respon mahasiswa terhadap buku ajar Alga yang dihasilkan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa dari isi materi maupun media buku ajar berada pada kategori valid dengan masing-masing nilai 3,32 dan 3,33. Sementara itu pada tingkat kepraktisan buku ajar alga yang dikembangkan berada pada kategori sangat praktis dengan nilai 3,8. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar alga yang dihasilkan telah memenuhi tingkat kevalidan dan kepraktisan.
Pengembangan Multimedia Adobe Flash Pembelajaran Biologi Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Konsep Ekosistem: Developing of Adobe Flash Multimedia Learning Biology Through Project Based Learning to Increase Student Creativity in Ecosystem Concepts Muhamad Kurnia Sugandi; Abdur Rasyid
BIODIK Vol. 5 No. 3 (2019): Desember 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v5i3.7869

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah khususnya pembelajaran biologi terlalu memacu otak siswa untuk melakukan penalaran verbal dan pemikiran logis berbagai macam konsep. Proses pembelajaran biologi hanya terpaku pada buku ajar saja, belum biasa memanfaatkan fasilitas pembelajaran berbasis ICT. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia adobe flash pembelajaran biologi melalui project based learning pada konsep ekosistem, mengetahui perbedaan kreativitas sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) penggunaan multimedia pembelajaran biologi berbasis adobe flash melalui project based learning pada konsep ekosistem, mengetahui respon siswa terhadap multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Developmen (R&) dengan model Thiagarajan (4). Pendekatan penelitian yang digunakan pada uji coba skala luas adalah pendekatan kuantitatif dengan desain One Pretest-posttest Group Design. Hasil penelitian menghasilkan produk multimedia adobe flash melalui project based learning pada konsep ekosistem yang telah valid dengan persentasi rata-rata validasi 83% kategori sangat valid, terdapat peningkatan kreativitas siswa setelah penggunaan multimedia pembelajaran, respon siswa terhadap penggunaan multimedia pembelajaran memberikan respon yang positif. Katakunci: adobe flash, project based learning, kreativitas, ekosistem
Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Model Games “Antibody vs Antigen” Menggunakan RPG Maker MV pada Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Imun : Development of Mobile Learning Model Games Application "Antibody vs Antigen" Using RPG Maker MV on the Immune System material Abdur Rasyid; Aden Arif Gaffar
BIODIK Vol. 5 No. 3 (2019): Desember 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v5i3.7870

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Role Play Game (RPG) Maker MV pada pembelajaran biologi materi sistem imun, mengetahui aktivitas pembelajaran menerapkan media pembelajaran berbasis RPG Maker MV . mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang menerapkan media pembelajaran berbasis RPG Maker MV dengan siswa yang tidak , dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis RPG Maker MV . Penelitian ini menggunakan pendekatan riset dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Media yang dihasilkan merupakan media yang sangat valid dan sangat praktis. Aktivitas siswa memiliki persentase rata-rata 79,02% yang termasuk dalam kategori baik. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas yang menerapkan media berbasis RPG Maker MV dengan kelas yang tidak menerapkan RPG Maker MV. Siswa memberi respon positif terhadap penerapan media pembelajaran berbasis RPG Maker MV pada pembelajaran Biologi. Kata kunci :Media Pembelajaran, RPG Maker MV.
Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) yang Didukung Agen Pedagogi Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Zoologi Invertebrata: Implementation of Problem Based Learning (PBL) Models Supported by Pedagogical Agents for Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Learning Invertebrate Zoology Kodri Madang; Mgs. Muhammad Tibrani; Lucia Maria Santoso
BIODIK Vol. 5 No. 3 (2019): Desember 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v5i3.7916

Abstract

This study aims to determine the effect of Problem Based Learning supported by pedagogical agents (PBL-PA) on Higher Order Thinking Skills (HOTS) of preservice teachers in Invertebrate Zoology Learning. This study uses a quantitative approach applied to 77 preservice teacher participating in the Invertebrate Zoology lecture in Biology Education, FKIP, Universitas Sriwijaya in Academic Year 2018/2019. The method used is Quasi Experimental with Nonequivalent Control Group Design. Determination of the sample through Simple Random Sampling so that PBL-AP (26 people), PBL (26 people), and traditional classes (25 people). HOTS ability is measured through pretest and posttest with 25 multiple choice questions that have been tested for validity and reliability. Hypothesis testing using Analysis of Covariance (ANCOVA) uses the SPSS 23 program. The results of the study indicate that the PBL-PA Methos has a significant effectiveness on the HOTS ability of preservice teacher. Furthermore, the PBL-PA is better than the PBL and traditional method in improving HOTS ability of preservice teacher. The PBL-PA Mothod can increase learning motivation and make students confident in formulating problems well in the early syntax of PBL. Keywords: Pedagogical Agents , Higher Order Thinking Skills, Problem Based Learning, Invertebrate Zoology Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning yang didukung agen pedagogi (PBL-AP) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) mahasiswa calon guru dalam Pembelajaran Zoologi Invertebrta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diterapkan terhadap 77 mahasiswa calon guru peserta Perkuliahan Zoologi Invertebrata di Prodi Pendidikan Biologi, FKIP, Unsri pada Tahun Akademik 2018/2019. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel dengan cara Simple Random Sampling sehingga diperoleh kelas PBL didukung agen pedagogi (26 orang), kelas PBL (26 orang), dan kelas tradisional (25 orang). Kemampuan HOTS diukur melalui pre-test dan post-test dengan instrumen 25 soal pilihan ganda yang telah teruji validitas dan reliabilitanya. Uji hipotesis menggunakan Analysis of Covariance (ANCOVA) menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model PBL-AP memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan HOTS mahasiswa calon guru. Selanjutnya, model PBL-AP lebih baik dari pada model PBL dan tradisional dalam meningkatkan kemampuan HOTS mahasiswa calon guru. Model PBL-AP dapat meningkatkan motivasi belajar dan membuat peserta didik percaya diri dalam merumuskan permasalahan dengan baik pada tahap awal sintaks PBL. Kata kunci: Agen Pedagogi, Problem Based Learning, Higher Order Thinking Skills, Zoologi Invertebrata
Pengaruh Masa Panen Terhadap Kadar Vitamin C Kangkung Air (Ipomea aquatica) yang Terpapar Logam Berat Cd (Cadmium) Untuk Pembuatan LKPS Biologi: The Effects of Harvesttime on Vitamin-c Levels of Water Exposed to Heavy Metal Cd for the Manufacture of Biological LKPS Nurma Aini Hanapi
BIODIK Vol. 5 No. 3 (2019): Desember 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v5i3.8108

Abstract

Air pollution is a problem that occurs in the surrounding environment by human activities. One of the pollutants that can enter the heavy metal environment. Heavy metals in the surrounding environment have the potential to be absorbed by living things, one of which is spinach plants. The objectives of this study are: (1) Future planning of vitamin C levels in kale plants planted in Cd heavy metal contaminated media, (2) determining the appropriate harvesting time to increase vitamin C levels in air kale plants planted in Cd contaminated media , and (3) making LKPS high school biology learning class X in Environmental Pollution material. The design of this study uses RAK (Randomized Group Design). The research sample was water spinach plants contaminated with heavy metals Cd. The treatment in this study is the variation of the harvest period. Data were analyzed with Anava One Path. The results of the study concluded how there was a harvest period of vitamin C levels in the stems and leaves. The 15-day harvest period increases the levels of vitamin C with the lowest absorption of heavy metal Cd which is equal to 0.03 ppm. The results of the study can be used to make LKPS class X biology learning on Environmental Pollution material. Keywords: Harvest period, Cd heavy metals, vitamin C levels, LKPS Abstrak Pencemaran air merupakan permasalahan yang kerap kali terjadi di lingkungan sekitar oleh aktivitas manusia. Salah satu bahan pencemar yang dapat masuk ke dalam lingkungan adalah logam berat. Logam berat di lingkungan sekitar memiliki potensi untuk terserap oleh makhluk hidup, salah satunya adalah tanaman kangkung air. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengidentifikasi ada tidaknya pengaruh masa panen terhadap kadar vitamin C pada tanaman kangkung air yang ditanam pada media tercemar logam berat Cd, (2) menentukan masa panen yang tepat untuk meningkatkan kadar vitamin C pada tanaman kangkung air yang ditanam pada media tercemar Cd, dan (3) membuat Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS) pembelajaran biologi SMA kelas X materi Pencemaran Lingkungan. Desain penelitian ini menggunakan RAK (Rancangan Acak Kelompok). Sampel penelitian ini adalah tanaman kangkung air dicemari logam berat Cd. Perlakuan pada penelitian ini adalah variasi masa panen. Data dianalisis dengan Anava Satu Jalur. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh masa panen terhadap kadar vitamin C pada bagian batang dan daun. Masa panen 15 hari mengalami kenaikan kadar vitamin C dengan serapan logam berat Cd terendah yaitu sebesar 0,03 ppm. Hasil penelitian dapat digunakan pembuatan LKPS pembelajaran biologi SMA kelas X pada materi Pencemaran Lingkungan. Kata Kunci : Masa panen, Logam berat Cd, Kadar vitamin C, LKPS
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Batang Hari : The Effect of Application of Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT) on Biology Learning Outcomes on Biodiversity Materials At the Batang Hari 1 High School Vinanda Zulfira; Evita Anggereini; Ali Sadikin
BIODIK Vol. 5 No. 3 (2019): Desember 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/bio.v5i3.8418

Abstract

This study aims to determine the effect of learning Teams Games Tournament (TGT) on the learning outcomes of biology students in class X MIA SMA Negeri 1 Batang Hari. This research is a true experiment with a post-test only control design. The subjects in this study were students of class X MIA SMA Negeri 1 Batang Hari. In the experimental class given the learning treatment with the Teams Games Tournament (TGT) learning model, while in the control class without the Teams Games Tournament (TGT) learning model. To test the difference in the average learning outcomes of the experimental class and the control class on the cognitive aspects, the t-test, normal distributed data, and homogeneous variance were used. From statistical calculations it can be seen that the average value of student learning outcomes in biology class X MIA students in the experimental class has an effect compared to the acquisition of grades in the control class, this is due to the treatment given. In the cognitive aspect that the experimental class (84.90) has an effect compared to the control class (82.35). The average affective aspect, student learning outcomes of the experimental class (85.37) have an effect on the control class (84.68). Based on the t-test on cognitive aspects, it was obtained tcount of 1.87, affective of 1.67. At the 95% confidence level, a table of 2.01 is obtained so that the hypothesis is accepted for both aspects. Based on the results of the study it can be concluded that the effect of the application of the Teams Games Tournament learning model to the learning outcomes of biology students in class X MIA SMA Negeri 1 Batang Hari. Keywords: Cooperative Learning, Model Type Teams Games Tournament (TGT, Biodiversity Materials Abstrak. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Batang Hari. Jenis penelitian ini adalah True eksperimen dengan desain post-test only control. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Batang Hari. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT), sedangkan pada kelas kontrol tanpa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Untuk menguji perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada aspek kognitif digunakan uji-t, data terdistribusi normal, dan bervarian homogen. Dari perhitungan statistik dapat dilihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi siswa kelas X MIA pada kelas eksperimen berpengaruh dibandingkan dengan perolehan nilai pada kelas kontrol, hal ini disebabkan dari perlakuan yang diberikan. Pada aspek kognitif bahwa kelas eksperimen (84,90) berpengaruh dibandingkan untuk kelas kontrol (82,35). Rata-rata aspek afektif, hasil belajar siswa kelas eksperimen (85,37) berpengaruh dari pada kelas kontrol (84,68). Berdasarkan uji-t pada aspek kognitif diperoleh thitung sebesar 1,87, afektif sebesar 1,67. Pada taraf kepercayaan 95% diperoleh ttabel sebesar 2,01sehingga hipotesis diterima untuk kedua aspek tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Batang Hari. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Keanekaragaman hayati

Page 1 of 1 | Total Record : 8