cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 10 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI PERMAINAN SENAM PADA ANAK TK Desmalah Desmalah; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i1.7893

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan motorik kasar dan kecerdasan kinestetik melalui permainan senam pada anak usia dini usia 5-6 tahun di TK Al-Fatah Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang.Subjek penelitian ini adalah sebanyak 20 orang siswa kelompok B2 TK Al-Fatah Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas Kemmis dan Taggart yang meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan motorik kasar dan kecerdasan kinestetik melalui permainan senam. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang dapat memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dan kecerdasan kinestetik. Dari hasil analisis data didapat bahwa terdapat ketuntasan belajar dari tiap siklus. Kemampuan motorik kasar dari siklus 1 sebesar 50% naik menjadi 69,2% siklus 2, dan menjadi 84,6 pada siklus 3. Untuk kecerdasan kinestetik dari 48,2% siklus 1 menjadi 67,5% siklus 2, dan naik menjadi 81,9% siklus 3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan senam dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dan kecerdasan kinestetik Anak Usia Dini (AUD) usia 5-6 Tahun di TK Al-Fatah Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Kata kunci: Motorik Kasar, Kecerdasan Kinestetik, Permainan, Senam
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KREATIVITAS DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH Tri Munawati; Yeyen Maryani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i1.7898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa melalui kreativitas dan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dikelas XI SMK Negeri 9 kabupaten Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 9 Kabupaten Tangerang yaitu kelas XI-Keperawatan yang terdiri dari 30 siswa pada bulan Oktober s/d November 2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriftif. Penelitian ini terdiri dari  tiga siklus yang diantarannya siklus I, siklus II, dan siklus III yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan belajar siswa meningkat dari siklus I , siklus II dan siklus III adalah 59.44, 74.30 dan 83.65. dan terdapat peningkatan hasil belajar kewirausahaan siswa sebesar 24.21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kreativitas dan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI di SMK Negeri 9 Kabupaten Tangerang.    Kata kunci: Hasil Belajar, Kreativitas, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
PENGGUNAAN MEDIA CD MELALUI METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA DINI Haliyah Haliyah; Chussaery Rusdi Syarif
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i1.7894

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan penguasaan kosakata anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media CD pada anak TK Al – Fatah Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan  penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC Taggart   meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keefektipan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes lisan.Dari hasil observasi dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian direfleksi untuk menentukkan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya.Penelitian yang dilakukkan sebanyak tiga siklus ini terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara dan penguasaan kosakata anak melalui metode bercerita menggunakan media CD.  Dari hasil analisis terdapat ketuntasan belajar dari tiap siklus,  kemampuan berbicara anak pada siklus I mencapai 45,1 %, siklus II naik menjadi 63,3 %, dan siklus III naik menjadi 80,3 %. Untuk penguasaan kosakata anak pada siklus I mencapai 48,3 %, pada siklus II naik menjadi 67,6 % dan siklus III naik menjadi  83,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CD melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan penguasaan kosakata anak kelompok A TK Al – Fatah Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Tahun Pelajaran 2013 – 2014. Kata kunci :Media CD, Metode Bercerita, Kemampuan Berbicara,Penguasaan Kosakata.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PEMANFAATAN MEDIA CETAK TERHADAP HASIL BELAJAR Iqro Nuriman; Sjaifuddin Sjaifuddin
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i1.7899

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT dan pemanfaatan modul pembelajaran sebagai media cetak dan pengaruh interaksi kedua variabel tersebut. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel terdiri dari 140 siswa yang dibagi menjadi empat kelompok, masing – masing kelompok terdiri dari 35 siswa.  Uji validitas dari 45 soal terdapat 25 butir soal yang valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,858. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar untuk aspek kognitif (Fhitung = 31,34), afektif (Fhitung = 13,69) dan psikomotor (Fhitung = 40,09) lebih besar dari nilai Ftabel (3,92). (2) terdapat pengaruh pemanfaatan modul pembelajaran terhadap hasil belajar untuk aspek kognitif (Fhitung = 27,48), afektif (Fhitung = 10,87) dan psikomotor (Fhitung = 21,86) lebih besar dari nilai Ftabel (3,92). (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran NHT dan pemanfaatan modul pembelajaran terhadap hasil belajar untuk aspek kognitif (Fhitung = 14,60), afektif (Fhitung = 8,63) dan psikomotor (Fhitung = 10,33) lebih besar dari nilai Ftabel (3,07). Sehingga secara umum terlihat bahwa model pembelajaran NHT dan pemanfaatan modul pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar fisika. Kata kunci: Numbered Head Together, Modul Pembelajaran, Hasil Belajar
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT Riswan Ristiawandi; Aceng Hasani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i1.7895

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament. Penelitian ini menggunakan metode PTK, dengan model Kemmis Taggart, bertempat di SMAN 1 Bayah Kabupaten Lebak. Penelitian dilaksanakan pada akhir bulan September sampai awal bulan Desember 2013. Subjek penelitian terdiri dari peneliti dan implementasi model pembelajaran Team Games Tournament dan Hasil Belajar sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara objeknya adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Bayah berjumlah 32 siswa terdiri dari 23 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa: implementasi model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn siswa kelas XI di SMAN 1 Bayah Kabupaten Lebak. Kata kunci : Model Pembelajaran Team Games Tournament, Aktivitas, Hasil Belajar PKn.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA Nandang Sujatna; Fatah Sulaeman
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i1.7900

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe numbered head together. Penelitian ini menggunakan metode PTK, dengan model Kemmis Taggart, bertempat di SMA Negeri 1 Panggarangan Kabupaten Lebak. Penelitian dilaksanakan pada  akhir bulan Oktober sampai awal bulan Desember  2013.  Subjek penelitian terdiri dari peneliti dan implementasi model pembelajaran tipe numbered head together dan pretasi belajar sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara objeknya adalah siswa kelas XI.IPA.2 SMA Negeri 1 Panggarangan berjumlah 34 siswa terdiri dari 20 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Imlementasi model pembelajaran tipe numbered head together dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Panggarangan Kabupaten Lebak. Kata kunci: Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together, Kemampuan Berkomunikasi, Prestasi Belajar Fisika
PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBANGUNAN PENDIDIKAN Yusufhadi Miarso
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i1.7891

Abstract

Ungkapan tentang peran teknologi pendidikan dalam dunia pendidikan masih belum banyak disadari bahkan oleh mereka dikalangan pendidikan, apalagi kontribusinya dalam pembangunan pendidikan. Sebagian dari kita menganggap bahwa hal itu antara lain disebabkan karena tidak terdapatnya istilah teknologi pendidikan (seperti halnya Manajemen Pendidikan, PAUD, Evaluasi Pendidikan, PLS dll) dalam berbagai ketentuan perundangan dan peraturan pendidikan. Makalah ini bermaksud menunjukkan bahwa meskipun istilah Teknologi Pendidikan tidak terdapat dalam berbagai dokumen peraturan, namun konsep, prinsip, dan prosedur teknologi pendidikan telah merupakan bagian integral dalam sistem pendidikan, dan karena itu telah berperan dalam pembangunan pendidikan. Pengungkapan itu diawali dengan apa paradigma pembangunan pendidikan dalam perspektif teknologi pendidikan, apa itu teknologi pendidikan, dan bagaimana wujut penerapan peran teknologi pendidikan dalam pembangunan. Kata kunci: Teknologi Pendidikan, Pembangunan Pendidikan
PEMANFAATAN MULTIMEDIA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Masfupah Masfupah; Sholeh Hidayat
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i1.7896

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemanfaatan multimedia dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukasari 6 pada bulan Januari sampai dengan April 2013. Populasi berjumlah 76 siswa kelas 5 SDN Sukasari 6. Sampel berjumlah 68 siswa kelas 5 SDN Sukasari 6. Metodologi penelitian ini adalah eksperimen dengan treatmet dua level yaitu kelompok eksperimen menggunakan multimedia dengan kelompok kontrol menggunakan media gambar. Pengumpalan data menggunakan teknik kuesioner dengan skala Likert dan hasil belajar IPA menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan Anova dengan signifikansi 0,05 atau 5%.  Hasil Penelitian terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukasari 6 Kota Tangerang antara pembelajaran menggunakan multimedia dan pembelajaran menggunakan media gambar, (2)  terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukasari 6 Kota Tangerang antara yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditori, (3) interaksi pembelajaran menggunakan multimedia dan gaya belajar siswa dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukasari 6 Kota Tangerang, (4) terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukasari 6 Kota Tangerang yang memiliki gaya belajar visual yang mengikuti pembelajaran menggunakan multimedia dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan media gambar dan (5) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukasari 6 Kota Tangerang yang memiliki gaya belajar auditori yang mengikuti pembelajaran menggunakan multimedia dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan media gambar. Hasil uji Tuckey Qh = 12.36 > Qt = 2,89. Kata kunci : pemanfaatan media animasi, gaya belajar, hasil belajar IPA Kelas 5 SD.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KREATIVITAS DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Samudi Samudi; Asnawi Syarbini
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i1.7892

Abstract

Tujuan dari penelitian iniuntuk meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa serta sesuai dengan tujuan pembelajaran yakni siswa mampu memahami konsep alat indera dan fungsinya denganmenggunakanmodel pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dankreativitas.Untuk mencapai tujuan diatas, maka peneliti melaksanakan penelitian dengan jenis kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes serta catatan dilapangan, serta menggunakan tiga siklus yang diantarannya siklus I, siklus II, dan siklus III.Hasil penelitian menunjukan, bahwa peningkatan hasil belajar siswa dalam konsep alat indera manusia pada pembelajaran IPA dari siklus I, 59,19; siklus II, 70,04; siklus III, 85,21. Atau mengalami peningkatan prosentase siklus I ke siklus II (18,33%), dan siklus II ke siklus III (21,65%) dan nilai rata-rata kreativitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dankreativitas pada tahap siklus I ke siklus II (23,86%); sedangakan siklus II ke siklus III (56,02%). Kata kunci: Hasil Belajar, Kreativitas, Problem Based Learning (PBL)
PENGARUH MEDIA CD INTERAKTIF DAN KEKUATAN OTOT KAKI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Sahlan Deny Irawan; Syadeli Hanafi
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i1.7897

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis ; (1). Pengaruh Media CD interaktif  terhadap  hasil belajar Lompat jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas 7 SMP Negeri Ciruas  (2). Pengaruh interaksi antara media CD interaktif  dengan kekuatan otot Kaki terhadap  hasil belajar Lompat jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas 7 SMP Negeri Ciruas (3) Perbedaan pengaruh  Media CD interaktif dan gambar diam  pada siswa yang memiliki kemampuan Kekuatan otot kaki tinggi   terhadap hasil belajar Lompat jauh gaya Jongkok Siswa Kelas 7 SMP Negeri Ciruas (4) Perbedaan pengaruh  Media CD interaktif  dan gambar diam pada siswa yang memiliki kemampuan Kekuatan otot kaki   rendah terhadap hasil belajar Lompat jauh gaya Jongkok Siswa Kelas 7 SMP Negeri Ciruas. Populasi penelitian ini siswa kelas 7 SMP Negeri Ciruas Serang berjumlah 360 siswa dan sampel yang terpilih berjumlah 80 siswa dengan menggunakan teknik “Random Sampling”. Metode yang digunakan adalah true eksperimen yang dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2013. Hasil pengujian pertama dalam penelitian  ini perolehan F-hitung =49,991 Kedua hasil pengujian hipotesis nilai F-hitung antar (A*B)=5,704, ketiga perolehan F-hitung =15,233 keempat perolehan F-hitung  (b) =129,036, kemudian hasil tersebut dibandingkan F-tabel  =4.88. Berdasarkan hasil kajian teori dan  analisis data  dari lapangan penelitian menggunakan statistik deskriftip dan inferensial diperoleh kesimpulan sebagai berikut:  Terdapat perbedaan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media CD interaktif dan media Gambar tidak bergerak.. Terdapat pengaruh interaksi antara pemanfaatan CD interaktif dan Gambar tidak bergerak dengan kekuatan otot tungkai terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada kelas media CD interaktif  dengan Kekuatan otot tungkai tinggi  dengan kelas media Gambar tidak bergerak  dengan Kekuatan otot tungkai  tinggi.Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada kelas media CD interaktif  dengan Kekuatan otot tungkai rendah dengan kelas media Gambar tidak bergerak  dengan Kekuatan otot tungkai  rendah. Kata kunci: Hasil belajar Lompat jauh gaya jongkok,media CD Ineteraktif, Media Gambar bergerak dan kekuatan otot tungkai  tinggi dan kekuatan otot tungkai rendah

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue